DURIAN MONTONG, BUAH LEZAT YANG MENGGIURKAN, TAPI, AWAS! BERBAHAYA JIKA KEBANYAKAN!

Siapa yang tidak tergiur, melihat daging durian yang tebal dan menguning ini? Ah, hampir mayoritas penduduk negara kita, Indonesia, akan begitu menggilai buah berduri ini. Rasanya yang manis, pulen, membuat satu biji pun tak akan cukup. Perlu membelah beberapa buah durian dalam sekali makan. Apalagi jika makan durian montong ini ramai-ramai bersama teman sehati lainnya. Dijamin, belum mau bangun dari duduk sebelum kepala terasa pusing dan tengkuk terasa “cengeng”.

Awas!  Kebanyakan makan buah ini, bukannya malah membuat hati bahagia gembira tak terkira, alih-alih justru akan membuat Anda terpaksa mengunjungi dokter pribadi terdekat, karena keluhan pusing yang sekarang lebih mengalahkan rasa lezatnya. 

Buah durian montong, cenderung lebih disukai oleh penggemarnya,karena dagingnya yang tebal, rasanya yang lezat, manis, pulen dan penampilannya memang sangat memikat hati para dureners. 

Berbagai jenis penyakit yang mungkin saja bisa muncul dikarenakan terlalu banyak makan durian, antara lain:

1. Hipertensi

Seperti diketahui dari berbagai macam teori yang beredar, maka kandungan durian yang kaya akan lemak maupun zat gula akan mempengaruhi terjadinya hipertensi/tensi. Kandungan lemak yangvterakumulasi di pembuluh darah akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah sehingga, darah akan lebih sulit melewatinya dengan lancar. 

2. Resiko Sakit Jantung

Hampir sama dengan penjelasan pada poin 1, bahwa lemak yang terkandung pada durian akan berakumulasi membentuk sumbatan yang awalnya kecil hingga lama-kelamaan membuat buntu saluran darah. Sumbatan lemak ini, meskipun kecil sudah mampu membuat otot jantung berkontraksi lebih kuat untuk memompa darah.

3. Resiko Gangguan pada Janin

Tak jarang, kadang, ada juga ibu hamil yang tetap saja menginginkan makan buah durian walau hanya satu suapan. Tapi siapa, sih, yang rela hanya makan satu suap durian, apalagi durian unggulan seperti durian montong ini? Rasanya sayang sekali jika hanya mencicipinya saja. Bila tak buru-buru menyadari, maka kesukaan makan buah satu ini bisa membuat menyesal. Meski tak selalu berujung pada kematian janin (kecuali kalau makan duriannya begitu buanyaak ya), bahkan pada orang dewasapun jika kebanyakan pasti akan menimbulkan gangguan kesehatan. Alangkah bijaknya jika meakan buah kesayangan ini tetap memakai pertimbangan logis untuk kepentingan kesehatan. 

Sebenarnya, masih banyak sekali kemungkinan gangguan kesehatan yang disebabkan buah mahal satu ini. Namun tidak akan banyak kita bahas disini. Namun, setidaknya tips berikut ini lebih memberikan kenyamanan dan keamanan memakan buah durian ini bagi Anda yang sangat tidak bisa meninggalkannya.

– Makanlah durian hanya seperlunya saja, tidak perlu menghabiskan stok durian di penjual durian (pada kenyataannya berbagi-lah yang lebih menyelamatkanmu ketimbang dihabiskan sendirian dalam jumlah banyak, 

– Perbanyak minum air putih, boleh dengan cara dituangkan ke dalam rongga durian di kulit durian, diamkan beberapa saat, kemudian diminum air itu. Meski penelitian belum dapat menunjukkan kebenaran hal tersebut, namun pada prakteknya memang cenderung manjur setelah minum air putih dengan cara seperti itu. Mulut menjadi tidak terlalu bau durian dan pusing akan lebih sedikit munculnya. 

– Perbanyak vitamin alami dari buah-buahan lainnya. Vitamin ini setidaknya membantu menetralkan kadar lemak dalam tubuh yang merugikan. Vitamin yang oleh Allah siapkan adalah buah manggis, dimana setiap musim durian akan selalu diimbangi musim manggis, seolah kedua buah ini adalah racun dan penawarnya. 

Semoga bermanfaat, 

Salam sehat, 

-EW-

Written by

65   Posts

Eka Wahyuni Tinggal di Jogja, Bunda dari 3 bocah hebat shaleh dan shaleha ini mempunyai kepribadian hangat dan supel. Selain aktif di sebuah klinik di Jogja, juga aktif berkomunitas dengan sesama penulis dan Blogger di Jogja. Senang sekali berbagi, ilmu, pengalaman, motivasi juga hal-hal positif lainnya. Kontak dan kerjasama bisa dihubungi melalui: Email: ekabyan@gmail.com
View All Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: