Inspirasi Bisnis Dari Telur Gulung Di Gelar Produk UKM Kampus 4 UAD Yogyakarta

Inspirasi Bisnis Dari Sekotak Telur Gulung Di Gelar Produk UKM

Mas Yusuf Penjual Telur Gulung di Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Mas Yusuf Penjual Telur Gulung di Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

“Sehari bisa habis berapa kilo telur,Mas?” tanyaku pada laki-laki yang akrab dipanggil Mas Yusuf ini.

“Ya, enggak pasti, Mbak. Rata-rata ya 4 kilo, lah!” jawabnya sambil tersipu.

Sik-sik, bentar, Mas! 4 kilo itu berarti sekitar 60-65 butir telur sehari?” mataku hampir melotot, kagum dan tak mengira bisa segitu banyaknya.

“Iya, sekitar segitu, Mbak!” tuturnya sambil memberikan seulas senyum.

“Masnya kok bisa tahu ada pameran ini?” tanyaku lagi.

“Iya, Mbak, kebetulan saya ikut komunitas bisnis Yogyakarta, jadi pas ada informasi ini saya langsung tahu. Saya juga sudah sering mengikuti pameran semacam ini,” jawabnya yakin.

“Cara daftarnya gimana sih Mas?”

“Kita langsung mendaftar di PLUT-KUMKM DI Yogyakarta Mbak, sekitar sebulan sebelum acara berlangsung,” paparnya.

“Oh, berarti informasinya update terus ya, Mas?”

“Betul, Mbak. Banyak sekali kegiatannya, Alhamdulillah jadi banyak saudara dan bisnis juga semakin lancar.” Dia memungkasi obrolan kami.

Tangannya masih saja sibuk memutar-mutar lidi panjang menggulung adonan telur yang sedang mengapung di permukaan minyak panas di wajan.

Aku menyerahkan satu paket telur gulung yang terbungkus mika ke Aishya. Dia balitaku yang kuajak berkeliling di “Gelar Produk UKM Makanan, Minuman, Craft dan Fashion Istimewa” pada hari Selasa, 30 April 2019 sekira pukul 14.00 WIB di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Ringroad Selatan Yogyakarta. Jajanan yang paling disukainya itu langsung dilahapnya, tanpa saos maupun kecap. Dia lebih suka yang original.

Mas Yusuf termasuk generasi muda pandai membaca situasi dan peluang. Dia sudah melakoni bisnis yang sering digolongkan sepele ini sejak 4 tahun yang lalu. Iya tak pernah malu menjalaninya. Menurutnya, generasi muda yang masih mengutamakan malu untuk melakukan bisnis kecil semacam ini akan ketinggal jauh dengan para pemuda yang lebih cerdas mengambil kesempatan seperti ini.

Selain di pameran-pameran, pemuda yang baru menikah 3 bulan ini mengaku setiap hari berjualan di sekolah-sekolah SD, sedangkan hari Minggu di mana sekolah-sekolah libur, ia akan bergeser mencari tempat yang juga ramai dikunjungi oleh banyak orang. Dia memilih berjualan di lokasi depan JEC (Jogja Expo Center) setiap hari Minggu.

Memang, bisnis ini terlihat sepele namun ternyata sangat digemari oleh masyarakat terutama anak-anak hingga mahasiswa. Dengan harga cukup 5 ribu saja kita sudah bisa mendapatkan sepaket telur gulung berbungkus mika yang berisi 4 pcs telur gulung.

“O, iya Mas, Tanya lagi ya, untuk setiap butirnya bisa disulap menjadi berapa tusuk telur gulung?” pertanyaan saya menyelidik.

“Biasanya untuk 1 butir telur bisa jadi 4 tusuk telur gulung, satu porsi Mbak!” jawabnya menjelaskan.

Hmm, jadi kalau sehari saja mampu menghabiskan 4 kg telur alias 60-65 butir telur, maka pendapatan kotornya bisa mencapai 300.000 hingga 325.000 rupiah. Tuh kan! kalau dilihat dari tusukan telur gulungnya memang kecil tapi begitu menghitung akumulasi pendapatan sehari bisa mencapai 300ribu, ada yang masih berpikir bahwa bisnis ini sepele?

Bisa dimudahkan lagi simulasi penghitungannya. Karena biasanya pendapatan atau income dihitungnyanya per bulan, maka jika sehari 300ribu – 325ribu, untuk sebulan bisa 9 juta – 9.75 juta, loh! Masih menganggapnya remeh?

Pisang Tuman Rasanya Bikin Tuman

Pisang Tuman Selingkuh Aneka Rasa
Pisang Tuman (Sayang, Selingkuh, Baper, Hoax) Aneka Rasa

Selain telur gulung ada banyak sekali pelaku UKM lainnya. Tepat di sebelah kanan telur gulung terdapat stand Pisang Tuman. Tuman diambil dari Bahasa Jawa yang artinya ketagihan. Dari lirikan pertama pandanganku langsung tertuju pada nama masing-masing menu pisang nugget itu. Ada pisang Tuman Sayang, Pisang Tuman Baper, Pisang Tuman Selingkuh, dan Juga Pisang Tuman Hoax.

Pisang Tuman
Pisang Tuman

Menurut Tia, pelaku usaha pisang nugget ini yang sudah menjalani bisnisnya sejak 5 baulan yang lalu, memilih nama-nama tersebut agar mendapat perhatian khusus bagi para calon pelanggannya. Iya sih, sama-sama pisang nugget, rasanya juga sama dengan aneka toping mulai dari cokelat, greentea, oreo, chocochips dan lain-lain, tapi dengan nama yang unik terkadang bisa membuat orang jatuh hati dan lebih memilihnya hanya karena sedang baper, atau sayang atau selingkuh? Jadi, silakan memilih sesuai dengan suasa hati yang kamu rasakan ya! Ada-ada saja ya kreasi anak zaman now!

Di depannya stand telur gulung ada sate cumi yang lagi ngehits. Sate ini dibakar langsung saat kita memesannya. Pembakarannya pun unik, menggunakan api bawah (kompor) dan api atas yang langsung dipantik dari tabung gas kecil. Unik sekali cara masaknya. Makanan ini mungkin ada sekitar 3 atau 4 yang stand dengan menu serupa.

Cao Kelor Pegagan

Mencicipi Cao Kelor Pegagan Bu Fat Yogyakarta
Mencicipi Cao Kelor Pegagan Bu Fat Yogyakarta

Beberapa langkah dari stand Sate Cumi ada produk minuman yang juga cukup unik dan tradisional. Cao kelor Pegagan. Namanya Mbak Shita, penjual minuman sehat ini mengaku sudah sekitar 2 tahunan menjalani bisnis itu. Bisnis yang dijalankan melalui kolaborasi dengan Bu Fat sebagai formulator ini melayani pesanan-pesanan dari ibu-ibu arisan. Juga rutin memasarkannya lewat WA maupun media sosial seperti Instagram.

Cao Daun Kelor dan Daun Pegagan
Cao Daun Kelor dan Daun Pegagan

Selain rasanya yang segar, minuman ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantara manfaat daun kelor antara lain,  memiliki kandungan 7 kali vitamin C pada jeruk, 4 kali kandungan calcium pada susu, 4 kali kandungan vitamin A pada wortel, 2 kali kandungan protein dalam susu, serta 3 kali kandungan potasium dalam pisang.

Sedangkan manfaat daun pegagan antara lain: meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, mempercepat penyembuhan luka, anti thrombosis, antiseptik dan juga melancarkan peredaran darah.

Ternyata jika kita telusuri lebih dalam, banyak sekali tumbuhan yang bisa kita manfaatkan sebagai bahan makanan atau minuman yang di dalamnya banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Es Jeruk Baby Segar Alami

Jeruk Baby Kaya Serat Anti Sembelit dan Meningkatkan Daya Tahan tubuh
Jeruk Baby Kaya Serat Anti Sembelit dan Meningkatkan Daya Tahan tubuh

Tak jauh dari es Cao Kelor Pegagan, tampak stand minuman lain yang tak kalah segarnya. Es Jeruk Baby Orange Segar Alami. Dari tumpukan butiran jeruk baby terbelah yang segar bisa dibayangkan betapa segar perasan jeruk itu dipadu dengan es batu. Meski cuaca mendung, rupanya es tetap menjadi pilihan untuk menghalau rasa haus yang diakibatkan oleh gerahnya cuaca.

Es Jeruk Baby Orange Segar Alami
Es Jeruk Baby Orange Segar Alami

Pak Indra namanya, mengaku lebih memilih menu minuman ini untuk dijual karena cara menyajikannya simpel dan banyak dicari pembeli. Minuman 100% air jeruk ini sehat karena tidak ditambahkan gula sedikitpun. Bapak ini mengaku sudah mengikuti kegiatan pameran semacam ini sejak 5 tahun yang lalu. Bahkan tak hanya dalam kota Jogja saja, beberapa kali mengikuti pameran serupa di Purwokerto, Wonosobo, Salatiga dan Kebumen.

Tentang jeruk baby ini sebenarnya memang tak asing lagi. Selain rasanya yang segar, manfaatnya untuk kesehatan juga sudah lama saya buktikan. Kandungan vitamin C-nya memang tinggi. Jadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kerap kali saya perlukan saat anggota keluarga sedang menderita flu atau batuk. Abiyyu, anak kedua saya, setiap muncul gejala awal flu langsung saya boom dengan perasan jeruk baby minimal sehari 2 kali. Alhamdulillah gejala flu tak jadi memberat dan seringnya malah langsung hilang dan tidak jadi jatuh sakit.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh jeruk baby ini juga banyak mengandung serat yang dibutuhkan untuk melancarkan BAB. Terkait pengalaman ini saya pun telah membuktikannya semenjak Aishya, anak bungsu saya berusia 8 bulan. Semenjak konsumsi makanan pendamping ASI pola defekasi Aishya menjadi keras dan sulit keluar. Saat itu saya disarankan oleh ahli gizi untuk memberikan jeruk baby itu sehari 2 kali. Alhamdulillah semenjak itu BAB-nya lancar dan hingga kini masih dipertahankan untuk mengkonsumsi perasan air jeruk baby ini sehari 2 kali.

Ada banyak lagi makanan dan minuman lain di bazzar produk itu. Mides Pundong, sosis bakar, takoyaki, nasi kuning dan aneka jajan lain yang bergizi dengan harga yang terjangkau.

Selain produk makanan dan minuman, bazzar ini juga menyajikan stand craft dan fashion lokal dari Yogayakarta. Diantara produk craft itu ada batik, tas, juga aneka pernak-pernik hiasan maupun souvenir produk lokal Yogyakarta.

Tentang UMKM dan PLUT-KUMKM Selaku Rumah Bersama dan Pendamping Bersama

Ramainya pengunjung Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Ramainya pengunjung Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

Sebagai masyarakat, setiap hari pasti kita berinteraksi dengan pelaku bisnis UMKM, baik untuk membeli produknya atau hanya sekadar melihat sibuknya transaksi mereka di setiap ruas jalan. Dari pengamatan saya, di era modern seperti sekarang ini dunia UMKM memang mulai menggeliat. Dari yang awalnya remeh menjadi sangat bergengsi. Zaman sekarang mahasiswa lebih banyak yang sudah aktif dalam menjalani bisnis. Setidaknya setelah lulus nanti tinggal melanjutkan bisnisnya dengan lebih bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk semakin menumbuhkembangkan bisnisnya yang sudah dirintis sejak awal.

Interaksi antusias antara peserta dengan pengunjung pameran gelar produk UKM makanan minuman craft dan fashion istimewa yogyakarta
Interaksi antusias antara peserta dengan pengunjung pameran gelar produk UKM makanan minuman craft dan fashion istimewa yogyakarta

Kemajuan UMKM terutama di Yogyakarta tentu saja tak jauh dari peran serta pemerintah yang aktif mendukung kegiatan UMKM di seluruh pelosok Yogyakarta. Para pelaku UMKM didampingi langsung oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta melalui PLUT-KUMKM DI Yogyakarta. Salah satu bentuk support juga dukungan dari PLUT Jogja kepada UMKM adalah kegiatan Gelar Produk UKM di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan ini yang berlangsung 2 hari mulai tanggal 30 April hingga 1 Mei 2019 pukul 09.00 s/d 16.oo WIB. Jadi masih ada waktu hingga nanti sore. Yuk, ramaikan acaranya. Selain menemukan inspirasi bisnis, kita juga mengajari anak untuk langsung belajar bertransaksi jual beli di sana.

Belajar bertransaksi di Bazzar Makanan Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Belajar bertransaksi di Bazzar Makanan Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

Sejalan dengan motto “Melayani Mendampingi Memberi Solusi” PLUT-KUMKM DI Yogyakarta memberikan layanan kepada pelaku bisnis di Yogyakarta secara gratis. Diantara layanan tersebut adalah:

  1. Konsultasi Bisnis KUMKM
  2. Pendampingan / Mentoring BIsnis
  3. Fasilitas Akses Pembiayaan
  4. Pemasaran dan Promosi
  5. Pelatihan Bisnis
  6. Networking
  7. Layanan Pustaka Entrepreuner

PLUT-KUMKM DI Yogyakarta sebagai Rumah Bersama dan Pendamping UMKM siap wujudkan UMKM naik kelas. Dengan pendampingan, support serta berbagai pelatihan bisnis mulai dari pemasaran, pengembangan desain, juga packaging bagi para pelaku UMKM, saya yakin hal ini akan semakin menjamin dan memperkuat perekonomian Indonesia ke depan.

Kamu punya bisnis apa? Segera daftarkan ke PLUT-KUMKM DI Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan HOS Cokroaminoto 162 Yogyakarta Telp (0274)552149. Mari maju bersama, semaikan bisnis kita mulai dari kecil hingga nanti bisa menjadi bisnis raksasa  untuk anak cucu kita.

Berkeliling di Bazar Gelar Produk Pelaku Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Berkeliling di Bazar Gelar Produk Pelaku Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

Salam,

-Eka Wahyuni-

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba blog Gelar Produk UKM Pelaku Makanan, Minuman, Craft dan Fashion Istimewa yang diadakan oleh PLUT-KUMKM DI Yogyakarta*

Sumber tulisan:

  • Wawancara langsung dengan pelaku usaha
  • Web PLUT-KUMKM DI Yogyakarta

40 Replies to “Inspirasi Bisnis Dari Telur Gulung Di Gelar Produk UKM Kampus 4 UAD Yogyakarta”

  1. Kelor emang besar banget manfaatnya dan banyak produk UKM yang pakai Kelor atau malah bahan utamanya kelor, btw pameran produk UKM ini seru juga mbak, membentuk kewirausahaan

  2. semoga UMKM Yogya terus berkembang dan maju dan membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya ya,aamiin.
    saya jadi pengen jeruk baby nya seger banget pas panas-panas bengini kayaknya

  3. Telur gulung juga jajanan kesukaanku nih mb, kalo lagi di luar nemu telur gulung selalu beli. hihi. semacam ada kenangan masa kecil kalo makan telur gulung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *