RESEP SOP BUNTUT (IGA) SAPI ALA HOTEL SUPER LEZAT

Kok bisa sih sop buntut (Iga) sapi di otel rasanya super lezat? Ah, kamu tahu kan lezatnya sop iga sapi? Dagingnya kok bisa lembut? Yes, Sop Buntut (Iga) rasanya lebih yahud dibanding dengan bakso terenak sekalipun, #eh selera dink ya??

Kalau menurut aku sih, jelas karena sop iga sapi murni daging, sedang bakso masih ada campuran tepung nya meski sedikit. Hehe yang jelas, kalau ditanya milih bakso apa milih sop iga sapi? Jelas, aku pilih sop iga sapi!

So, nggak akan bertele2 deh untuk bagi resep Sop Iga Sapi ini buat temen2 pecinta kuliner Indonesia, terutama pecinta aneka olahan sapi.

Yess! Kali ini aku akan bagi resep ini dengan sukaaa relaa, tahu kenapa? Karena baru tadi siang, eh kemarin siang dink, tadi cuma manasin doank! Aku masak ini. Iga nya dibeliin suami di pasar, pagi2 uda kasi surprise, duh surprise atau apa ni ya? Tadinya mau santai2 jadi kudu berjibaku dengan dapur deh! Duh, kelamaan!

Oke oke, nih dia resepnya:

Bahan:

1/2 kg iga sapi

1/4 tetelan sapi(biar kaldunya mantab!)

Bahan pelengkap:

Kentang 2buah, kupas iris dadu, rebus,tiriskan

Wortel 2buah, kupas, iris dadu, rebus,tiriskan

Daun bawang, daun seledri iris halus (untuk taburan saat penyajian)

Bawang merah goreng(untuk taburan)

Sambal, jeruk nipis dan kecap manis sesuai selera,bisa ditambahkan saat disajikan

Sambal: 10 cabe rawit, goreng hingga matang(tidak gosong), haluskan, siram dengan kuah sop panas

Emping melinjo juga rekomended untuk melengkapi penyajian.
Bumbu:

Bawang putih 3siung

Merica bulat 15 butir

Garam 3sendok teh (jangan langsung dimasukkan semua ya, mending bertahap saja,menyesuaikan rasa selera kita, kalau kurang asin baru ditambah dikit2)

Moto 1/4 sendok teh atau bagi yang menghindari bisa diskip, ganti dengan gula pasir,semua bumbu di atas dihaluskan

Gula pasir secukupnya, sesuai selera

Minyak goreng 2sendok makan untuk menumis bumbu

Bumbu tidak dihaluskan:

Kapulaga 2butir, kayu manis 2cm,  dan cengkeh 3butir

Bawang bombay 1/2 buah(kalau besar) iris dadu

Bumbu halus dan bumbu tidak halus dijadikan satu,sisihkan.

Bumbu tambahan:

Bawang putih 4siung, kuoas, iris tipis, goreng kering, haluskan, sisihkan

Cara memasak:

Iga sapi dan tetelan sapi dibersihkan, rebua hingga mendidih 5-10menit, matikan api, buang airnya, cuci kembali iga sapi dan tetelan, setelah dicuci, untuk tetelan bisa diiris kecil2 dan iga sapi diiris sesuai dengan bentuk iga, rebus kembali hingga mendidih selama 1jam mendidih. Akan lebih bagus jika iga sapi dan tetelan sudah kita rebus kemarin atau tadi malam.

Jika rebusan iga sapi dan tetelan sudah mendidih selama 1 jam, kecilkan api, biarkan mendidih. Sementara kita sambil siapkan bumbu tumisnya ya.

Tumis bawang bombay pada minyak panas hingga layu dan harum, masukkan bumbu halus dan bumbu tidak halus dalam minyak panas, aduk2 jangan sampai gosong, tunggu harum, segera matikan api. Angkat dan masukkan bumbu beserta minyak yang buat menumis bumbu, ke dalam panci tempat iga dan tetelan sedang mendidih tadi, aduk aduk. Masukkan gula pasir sesuai selera (kalo aku karena suka agak manis kukasi 2sendok makan) kalo tidak suka manis mungkin cukup sedikit saja. Intinya adalah, cicipilah sop kita sekarang, saat bumbu sudah dimasukkan dan sop sudah dalam keadaan mendidih.

Jika kurang asin tambah hingga asinnya pas, jika sudah asin dan tetap kurang sedap bisa ditambah gula pasir dikit2 sampai tingkat manis yang pas dengan selera lidah kamu ya. Terakhir saat dipastikan kuah sudah lezat dan daging iga empuk, masukkan gerusan bawang putih goreng ke dalam panci sop.

Sajikan saat sop masih panas dengan meracik di mangkok:

Kentang rebus, wortel rebus, sop iga+tetelan, taburi dengan daun bawang iris dan seledri, juga percikan air jeruk nipis serta sambal dan kecap manis sesuai selera.

Jangan patah semangat, jika masak pertama kurang memuaskan selera, kamu hanya butuh mengulanginya, mainkan perasaan untuk setiap takaran bumbu, dengan sering-sering mengulangi masak yang sama. Mungkin diagendakan setiap akhir pekan, saat banyak waktu luang dan anggota keluarga sedang libur. Atau bisa undang temen2 untuk diajak masak bareng?! Pasti seru deh!

Lebih mudah lagi, kamu juga bisa lihat video masak resep Sop Buntut (Iga) Ala Hotel Yang Super lezat ini loh. Klik di sini ya!

Dan pastinya, akan menjadi pengalaman tak terlupa,  jika akhirnya kelak Kamu menemukan formulasi yang pas dengan lidah kamu sendiri dan keluarga.

Selamat mencoba!

Kalau masakanku kemarin, kata adekku paling TOP, kuahnya bener2 taste banget, kaya rasa, daging iga nya super lembut!! Anak bungsu lahap banget, dan kakak2nya juga berhasil melibas habis iga2 sapi yang super lezat itu.

Hemmm, jadi ngiler lagi neh, eh perut krucuk2 pulaaa! Duh, jam segini mana ada makanan yak?

untuk video cara memasaknya bisa dilihat di link: di sini

Semoga bermanfaat!

Salam,

-ew- 1901180240

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *