Menjalani kesengsaraan, Menikmati Penderitaan, Mensyukuri Kegagalan adalah Kunci Kebahagiaan yang Sempurna

Menjalani Kesengsaraan Menikmati Penderitaan Mensyukuri Kegagalan adalah Kunci Kebahagiaan yang Sempurna –“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Q.S:2;155)

Peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh lancar, otak ternutrisi, jantung ternutrisi, ginjal, hati, paru-paru, mata, tangan, kaki dan semua organ yang kita miliki yang hampir tak bisa dihitung dengan jari, semuanya berjalan normal. Tidak cukupkah membuatmu bahagia?Jika satu saja kenikmatan itu Allah ambil, terserah yang mana saja yang kamu pilih, bersediakah?Kenapa begitu sulitnya bersyukur?Menurutmu siapakah yang mengaturnya?alami?Allah!.

Bahkan milyaran manusia yang tetap saja tak terlihat, dari radius gugus-gugus bintang, semua diatur sedemikian rumit. Milyaran manusia itu berpijak di bumi, yang bahkan besarnya pun tak sampai setitik dibanding bintang paling besar di jagat ini.

Hanya Allah yang Maha Mengatur segala sesuatunya dengan sangat detil!

Ujian bagi manusia itu dimulai semenjak ia dilahirkan hingga ia masuk ke liang lahat. Hal itu sudah ditetapkan, bahkan oleh Sang Penguasa jagat raya ini, Allah SWT.

Tak ada satupun manusia yang terlewat dari yang namanya ujian. Bahkan, nabi sekali pun, semua mengalami ujian dalam bentuk penderitaan yang teramat parah. Yang bila dibandingkan dengan ujian bagi manusia biasa tidak akan sepadan.

Dari satu ayat tersebut harusnya kita mampu untuk menyimpulkan bahwa, Kunci kesuksesan menghadapi segala bentuk ujian, hanyalah SABAR. Mampukah?

Ada satu buku, yang dari awal sampai akhir mengulas semua hal yang berhubungan dengan: CARA MENYIAPKAN HATI UNTUK BAHAGIA DI SETIAP KEADAAN. Gimana, sih caranya kita agar tetap berbahagia, ketika kita menghadapi ujian yang mungkin hampir kita rasakan setiap saat? Ujian ringan hingga berat yang seharusnya bisa kita lewati seluruhnya untuk memperoleh kelas lebih tinggi lagi. Yang ada, bahkan, kadang kita tidak menyadari bahwa hembusan napas kita lancar, sudah merupakan rejeki tak terhingga dari Allah, yang tak pantas kita ingkari, hanya karena kita sedang merasakan sedikit kesulitan.

Merasa sudah diterima pekerjaan yang layak, ternyata hanya karena kesalahan tidak sengaja yang tidak disadari justru, di-PHK tepat di hari ketiga bekerja. Namun, ternyata di balik itu semua, justru dia diterima kerja di tempat lain yang lebih dekat dengan posisi kerja lebih bagus, pun gaji yang lebih besar dari tempat kerja sebelumnya. Hanya butuh kesabaran belajar menerima, dan Allah lebih mengetahui apa-apa yang terbaik buat hamba-Nya, sedang hamba-Nya tidak mengetahui. (Belajar Menerima, hal:24)

Galau, pencarian nilai yang harus kuanut sepertinya belum berakhir. Dan pembuktian atas segala teori kebahagiaan pun belum cukup kugenggam.

“Hidup memang harus terus berlanjut, tak peduli seberapa menyakitkannya itu, biarlah nanti waktu yang mengobatinya.”

Kutipan itu, adalah kutipan favoritku yang bisa kamu temukan pada halaman 94, buku merah: JALANI, NIKMATI, SYUKURI karya Mas Dwi Suwiknyo. Bukan rahasia lagi, bahwa, indahnya hidup dapat kita peroleh, hanya apabila kita tahu caranya menikmati, semua hal yang terjadi di dalamnya.

Judul Buku      : Jalani Nikmati Syukuri

Penulis             : Dwi Suwiknyo

Penerbit           : Noktah

Terbit               : Januari 2018

Tebal               : 260 Halaman

ISBN               : 978-602-50754-5-2

Kebiasaan lama, setiap membaca buku, selalu kuawali dengan membuka bagian terakhir. Bagian epilog, yang menjadi “cinta pada pandangan pertama” ku terhadap buku merah ini. Dari judul subtema pada bagian ini saja sudah membuatku tersenyum, ini dia buku yang kucari! “JANGAN TUNDA BAHAGIA”. Sepintas, kalimat tersebut sangat sederhana, namun positif, yaitu hanya mengajak bahagia, sekarang juga! Apapun kondisi kita saat ini.

Unik! Dan anehnya, kuturuti juga kalimat tersebut. Bahwa konsep bahagia yang dimaksud disini memang bukan bahagia semu yang bersifat duniawi, namun bahagia yang sebenarnya, yang hanya bisa kita peroleh saat kita niatkan segala sesuatunya hanya untuk Allah. Sama sekali tidak ada hubungannya dengan unsur keduniawian. Karena, ternyata segala hal yang bersifat duniawi tersebut hanya akan memberi kita perasaan senang yang bersifat sementara. Bukan bahagia yang kita cari selama ini!

Lanjut pada bagian depan, ada yang unik dari cover-nya, yang ini benar-benar membedakannya dengan buku lainnya, bahkan yang sejenis sekalipun. Karena, di sana kita akan menemukan notice sederhana, yang tak menunggu lama kita pasti akan mengikutinya, “Jangan lupa bahagia” dan “Tempel Foto Senyum Kamu Di Sini Ya”.  Ah, memang unik nih buku!

Membuka buku dari depan, kita langsung disuguhi kisah True Story, dalam PROLOG JALANI NIKMATI SYUKURI. Sebuah cerita yang mengupas tentang kehidupan seorang karyawan yang bekerja keras, demi mendedikasikan seluruh kemampuannya untuk kemajuan perusahaan. Cerita ini, menggaris bawahi beberapa poin penting:

Apa artinya kesibukan kalau tidak bisa kita nikmati?

Apa artinya pekerjaan bergengsi tapi bikin kita mudah stress?

Apa artinya kesuksesan kalau akhirnya membuat kita terkapar di rumah sakit?

(Hal. 5)

Begitu melanjutkan ke halaman berikutnya, rupanya langsung masuk pembahasan subtema selanjutnya. Kubuka lagi kembali ke awal, mencoba mencari sesuatu yang sepertinya janggal, ah, rupanya buku ini tidak dilengkapi dengan daftar isi! O,ya? Teknik baru kah? Atau aku yang tidak tahu? Tapi okelah, hal ini menambah satu keunikan lagi pada buku pemberani ini. Setidaknya ketidakberadaan daftar isi akan memaksaku membuka setiap halaman dan membacanya singkat, sebelum akhirnya mengetahui semua subtema menarik lainnya yang bakal di bahas lengkap di buku ini.

Buku ini memiliki 52 subtema, termasuk di dalamnya prolog dan epilog. Dari kesemuanya, ada beberapa hal yang berhasil kutarik sebagai benang merah, yang menghubungkan antara satu subtema dengan subtema berikutnya hingga menuju ke epilog.

  1. Bahwa penulis ingin mengajak pembaca, menikmati kehidupan ini dengan cara bahagia. Dimana harus bisa mensubstitusi semua perasaan, keadaan yang tidak diharapkan, baik berupa kekecewaan hidup, kesengsaraan, kegagalan, stress, tidak dianggap, disepelekan dan lainnya, yang diakibatkan oleh kelakuan kita sendiri maupun yang disebabkan oleh lingkungan sekitar kita, tanpa kita bisa mengendalikan, dengan cara yang positif, bahagia.
  2. Dengan cara apa lagi, kalau dengan menghilangkan semua ketidakenakan tersebut tidak mungkin? Ya dengan cara menjalani kesengsaraan, menikmati penderitaan dan mensyukuri setiap kegagalan yang ada. Jika semua hal buruk itu tetap bisa kita nikmati, yang artinya kita tidak lagi terganggu karenanya, maka otomatis hanya akan tersisa nikmat dan bahagia saja pada seluruh aspek kehidupan yang kita jalankan. Tak ada lagi penderitaan, karena semua sudah melebur menjadi satu. Ah, sudah biasa menderita, ngapain dipusingkan!

Warna merah buku ini, sangat merah! Apa artinya? Artinya adalah sangat berani. Berani menghadapai segala macam bentuk ujian yang Allah timpakan kepada kita, untuk tetap bahagia. Buku ini mengupas tuntas mengenai, beberapa keadaan sulit yang kerap menjangkiti kita para manusia, baik disadari maupun tidak disadari. Juga sekaligus menghadirkan solusi dari setiap keadaan yang tidak diharapkan, lengkap dengan contoh dan sumber hukum resminya. Buku ini berpatokan pada kebenaran ayat Al Quran pun dalil-dalil sunnah yang bersumber dari hadis sahih. Yang semuanya secara lugas, renyah dan mudah dicerna, ditulis oleh Mas Dwi Suwiknyo selaku penulis solonya.

Banyak hal-hal sepele, yang nyatanya justru menjadi sumber kebahagiaan kita bersama keluarga. Seharusnya, tak ada sekecil apapun kejadian yang kita ijinkan untuk mengobrak-abrik hati kita menjadi pecah, tergores luka, bahkan hanya memanas karena diremehkan seseorang atau karena kegagalan dari usaha maksimal kita sendiri.

Tidak sedikit orang berjuang lantaran menyimpan dendam. Dendam karena pernah diremehkan orang lain dan ingin sekali membuktikan bahwa ia tak layak diremehkan (Hal: 84).

Kebahagiaan, yang menjadi tujuan setiap manusia, sejatinya mempunyai tujuh tanda, hal ini dijelaskan pada halaman 91. Dari tujuh tanda itu, dua di antaranya adalah: mempunyai pasangan hidup yang saleh dan saleha, serta dikaruniai anak-anak yang baik, yang membahagiakan di dunia maupun di akhirat.

Tidak ada satu pun manusia yang tidak ingin bahagia. Apa sebenarnya bahagia itu? Bahagia hanya ada di angan-angan, jika kita mengartikan bahagia tersebut hanya sebatas kesenangan yang belum bisa kita capai. Orang miskin akan membayangkan, betapa bahagianya orang kaya yang kemana-mana bisa mengendarai mobil bagus, gonta-ganti pula. Namun, apa sesungguhnya yang dirasakan orang kaya tersebut? Justru dia membayangkan orang miskin itu, yang mempunyai waktu penuh untuk berkumpul dengan anak dan istrinya, hidupnya lebih bahagia daripada dirinya, yang bergelimang harta, tetapi hampir tak pernah bertemu dengan anak-istri dalam keadaan sadar (tidak tidur). Ternyata semua hanya wang-sinawang.

Pada dasarnya, semua orang pada setiap keadaan, pasti bisa merasakan bahagia. Tanpa syarat apapun. Jika ia mampu menyadari, bahwa bahagia hanya ada di hatinya masing-masing.

Kebahagiaan adalah anugerah dari-Nya yang hanya bisa dirasakan oleh hati yang sehat (Hal: 254).

Apakah orang yang kaya pasti bahagia? Bahagia adalah suatu keadaan dimana saat hati kita tidak merasa terbebani oleh apa pun. Bahagia memberikan perasaan nyaman, serta menambah semangat untuk melakukan sesuatu yang membuatnya kembali bahagia. Maka tidaklah salah, saat ada seseorang yang mengungkapkan bahwa selama nyawa dikandung badan, maka masalah (ujian) pun akan senantiasa menyertainya. Dari hal tersebut, hanya ada satu kunci yang membedakan satu dengan lainnya, yang kemudian akan menunjukkan tingkat kualitas seseorang, adalah sabar.

Menjalani hidup, akan memberikan warna yang berbeda antara satu manusia dengan manusia lainnya. Pada keadaan yang sama yaitu dihadapkan pada “masalah” hidup, yang keberadaanya merupakan satu paket dengan kontrak hidup dari Allah SWT.

Inti dari kehidupan hanya ada dua yaitu perasaan negatif derita dan perasaan positif bahagia. Hampir semua aspek selalu berkaitan dengan dua hal tersebut. Mencari nafkah, bekerja keras demi apa? Demi mencari kebahagiaan. Namun kebahagiaan sendiri seringkali diartikan yang salah. Bahagia jika mempunyai rumah mewah, maka seumur hidupnya akan ia gunakan untuk bekerja keras tak kenal waktu tak kenal lelah hanya untuk memperoleh rumah impiannya. Konsep yang umum sekali dipahami oleh masyarakat kita. Pun konsep yang sempat kuanut selama ini. Sebelum akhirnya pikiran ini terbuka dengan ijin Allah, dari sebuah pertanyaan simpel yang tiba-tiba muncul di kepala,

“Seandainya seumur hidup kita, Allah tidak mentakdirkan kita mempunyai rumah mewah, itu berarti kita selama hidup tidak akan pernah bahagia? Lantas, sia-sialah lelah dan waktu yang selama ini terbuang untuk mengabulkan cita-cita yang tak terwujud?”

Astaghfirullah, semoga dijauhkan dari hal seperti itu.

Pada intinya, tidak ada alasan untuk kita tidak bahagia, apapun kondisinya! Nah, setiap subtema di sini, menjelaskan serta memberi referensi berbagai tips dan solusi, yang dapat kita terapkan pada setiap keadaan yang tidak diharapkan. Jadi, tidak perlu konsentrasi pada keadaan yang kurang beruntung pada setiap kesempatan, namun konsentrasilah pada setiap solusi yang mampu merubah keadaan tidak menyenangkan menjadi kemenangan. Dengan cara apa? Dengan cara husnuzon terhadap semua hal yang terjadi pada kita. Husnuzon pada Allah, sebagai posisi tertinggi di kehidupan ini.

Penulis mengajak pembaca ikut merasakan setiap kejadian ilustrasi maupun true story yang dipaparkan secara renyah dan bahasa yang ringan, seolah semua pembaca pernah atau sedang menghadapi masalah yang serupa. “Ih, subtema ini gue banget nih!” Hal itu yang ingin dicapai oleh penulis, sehingga pembaca tidak lagi mersa digurui, pun dinasihati. Latar belakang penulis yang memang alumni pesantren, membuatnya piawai menjelaskan apapun dengan gamblang dan mudah dimengerti, meski berlandaskan Al-Quran dan hadis yang begitu berat dipahami oleh kita orang awam.

Tak ada pelajaran khusus yang membahasnya, namun semua orang tahu, bahwa yang menentukan seluruh sendi kehidupan ini akan berfungsi normal, jika kedua unsur ini dapat seimbang. kebahagiaan dan penderitaan. Dua unsur yang tidak bisa dipisahkan, akan selalu berjalan beriringan. Dimana satu sebagai penawar, satunya sebagai penyeimbang.

Keadaan negative itu dapat berupa kegagalan, kekecewaan, kesengsaraan hidup, maupun penderitaan menjalani hidup yang kadang tidak sesuai dengan harapan kita.

  • Aku sudah berdoa, tapi kenapa belum juga dikabulkan?
  • Aku sudah bersedekah, tapi kenapa belum juga kaya?
  • Aku sudah berbakti kepada orang tua, tapi kenapa rezeki masih seret?
  • Dan masalah kehidupan lainnya, yang bila dibiarkan justru akan membawa kita ke dalam bentuk durhaka kepada Allah.

Protes(mengeluh)àberprasangka buruk kepada AllahàDurhaka (Hal. 35)

Ada seorang perempuan yang dia senang sekali makan bakso, suatu ketika dia ditraktir oleh temannya, maka dengan suka cita ia habiskan semangkuk bakso itu. Tak puas, temannya tambah lagi traktirannya pada mangkuk ke dua, perempuan itu sudah mulai pelan makannya, tak lagi semangat seperti sedianya, bahkan pada mangkuk ke tiga, perempuan itu sudah tak lagi mampu mengunyah bakso, alih-alih malah pengin muntah, hanya melihat bakso tersebut. Begitulah kesenangan. Maka setiap ditumpuknya dengan kesenangan yang lebih banyak, justru akan membuatnya tersiksa.

Beda lagi, dengan perempuan satunya, dia memberikan sekedar uang dua ribuan, kepada seorang pengemis, setelahnya dia merasakan kebahagiaan tak terkira, kemudian dia ulangi lagi memberikannya uang 2 ribu lagi, begitu seterusnya, maka kebahagiaan yang dirasakan akan semakin bertambah. Ketenangan akan selalu menghampirinya. Bahkan, dia akan menambah nominal uang yang akan dibaginya bersama pengemis tersebut. Disinilah arti bahagia.

Dua kata yang hampir mirip maknanya, adalah kesenangan dan kebahagiaan.

Kesenangan, merupakan hal sesuatu yang membuat hati kita merasa berbunga-bunga saat menerimanya, namun jika kita tumpuk kesenangan dalam jumlah banyak justru akan membuat kita tegang dan sengsara.

Sedangkan, bahagia, hal yang sama yang membuat hati kita merasa berbunga-bunga, namun jika ditumpuk sesuatu itu akan membuat kita semakin bahagia.

Sudah mulai bisa membedakan antar bahagia dan senang? Maka, bahagia akan lebih tinggi levelnya dibanding dengan senang. Bahagia juga merupakan impian semua manusia yang hidup di dunia ini. Meski tak diminta, justru kadang derita yang kerap menyambangi kehidupan kita. Hampir tak bisa kita menghindar dari sesuatu derita, sesuatu yang bila kita rasakan dengan negative justru akan semakin membuat kita terpuruk, bahkan tak jarang berputus asa.

Apabila orang dihujani berbagai kenikmatan dan kemudahan, kemudian orang tersebut menjalaninya dengan hati gembira, menikmatinya juga mensyukurinya, akan menjadi sangat biasa jadinya. Namun, berbeda hal jika sebuah kesengsaraan yang dijalani dengan ikhlas, kemudian menikmati penderitaan yang diterimanya, serta mampu mensyukuri setiap kegagalan yang merundungnya, baru bisa dikatakan luar biasa orang tersebut.

Sejatinya, kondisi kenyataan sebagian besar orang tidak pernah luput dari yang namanya kesengsaraan. Akan lebih indah jika kita menitikberatkan semuanya berdasarkan ketidak enakan dahulu, ketimbang keenakan yang sudah lazim kita sambut dengan hati gembira ria.

Jika kita mampu menjalani kesengsaraan, ketidakenakan, menikmati penderitaan, juga mensyukuri setiap kegagalan, maka kita akan menempati pada level tertinggi kebahagiaan. Dan, setiap kehidupan akan ada bahagia dan derita, bila derita saja bisa kita sikapi menjadi bahagia, maka hanya akan ada bahagia dalam seluruh aspek kehidupan kita, Dunia akhirat insyaAllah! Pokoknya, recomended banget deh! Bagi kamu yang lagi galau, kecewa, merasa selalu sial, selalu gagal dan seabreg kondisi tak beruntung lainnya!

Buku ini nyaris sempurna, namun kembali lagi, kesempurnaan memang hanya kepunyaan Allah Yang Maha Sempurna. Dari sekian banyaknya keunggulan buku yang sudah kukupas satu-persatu, ada sedikit saja kelemahan yang dapat kutangkap dari secara keseluruhan. Dan yakin, kelemahan itu sama sekali tak mempengaruhi kualitas pesan dari tulisan istimewa yang wajib kamu beli ini.

Mengenai kelemahan buku yang kebanyakan sifatnya teknis, masih ada beberapa yang ku temui, meski secara umum sama sekali tidak berpengaruh terhadap nilai dan konten buku itu sendiri. Beberapa kelemahan itu, antara lain:

  1. Kesalahan teknis pada penulisan, “ … tidak hanya membahagiakan kita di surga, tetapi juga kelak di akhirat.(Hal:92)

Mungkin yang dimaksud penulis adalah “ … tidak hanya membahagiakan kita di dunia, tetapi juga kelak di akhirat. (semoga aku yang salah)

  1. Kalimat ambigu, terdapat pada halaman 256, poin 9, “Rasa bahagia akan kita hadir di hati bila kita merelakan seseorang …” agak sulit dimengerti apa yang dimaksud penulis.

 

-Sesungguhnya, kesedihan itu hanya sementara-

Written by

81   Posts

Eka Wahyuni Tinggal di Jogja, Bunda dari 3 bocah hebat shaleh dan shaleha ini mempunyai kepribadian hangat dan supel. Selain aktif di sebuah klinik di Jogja, juga aktif berkomunitas dengan sesama penulis dan Blogger di Jogja. Senang sekali berbagi, ilmu, pengalaman, motivasi juga hal-hal positif lainnya. Kontak dan kerjasama bisa dihubungi melalui: Email: ekabyan@gmail.com
View All Posts

10,227 thoughts on “Menjalani kesengsaraan, Menikmati Penderitaan, Mensyukuri Kegagalan adalah Kunci Kebahagiaan yang Sempurna

  1. Menjalani Kesengsaraan Menikmati Penderitaan Mensyukuri Kegagalan adalah Kunci Kebahagiaan yang Sempurna. Lantas apasajakah yang harus saya persiapkan agar hati saya mampu menerima semua hal tersebut?

  2. hati selalu dipenuhi keyakinan, bahwa apapun yang terjadi dalam hiduo kita atas kehendak-Nya. dan itu udah yang terbaik bagi kita, meski menurut kita saat itu pahit, dengan sabar kita bisa lulus melewatinya tanpa menyakiti hati kita, saat kita bisa menerima setiap kegagalan, maka tak ada sisa lagi selain keberhasilan, kan?

  3. Pingback: world market
  4. Pingback: MakerDirectory
  5. Pingback: block screenshot
  6. Pingback: greatdumps cc
  7. Pingback: mega888
  8. Unquestionably believe that which you said. Your favorite reason seemed
    to be on the internet the easiest thing to be aware of. I say to you,
    I definitely get irked while people think about worries
    that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without
    having side effect , people can take a signal.
    Will likely be back to get more. Thanks

  9. Pingback: relx
  10. Pingback: kardinal stick
  11. Pingback: Dark0de Market
  12. Hello! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new initiative in a community in the same
    niche. Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a marvellous
    job!

  13. With havin so much content do you ever run into
    any issues of plagorism or copyright infringement? My
    website has a lot of unique content I’ve either authored myself or outsourced but it looks
    like a lot of it is popping it up all over the web without my
    agreement. Do you know any methods to help stop content from
    being stolen? I’d certainly appreciate it.

  14. Некероване кохання 14 серія Некероване кохання 14 серія
    yunb ddnznz Смотреть онлайн сериал Некероване кохання / Любовь без тормозов 14 серия
    Некероване кохання / Любовь без тормозов: 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16 СЕРИЯ (украина)

  15. Hey are using WordPress for your blog platform? I’m new to the
    blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you require any coding expertise to make
    your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  16. wonderful post, very informative. I’m wondering why the other specialists
    of this sector don’t notice this. You must proceed your
    writing. I’m confident, you’ve a huge readers’ base already!

  17. Oh my goodness! Awesome article dude! Thank you, However I am going through problems with your RSS.
    I don’t understand why I can’t subscribe to it.

    Is there anyone else having similar RSS issues? Anyone who knows the answer will you
    kindly respond? Thanks!!

  18. My partner and I stumbled over here coming from a different web address
    and thought I might as well check things out. I like what I
    see so now i’m following you. Look forward to going over your web page yet again.

  19. It’s perfect time to make some plans for the future and it’s time to be happy.
    I’ve read this post and if I could I wish to
    suggest you some interesting things or advice. Perhaps you could write next articles referring to this
    article. I desire to read more things about it!

  20. I think that everything said was very logical. But, what about
    this? suppose you were to write a awesome headline?
    I am not suggesting your content is not good., however what
    if you added something to possibly grab people’s attention? I mean Menjalani kesengsaraan, Menikmati Penderitaan, Mensyukuri Kegagalan adalah Kunci Kebahagiaan yang Sempurna
    | HEALTHY MOMY is kinda vanilla. You could glance at
    Yahoo’s home page and watch how they write article titles to get viewers interested.
    You might add a related video or a pic or two to get people interested
    about what you’ve got to say. Just my opinion, it would make your posts a little bit more interesting.

  21. Thanks , I’ve just been searching for info approximately this
    topic for a while and yours is the best I have discovered till now.
    However, what concerning the bottom line? Are you certain in regards
    to the supply?

  22. I’m extremely pleased to find this site. I need to to thank you for
    your time for this particularly wonderful read!!
    I definitely enjoyed every bit of it and i also
    have you bookmarked to look at new stuff in your website.

  23. Hey there I am so delighted I found your website, I really found
    you by accident, while I was searching on Bing for something else, Regardless I am here now and would
    just like to say thanks for a fantastic post and a all round exciting blog (I also love the
    theme/design), I don’t have time to read through it
    all at the moment but I have saved it and also added in your RSS feeds,
    so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the fantastic work.

  24. Thanks for the sensible critique. Me & my neighbor were just preparing to do a little research about this. We got a grab a book from our area library but I think I learned more clear from this post. I am very glad to see such fantastic information being shared freely out there.

  25. One game that encapsulates all that is great about tower defense is Endless Siege. This game features all of that greatness, and a unique map every day. Thing TD is our wildcard pick for best tower defense games. This one features a narrative story line, over 50 enemies, eight heroes, 25 levels, and 60 achievements. That is a decent amount of content for this genre. The mechanics are typical tower defense. You lay defenses along a path and prevent bad guys from reaching the end. It gets quite difficult as you progress, but this is good, classic tower defense fun with the usual free to play price tag. Our favorite part about tower defense game free online modes is the ability to upgrade your defenses. Most of the time, when you kill enemies, you earn resources. You should use these resources very carefully to plant new weapons, but also to upgrade your existing ones so they can fire faster, father and more powerfully. This brings up an interesting question: is it better to have two fully upgraded weapons or five weaker weapons? Looks like you will just have to test that theory and find out. Hope you choose correctly, otherwise it’s going to get bloody.
    https://rapid-wiki.win/index.php/Uno_browser_game
    This specific ISBN edition is currently not available. Have fun at the unicorn surprise party or build your own robot horse. Bake a delicious cake in one of the online cooking games and surprise your unicorn friends. Here you will find cool free games about friendly horses for boys and girls. £14.75 “synopsis” may belong to another edition of this title. Raise a Family- Animal simulator: Customize each family member by name, gender, fur color, bark, eyes, body size, and more!- Raise a family: Have up to six cubs per family and continue your legacy.- Animal simulator lets you leave your current family to start a new one.

  26. I am really enjoying the theme/design of your site.
    Do you ever run into any web browser compatibility issues?

    A couple of my blog audience have complained about my site not
    operating correctly in Explorer but looks great in Opera.
    Do you have any tips to help fix this issue?

  27. Wonderful site you have here but I was curious about if you knew of any user discussion forums that cover the same topics discussed here?

    I’d really like to be a part of community where I can get suggestions from other knowledgeable individuals that share the same
    interest. If you have any suggestions, please let me know.
    Thank you!

  28. I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was curious what all is needed to get set up?
    I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I’m not very internet savvy so I’m not 100% certain. Any tips
    or advice would be greatly appreciated. Many thanks

  29. Hi, i think that i saw you visited my weblog thus i came to “return the favor”.I’m trying to find things
    to enhance my site!I suppose its ok to use some of
    your ideas!!

  30. With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism
    or copyright infringement? My blog has a lot
    of unique content I’ve either written myself or outsourced but it
    seems a lot of it is popping it up all over the web without my agreement.
    Do you know any ways to help protect against content from being stolen? I’d really appreciate it.

  31. Hi, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you
    get a lot of spam comments? If so how do you prevent it, any plugin or anything you can advise?
    I get so much lately it’s driving me mad so any assistance is very much
    appreciated.

  32. hey there and thank you for your info – I have certainly picked up something new from right
    here. I did however expertise a few technical points using this site, as I experienced
    to reload the web site lots of times previous to I could get it to load correctly.
    I had been wondering if your web host is OK? Not that I’m
    complaining, but sluggish loading instances times will very
    frequently affect your placement in google and can damage your high quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Anyway I’m adding this RSS to my e-mail and can look out for a lot more of your respective interesting content.

    Ensure that you update this again soon.

  33. Its like you read my mind! You appear to know so much about this,
    like you wrote the book in it or something. I think that you could do with a
    few pics to drive the message home a bit, but instead of that,
    this is magnificent blog. A great read. I’ll certainly be back.

  34. Wow that was odd. I just wrote an very long comment but after I clicked submit
    my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless, just
    wanted to say wonderful blog!

  35. I all the time emailed this web site post page to all my associates, since if like to read it then my friends will too.|

  36. I am curious to find out what blog platform you’re working with?
    I’m experiencing some minor security problems with my latest website and I’d
    like to find something more secure. Do you have any solutions?

  37. This is really interesting, You are a very skilled blogger.
    I’ve joined your rss feed and look forward to
    seeking more of your wonderful post. Also, I have shared your site
    in my social networks!

  38. I have been browsing online more than three hours nowadays,
    but I never discovered any attention-grabbing article like yours.
    It’s beautiful price enough for me. In my view, if all site owners and bloggers made excellent content
    material as you did, the net can be a lot more helpful than ever before.

  39. Asking questions are actually fastidious thing if you are not understanding anything totally, however this post offers pleasant understanding
    yet.

  40. I know this website offers quality dependent posts and other material, is there any other site which offers such data in quality?

  41. Nice post. I was checking continuously this blog and I’m impressed!
    Extremely helpful information particularly the ultimate section 🙂 I deal with such information much.

    I was seeking this particular information for a long time.

    Thanks and good luck.

  42. It’s the best time to make some plans for the future and it is time to be happy.
    I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or tips.
    Perhaps you could write next articles referring
    to this article. I wish to read even more things about it!

  43. Лучшие домашние камшоты парочки для компьютера Кончают рот камшоты онлайн Кончают рот камшоты онлайн для компьютера Прямая ссылка будет доступна сек Подборка подводных камшотов для компьютера Кончают рот камшоты онлайн Кончают рот камшоты онлайн © 2021 – hdclubx.com, популярное порно видео в HD Кончают рот камшоты онлайн Зажигательная маруха и ее возбужденный парень ебутся в ванной, и продолжили отменную групповушку. В это воскресенье пара делала всё, что скрывается под одеждой у тех, кто с каким учителем хотел бы заняться сексом. Молодой человек со всей ответственностью крутил красотку на своем писюне и так, чтобы немножко заняться самоудовлетворением, она готова уже ко второму раунду. Зажигательная маруха и ее возбужденный парень ебутся в ванной, и продолжили отменную групповушку. В это воскресенье пара делала всё, что скрывается под одеждой у тех, кто с каким учителем хотел бы заняться сексом. Молодой человек со всей ответственностью крутил красотку на своем писюне и так, чтобы немножко заняться самоудовлетворением, она готова уже ко второму раунду. https://ethode.io/community/profile/vcaraymundo3337/ Русские студенты устроили секс втроем на кровати Студенты предложили брюнеточке помыть ее машину и трахнулись с ней Групповой секс студентов в общежитии Страстные и похотливые студенточки отсасывают у студентов Студенты в общаге устроили настоящий мальчишник Русский студент выебал 18-летнюю подругу в анал на кухне Ботан студент выебал двух потаскушек Русская групповушка пьяных студентов с рыжей шлюшкой Молодые студенты, придя с пар, накинулись друг на друга и занялись страстным сексом. Девочка бодро прыгала на его хере а парень, довольно грубо мял её аккуратненькие, маленькие сисечки Оргия с красивыми русскими студентками в купальниках во время пикника в лесу Молодые студенты развлекаются на пикнике Студент страстно трахает свою учительницу на столе Утренний секс студентов вместо завтрака Студент вылизывает писю училке и трахает ее Русские студенты устроили оргию на берегу озера. Сучки лижут друг у дружек, сосут члены у парней и ебутся во все щели

  44. Your style is so unique compared to other folks I’ve read stuff from. Many thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just book mark this web site.

  45. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this site.

  46. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just bookmark this site.

  47. Your style is very unique in comparison to other folks I have read stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this page.

  48. Your style is really unique in comparison to other people I have read stuff from. Many thanks for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this web site.

  49. your situation; many of us have created some nice practices and we are looking to exchange techniques with others, please shoot me an email if interested.

  50. Your style is very unique in comparison to other folks I have read stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this page.

  51. Your style is really unique in comparison to other people I have read stuff from. Many thanks for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this web site.

  52. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this web site.

  53. Your style is unique in comparison to other people I’ve read stuff from. Many thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this site.

  54. Your style is unique compared to other people I’ve read stuff from. I appreciate you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this blog.

  55. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this site.

  56. Your style is very unique in comparison to other folks I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just book mark this page.

  57. Your style is unique compared to other people I’ve read stuff from. I appreciate you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this blog.

  58. Your style is very unique in comparison to other folks I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just book mark this page.

  59. Your style is very unique in comparison to other folks I have read stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this page.

  60. Your style is very unique compared to other people I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this blog.

  61. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this site.

  62. Your style is very unique in comparison to other folks I’ve read stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just bookmark this blog.

  63. Your style is very unique in comparison to other folks I’ve read stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just bookmark this blog.

  64. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this site.

  65. Your style is unique compared to other people I’ve read stuff from. I appreciate you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this blog.

  66. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I will just bookmark this web site.

  67. Your style is so unique in comparison to other people I’ve read stuff from. Thank you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this web site.

  68. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just bookmark this site.

  69. Youre so amazing! I do not mean Ive review anything such as this prior to. So wonderful to locate somebody with some initial thoughts on this subject. realy thanks for beginning this up. this website is something that is required on the internet, a person with a little originality. useful job for bringing something brand-new to the internet!

  70. Your style is very unique in comparison to other folks I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just book mark this page.

  71. Your style is very unique in comparison to other folks I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just book mark this page.

  72. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this site.

  73. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just bookmark this site.

  74. Youre so amazing! I do not mean Ive review anything such as this prior to. So wonderful to locate somebody with some initial thoughts on this subject. realy thanks for beginning this up. this website is something that is required on the internet, a person with a little originality. useful job for bringing something brand-new to the internet!

  75. zbkuvjlvb,If you are going for best contents like I do, just go to see this web page daily because it offers quality contents, thanks!

  76. You’ve made some decent points there. I checked on the internet for more information about the issue and found most individuals will go along with your views on this web site.

  77. You’ve made some good points there. I checked on the internet for more information about the issue and found most individuals will go along with your views on this web site.

  78. You’ve made some good points there. I checked on the web for additional information about the issue and found most people will go along with your views on this website.

  79. You’ve made some good points there. I checked on the net to learn more about the issue and found most individuals will go along with your views on this site.

  80. You’ve made some really good points there. I checked on the net to learn more about the issue and found most people will go along with your views on this site.

  81. Your style is unique compared to other people I’ve read stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just book mark this blog.

  82. You’ve made some good points there. I checked on the net to learn more about the issue and found most individuals will go along with your views on this site.

  83. You’ve made some decent points there. I checked on the net for more info about the issue and found most individuals will go along with your views on this website.

  84. I’m amazed, I must say. Seldom do I come across a blog that’s both equally educative and interesting, and without a doubt, you’ve hit the nail on the head. The problem is something too few folks are speaking intelligently about. I am very happy I stumbled across this during my search for something regarding this.|

  85. I blog frequently and I genuinely thank you for your content. This great article has truly peaked my interest. I am going to bookmark your website and keep checking for new information about once per week. I subscribed to your Feed as well.|

  86. Pingback: Anonymous
  87. Pingback: Anonymous
  88. Kami telah menyusun directory dari finery gratis slot tanpa leave penawaran wajah sekarang , benar-benar di sini. Semua bonus ditawarkan kira-kira reputable dan kasino honorable yang aman telah diuji dan diverifikasi sebagai benar-benar oleh ahli kami.

    Tanpa putaran consign available, record secara tidak sengaja untuk mendramatisir selama gratis dan mengatasi sungguh koin tanpa harus melakukan deposit. Dan jika Anda tidak tahu yang tawaran Anda dapat memilih, Anda dapat memeriksa tidak dapat diterima dalam kebebasan dan tarik ke bawah akrab dengan beberapa yang paling game yang bereputasi terlebih dahulu.

    link alternatif mesin slot

    Setelah selesai, Anda dapat memilih no pluck favorit Anda dan mulai bermain slot free dengan bonus tanpa penundaan pergi.

  89. Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Cheers|

  90. Pingback: cialis australia
  91. Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you get a lot of spam responses? If so how do you prevent it, any plugin or anything you can suggest? I get so much lately it’s driving me mad so any help is very much appreciated.|

  92. Pingback: ivermectin 6mg
  93. Pingback: ivermectin 3mg tab
  94. Pingback: tadalafil warnings
  95. Pingback: cialis tablet
  96. Pingback: sildenafil citrate
  97. Pingback: tadal