RESEP KEPITING GORENG BUMBU BAWANG GURIH NIKMAT

Assalamu’alaikum …

Lama banget nggak bikin kepiting goreng nih. Sampai lupa, entah kapan tepatnya, terakhir makan kepiting goreng bikinan sendiri. 

Sebenarnya, yang jago goreng kepiting suami, entah diapain, padahal bumbu sama dan cara nggorengnya juga sama. Beda tangan, beda hasil, kepiting goreng bikinan suami bisa guriiihhh, berasa banget kepitingnya. 

Ini yang aku share resep andalan suami. Kebetulan tadi siang eksekusi 2kg kepiting. Hmmm, baunya sedap?! Kepiting banget deh! 

O, iya rekomendasi kalau cari kepiting,pilihlah kepiting Kalimantan atau kepiting Papua sekalian, dijamin dagingnya padat dan manis kalau di goreng. 

Resep ini untuk per Kg kepiting ya:

Bahan: Kepiting Kalimantan/Kepiting Papua 1kg

Bumbu:

Bawang putih 4siung

Garam 2sendok makan

Air 2liter (bumbu di haluskan, dan masukkan ke dalam air ini, untuk merendam kepiting) 

Cara memasak:

– Kepiting dibersihkan, bagi kepiting menjadi 2bagian kanan kiri (belah pada bagaian perut, usahakan cangkang /punggung kepiting tetap utuh, sehingga pada saat penyajian bisa seolah2 kepitingnya tidak dibelah. 

– Setelah kepiting diberaihkan, cuci dengan air hingga bersih

– Panaskan air dalam panci, setelah mendidih, celupkan kepiting ke dalam air mendidih selama kurang lebih 15detik, agar daging kepiting saat digoreng tidak lengket di cangkang

– Setelah kepiting dicelupkan, dan warna sudah sedikit orange, segera angkat kepiting dan masukkan ke dalam air bumbu, selama 10-15 menit. 

– Goreng kepiting hingga matang, jangan terlalu matang karena daging kepiting akan alot. 

– Tiriskan dalam wadah, dan kepiting goreng siap disajikan dalam keadaan hangat, bersama sambal atau saus. 

Semoga bermanfaat, setidaknya bisa hemat sekian puluh ribu rupiah, kalau kita bisa memasaknya sendiri. Kepiting goreng ini juga bisa disajikan dengan kuah asam manis atau blackpepper sesuai selera Anda. 

Salam

-ew-170118

4 Replies to “RESEP KEPITING GORENG BUMBU BAWANG GURIH NIKMAT”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *