Daun Puteri Malu Mampu Melindungi Diri Dengan Menguncupkan Daunnya

Sudah pernah dengar kan ada tanaman yang namanya Puteri Malu? Daun yang tiba-tiba menguncup saat di sentuh ini begitu terkenal di kalangan anak sekolah, terutama SD dan TK. Bagi yang duduk di sekolah dasar pasti pernah mendengar nama tanaman ini. Nah, ingat kan? itu loh tanaman yang bisa melindungi dirinya dari serangan dengan cara menguncupkan daunnya. Dia pura-pura mati untuk mengelabui lawannya.

Daun Puteri Malu (Dokumentasi Pribadi)

Saat daun tersebut disentuh, secara otomatis akan menguncup dan menundukkan tangkai daunnya. Persis seperti daun yang layu.

Bunga dari Puteri Malu berwarna pink-ungu entuknya bulat terdiri dari serabut-serabut lembut. Buah atau biji dari Daun Puteri Malu mirip dengan pete dalam ukuran yang sangat kecil. Biasa untuk pete-petean oleh anak-anak yang sedang bermain pasar-pasaran.

Buah / biji daun puteri malu (Dokumentasi Pribadi)

Tanaman ini mudah sekali ditemukan di daerah pedesaan yang masih banyak terdapat kebun maupun semak-semak. Di kota kita akan sedikit kesulitan mendapatkannya.

Untuk memudahkan mencari, berikut ini ada video seperti apa sih bentuk dan rupa Daun Puteri Malu itu? Klik di sini untuk melihat bentuk dan gerak daun Puteri Malu saat disentuh.

Di Jogja masih dapat dengan mudah ditemukan. Terutama di daerah yang masih banyak terdapat sawah dan kebun seperti di Bantul, Sleman, Kulonprogo maupun Gunung kidul. Di kota sendiri masih bisa kita temukan tanaman unik satu ini. Di tengah kota misalnya, kita masih bisa menemukannya di tepian alun-alun kidul seperti pada gambar. Selamat berburu daun Puteri Malu buat teman-teman yang masih bingung. Anak sekarang di usia TK pun sudah mengenal tanaman satu ini. Beda sekali dengan generasi emaknya di zaman lampau ya? rata-rata baru mengenal tanaman satu ini di kelas, ya kalau enggak kelas tiga ya kelas empat SD kira-kira.

Written by

69   Posts

Eka Wahyuni Tinggal di Jogja, Bunda dari 3 bocah hebat shaleh dan shaleha ini mempunyai kepribadian hangat dan supel. Selain aktif di sebuah klinik di Jogja, juga aktif berkomunitas dengan sesama penulis dan Blogger di Jogja. Senang sekali berbagi, ilmu, pengalaman, motivasi juga hal-hal positif lainnya. Kontak dan kerjasama bisa dihubungi melalui: Email: ekabyan@gmail.com
View All Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: