Melanjutkan Pendidikan Di Kota Makassar? Ini Hal Yang Perlu Kamu Tahu!

Melanjutkan pendidikan dikota makassar ? ini hal yang perlu kamu tahu…

Dari pelajar menjadi seorang mahasiswa, perubahan status baru yang tentu akan merubah kebiasaan kamu. Sebelumnya kamu terbiasa dengan apapun sudah dipersiapkan, namun saat menyandang status mahasiswa kamu harus siap untuk hidup mandiri. Tinggal di perantauan jauh dari keluarga tentu butuh untuk beradaptasi. Menjadi seorang perantau yang tinggal di kota lain yang sebelumnya belum pernah dialami memang akan terkesan asing dan bingung tentunya.

Tidak mengenal arah mana saja hanya mengandalkan maps, tak tau referensi tempat makan yang enak dan murah, serta tak tau seperti apa lingkungan di sana sudah pasti dialami setiap perantau. Belum lagi, kamu menemui hal aneh yang belum pernah kamu temui sebelumnya.

Modern saat ini merantau nampaknya sudah menjadi hal yang wajar bagi semua orang. Apalagi untuk menempuh pendidikan yang lebih baik dan maju dari daerah ke kota. Tak diharuskan juga merantau ke luar negeri, karena masih banyak universitas ternama yang bagus di Indonesia. Oleh itu masih banyak masyarakat yang memilih negaranya sendiri untuk menempuh pendidikan yang lebih baik. Banyak kota besar yang sangat maju dan tak kalah dengan negara lain soal pendidikannya.

Salah satunya adalah Kota Makassar yang sedang gencar dengan pembangunan infrastrukturnya. Diantaranya yang nampak adalah pembangunan Smart City Infrastucture, penanggulangan bencana dan tata kotanya. Yaitu pemasangan kamera CCTV di lokasi strategis kota Makassar yang langsung terkoneksi dengan War Room atau pusat kontrol sampai penanggulangan bencana. Kemudian didukung oleh perkembangan wisatanya yang menarik para wisatawan untuk datang kesini. Atas kemajuan inilah, banyak orang yang merantau ke kota ini.

Saat kamu akan merantau ke kota Makassar, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendapatkan kost atau belum. Karena hal ini sangat penting bagi seorang perantau. Tak mungkin juga kamu sudah sampai di Makassar namun kamu bingung akan tinggal dimana. Oleh karena itu carilah referensi kost yang ada di Makassar melalui aplikasi mamikos. Kamu bisa download aplikasi mamikos melalui playstore atau appstore. Data yang tertampil di mamikos akan selalu terupdate sehingga kamu nyaman untuk mencari informasinya. Kost makassar bisa kamu dapatkan dari standart hingga exclusif.

Sebelum merantau, kamu butuh beberapa persiapan agar merantaumu nyaman dan mengesankan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan :

Siapkan Mental

Keberanian menjadi modal awal seorang perantau. Tanpa keberanian yang kuat kamu akan selalu dibayangi dengan rasa ragu dan takut untuk meninggalkan kampung halaman.

Saat kamu sudah yakin dengan keberanianmu, percayalah merantaumu akan lebih nyaman dan mengesankan.

Berhemat

Hidup berhemat tentu wajib bagi semua orang. Namun, terlebihnya untuk perantau karena memang jauh dari keluarga. Kamu harus tau diri saat menjaga pengeluaranmu, jangan gunakan uang sakumu untuk hal yang tak penting atau sekedar berhura-hura.

Pola hidup yang hemat akan memberikan ketenangan bagi setiap orang melakukannya. Dan lebih baiknya lagi sisihkan uang sakumu untuk menabung. Hal ini sangat dibutuhkan, kamu tak akan pernah tahu tiba-tiba ada kebutuhan mendadak yang harus segera kamu bayarkan.

Belajar Membuka Diri

Menjadi seorang pendiam tentu akan lebih tertutup dari orang lain. Saat kamu menjadi perantau cobalah untuk belajar membuka diri. Mengapa? Merantau tanpa keluarga, tentu kamu butuh orang lain.

Tak mungkin selama kamu merantau, kamu akan makan sendiri, pergi sendiri hingga kamu mempunyai masalah. Pasti kamu butuh teman untuk bisa berbagi cerita.

Bersikaplah Ramah dan Sopan

Menjadi orang baru, kamu tentu harus bisa belajar bersikap ramah dan sopan. Dengan sikap tersebut tentu orang lain akan menghargai kamu pula.

Jangan sampai kamu menjadi orang yang angkuh saat merantau, ingatlah kamu sedang di kota orang jadi bersikaplah ramah dan sopan agar kamu tidak terkucilkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *