NYERI HAID ATAU PRE MENSTRUAL SYNDROME? KENAPA BISA TERJADI?

Juli, tahun kedua SMA

Aku mulai panik. Bagaimana tidak? Jam sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB, dan aku masih juga sendirian. Ruang kelas yang baru kumasuki selama 2 hari ini sangat lengang. Tak ada lagi tas-tas di laci meja. Juga tak ada keriuhan, meja yang dipukul diiringi nyanyian sumbang anak-anak di saat jam kosong.

Hanya bangku-bangku kosong berjajar ditinggalkan pemiliknya menuju sisi kehidupan lain, menjadi anak-anak manis bagi orang tuanya di rumah.

Ah, kemana perginya perempuan yang sedari pagi satu meja denganku? Katanya mau ke kamar mandi barang sebentar?

Kembali kutinggalkan kursi yang kududuki.
Syuurrr! Hangat!
Kurasakan di bagian bawahku mengalir tak terbendung!

“Masih deras!” gumamku.

Noda merah segar memenuhi alas duduk terbuat dari kayu berwarna coklat yang baru saja kutinggalkan.
Takut, khawatir, malu dan segala macam perasaan tidak nyaman lainnya menyeruak bercampur menjadi satu.
Aku kalut!

Kulangkahkan kaki ke depan menuju papan tulis. Rasanya asyik sekali mengintip teman-teman yang sedang berceloteh riang di luar sana. Duduk bebas di rerumputan hijau depan sekolah, dengan semilir angin sore yang mengusir gerah.
Semua anak kelas 2 telah pulang. Kecuali anggota OSIS yang sedang mengospek adik kelas yang baru 2 hari ini memasuki bangku SMA.

Belum lagi aku sampai di pintu kelas yang tertutup rapat, aku dikagetkan dengan tapak sepatu yang juga berwarna merah, berbaris rapi mulai dari ujung belakang kelas hingga tepat di posisiku kini berdiri.

Allahu Akbar!
Baru kali ini aku mengalami datang bulan sebegitu banyak.

Tadinya aku malu tapi bangga. Rok tembus! Sebagaimana kebanggaan perempuan yang baru saja datang bulan di usianya yang masih remaja.
Sudah gede! Seolah itu yang akan mereka umumkan ke semua orang.

Tapi tidak, sekarang aku takut, tembusnya tak terkira. Kupikir hanya tembus biasa yang selesai jika baju atasan putihku dikeluarkan.
Namun ternyata salah. Belum satu menit baju putih itu langsung berwarna merah di bagian pantat. Darah segar seolah merembes merajalela.

Mataku mulai berkunang-kunang!
Kemana temanku yang tadi kuminta menungguiku? Apakah dia pulang?
Aku harus bagaimana?
Aku memutuskan untuk jongkok saja, tepat di belakang pintu ruang kelas yang kututup rapat.

Mungkin, bisa mengurangi bekas merah dari setiap jejak duduk ku.

“Mbak!” Pintu kelas diketuk perlahan dari luar. Pak guru nampak kikuk masuk dengan diikuti oleh, Bapaaak! Oh God! Kenapa harus bapak?

Hiks..! Kulirik jam kecil di pergelangan tanganku.
Benar saja, satu jam temanku yang satu itu meninggalkanku. Rupanya dia pulang dan berhasil memberi kabar ke keluargaku.
Tapi, kenapa bapak? Aku malu! Malu sekali!

“Bukannya kalau perempuan mau datang bulan selalu punya tanda, Mbak? Sakit perut atau pusing atau sakit pinggang?” ucap Bapak sambil memberi baju ganti yang telah disiapkan mama. Kata bapak, mama sibuk urus adikku yang paling kecil di rumah. Hanya menitipkan beberapa lembar baju ganti, satu pack pembalut berwarna pink, dan air putih.

“Iya, Pak” jawabku singkat. Pak guru yang tadi mengantarkan bapak segera berpamitan dan meninggalkan kami di kelas.

Sebenarnya masih bingung dengan maksud bapak, karena bagiku sama sekali tidak ada tanda atau keluhan apapun sejak pagi ini atau kemarin atau tiga hari yang lalu. Tak ada!

Biasanya juga tidak pernah begini. Makanya aku jarang persiapkan apapun termasuk menyediakan pembalut di tas. Lagi pula jadwal haidku juga belum rutin setiap bulan. Entahlah, menurut dokter sih tidak masalah karena masih termasuk awal siklus haid di usia produktif ku.

Sayangnya, ternyata tidak semua perempuan memiliki kebiasaan yang sama.
Satu perempuan kadang tidak mengalami tanda apapun menjelang haid, sakit perut atau tanda lainnya, seperti aku.
Namun perempuan lainnya justru banyak yang memiliki keluhan menjelang haid hingga mengganggu aktifitasnya.

Pre Menstrual Syndrome

Keluhan menjelang haid ini sering disebut dengan istilah Pre Menstrual Syndrome (PMS). Kebanyakan keluhan yang dirasakan adalah sakit perut (kram perut), sakit kepala, emosi yang berlebih, munculnya jerawat dan gejala lainnya.
Keluhan kram perut juga sangat bervariasi tingkat sakitnya. Ada yang sakit ringan dan masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Ada pula yang sakitnya berat hingga harus istirahat total.

Berkaitan dengan haid yang datangnya setiap bulan bagi perempuan, memiliki keluhan Pre menstrual syndrome tentu saja sangat mengganggu.

Sebenarnya, keluhan ini bersifat hormonal sehingga saat haid selesai setiap siklusnya, maka keluhan pre menstrual syndrome akan secara otomatis pula menghilang.

Kenapa keluhan itu bersifat hormonal, karena berhubungan dengan hormon kewanitaan (hormon estrogen dan progesteron) yang tiba-tiba turun drastis hingga menyebabkan haid datang.
Tentu saja keluhan tersebut tidak sama setiap datang bulan, terkadang memberat namun bisa juga menjadi lebih ringan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal-hal yang mempengaruhi munculnya keluhan tersebut bermacam-macam, di antaranya adalah:
– jenis makanan atau minuman terlalu tinggi gula, seperti minuman bersoda atau mengandung kafein
– tingkat stress yang tinggi menjelang siklus haid
– Merokok, dan lain-lain.

Meskipun belum ada penelitian yang khusus membahas ini, beberapa hal berikut dipercaya mampu untuk meminimalisir gejala, antara lain:
– Berolahraga
– Yoga
– Konsumsi makanan rendah gula
– Meminimalkan stress
– Mengkonsumsi makanan minuman tinggi kalsium
– Melakukan kegiatan yang membuat kita bahagia

Salah satu contoh kebiasaan turun temurun terkait dengan PMS, adalah meminum minuman yang sudah lama diklaim dapat membantu meringankan keluhan haid adalah minuman tradisional Kunyit asam.
Meminum jamu kunyit asam ini sudah dilakukan oleh perempuan-perempuan zaman dahulu. Mulai dari putri-putri kerajaan hingga bangsawan yang lebih dahulu peduli terhadap kesehatan kewanitaan.

Hingga akhirnya sampai ke zaman modern di mana kita hidup sekarang, masih juga melestarikan kebiasaan menjaga kesehatan kewanitaan. Melanjutkannya dengan memunculkan banyak produk berbahan alami yang diproses dengan cara modern namun tidak meninggalkan khasiat yang diturunkan oleh ilmu tradisional.

Herbadrink Kunyit Asam

Dulu, bila disuruh minum Kunyit Asam, aku pasti tidak mau. Membayangkan bau kunyitnya saja yang langu seolah membuat isi perut bergolak menolaknya. Sampai-sampai nasi kuning pun yang warnanya diambilkan dari kunyit aku enggak mau mencicipi.

Hari berganti bulan, bulan berganti tahun. Saat memasuki masa produktif remaja, aku mencoba mengenali rasanya.
Tidak disangka, rupanya setelah menjadi minuman jamu Kunyit Asam, aroma kunyit mentahnya sudah tak ada lagi, berganti dengan rasa segar asam manis yang menyegarkan badan.

Biasanya aku minum kunyit asam ini seminggu sekali, atau maksimal seminggu 3 kali menjelang datang bulan.
Meski dari awal tidak pernah sakit perut, namun ada manfaat lain yang bisa kurasakan. Badan menjadi lebih segar dan bau badan tidak menyengat.

Akhir-akhir ini sedang booming minuman rempah racikan sendiri. Rupanya kunyit ini menjadi salah satu sumber rempah dari golongan rimpang yang banyak manfaatnya.

Masyarakat mulai membiasakan minuman sehat berbahan alami untuk upaya preventif menjaga kesehatan tubuh.
Teknologi canggih pun tidak melewatkan upaya ini. Aneka minuman herbal modern diolah berdasarkan resep tradisional Indonesia menggunakan teknologi modern.

Herbadrink Kunyit Asam ini memiliki manfaat untuk membantu melancarkan haid, membantu meredakan nyeri haid serta membantu mengurangi bau badan.

Minuman ini hadir dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia pada umumnya. Mengurangi keluhan yang menyertai haid, sehingga perempuan Indonesia akan tetap aktif bekerja menjadi perempuan energik dan bermanfaat bagi sekitarnya meskipun sedang datang bulan.

Rasanya yang segar, tidak bau kunyit mentah dan rasa asam manisnya yang pas sangat menyegarkan badan. Bisa diminum kapan saja dan dibawa ke mana saja kita melakukan perjalanan.

Jangan lupa, saat kita menyeduh Herbadrink Kunyit Asam ini dengan air hangat atau dingin, buang sampah pada tempatnya, ya!

Produk ini dikeluarkan oleh PT. Konimex, Sukoharjo Jawa Tengah Indonesia dan telah memiliki izin edar serta lulus badan POM dengan nomor POM TR. 162297841.
Selain itu, Herbadrink juga telah lulus uji kehalalan di LP POM dan telah mengantongi sertifikat Halal dari MUI yang tertera di setiap kemasan.

Bagaimana Cara Membuat Minuman Herbadrink Kunyit Asam ini?

Caranya sangat mudah.
Cukup larutkan satu sachet Herbadrink Kunyit Asam ke dalam 150 ml air panas atau dingin. Maka minuman segar ini pun siap untuk dihidangkan. Baik dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin.

Komposisi/Compoaition:
Curcuma domestica Rhizoma ekstrak setara dengan 3gr rimpang kunyit, Tamarindi pulpa esktrak setara dengan 1.75 gr Asam Jawa, Gula, dan bahan lainnya hingga 25gr.

Cara Menyimpan:

Simpanlah pada suhu di bawah 30 °C.

Selain varian Kunyit Asam, Herbadrink juga tersedia dalam varian lain, yaitu: -Herbadrink Chrysanthemum,

-Herbadrink Sari Temulawak,

-Herbadrink Sari Jahe,

-Herbadrink Kopi Ginseng,

-Herbadrink Beras Kencur, dan

-Herbadrink Kunyit Asam Sirih Plus Madu.

Minuman ini lebih cenderung kepada upaya preventif menjaga kesehatan, sehingga saat keluhan masih terasa berat dan mengganggu aktifitas sehari-hari, meski sudah melakukan dan menghindari faktor pencetus di atas, saatnya konsultasi dengan dokter pribadi anda.

Siap menjadi perempuan sehat, aktif, percaya diri dan energik untuk menebarkan kebaikan di seluruh pelosok tanah air?
Semangat, jaga kesehatan tubuh kita ya, Mom!

Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Semoga bermanfaat,

Wassalam

Eka Wahyuni.

44 Replies to “NYERI HAID ATAU PRE MENSTRUAL SYNDROME? KENAPA BISA TERJADI?”

  1. Waktu SMA enggak tahu kalau datang bulan bisa ada pertanda atau aba-aba. Aku baru tahu setelah gede (lulus SMA) kalau mau datang bulan bakal ada pertanda bahkan bisa diprediksi dari tanggal tanggalnya. Sekarang sih seminggu sebelum datang bulan juga sudah ancang-ancang. Selalu siapkan pembalut di tas dan kontrol makanan minuman

  2. Duhh pengalaman datang bulan di sekolah emang selalu bikin degdegserrr.. saya juga tipikal yg gak pernah mengalami sakit jelang haid tapi belakangan suka minum kunyit asem karena rasanya enak. Jadi pengen cobaa yg merek herbadrink ini

  3. Betul mba ..kadang memang ketika datang bulan ada kejadian yg sangat deras seperti itu..ternyata pengaruh hormonal mempengaruhi ya..dan untuk produk herbadrink boleh juga dicoba banyak varian nya ya…

  4. Iyaa..rasanya sama segeranya sama yang langsung peres di mbok2 jamu. Kayaknya sekarang kunyit asam malah jadi minuman ya bukan jamu lagi. Di pinggir jalan banyak banget yang jual

  5. Iya..cuma sekali itu si, luar biasa banyak. Alhamdulillah gak kenapa2, Allah masih melindungi. dulu kan belum tahu kalo perdarahan banyak bisa berbahaya buat nyawa 😭

  6. Tembus…itu jadi bayang-bayang yang menghantuiku ketika masih sekolah. Penyebabnya sama, nggak tau kalo mau datang bulan, atau memang waktu sekolah belum ngeh aja PMS tu gimana? He, he..

  7. Aku jadi ingat dulu pas SMP pernah bocor. Untung hari Sabtu, pulang lebih awal. Waktu istirahat pun enggak ke kantin walau perut udah krucuk2. Tak terlupakan.

  8. Jaman masih sekolah dulu sepertinya saya tidak pernah merasakan tanda-tanda akan haid deh.. Justru gangguan-gangguan itu datangnya setelah saya kerja 😀

  9. Iya, udah sering denger dulu, cuma belum pernah niteni juga hihi..mungkin sama banyakin makan buah dan sayur juga sama air putih, biar keringatnya bersahabat hehe

  10. Wkwkwk iya kah? Sampai sekarang? Dulu kalo kata orang tua, kalau gadisnya sakit haid pas udah menikah harusnya hilang sakitnya, karena hormonnya lebih stabil😁

  11. Oh ada ya minuman kunyit asem tp ga kentara bau kunyitnya soalnya aku orang yang ga suka minum kaya jamu2 an gitu… Patut dicoba nie makasih info manfaatnya nie kak

  12. Deres banget ya haidnya sampai bleber gitu mba. Ga kebayang deh gimana resahnya ketika hal ini terjadi. Sama, dulu pas SMA mensku juga banyak banget walau tidak sampai banjir2 gitu.
    Alhamdulillah ya sekarang sudah ada minuman kunyit asam yang praktis seperti Herbadrink. Kita jadi mudah meminumnya serta mendapatkan manfaat untuk meringankan sakit saat haid.

  13. Mbak, saya sepakat jika olahraga bisa mengurangi nyeri haid. Karena dulu saya sudah praktekin sendiri. Sebelum olahraga, saat datang bulan rasanya nyeri bgt. Setelah aktif ngegym (bbrp tahun lalu), saya bahkan gak merasa kram sedikitpun di perut.

  14. Wah… ini kaya aku dulu mbak… tiba-tiba bocor dan posisi lagi di sekolah. Untung sih waktu itu pas pakai seragam pramuka. Jadi nggak terlalu kelihatan. Trus tas aku tu yang srempang tali panjang, jadi bisa dipanjangin sampai nutupin “tambas” di belakang.

    Kalau sekarang lebih enak … sekolah anakku nyiapin pembalut dan rok buat jaga-jaga kalau ada kejadian kaya gini.

    Thanks ya tulisannya kushare ke anakku ya

  15. ini kaya aku dulu mbak… tiba-tiba bocor dan posisi lagi di sekolah. Untung sih waktu itu pas pakai seragam pramuka. Jadi nggak terlalu kelihatan. Trus tas aku tu yang srempang tali panjang, jadi bisa dipanjangin sampai nutupin “tambas” di belakang.

    Kalau sekarang lebih enak … sekolah anakku nyiapin pembalut dan rok buat jaga-jaga kalau ada kejadian kaya gini.

    Thanks ya tulisannya kushare ke anakku ya

  16. Pengalaman datang bulan yang bikin perasaan ikut nggak karuan tuh malah pas SD. Jadi waktu itu nggak ngerti kalo lagi mens karena emang di aku nggak ada tanda2 sakit perut atau gimana dari dulu mbak. Namanya anak SD, baru beberapa aja yang mens saat itu. Paniklah, nggak tau harus ngapain. Semenjak kejadian itu, selalu ngitung dan jaga2 kalo pas mendekati hari H.

  17. Yes, karena hormon endorfin yang bikin ilang nyerinya bisa stabil saat olahraga. Simpel banget ya ternyata? Alhamdulillah gak pernah kram perut lagi ya😁😍

  18. Kalau aku setiap kali mau haid tanda-tandanya sudah ada sejak 2 minggu sebelumnya. Tapi memang awal mens,siklus tidak teratur. Dan pengalaman bocor di sekolah aku juga pernah mengalaminya. Mana waktu itu pas disuruh bu guru nulis di depan lagi.. Huhu…

  19. Wah,, bagus banget ini Herbadrink Kunyit Asam ya,, scr dulu ibu saya ngajarin bikin, jari² tgn sampe kuning² semua, huhuu… Skrg udah praktis aja ya,, ada Herbadrink

  20. Walaupun ndak mengalami, jadi pelajaran nnti ketika istri mengalaminya.. Herbadrink bisa jadi solusi pencegahan ya mbak..

  21. Mbak termasuk lambat ya mens pertama udah SMA. Saya juga dulu diusia 16 tahun baru mens.

    Alhamdulillah ya, sekarang banyak kemudahan yang disuguhkan untuk kita. Jadi sakit nyeri haid bisa diminimalisir.

  22. Enggak Mbak, saya mens pertama kelas 2 SMP, setelah itu belum langsung lancar, masih kadang dapat kadang enggak, itu entah sebelumnya lama nggak dapat atau gimana lupa, tapi baru kali itu yang buanyaak banget haidnya. Iya, makin banyak tahu ilmunya mbak..Alhamdulillah..

  23. Wow bisa ngatasi nyeri haid ya mba. Aku sering sakit nyeri jg waktu hari pertama haid. Tp biasanya aku tinggal tidur aja seharian. Jd mendingan abis itu. Pengin nyobain deh herbadrinknya. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *