PAYUDARA KECIL? JANGAN BERKECIL HATI!

Payudara kecil bisa menghasilkan Air Susu Ibu yang melimpah ruah! kok bisa?

Hai ladies, ssst! Kamu boleh banget baca ini di dalam kamar sewaktu sendirian, ya! Jadi gini, semua perempuan pastinya mempunyai payudara yang membesar saat dia menginjak dewasa. Ini berhubungan dengan perannya kelak menjadi ibu yang harus menyusui bayinya. Namun, masing-masing individu tentu memiliki ukuran dada yang berbeda-beda. Ada yang memiliki dada besar, ada juga yang kecil. Bagi yang mempunyai dada besar terkadang merasa bahwa dirinya lebih normal dibanding dengan yang tidak. Sebaliknya, bagi yang memiliki payudara ukuran lebih kecil, selain merasa dirinya “berbeda” juga kerap dihantui rasa takut kalau-kalau kelak saat mempunyai bayi tidak bisa maksimal menyusui bayinya.

anatomi payudara

Payudara tersusun dari beberapa jaringan di dalamnya. Ada jaringan kulit yang membungkus payudara, jaringan lemak di bawah kulit, juga jaringan ikat, serta yang paling utama dari payudara adalah jaringan kelenjar air susu. Perbedaan ukuran antara payudara besar dan kecil terletak pada banyak tidaknya jaringan lemak yang mengisi antara kulit dan jaringan lain di sekitarnya. Semakin banyak lemaknya maka ukuran payudara akan semakin besar. Begitu pun hubungannya dengan berat badan, semakin berat seseorang maka payudara akan semakin besar.

Keberadaan lemak di payudara selain sebagai bantalan untuk melindungi dari benturan juga mengisi volume dan menyimpan energi dalam bentuk lemak. Ukuran besar memperindah bentuk dan ukuran payudara yang terkadang menjadi parameter kecantikan fisik. Namun, bagaimanakah fungsi asli payudara? Apakah kalau payudara besar dan indah juga pasti akan memberikan fungsi yang lebih bermanfaat dibanding dengan yang kecil?

bounding antara ibu dan bayi

Fungsi dari payudara yang paling utama adalah sebagai pabrik susu, memproduksi air susu ibu (ASI) yang sangat bermanfaat bagi bayi yang kelak dilahirkan. Banyaknya jumlah kelenjar susu sayangnya tidak berbanding lurus dengan ukuran payudara sendiri. Kelenjar susu antara payudara besar dan kecil sama jumlahnya. Terkadang justru payudara yang kecil lebih lancar aliran ASI-nya karena jaringan lemak yang sedikit tidak mengganggu kelancaran ASI.

Pada kenyataannya, payudara kecil pun, saat hamil bisa membesar, jaringan kelenjar susu akan terisi penuh. Tak jarang, perempuan dengan payudara kecil justru bisa memproduksi lebih banyak air susu ibu dibandingkan dengan payudara yang besar. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi jumlah produksi asi. Salah satunya adalah kemauan ibu yang kuat untuk memberikan ASI eksklusif yang maksimal ke anaknya. Semakin ibu semangat dan sering menyusui anaknya, maka produksi ASI akan menjadi semakin melimpah ruah.  itu artinya ikatan antara ibu dan bayi sudah terjalin kuat, saling membutuhkan. Dan produksi ASI yang banyak akan membuat ukuran payudara membesar dan terus membesar.

Sekali lagi, ukuran payudara tidak mempengaruhi banyak sedikitnya produksi ASI, tetapi dipengaruhi oleh banyaknya kelenjar susu yang produktif dan frekuensi pemberian susu kepada bayinya. Layaknya pabrik, kelenjar susu pun akan memproduksi ASI mengikuti permintaan dari bayi. Semakin bayi “rakus” dalam menyusu, dan semakin sering ibu menyusui, maka produksi ASI akan semakin banyak. Namun, tentu saja harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan minum yang banyak, ya!

menyusui bayi dengan cinta

 Jadi gimana? Sudah tak sedih lagi kan kalau payudaranya ternyata tak sebesar yang diimpikan? Masih bisa menyusui bayi dengan sempurna, kok! Dan jangan khawatir, suami lebih mengkhawatirkan saat bayinya tidak bisa menyusu ketimbang mempermasalahkan ukuran “pabrik” susunya. Coba hitung, berapa banyak ibu yang nggak mau menyusui dengan alasan takut payudara indahnya “rusak”? So, be calm with small breast, Kamu masih bisa menjadi ibu yang sempurna bagi anak-anak lucu kelak. Insya Allah!

2 Replies to “PAYUDARA KECIL? JANGAN BERKECIL HATI!”

    1. Alhamdulillah, kadang yang payudara besar malah ada yang susah produksi. Alhamdulillah saat kita yakin bisa, Allah yang jawab semuanya. yang penting selalu berusaha ya mbak. semangat mbak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *