Yang Harus Dilakukan Saat Anak Diare

Belum selesai dikeringkan bagian perut ke bawah, dia mulai menggeliat lagi. Perutnya bercerucuk, wajahnya pasi.Dia segera berlari ke belakang. Keringat dingin cukup mewakili rasa tak nyaman, lemas, sakit dan rasa lainnya. Sorot matanya meredup.Entah, sudah beberapa kali minum
obat yang biasanya cocok kali ini belum juga berhasil membuat diarenya berhenti.Justru disusul muntah yang tak terbendung berkali-kali. Makanan belum tercerna menyemprot tak hanya melalui mulut, tapi juga lewat hidung. Pedas, katanya.Ini sudah ke sekian kalinya. Mungkin lebih dari 10 kali sejak tengah malam tadi.”Kak, kalau diare dan muntah terus kayak gini, berbahaya, bisa kekurangan cairan, harus diinfus,” Aku mencoba memberinya pengantar perlahan.”Emang bisa kenapa, Bund?” tanyanya khawatir.”Ya bahaya, Kak!” ucapku kembali.”Ya bahayanya apa, Bund. Bilang, toh!” dia mendesak,”Bahayanya bisa kekurangan cairan, bisa lemes banget,”Bukan menakutinya, tapi kalau dia terusin menolak minum dan makan, rehidrasi akan sangat sulit dilakukan.”Cairan itu apa, Bund?” Kejarnya. Benar rupanya, usia 7tahun masih terbatas sekali kosakatanya. Ternyata seluas apapun wawasan anak, kerap beberapa kata masih sangat asing dan membingungkannya.”Cairan itu, air yang ada di dalam tubuh kita, yang jumlahnya harus cukup biar tubuh kita tetep sehat, kuat dan segar. Kalau cairan banyak yang keluar lewat diare dan muntah, artinya kita harus menggantinya dengan makan dan minum juga. Tapi kalau setiap makan dan minum selalu dimuntahkan, ya harus dimasukkan dengan cara lain, yaitu diinfus,””Abiyyu nggak mau diinfus, Bund!” tolaknya.”Enggak, Abiyyu kan mau minum, mau makan, mau minum obat biar nggak muntah, insyaAllah Allah cepet sembuhkan, Abiyyu,” kurangkul bahunya.Badannya lemes saat keluar dari kamar mandi.Alhamdulillah, dia sangat kooperatif setelahnya.Sesekali saat melilitnya datang, dia tarik napas panjang, beristighfar dan berdoa, “Ya Allah, sembuhkan aku, ya! Astaghfirullah!”

***

Kenali Diare

Ada mamak yang nggak pernah melihat feses anak saat BAB? Begitu fesesnya keluar langsung buru-buru di-flush biar enggak bau?Semoga setelah ini menganggap konsistensi feses anak jauh lebih penting dibanding apapun ya, karena data saat anak diare sangat penting bagi dokter untuk membantu menegakkan diagnosa dan menentukan terapinya.Sedih kan kalau melihat anak yang biasanya naik-naik pagar tiba-tiba anteng, diam karena nggak punya tenaga?Diare, artinya BAB lebih dari 4 kali dalam 24 jam, dengan konsistensi feses yang lebih lembek atau encer dari biasanya.Penyebab diare dilihat dari ciri-cirinya:

Diare karena virus

Biasanya feses cair, keluarnya menyemprot dan jika kebelet sulit untuk ditahan, baunya sedikit asam.

Diare karena bakteri

feses bisa cair atau lembek, sangat melilit di perut, kadang sulit dikeluarkan, bercampur lendir atau darah, baunya busuk dan atau amis.Jelas keduanya berbeda, terapinya juga berbeda.
Namun apapun penyebab diare, yang wajib kita lakukan untuk menolongnya dirumah adalah:

1. Upayakan rehidrasi

Saat anak masih bisa disuruh minum dan makan walau sedikit, insyaallah penggantian cairan yang hilang bersama diare dan muntah bisa segera diraih.Rehidrasi yang ideal menggunakan larutan oralit. Bisa dibeli di apotek atau dibuat sendiri di rumah menggunakan gula pasir dan garam dapur.Untuk satu gelas air minum (200cc) bisa ditambahkan 2 sdt gula pasir dan 1/5 sendok teh garam dapur.Berikan ke anak yang diare sedikit demi sedikit agar tidak mencetuskan muntah.Berikan makanan yang aman untuk pencernaannya lebih dahulu.Hindarkan makanan yang asam atau pedas juga terlalu berlemak atau berbau tajam.

2. Jangan memberinya obat diare sembarangan

Obat diare jenisnya bermacam-macam. Banyak yang bisa dibeli bebas di apotek tanpa resep dokter.
Namun saya sarankan, jangan sembarangan memberinya obat diare terutama bagi anak-anak dan balita.Kenapa?Karena ada beberapa jenis obat diare yang efek kerjanya dengan mengurangi gerakan usus agar tidak terlalu cepat sehingga diare bisa berkurang bahkan langsung berhenti.Bahayanya bagi anak, terkadang efek obat tersebut bisa menyebabkan berhentinya gerakan usus di satu bagian dan usus bagian lainnya tetap bergerak cepat.Akibatnya bisa menyebabkan usus yang diam justru akan masuk dan menyumbat ke usus yang bergerak.Saat ini terjadi, maka tak hanya diare yang membahayakannya, ususnya pun tak lagi bisa dilewati feses, bahkan udara. Perut anak kesakitan luar biasa, kentut tidak bisa.Solusi yang harus segera dilakukan adalah operasi untuk membebaskan sumbatan pada usus tersebut.
Dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan ileus.Maka sangat bijak saat kita berhati-hati untuk mengobati anak diare.

3. Putus rantai penularan

Caranya dengan menjaga kebersihan personal baik saat membersihkannya sewaktu BAB atau sewaktu akan memberinya makan dan minum.Selalu cuci tangan menggunakan sabun.

4. Jaga kebersihan lingkungan

Segera cuci dan bersihkan dengan sabun, pakaian atau alas yang terkena feses.

5. Periksa ke dokter terdekat

Jika diare berlanjut bahkan bertambah dengan muntah segera periksakan ke dokter terdekat.Memeriksakan anak sebelum mengalami dehidrasi akan lebih baik dan lebih cepat penanganannya di banding saat anak sudah lemas dan mengalami dehidrasi berat.

Apakah ke dokter pasti harus diinfus?

Tidak.
Saat proses rehidrasi masih bisa dilakukan per oral, maka dokter hanya akan mengobatinya dengan obat-obatan yang aman dan memberinya oralit untuk rehidrasi lewat oral (mulut)Dokter akan memutuskan bahwa anak harus diinfus saat anak sudah mengalami dehidrasi sedangkan semua jenis makanan, minuman dan obat tidak dapat masuk karena muntah yang parah.Semoga tulisan ini bermanfaat,Salam hangat,Ew

3 LANGKAH CARA MERAWAT LUKA KHITAN YANG TIDAK SAKIT

Belum ada lima menit kutinggalkan, kamarnya sudah kosong, ruang tamu nihil. Kemana dia?Kubenahi handuk warna merah yang tadi dipakainya alas duduk sewaktu kubersihkan luka yang melingkar di ujung alat kelaminnya.Jangan-jangan!?Segera kutinggalkan kamar yang kini sudah berubah menjadi kapal setengah pecah. Mainan bertebaran di mana-mana.Aku berlari ke depan, kubuka sedikit pintu menuju teras. Kuintip, tak sedikit pun terlihat batang hidungnya.Kututup kembali pintu itu seraya bergegas mengambil jilbab yang tersampir di sofa.”Dug… Dug… Thak..thak… !” Ritmis sebuah suara membentuk nada.Kubuka lagi pintu itu dengan lebih antusias dibanding sebelumnya.”Astaghfirullah, Kakaaaak!” Terperanjat kulihat Abiyyu, anak keduaku yang baru dikhitan 3 hari yang lalu.
Masih lengkap dengan sarung hijau dan kaos berwarna kuning bergambar bintang – bintang kecil. Tangannya bergerak senada dengan kakinya yang berada di atas egrang berwarna hijau.”Hehe, maaf, Bund! Abiyyu bosan, e! Abiyyu pengin olah raga. Nggak apa-apa kan, Bund?” Polos, sorot matanya seolah tak bersalah.Bukan tidak boleh, tapi lukanya itu loh, baru tiga hari, meskipun sudah mulai kering, takutnya kulit sekitar lukanya malah bengkak lagi.”Ya sudah, tapi pelan saja ya, dan belum boleh pakai egrang yang lebih tinggi!”

***

Jangan Takut Merawat Luka Sendiri

Beberapa hari yang lalu, saya sudah share tulisan tentang 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Luka Khitan cepat Kering. Satu di antaranya adalah bagaimana merawat luka yang baik dan berhasil mencegah terjadinya infeksi pasca khitan.Seperti halnya perawatan luka biasa, hanya kali ini lukanya terletak di alat kelamin yang lebih sensitif. Seolah memberi kesan bahwa luka itu lebih parah dari luka lecet biasa.

Tiga Langkah perawatan luka:

1. Asepsi

Merawat luka tujuannya adalah membuat luka dan daerah sekitarnya terbebas dari bakteri atau kuman apapun yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Cara asepsi artinya mengupayakan semua langkah perawatan luka terjamin dari kontaminasi kuman.

Beberapa langkah merawat luka:

a. Alat dan Bahan:

(Pict: docpri)- Gunting,- kassa steril,- cairan pembersih luka (cairan NaCl atau rivanol atau larutan antiseptik lain),
– perekat (plester bisa yang berwarna cokelat atau yang putih, saya menggunakan hypafik),

(Pict: docpri, salah satu contoh perekat)- Salep antibiotik (biasanya dibawakan dari Rumah Sakit)

b. Langkah merawat luka

Jika waktu terbatas dan bisa mempertahankan kebersihan daerah sekitar luka, maka perawatan bisa dilakukan 1-2 hari sekali.
Catatan, setiap luka basah oleh air (misalnya saat buang air besar atau buang air kecil) harus dilakukan perawatan luka kembali.Namun tentu saja akan lebih baik jika luka tersebut kita rawat sehari dua kali setelah mandi (3 hari pertama sebaiknya tidak mandi seluruh badan, untuk mencegah luka basah tersiram air)

Cara merawat luka:

– Bersihkan daerah sekitar luka menggunakan kassa di beri cairan NaCl atau antiseptik. Bersihkan mulai dari bagian luka (bisa dikompres dengan cara kassa steril dibasahi dengan NaCl atau rivanol, tempelkan pada luka yang melingkar kurang lebih 10menit).
Buat gerakan melingkar dari bagian luka ke bagian lebih luarnya dan tidak kembali ke daerah luka.
Jika masih kurang bersih, ulangi lagi dengan gerakan yang sama dari bagian luka ke arah luar.- Oleskan salep antibiotik tipis-tipis pada luka dan sekitar luka.- Boleh ditutup dengan kassa, boleh dibiarkan terbuka. (3 hari pertama disarankan melakukan perawatan luka terbuka agar kassa tidak lengket. Bisa jadi beberapa titik masih aktif mengeluarkan cairan albumin sehingga bila bercampur dengan salep dan kassa maka akan lengket)- Saat perawatan luka terbuka, upayakan anak agar banyak istirahat, tidak banyak beraktifitas dahulu.- Lanjutkan perawatan hingga seminggu pasca khitan dengan teknik yang sama sampai luka khitan benar-benar kering dan sembuh.

2. Isolasi

Isolasi dalam hal ini berarti menjauhkan luka dari berbagai macam sumber kontaminan. Bisa dengan membungkusnya dengan kassa steril kering setelah sebelumnya dilakukan perawatan luka atau dengan cara meminimalkan aktifitas agar terhindar dari kotoran maupun kontaminasi kuman.Gunakan pakaian yang longgar agar sekitar alat kelamin tidak lembab.Bersihkan badan dengan cara yang paling aman, bisa menggunakan tissue basah atau mandi dengan bantuan washlap dan sebaskom air.Selalu ganti pakaian baru setelah badan bersih dan luka sudah dibersihkan.

3. Fiksasi

Lebih 3 hari anak berdiam diri pasti akan membuatnya sangat boring. Meskipun segala macam permainan, game, buku dan hal menarik lainnya sudah disiapkan di dekatnya, tetap saja anak butuh dunia dan “udara segar” nya.Untuk membantu anak agar beraktifitas ringan dengan nyaman, maka kita perlu memfiksasi luka khitannya.Fiksasi artinya menjaga tetap pada tempatnya atau tidak bergerak. Tindakan ini membantu anak saat luka khitan sudah mulai sembuh, tidak lagi bengkak namun masih memerlukan perawatan luka dan anak harus melakukan suatu aktifitas ringan tanpa merasa sulit bergerak karena sakit.Fiksasi selain mengurangi gesekan luka dengan celana juga mencegah agar luka tidak sakit akibat aktifitas yang dilakukannya.Caranya adalah:Balut luka dengan kassa steril kering setelah luka dirawat dan diberi salep.Buka kassa steril hingga berbentuk segi empat.Lipat salah satu sudutnya ke arah sudut ang berlawanan.Lipat juga sudut lawannya ke arah sudut yang tadi sudah dilipat lebih dahulu.(Pict: dokpri, Contoh menggunakan kertas tissue agar mudah dimengerti)(Setelah kedua ujung kassa dilipat)(Lipat kassa di garis tengah hingga membuat kedua sisi simetris yang saling bertumpuk)Lipatan ini siap untuk digunakan untuk memfiksasi luka khitan.Bagian tengah letakkan di luka pada bagian bawah alat kelamin, lingkarkan ke atas hingga menutup seluruh bagian luka, pilin dua kali di atas alat kelamin dan satukan kedua ujung kassa sisanya.Tarik dan rekatkan kedua ujung kassa steril dengan bantuan plester atau hypafik ke kulit perut bagian bawah. (Contoh seperti gambar)(Pict: docpri, gambar saat luka sudah difiksasi dan siap menggunakan celana dalam seperti biasa)(Pict: docpri, fiksasi dilihat dari samping)Semoga tulisan ini bermanfaat, dan membantu para orang tua untuk menemukan referensi cara merawat luka pasca khitan.
Tulisan ini tidak mengandung unsur iklan sama sekali, hanya menggunakan beberapa bahan yang kebetulan tersedia dirumah.Beberapa gambar sengaja di-blur agar memenuhi kode etik kepenulisan.Salam hangat,Ew

KREASI INKLUSI MELAMBUNGKAN IMPIAN TANPA BATAS DI PAMERAN HARNAS 2019 DISKOPUKM DIY

Keterbatasan mereka, melangitkan impian dan semangat hingga ke Pencipta segala kemungkinan di dunia ini”

Keceriaan Anak Bersama Pak Waluyo Pengusaha Madu Inklusi
Keceriaan Anak Bersama Pak Waluyo Pengusaha Madu Inklusi

Siang ini kembali saya ajak dua anak manis yang memutuskan untuk memilih homeschooling. Yah, pameran #HariNasionalUMKM219 di Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta ini akan memperkaya pengetahuan mereka tentang segala hal di dalamnya. Bertransaksi, menghargai hasil karya, juga berkreasi yang akan memberi nilai lebih terhadap hal-hal kecil.

Sedianya, kita mengawali menyusuri setiap satnd pameran tersebut dari depan hingga belakang. Namun, satu insiden kecil terjadi, si Kakak kebelet pipis yang mengharuskan kita menuju ke bagian belakang terlebih dahulu mencari toilet.

Sembari menunggu kakak ke toilet, saya sempatkan untuk mampir ke stand yang ditunggu oleh Mbak berkerudung yang belakangan saya tahu namanya adalah Endang Sundayani. Tak ada yang aneh, kami ngobrol ngalor-ngidul mengenai apa saja yang berhubungan dengan produk aneka kerajinan berupa tas rajut, dompet, madu asli, aneka puzzle kayu yang berjajar rapi di meja yang memisahkan kami berdua.

Karena obrolan yang nyaman dan enak, jsutru saya pun jadi betah di sana.

“Belum lama, Mbak. Baru 2 tahun ini,” Jawab ibu dua anak itu menjawab pertanyaan saya tentang awal usahanya.

Produk tas yang lucu berwarna-warni berbahan dasar nilon yang dirajut cantik dengan aneka ukuran dan model memenuhi meja.  Kulirik ibu itu masih terus duduk sembari tangannya merapikan dagangan.

“Oh, lumayan lama juga, ya! Ibu dari mana belajarnya?”

“Saya belajar otodidak, Mbak! Waktu  itu diajak sama ibu-ibu di sebuah acara pelatihan rajut, terus kami belajar dan latihan sendiri. Dari yang pletat-pletot membuat dompet kecil sampai akhirnya bisa bikin tas sebanyak ini!”

“Serius?” hampir tak percaya. Dalam waktu dua tahun, yang itu sama dengan saya belajar rajut otodidak juga dari Youtube, namun hanya berhasil membuat baju kecil yang sekarang pun lupa gimana caranya. Sedangkan ibu yang juga berprofesi sebagai pembawa acara Kita Bisa di TVRI Jogja ini justru semakin berkibar rajutnya hingga akhirnya dibisniskan!

Ibu itu masih duduk di kursinya yang tadi, tanpa sedikit pun beranjak. Tiba-tiba ada sesuatu yang jatuh, “Dek, tolong ambilkan itu, ya!” Abiyyu, anak saya yang laki-laki segera berlari untuk mengambilkannya.

“Terima kasih. Maaf merepotkan, ya!” ujarnya.

“Jadi ini semua produknya dihasilkan oleh orang-orang berkebutuhan khusus yang tergabung dalam IKPIN (Ikatan Pengusaha Inklusi Jogja, Mbak!” lanjutnya.

“Masya Allah, Bu, semua ini dihasilkan oleh orang berkebutuhan khusus?” kuusap wajah yang tak basah ini. Hatiku terkesiap seketika. Orang-orang hebat itu tak pernah menganggap keterbatasannya sebagai kekurangan.

Perlahan kususuri satu persatu produk yang ada di meja itu sembari sesekali kutahan untuk tidak merinding membayangkan betapa hebat semangat mereka menaklukkan semua keterbatasan yang menurut mereka justru kelebihan.

SRED – TAS RAJUT

Berasal dari singkatan nama beliau Bu Endang Sundayani juga suami dan dua anaknya, Bu Sundayani menamakan produknya dengan sebutan SRED. Memiliki kepanjangan Sofie, Radit, Endang dan Didin sang suami. Bu Endang yang sering juga disapa dengan Bu Sund berkolaborasi dengan suami yang sudah lebih dahulu mendalami dunia jahit tas kulit. Pak Didin, yang juga memiliki keterbatan dua kakinya diamputasi karena kecelakaan, mengawali karirnya dengan cara otodidak seperti istrinya.

Selama dua tahun ini ada saja yang membeli tas hasil karyanya. Meski secara harga untuk kualitas sebagus itu memang tergolong cukup mahal, nyatanya memang tas jenis rajut ini sedang banyak digandrungi oleh kaum hawa di mana saja, khususnya yang tinggal atau singgah ke Jogja.

Mereka berharap agar senantiasa diberi kesehatan dan semangat tinggi untuk terus menikmati kehidupan yang sudah dijatahkan oleh Allah kepada keluarga kecilnya.

Bu endang dan suaminya dikaruniai dua orang anak, Sofie kelas 1 SD dan Radit kelas 5 SD yang semuanya selalu bersyukur memiliki kedua orangtua yang super hebat. Semoga terus menginpsirasi ya, Bu!

PUZZLE KAYU JOKO-RUSTI

Bisa ditebak, anak-anak langsung berlarian menuju meja yang berserak di atasnya puzzle kayu. Tak membutuhkan banyak waktu, si kecil Aishya langsung menetukan pilihannya ke puzzle rumah berbahan kayu dengan aneka bentuk bangunan yang berwarna-warni.

“Aku mau yang ini!” katanya tegas. Tak bisa diganti dengan yang lainnya. Meski dengan bujukan atau pilihan gambar kupu-kupu juga gajah berwarna-warni.

Keputusannya tegas. Saya mengizinkan dia untuk memilih itu agar mengajarinya memutuskan sesuatu dan bertanggungjawab setelahnya. Sebenarnya aneka puzzle lainnya juga cantik dan bermacam bentuk dan warna, tapi puzzle rumah itu yang keukeuh dipilihnya, mungkin karena ukurannya yang berbeda-beda, tak hanya berdimensi gambar saja namun membentuk sebuah bangunan, yang membutnya lebih tertarik.

“Ini, berapa, Bu?’

“Yang itu tujuh puluh lima ribu, Mbak. Punya teman saya yang belum bisa datang karena sedang menghadiri acara undangan dari Kemdikbud. Kebetulan orangnya sibuk banget. Sudah banyak sekolahan yang mengajak kerjasama untuk produk-produk mainan edukatif berbahan kayu itu.

“Waah!” kagum saya semakin bertambah pada orang-orang itu. Mereka kini tak lagi mengenal istilah minder apalagi berputus asa! Mereka kini kreatif berkarya. Selain itu, merka juga memiliki hubungan social yang tinggi, setiakawan dan kompak saling membantu satu sama lain.

MADU HUTAN RAYA

Tak mau kalah dengan adiknya yang sudah memilih produk untuk dibeli. Dengan mata bulatnya, Abiyyu segera memindai semua barang yang ada di meja sebelah kanan, tepat di depan ibu Endang.

“Abiyyu mau yang ini!” sama! Dia memilih produk yang tak bisa ditawar. Madu sarang lebah yang meleleh menggiurkan didalam box plastik.

Sengaja tak beranjak dari stand itu. Dari rasa kagum inilah rasanya saya mendapat banyak inspirasi.

Pak Waluyo, pemilik madu yang berada satu stand dengan teman-teman inklusinya baru saja datang mengendarai sepeda motor yang sudah diadaptasi sedemikian rupa menjadi ramah difabel. Gerobaknya penuh dengan botol madu juga madu sarang. Orangnya sangat bersemangat dan positif. Beberapa madu yang rapi terkemas siap untuk dikirimkan ke seluruh Indonesia berjajar manis di gerobak sebelah kiri.

Madu meiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Tak hera banyaks ekali orang yang mencarinya untuk konsumsi sehari-hari. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, stamina dan daya tahan tubuh. Baik dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Dibandingkan madu kemasan botol, memang Abiyyu memilih madu sarang yang masih lengkap dengan malam sarang lebah. Kemasan dan bentuknya yang unik membuatnya penasaran untuk mencicipinya.

Makan madu! Katanya. Biasanya kan madu itu diminum, ya? Kali ini dia pengin makan madu, lengkap dengan rumah lebahnya. Seperti apa ya rasanya?

Sesiangan berkeliling pameran membuat letihnya mulai terasa. Yang tadinya lari berkejaran mulai loyo dan minta pulang.

Senang sekali bisa mengunjungi pameran yang diadakan untuk memperingati Hari Nasional UMKM 2019 ini di halaman gedung Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta. Pameran yang sangat menginpirasi juga mendukung perkembangan UMKM Yogyakarta ini diikuti lebih dari 25 stand dari produk makanan / minuman / fashion dan craft. Semuanya produk lokal yang high quality! Entah, mungkin suatu saat saya tak hanya menjadi pengunjung di acara seperti ini. Bisa jadi kan event yang akan datang justru saya menjadi peserta pameran? Hmm produksi apa ya kira-kira?

Salam,

-EW-

Sumber Informasi: Wawancara langsung dengan peserta pameran

Web Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta

Kreasi Inklusi Melambungkan Impian Tanpa Batas Di Pameran Harnas 2019 DisKopUKM DI Yogyakarta

Aishya bersama Bu Endang Sundayani pengrajin tas rajut

CANTIK & SEGAR BEBAS ANEMIA DI KALA HAMIL BERSAMA SUSU SGM BUNDA GENERASI MAJU

Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju
Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju

PERDARAHAN ADALAH SALAH SATU AKIBAT ANEMIA PADA IBU HAMIL

“Mbak, mohon kerjasamanya sebentar lagi, ya?” ucap dokter obgyn itu.

.

Tak biasanya, kali ini setelah bayi perempuanku lahir dan diletakkan di dadaku untuk IMD (Inisiasi Menyusu Dini), dokter itu masih terlihat sibuk.

Aku nggak tahu apa yang terjadi, karena aku terlalu asyik dengan letupan bahagia yang baru saja kudapat. Bahagia yang ajaib, mampu menyembuhkan segala rasa mulas dan sakit di seluruh tubuhku yang bersumber dari satu titik di perutku. Kontraksi Rahim.

“Mbak, ini harus dijahit lagi di bagian mulut rahim. Agak butuh kerjasama yang lebih,” dokter itu menghampiri kepalaku lagi.

“Ada apa, Dok?” tanyaku mulai khawatir.

“Ada “sedikit” perdarahan yang terus mengalir, kemungkinan ada robekan di mulut rahim,” lanjutnya menjelaskan.

“Astaghfirullah, iya Dok, yang penting bisa segera diatasi, bismillah!” saya mendekap erat bayi merah yang telanjang dengan mulutnya terus mencari-cari puting di dadaku.

Kata dokter, kemungkinan mulut rahimnya merapuh dikarenakan pemberian obat pacu yang sudah berlangsung 24 jam dan hampir tidak memberikan perkembangan pembukaan.

Selama dokter obgyn yang masih cantik itu berjibaku dengan area bawah saya yang sesekali muncul sensasi “clekat-clekit” karena tusukan jarum, tak putus saya lantunkan doa dan harapan agar bisa disegerakan teratasi.

Allah mendengarkan doaku, bayi merah yang hangat itu berhasil mendapatkan puting pertamanya, pun beriringan dengan dokter melepas sarung tangan tindakan pertanda selesai urusannya menjahit robekan jalan lahirku.

Seketika ingatanku melayang pada memori 3.5 tahun yang lalu, saat dokter Edo menjelaskan bahwa salah satu akibat dari anemia pada ibu hamil adalah terjadinya perdarahan. Perdarahan pada ibu melahirkan sangat fatal akibatnya jika tidak segera teratasi dengan baik dan cepat. Selain perdarahan, dokter itu menjelaskan lagi bahwa anemia pada ibu hamil bisa mengakibatkan efek lain seperti keguguran, bayi lahir premature, gagal jantung pada anak, kematian bayi dalam kandungan, kelainan plasenta, juga menyebabkan berat badan bayi lahir rendah.

Penyerahan hadiah dari kuis Talkshow bersama dokter ahli kandungan Festival SGM Bunda Generasi Maju Jogja
Penyerahan hadiah dari kuis Talkshow bersama dokter ahli kandungan Festival SGM Bunda Generasi Maju Jogja

Talkshow bersama dokter ahli kandungan ini saya ikuti pada acara Festival Bunda Generasi Maju yang didakan oleh SGM Bunda. Talkshow yang diberikan oleh dokter obgyn tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi secara menyeluruh seputar kehamilan.

Menurut dokter Edo, untuk menghindari kemungkinan terjadinya anemia, ibu hamil wajib mengkonsumsi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh dirinya dan bayinya. Karena kebutuhan nutrisi makro dan mikro pada ibu hamil sangat meningkat, maka SGM Bunda hadir dengan misi menghadirkan produk bernutrisi untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan menyusui.

Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju
Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju

Dukungan dari SGM selain mengeluarkan produk bernutrisi adalah memberikan layanan edukasi tentang kehamilan yang bersifat offline di acara Festival Bunda Generasi Maju di 4 kota besar di Indonesia.

Jadwal Festival Bunda Generasi Maju:

Date City Venue
Minggu, 21 April 2019 Surabaya Lap. Parkir Grand City Mall Surabaya
Minggu, 28 April 2019 Yogyakarta Jogja Expo Center
Minggu, 21 Juli 2019 Jakarta Park & Ride Thamrin Lot Jakarta
Minggu, 28 Juli 2019 Bandung Taman GOR Saparua Bandung

Nutrisi lengkap sangat penting untuk menyokong kebutuhan nutrisi lengkap untuk proses tumbuh kembang juga pembentukan organ pada janin. Masa tumbuh kembang 1000 hari pertama kehidupannya dimulai dari kehamilan.

Ibu hamil harus terpenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Nutirisi penting itu Antara lain: Zat besi, asam folat, calsium juga vitamin D.

Kreasi Susu SGM varian Cokelat_Cokelat Lapis Alpukat
Kreasi Susu SGM varian Cokelat_Cokelat Lapis Alpukat

Selain talkshow langsung bersama pakar ahli dokter kandungan di panggung, juga ada 4 Area Bunda yang  berisi kegiatan edukatif dan menyenangkan:

AREA BUNDA:

No Area Kegiatan
1. Bunda Sehat Konsultasi Kehamilan dan USG dengan tenaga kesehatan
2. Bunda Santai Relaksasi berupa totok wajah dan massage, didukung tenaga professional dari Mom & Jo
3. Bunda Cerdas Games edukatif berhadiah, Mitos vs Fakta seputar kehamilan
4. Bunda Jajan Jajanan lezat untuk ibu hamil

Massage totok wajah di Area Bunda Santai Festival SGM Bunda Generasi Maju
Massage totok wajah di Area Bunda Santai Festival SGM Bunda Generasi Maju

Rangkaian acara pada siang hari setelah puas berkonsultasi dan mendengarkan materi dari dokter kandungan, dilanjutkan dengan Yoga bersama suami dipandu oleh instruktur professional yoga kehamilan. Di acara ini ibu hamil dan pasangan diajak untuk melakukan gerakan-gerakan yoga yang melibatkan interaksi pasangan. Gerakan-gerakan ini dipilih untuk meningkatkan bounding antara ibu hamil dan pasangan sehingga diharapkan akan memberikan efek yang positif untuk meraih kebahgiaan dan optimis dalam menyambut kelahiran buah hati tanpa rata takut dan khawatir.

Area Bunda Sehat Pemeriksaan USG dan Konsultasi ibu hamil oleh tenaga kesehatan Festival SGM Bunda Generasi Maju
Area Bunda Sehat Pemeriksaan USG dan Konsultasi ibu hamil oleh tenaga kesehatan Festival SGM Bunda Generasi Maju

Selain yoga bersama pasangan, ibu hamil yang berkunjung di Festival SGM Bunda Generasi Maju juga diberrikan fasilitas untuk berkonsultasi bersama tenaga kesehatan seputar kehamilan, bahkan disediakan pemeriksaan USG gratis selama acara untuk memeriksa keadaan janin di dalam kandungan di Area Bunda Sehat.

Mengapa Harus SGM Bunda?

Setelah menguatkan bounding dengan pasangan melalui Yoga bersama suami, pengunjung festifal diajak untuk mengikuti cooking demo yang dipandu oleh Chef Anton Yanuwar bersama istri. Cooking demo kali ini mengkreasikan susu SGM Bunda dengan formula complinutri-nya untuk disulap menjadi hidangan-hidangan lezat dan segar.

Berikut ini adalah komposisi SGM dengan formula Complinutri:

Kandungan Manfaat
Tinggi Zat Besi Mendukung pencegahan anemia pada bunda
Tinggi Asam Folat Mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin
Tinggi Kalsium&Vitamin D Membantu pembentukan tulang janin
Minyak Ikan Mendukung perkembangan saraf dan otak janin

Menurut Chef, saat minum susu yang mainstream sudah membosankan, ibu hamil tetap dapat mengkonsumsinya dalam bentuk hidangan lain selain susu hangat. Dengan dikreasikan menjadi aneka minuman zaman now, diharapkan taka da lagi alasan untuk tidak meminumnya karena eneg dan lain-lain.

Kreasi susu SGM antara lain:

Cooking Demo Kreasi Susu SGM Bunda Generasi Maju Jogja
Cooking Demo Kreasi Susu SGM Bunda Generasi Maju Jogja

  1. Es Jeruk Pelangi

Menggunakan bahan dasar susu SGM Bunda rasa Jeruk yang diblender dicampur dengan aneka warna jeli atau agar-agar.

  1. Es Strawberry Sirsak

Berbahan dasar susu SGM varian Strawberry dipadu dengan jus sirsak.

  1. Es cokelat lapis alpukat

Berbahan dasar susu SGM varian cokelat yang diblender, kemudian disusun berlapis dengan jus alpukat yang kental tanpa gula dan diberi toping coco crunch.

Bunda-bunda yang hadir di acara itu juga diberikan tips-tips agar menyajikan susu SGM nya lebih kreatif lagi untuk menghindari rasa bosan dan eneg. Konsumsi susu SGM Bunda hanya membutuhkan satu gelas per hari.

Beauty class dari Wardah di Festival SGM Bunda Generasi Maju
Beauty class dari Wardah di Festival SGM Bunda Generasi Maju

Setelah merasakan segarnya minuman kreasi susu SGM Bunda, acara ditutup dengan Beauty Class dari Wardah. Selama hamil tentu saja seorang perempuan harus tetap terlihat cantik dan segar. Oleh karena itu, perempuan hamil juga tetap diperbolehkan perawatan kulit wajahnya. Namun, pada saat hamil, perempuan harus lebih berhati-hati memilih produk kecantikan yang tidak berbahaya bagi kesehatan janin. Formula kecantikan yang berbahaya adalah produk kecantikan yang mengandung mercuri.

Selain menjelaskan bahwa produk-produk kecantikan dari wardah aman dari zat-zat tersebut, juga diberikan beberapa tips perawatan wajah bagi ibu hamil agar kulitnya tetap kinclong dan glowing. Menurutnya, perempuan hamil masih diharuskan untuk membersihkan wajah setiap hari minimal 2 kali. Kemudian untuk kebutuhan eksfoliasi kulit mati, boleh dilakukan scrub wajah seminggu sekali dilanjtukan dengan pemakaian masker wajah yang aman. Perempuan hamil juga masih diperbolehkan menggunakan cream malam dan pagi selama produk yang digunakan terbebas dari kandungan zat yang berbahaya, tutup gadis cantik dari Wardah tersebut.

Keseruan acara Festival SGM Bunda Generasi Maju selengkapnya dapat ditonton di:

Jogja Medical Center, Zglow Clinic Kekinian Yang Super Nyaman

Baru 3 hari pemakaian, kulit serasa langsung disulap menjadi lembut, kenyal, putih, tipis dan sangaat nempel jika dipakein bedak. Cream pagi dan malam yang direkomendasikan oleh teman seangkatan ternyata sangat ajaib. Kulit wajahku yang tebal dan kasar (tapi nggak kayak kulit badak,  loh!) tetiba jadi mulus kayak kulitnya artis-artis itu (kalau ini agak lebay, dikiit tapi! hehe).

Percaya diri meningkat donk!

Tapi tunggu, selang beberapa bulan pemakaian tentu saja ketemu dengan yang namanya “habis”. Dan karena harganya yang cukup fantastis waktu itu, akhirnya aku pun harus menghentikan beberapa hari sambil menunggu terkumpul lagi sisa uang jajan yang dikirim ortu.

Namun apa yang terjadi? Belum juga 3 hari aku berhenti memakai cream ajaib itu, wajahku langsung mendadak kusam. Tak hanya itu, yang awalnya meski terhitung berkulit tebal namun sama sekali jarang ditumbuhi jerawat jadi muncul banyak jerawat batu. Apakah ini yang dinamakan dengan kecanduan cream kecantikan?

Sebentar, istilah kecanduan itu sebenarnya mempunyai arti untuk mendapat efek yang sama memerlukan dosis yang lebih besar, begitu seterusnya. Jadi apa donk kalau bukan kecanduan cream wajah?

FYI, cream kecantikan kulit yang kupakai waktu itu adalah cream yang dijual bebas di toko kencatikan. Tanpa ada resep dokter apalagi jaminan keamanan komposisi obat. Alhandulillah yah, pernah ngerasain punya kulit wajah mulus glowing dan kekinian. setelah itu kapok, nggak beli lagi!

Usut-punya usut, saat ada kesempatan kulit wajah saya dicek secara computer di dokter kecantikan, rupanya banyak sekali terdapat bintik-bintik hitam yang tertinggal di seluruh permukaan wajahku. Langsung saja ditebak oleh dokter yang merawat bahwa aku pernah menggunakan cream kecantikan yang mengandung bahan mercury. What! Rasanya syok banget waktu itu, ya gimana lagi, waktu itu kami masih sama-sama mahasiswa yang baru membangun jati diri dan ingin diakui oleh sekitar. Tanpa pikir panjang apalagi memikirkan efek samping dari pemakaian cream yang dulu kami pikir tak ada bahayanya.

Salahnya, aku hanya mengejar efek instan yang dijanjikan dan sudah dibuktikan oleh sebagian besar teman-temanku saat itu.

Berbeda dengan sekarang, setelah segala informasi dan banyaknya klinik kecantikan yang dibuka, membuatku semakin selektif memilih produk kecantikan apa yang bisa kupakai dengan aman.

Menurutku, salah satu alasan jaminan keamanan atas sebuah produk kecantikan adalah adanya seorang dokter yang berpengalaman dan ahli dibidang kulit dan kecantikan yang bertanggungjawab di belakangnya.

Seperti Zglow clinic yang baru-baru ini melaunching cabang terbarunya yang berlokasi di Yogyakarta. Klinik besutan PT. Batin Medika Indonesia ini bekerja sama dengan Budi Mulia Foundation membuka klinik barunya di Jalan Gondangraya Condong Catur Depok Sleman. Zglow membranding cabang terbarunya dengan nama Jogja Medical center (JMC).

Berbeda dengan cabang sebelumnya, Zglow clinic kini mengusung konsep Family Clinic yang didalamnya memberikan pelayanan tak hanya di bidang kecantikan saja, namun untuk kesehatan ibu dan anak juga menjadi layanan unggulan di klinik yang super cantik dan nyaman ini.

Tentang Zglow Clinic

Zglow clinic dengan foundernya Putri Zulya dan Co Founder dr. Milka Anisya yang juga sebagai dokter kecantikan di klinik tersebut memiliki 4 layanan unggulan:

  • Klinik tumbuh kembang anak
  • Klinik kecantikan
  • Poliklinik gigi
  • Poliklinik umum

Masuk ke ruangan utama lobi kita langsung dihadapkan dengan meja resepsionis dengan mbak-mbak customer service-nya yang cantik dan ramah. Di sebelah kiri terdapat sofa dengan berbagai ornamen bunga-bunga hidup yang cantik dan juga lighting yang bikin mata teduh. Mungkin saja beberapa saat hanyut dalam suasana nyaman dan wangi akan melupakan kita bahwa kita sedang berada di sebuah klinik.

“Ah, suasana yang nyaman banget buat orang yang datang mau terapi,” batinku.

Jauh dari kesan klinik yang jorok atau bau obat, yang mungkin baru masuk ke lobinya saja sudah membuat kepala langsung pening dan pengin segera keluar, urung berobat.

Dari pijakan awal saja klinik ini sudah memanjakan klien yang hendak berobat di sana.

“Bersih, rapi, cantik, wangi, adem dan pelayannya yang ramah sudah cukup membuat betah. Apalagi ditambah sofa yang empuk dengan bentuknya yang unik. Kalau kata anak zaman sekarang mah, klinik ini instagramable banget, deh! hehe.”

Nah lo, sepertinya pasien yang mau berobat ke sana baru masuk saja sudah sembuh, ya? Saking dibuat nyaman dan betah. ditambah lagi dokter, perawat dan semua pegawainya ramah dan cekatan, paket lengkap!

Oiya, meski ukurannya tergolong kecil, namun penataan ruangnya benar-benar membuat takjub pengunjung yang hendak berobat atau perawatan kulit. Gimana nggak nyaman, suasana dibuat se-hommy mungkin. Coba diingat, adakah sebuah klinik yang lampunya menggunakan lampu gantung hias yang khas ruang tamu istimewa? Jarang banget kan? nah, di sini ada.

Selama periode pembukaan ini, ditawarkan berbagai macam promo layanan selama bualn April 2019. Hayooo, ada yang lagi cari diskonan buat perawatan wajah? bisa banget tuh manfaatin kesempatan promo yang ada!

Bagaimana ASI, Domain dan Hosting Bersinergi di Era Digital Masa Kini

Air susu itu muncrat ke segala arah. Membasahi karpet beludru berwarna cokelat yang mengalasiku duduk bersila. Bau manis bercampur amis segera menyeruak memenuhi sepetak ruang di belakang lemari ruanganku. Ya, tempat favorit kami para ibu pekerja yang menyusui untuk bersembunyi, berusaha menyalurkan cinta kepada buah hati melalui sebotol ASI.

Tak heboh seperti biasanya, aku justru hanya menahan semua dengan embusan napas panjang yang rasanya tersendat di pertengahan hela. Sesak! Bagaimana tidak? Sepertinya hampir tak lagi ada ekspresi apapun yang mampu menggambarkan perasaanku kala itu.

Nelangsa!

Tanganku perlahan bergerak dalam getar, meraih beberapa lembar tissue yang berada di sebelahku. Di antara aku dan temanku yang juga sedang memerah air susunya (ASI) menggunakan alat kecil yang bekerja dengan system vakum. Cadangan makanan satu-satunya untuk bayi kami yang belum juga genap 6 bulan, yang terpaksa kami tinggal di rumah. Bersama orang yang biasa kami sebut “simbok”. Tentu saja karena tuntutan kerja setiap PNS tidak memungkinkan membawa bayi turut serta. Jadilah kita tergantikan dengan sebotol ASI setiap pagi hingga sorenya.

Temanku melongo, tangan kanannya memegang erat lengan kiriku, seolah mau berkata, “Mbak, …” selebihnya tak ada satu kata pun yang terucap dari bibirnya. Setidaknya eratnya cengkeraman jemarinya dapat kuartikan bahwa betapa dia ikut merasakan nelangsa. Aku hanya bisa membalasnya dengan senyuman kecut, yang entah apa artinya.

Ya, entah besok bayiku mau minum apa jika persediaan yang kuhasilkan siang ini terbuang percuma.

90cc ASI tumpah begitu saja saat tutup botol berwarna abu-abu berbahan karet itu berusaha kurapatkan ke mulut botol kaca yang sudah penuh terisi.

Tiba-tiba dadaku terasa sakit, tenggorokan tercekat! Senyum ceria bayi perempuanku segera membayang dengan gamblang di pelupuk mata. Matanya bulat dengan bulu mata lentik hitam.

“Ah, Aishyaku, maafin bunda, Nak!”

Kupunguti lagi cairan putih itu dengan meresapkannya ke setiap sela-sela jaringan tissue, berharap kemudian bisa kuperas lagi dan kusaring untuk dimasukkan kembali ke dalam botol. Dadaku semakin bergemuruh setiap membayangkan ide gila yang begitu saja terlintas.

Baiklah, napas panjang! Rileks! Aku telungkupkan mukaku ke lutut. Aku peluk erat-erat lututku sambil beristighfar. Berharap tiba-tiba Allah kirimkan berjuta kekuatan untuk kembali menyusun semangatku memerah ASI yang sudah kering terkuras. Akankah Allah dengan kuasanya akan kembali memenuhi ratusan kelenjar susu di dadaku?

Sebenarnya memerah ASI benar-benar aktifitas yang begitu menyenangkan sekaligus membanggakan bagi perempuan bekerja sepertiku. Apalagi ASI yang kuhasilkan terbilang cukup banyak dan mudah diperah manual. Satu dari tiga cara memerah ASI selain menggunakan alat sederhana atau menggunakan alat elektrik yang canggih.

Sama-sama menghasilkan ASI sebanyak 90ml, rasanya apa yang kuusahakan lebih memerlukan effort yang besar dibandingkan dengan teman di sebelahku yang menggunakan alat sederhana berbahan silicon itu. Dia tinggal memasang cup lembut dalam keadaan kempes atau bertekanan negative, maka ASI akan keluar deras dengan sendirinya, memenuhi balon yang juga dari silicon yang menggembung di bawahnya.

Aku terpukau!

Bahkan aku buru-buru meminjam alat itu untuk aku foto, dan mengulasnya lengkap ke sebuah website gratisan yang kubuat beberapa hari sebelumnya. Postingan artikel pertamaku. Bahagianya bias berbagi!

Sayangnya, tulisanku sendiri bahkan tidak dapat kulacak beberapa waktu setelahnya. Aku kehilangan alamat web beserta passwordnya. Hingga kini pun begitu sulitnya aku menemukan artikel yang mengulas perbandingan memerah ASI dengan cara manual dan menggunakan alat sederhana yang harganya cukup terjangkau itu.

Berawal dari kejadian itu, aku mulai menyukai menulis untuk berbagi apapun yang kutahu. Aku belajar membuat sebuah blog yang dengannya harapanku berbagi manfaat ke semua orang dapat tercapai. Mengisinya dengan berbagai informasi yang baik. Juga mengelolanya agar tak lagi terulang kejadian lupa alamat blog, apalagi passwordnya.

Setidaknya dengan memiliki alamat website sendiri dengan nama pilihanku, semakin memberiku semangat baru untuk terus menulis dan memenuhi ruang yang ada di dalamnya. Meski berbayar, tapi aku lebih merasa memilikinya, dan bersemangat untuk terus mengelolanya hingga kelak semakin besar dan memberi manfaat bagi orang banyak.

Awalnya aku buta tentang apa itu domain, apa itu hosting. Dan sekarang pun masih saja buta teknologi jika saja beberapa hari lalu Qwords Cloud Web Hosting Indonesia tidak mengundangku di acara mini gathering bersama Bloger dalam Fun sharing & Discussion “ Be a Creativepreneur in Digital Era”. Event ini diselenggarakan sebagai dukungan Qwords kepada para pegiat Creativepreneur untuk mengembangkan bisnisnya di dunia digital, juga untuk menjalin hubungan yang erat dan kekeluargaan antara Qwords dengan para komunitas khususnya blogger.

Qwords hadir membuka kebutaanku tentang pentingnya website di era digital seperti sekarang ini. Tidak ada alasan gaptek. Nyatanya semua hal mulai dari hal remeh hingga yang begitu kompleks mengandalkan yang namanya layar gawai, layar laptop. Jadi enggak ada alasan lagi untuk tidak mau belajar, kan?

Internet!

Meski berbayar, namun sedikit rupiah yang kita keluarkan akan berpengaruh terhadap semangat kita menghuninya, juga meramaikannya seperti rumah kita sendiri.

Qwords memberi banyak informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan website, baik untuk bisnis, company profile atau sekadar website untuk membranding diri kita. Sharing tentang Domain, Hosting dan bagaimana cara merawatnya agar tampil cantik dan berisi juga melengkapi acara siang hingga sore itu. Mengoptimasinya agar semakin berkualitas juga pendampingan pengelolaan website. Termasuk siaga dalam membantu para kliennya yang memerlukan bantuan, 24 jam.

Qword mendukung perkembangan komunitas dengan cara meningkatkan layanan melalui pembaharuan fitur dan juga meluncurkan produk-produk baru. Sebagaimana sebuah perusahaan, Qwords juga memiliki berbagai keunggulan yang menarik dan menguntungkan bagi penggunanya.

Di antaranya keunggulan Qwords adalah:

  1. Cloud Web Hosting / Cloud Base Technology

Qwords melayani penyimpanan data website di dalam server yang terkoneksi dengan internet berkecepatan tinggi. Layanan Web hosting menggunakan teknologi Cloud dengan jaminan uptime 99.99%.

Jika suatu saat website kita yang biasa akan kita tingkatkan, maka dengan teknologi ini bias saja langsung ditingkatkan tanpa menyebabkan website kita mengalami down time.

Tersedia dalam banyak pilihan paket mulai dari Value Performance Cloud Hosting, Medium Performance High Storage, High Performance Cloud Hosting, dan WordPress Hosting.

  1. Free Domain Name

Siapa sih yang enggak pengin punya website sendiri? Qword memungkinkan kita memiliki nama domain sendiri untuk kebutuhan branding kita. Membuat bisnis lebih professional dengan alamat website yang mudah diingat. Pilihlah ekstensi Domain sesuai kebutuhan dan klaim Nama Domain kita.

  1. Free SSL (Secured Sockets Layer)

Pernahkan saat kita mengakses website tertentu entah saat kita transaksi atau mengirim data penting ke sebuah website, lalu muncul peringatan di layar berupa, “this is not secure”? itu artinya data yang kita kirimkan entah berupa nomor rekening, nomor kartu kredit atau data penting lainnya, tidak terjamin keamanannya selama dalam perjalanan kita mengirim data menuju website tersebut. Bias saja orang-orang cerdas tak bertanggungjawab menyalahgunakan data kita untuk kepentingannya sendiri.

Qwords dengan layanan free SSL memberikan layanan keamanan transfer aliran data user ke website.

Qwords.com merupakan Authorized Reseller dari Brand SSL ternama di Indonesia.

Di awal tahun 2019, Qwords telah meluncurkan Unlimited Hosting, yaitu paket hosting yang dapat diandalkan dan tanpa batasan. Fitur unlimited hosting ini tidak lagi mengisolasi pengguna dengan batasan disk space. Paket ini sudah dilengkapi dengan Web Accelerator yang membuat website lebih cepat untuk diakses.

Selain itu, Qwords juga telah meningkatkan fitur produk unggulan terbaru, yaitu WordPress Hosting. Paket hosting yang didesain khusus untuk engine WordPress ini bias dinikmati dengan Disk Space yang lebih besar. Membuat website yang berbasis WordPress bekerja jauh lebih optimal.

Qwords memiliki tagline “Reliable Fast Web Hosting with Reasonable Price”, yang itu berarti Qwords akan selalu memberikan layanan Hosting yang dapat diandalkan, cepat diakses serta harga yang terjangkau. Bahkan, Qwords memberikan penawaran yang menarik melalui paket Bundling Hosting 1GB dan Domain .COM dengan biaya mulai dari Rp 10.500/bulan. Benar-benar kombinasi yang praktis dan ekonomis untuk kita yang ingin membangun website baru.

Qwords terus berupaya agar dapat menjadi partner terbaik bagi pelanggan, komunitas, rekan blogger, pemerintah, UKM dan perusahaan-perusahaan.

Jadi gimana? Berani Go online di era digital? Harus, ya! Ayo gunakan Hosting Indonesia, Qwords.

Alhamdulillah, meski menurutku aku tak punya apa-apa untuk dibagi, aku masih memiliki isi otak untuk dituangkan dalam baris-baris kata yang memiliki makna. Aku bangga menjadi seorang blogger! Terima kasih Qwords!

Mc handal sedang menghipnotis para blogger

Jangan Biarkan Kebaikan Berhenti di Tanganmu

“Mbak, maaf saya dari Paxel, ini alamatnya nomor berapa, ya?” tiba-tiba telpon dari nomor tak dikenal yang baru kuangkat menanyakan alamat rumah.

“Maaf, Pak, kemarin belum jelas ya? itu Pak, lurus aja terus ke selatan, mentok beteng, nanti kanan jalan ada adek saya nunggu di situ,” jelas saya di tengah hiruk pikuknya suara meeting siang itu.

“O, iya, Mbak! udah ketemu, terima kasih. Paket sudah saya antarkan ya, Mbak.  Diterima langsung oleh adik Mbak yang laik-laki.” pungkasnya.

Oya? belum juga 24 jam paket yang kemarin dikirim sudah bisa kuterima beneran. Hmmm, nggak main-main ini Paxel. Memang, termasuk perusahaan baru di dunia per-paketan, namun keunggulan service yang berani mengambil waktu cukup cepat untuk sekelas kirim-mengirim paket patut diacungi jempol. Kiriman sameday, adalah menu andalan dari perusahaan ekspedisi jasa pengiriman barang yang terbilang baru ini. Berani banget, ya kan?

Apa itu Paxel?

bagi para emak pebisnis online, bukannya sangat familiar dan bergantung pada pengiriman paket ya? Aneka frozen food, makanan ringan hingga makanan basah yang tahan hingga 8 jam siap untuk diantarkan bahkan ke luar kota sekali pun. Delivery- kan kebaikanmu kepada orang-orang yang kamu sayangi dan membutuhkan. Jangan biarkan kebaikan berhenti di tangamu. Jadi, mulai sekarang kamu bisa kirim paket apa saja yang aman untuk orang-orang yang membutuhkan dengan aman dan tergaransi.

Hero Paxel yang siap jemput dan antar pesananmu
gambar: www.urbanhire.com

Motonya #antarkankebaikan sangat mendukung para pebisnis online di zaman now. Siapa sangka, saat di Jakarta tiba-tiba kepingin makan Gudeg dari Jogja, pagi pesan malamnya sudah bisa makan malam dengan menu fresh dari Kota Gudeg itu.

Gimana Caranya bisa mengakses Paxel?

Caranya sangat mudah! hari gini kan semua-mua pasti berhubungan dengan online, kan? Nah, Paxel ini pun hanya bisa kamu order melalui online. Jadi kamu harus instal dulu Paxel di HP-mu. Kemudian daftar akunmu di sana. Mudah banget tinggal ngikuti langkah-langkah yang diberikan. Oiya, kamu bisa pake kode referralku di : @ekabyan agar kamu bisa dapetin bonus kredit Rp 100K langsung di akun pribadimu.

Dari bonus kredit sebesar itu, kamu uda bisa gunain untuk mengirim apa saja logistik yang kamu punya untuk orang tersayang di mana saja.  Hero Paxel akan dengan ramah melayanimu dalam pengiruman paket ke mana saja yang sampai di hari yang sama #sameday. Garansi dijamin bahkan refund dan penggantian uang hingga Rp 10juta disiapkan apabila pesananmu hilang di tengah jalan. Gimana? Yuk, instal Paxel, dan asyik #antarkan kebaikan mulai sekarang!

 

CARI GAWAI DENGAN KAMERA TERCANGGIH? KAMU WAJIB BACA INI

Cari gawai dengan kamera tercanggih? Kamu wajib baca ini!

iPhone? Duh mimpi apa ya bakal bisa beli gawai keren beken kayak itu? Iya sih, pegang aja pernah, tapi kalau memiliki rasanya, entah tahun berapa bisa punya sendiri. Gawai nomor satu di dunia itu memang paling depan perihal kemajuan fitur dan teknologinya.

Sebut saja iPhone 8 Plus yang paling anyar keluar. Fiturnya sungguh membuat semua orang terkesima. Mulai dari kebutuhan utama ala penduduk Indonesia akan gawai yakni Selfie, fasilitas kameranya jangan ditanya, tak hanya menghasilkan gambar yang super bening tapi sarana untuk pengambilan gambarnya juga semakin mantab. Teknologi yang diaplikasikan sangat beragam dengan perancangan kamera mutakhir yang mampu merespon berbagai rangsang tak hanya sentuhan pada tombol kamera saja namun bisa melalui deteksi wajah maupun tubuh.

Berikut ini fitur lengkap dari kameran iPhone 8 yang kamu cari-cari:

Kamera

Kamera telefoto dan wide-angle 12 MP

  • Wide-angle:bukaanƒ/1.8
  • Telefoto: bukaan ƒ/2.8
  • Zoom optik;
  • zoom digital hingga 10x
  • Mode Potret
  • Pencahayaan Potret (beta)

Kamera semakin lengkap dengan adanya:

  • Penstabilan gambar optik
  • Lensa enam elemen
  • Flash True Tone Quad-LED dengan Slow Sync
  • Panorama (hingga 63 MP)
  • Penutup lensa kristal safir
  • Sensor penerangan sisi belakang
  • Filter IR hibrida
  • Fokus otomatis dengan Focus Pixels
  • Ketuk untuk fokus dengan Focus Pixels
  • Live Photo dengan penstabilan
  • Pengambilan foto dan Live Photo dengan rentang warna luas
  • Pemetaan warna lokal yang lebih baik
  • Deteksi tubuh dan wajah
  • Kontrol eksposur
  • Pengurangan noise
  • HDR otomatis untuk foto
  • Penstabilan gambar otomatis
  • Mode beruntun
  • Mode timer
  • Penanda lokasi foto
  • Format gambar yang diambil: HEIF dan JPEG

Lagi, bagi yang hobi nge-vlog, pasti pengin banget punya gawai yang juga sangat jago untuk perekaman video. Tanpa harus repot menggunakan stabilizer untuk menghasilkan video yang “anteng” tidak goyang. Selain kualitas videonya jadi super keren, kamu juga bakal dimudahkan dalam pengambilan video dengan menggunakan fitur dalam iPhone 8 Plus.

Perekaman Video

  • Mampu merekam video 4K pada kecepatan 24 fps, 30 fps, atau 60 fps
  • Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps atau 60 fps
  • Mampu merekam video HD 720p pada kecepatan 30 fps
  • Penstabilan gambar optik untuk video
  • Zoom optik; zoom digital 6x (khusus iPhone 8 Plus)
  • Flash True Tone Quad LED
  • Dukungan video slo-mo untuk 1080p pada kecepatan 120 fps atau 240 fps
  • Video selang waktu dengan penstabilan
  • Penstabilan video sinematik (1080p dan 720p)
  • Video fokus otomatis kontinu
  • Deteksi tubuh dan wajah
  • Pengurangan noise
  • Mengambil foto 8 MP sambil merekam video 4K
  • Zoom pemutaran
  • Penanda lokasi video
  • Format video yang direkam: HEVC dan H.264

Duh, udah ngebayangi punya iPhone baru nih. Ah, biasanya sangat over protected terhadap gawai keren satu itu. Namun, sayang biasanya hanya bertahan beberapa hari saja protect-nya. Dijauhkan dari jangkauan anak karena takut layarnya tergores, takut kena minyak, takut salah dalam prosedur nge-charge yang bikin baterai gembung. Ih, itu biasa banget. Apalagi yang punya emak-emak ya? Pasti akan sangat dihindarkan dari jangkauan balita. Alih-alih, bukannya menjaga malah iPhone kesayangan kena lempar dan berujung retak, pecah dan bisa jadi mati total. Hi, serem kan?

iPhone LCD Pecah Gambar: sinyaliti.com

Giliran Lcd sudah retak, bingung deh mau servisinnya di mana yang bisa dipercaya dan tidak memainkan harga. Ternyata ada juga ya tempat Service LCD iPhone Pecah yang dapat dipercaya. Kita bisa sepenuhnya mempercayakan penggantian Lcd di sana. Tak hanya harganya yang murah, kualitas pelayanan dengan garansi seumur hidup. Keaslian spare part juga sangat dijamin. Mantab ya?

iPhone Mati Total
Gambar: Sinyaliti.com

Masalah lain yang sering terjadi pada gawai seorang emak adalah iPhone Mati Total. Ini cenderung muncul karena keteledoran atau terkena benturan, dan lain sebagainya. Trus, diapain ya enaknya? Yang pertama harus dilakukan adalah mencari tempat service iPhone Mati Total. Ada? Pasti ada. Tinggal hubungi saja nanti dari pihak sana akan datang ke tempat. Siap untuk menyelesaikan masalah di tempat dengan rentang waktu antara 30 – 45 menit. Namun jika kerusakannya lebih kompleks dan luas, iPhone harus dibawa ke tempat service. Ya iya kan? hanya bedanya, kamu bakal mendapat gantai gawai sementara iPhone mu dibenerin. Enaknya! Kita bisa tetap terhubung dengan semua orang yang membutuhkan kita saat iPhone rusak kita masuk bengkel. Namun, tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Kamera Belakang iPhone
Gambar: Sinyaliti.com

Hmm, beneran ya, namanya juga hasil teknologi, jadi selain punya keterbatasan juga pasti akan bersifat fana sempurnanya. Paling mati gaya kalau iPhone kita trouble pada kamera belakang. Duh, bagi pehobi fotografi ala tipis-tipis, kamera belakang begitu urgent keberadaannya. Kerusakan pada kamera belakang bisa jadi menjadi sumber galau selamanya. Terpaksa mau tidak mau agar bisa melanjutkan hobinya jeprat-jepret, segera Ganti Kamera Belakang iPhone dengan yang baru. Tentu saja harus di tempat yang terpercaya juga.

Hmm, gimana? Makin mupeng ya denger kesempurnaan yang nyaris dimiliki oleh iPhone ini? Yuk nabung mulai sekarang!

PORTOFOLIO EKA WAHYUNI, MOM BLOGGER, DOKTER UMUM, PENULIS BUKU

PORTOFOLIO

Nama Blog : www.healthymomy.com

Nama : Eka Wahyuni

Twitter : @ekabyan

Instagram : @eka_deejah

Facebook : Eka Wahyuni

Youtube : Eka Wahyuni

WhatsApp : 087838976079

Healthymomy adalah sebuah blog tentang: lifestyle, travelling, kesehatan, parenting dan kuliner. Selain menulis di blog, Eka Wahyuni yang juga seorang dokter umum juga menulis buku di sela-sela tugasnya mengisi beberapa klinik di Yogyakarta. Beberapa buku antologi dari hasil menang lomba seleksi menulis antologi sudah diterbitkan, di antaranya adalah:

BUKU ANTOLOGI

Buku Hidup Tenang Tanpa Riba
Buku Hidup Tenang Tanpa Riba| 2018 | Diva Press

Buku Hapus Sedihmu Nikmati Hidupmu
Buku Hapus Sedihmu Nikmati Hidupmu Hapus Sedihmu Nikmati Hidupmu | 2018 | Noktah

Buku Ya Allah Izinkan Kami Punya Momongan
Buku Ya Allah Izinkan Kami Punya Momongan| 2018 | Noktah

Buku Kumpulan Cerpen Cinta Dalam Pikiran Manusia Yang Pura-Pura Dewasa
Buku Kumpulan Cerpen Cinta Dalam Pikiran Manusia Yang Pura-Pura Dewasa |2018|Trust Media

APRESIASI BLOG

  1. Juara I Lomba Blog Gelar Produk UKM oleh Dinas Koperasi dan UKM DI Yogyakarta di Kampus 4 Universitas Ahmad Pilihan:

Inspirasi Bisnis Dari Telur Gulung Di Gelar Produk UKM Kampus 4 UAD Yogyakarta

  1. Juara I Lomba Foto Gelar Produk UKM oleh Dinas Koperasi dan UKM DI Yogyakarta di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
  2. Juara 30 Pengirim Artikel Pertama dari ShopBack “Belanja Akhir Tahun dengan ShopFest”

ARTIKEL DARING

http://www.temupenulis.org/ciri-dan-tips-merawat-kuku-kaki-yang-terinfeksi-jamur/

http://www.temupenulis.org/bye-bye-minder/

http://www.temupenulis.org/seandainya-waktu-ada-25-jam-sehari-masih-belum-cukupkah

Review Produk:

Karena Hijrah Hanya Butuh Kata “Sekarang” Jangan Tunda #AyoHijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia

Kuliner “Pasar Papringan” Ala Taman Bambu Joglo Parisewu

JELANG RAMADHAN IBIS MALIOBORO HOTEL LAUNCHING TIGA MENU BARU ISTIMEWA

Halal Is A Special Gift From AZALEA Shampoo Hijab

Bebelac Gold 3 Sahabat Perut Si Kecil

Homestay Puri Langenarjan

https://www.healthymomy.com/homestay-mewah-harga-murah-paling-recomended-di-jogja/

ASUS X555

https://www.healthymomy.com/tiga-hal-ini-bikin-aku-jatuh-cinta-pada-asus-x555/

Selain mulai intens menulis di blog, Eka Wahyuni juga sedang merampungkan beberapa buku solo dan duet bersama penulis lain. Merupakan ibu dari tiga orang anak hebat, berkepribadian supel dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, juga selalu terbuka dengan pemikiran-pemikiran yang mengajak untuk maju dan selalu produktif serta kreatif. Komunitas yang diikuti semakin memberi peluang kepadanya untuk terus berkiprah dalam meningkatkan kebermanfaatannya terhadap orang lain dan juga dunia.

Kepribadian yang hangat memudahkan Eka Wahyuni untuk bergaul dengan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Beberapa komunitas yang aktif diikuti oleh Eka Wahyuni di antaranya adalah: Komunitas Temu Penulis Yogyakarta, Komunitas Blogger Jogja, Komunitas Emak Blogger, Komunitas Bacaan Kita, Komunitas Emak Pintar Yogyakarta, Komunitas Ikatan Dokter Indonesia Cabang Bantul, Komunitas Mengaji dan masih banyak komunitas positif lainnya. Menyukai persahabatan dan senang berbagi ilmu dan pengalaman apa saja yang bermanfaat untuk orang lain.

Untuk kepentingan kontak dan kerjasama, Eka Wahyuni bisa dihubungi melalui:

Email: ekabyan@gmail.com

Instagram: https://www.instagram.com/eka_deejah

Facebook: https://www.facebook.com/eka.w.firmansyah

HP/WA: 087838976079

Web: https://www.healthymomy.com

LIBURAN UNIKKU: TUKIK YANG MINTA MERDEKA

LIBURAN UNIKKU: TUKIK YANG MINTA MERDEKA

Liburan selalu identik dengan perjalanan jauh yang menyenangkan. Bertamasya ke suatu lokasi wisata bersama keluarga. Pun demikian dengan liburan tanggal 17 Agustus 2018, liburan kali ini sangat berbeda. Bersahabat dalam hitungan menit bersama tukik lucu nan menggemaskan.

Tak tahu kah mereka? Sayangnya, gigi-gigi tajam menyeringai, menunggunya berenang tanpa pendamping.

“Pelepasan Tukik? Wow, seruuu! Mau… mauu… mauuu!!” Anak laki-laki itu berjingkrak-jingkrak. Senyum merekah lebar, matanya membulat antusias.

“Eh, bentar, emang udah tahu tukik itu apa?” tanyaku.

“Hahahah… beluum!” Jawabnya polos sambil tangannya menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal. “Emangnya, tukik itu apa, Bund?” tambahnya.

“Kamu tahu penyu? Tukik itu bayi penyu,” kataku.

“Penyu?” dahinya berkerut.

“Iya, penyu, semacam kura-kura…” kulihat wajahnya seperti mengingat-ingat sesuatu.

“Ah, aku tahu! Aku mau… aku mauuu… ayok kita ikut melepas tukik Bund!” aku tersenyum.

***

Liburan 17 Agustus 2018 lalu kami isi dengan mengikuti acara Pelepasan Tukik di Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta. Sesuai dengan perayaan hari kemerdekaan, acara pun diisi dengan memerdekakan tukik, si bayi penyu yang imut.

Belum memiliki kendaraan pribadi bukan menjadi penghalang kami untuk berbahagia. Ya, memang kami belum mampu untuk membeli mobil dengan cara cash. Namun, hal itu tak menyurutkan niat kami untuk membahagiakan anak-anak. Bukan kah di zaman sekarang banyak sekali perusahaan rental kendaraan yang terjangkau. Salah satunya adalah www.automo.com perusahaan rental ini menawarkan berbagai macam kendaraan yang bisa disewa sepuasnya untuk berwisata atau keperluan lain. Tak hanya mobil, mulai dari sepeda motor, truk bahkan hingga pesawat dan kapal pun bisa dicarter. Sistem sewa dihitung per hari atau per malam. Sangat membantu keluarga bahagia seperti kita untuk tetap memberi kebahagiaan sederhana bagi anak-anak. Perusahaan tersebut mempunyai beberapa cabang di Jakarta, Bali dan Yogyakarta.

Kenapa harus sewa mobil atau kendaraan lain? Tentu saja dengan menyewa mobil kita terhindar dari biaya perawatan, juga terhindar dari biaya setoran (kredit), tapi kadang tak bisa terhindar dari kemacetan haha, ya kan semua orang butuh piknik! Nggak punya mobil pun masih bisa jalan-jalan, bisa ganti-ganti mobil semau kita. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan budget, iya kan? Seru mana coba?

Kenapa sih semua anak-anak suka piknik? Perjalanan jauh? Anak-anak terlihat antusias setiap kali melakukan perjalanan jauh? Bahkan baru disampaikan niat piknik saja sudah membuat mereka tak bisa tidur saking senangnya. Seolah waktu yang panjang dan medan yang berganti-ganti menjadikan hiburan tersendiri di antara rutinitas harian yang membosankan. Sekolah.

Siang itu berpacu dengan matahari yang berada tepat di atas kepala. Dari kota menuju bagian selatan Jogja. Ke arah pantai. Pantai Goa Cemara. Pantai ini berlokasi di sebelah barat pantai Samas, Bantul. Melewati sawah-sawah dan pedesaan membuat anak-anak melihat banyak hal. Kambing yang sedang digembala, tanaman padi yang mulai menguning, jagung yang sudah siap panen. Banyak sekali pemandangan alam yang tidak dapat dijumpai di kota. Pemandangan yang menyegarkan memori anak. Kebahagiaan pun mulai merangkak menguasai anak-anak. Bernyanyi dan terkadang ngemil makanan mengisi perjalanan yang tak pernah membosankan.

Karena terhadang beberapa kali oleh pawai karnaval kemerdekaan, kemacetan pun tak dapat dielakkan. Kami baru tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 wib. Persis saat jadwal acara pelepasan tukik dimulai. Panitia segera membuka acara meski pengunjung masih belum penuh. Pengunjung hanya dibatasi sebanyak 300 anak (yang semuanya jelas didampingi oleh orangtua mereka).

Acara di awali dengan penjelasan seekor penyu yang ditemukan bertelur di tepi pantai. Hingga akhirnya menetas dan dalam usia beberapa puluh hari siap untuk dilepas, dikembalikan ke habitat aslinya, yaitu laut. Tragisnya, dari 300 ekor tukik, kelak 20 tahun lagi hanya 6 ekor saja yang bertahan hidup. Sisanya? Mati dimakan ikan besar atau mati karena makan sampah plastik yang dikira ubur-ubur oleh tukik. Ya, tukik dan penyu makannya ubur-ubur. Tahu kan ubur-ubur? Bentuknya yang bulat berwarna putih transparan, mengapung, sangat mirip dengan plastik. Tak heran jika banyak tukik yang salah menerka.

Plastik itu kenapa sampai di lautan? Itu lah akibat kesombongan kita. Kesombongan tak mau membuang sampah di tempatnya. Perilaku membuang sampah sembarangan oleh manusia terhadap sampah terutama plastic sangat merugikan regenerasi penyu. Bayangkan, kita menyumbang berapa puluh persen sendiri terhadap kontribusi membunuh penyu dan bayi-bayinya dengan plastic yang kita buang sembarangan? Duh, jangan diulangi lagi ya!

Setengah jam pelajaran tukik dijelaskan panjang lebar. Apakah anak-anak mendengarkan? Ya, setidaknya 10 menit pertama mereka anteng, mendengarkan kisah tukik yang belum pernah mereka lihat. Selebihnya?? Mereka bubar sendiri-sendiri. Ada yang bermain pasir, ada yang kejar-kejaran. Ada yang naik-naik pohon cemara. Namanya anak-anak, saat mereka dilepas ditempat luas rasanya sungguh riang tak ada tandingannya. Mungkin terbebas dari “penjara” peraturan membuat mereka melakukan apapun sesuka mereka.

Setelah hari menjelang sore dan sejarah tukik selesai, semua anak diajak ke tempat penangkaran penyu, tempat ratusan tukik imut dipelihara sementara. Anak-anak berebut mengambil batok kelapa untuk membawa tukik ke pantai. Mereka berjeritan begitu menerima tukiknya masing-masing. Tukik itu terus saja berusaha mendaki tepian batok, tak sabar ingin berlari menuju pantai yang dirindukannya selama ini.

Pantai itu sangat bersih, debur ombaknya besar namun begitu menyentuh kaki berubah menjadi riak kecil yang hangat di telapak. Pelataran pantai yang begitu luas membuat anak-anak bebas berlarian, berkejaran, juga bergulingan. Berebut tempat terbaik untuk melepas tukik. Matahari mendampingi keharuan di sore yang memesona. Ya, matahari seolah memberitahu bahwa di jauh sana, banyak sekali bahaya. Hati-hati anak-anak!

Dengan hitungan 1,2 ,3, semua tukik dilepas bersamaan di tepi pantai. Tukik saling berebut menuju debur ombak yang menjadi genderang semangat di depan mereka. Angin sore pantai menambah birunya perasaan anak-anak melepas sahabat barunya.

“Tukiknya kasihan ya, Kak?” tangis Aishya si gadis kecil hampir pecah, matanya berkaca-kaca. Tukik yang baru merayap di tangannya kini harus terseok-seok berlari menuju tepi pantai yang dingin. Tukik yang terus saja berlomba menuju belaian bundanya yang sekarang entah di mana.

“Tukik nggak takut ya, Bund?”

“Enggak sayang, tukik bahagia, tukik mau ketemu bundanya, kan?”

Gadis kecil itu tersenyum, memeluk bunda yang juga ikut terpana melihat semangat tukik menuju laut lepas. Mereka tak tahu, di sana banyak pemangsa yang sigap menunggu mereka berenang-renang, menari menyambut kematian mereka sendiri. Ah, teganya para predator itu, tak tahu apa kalau mereka begitu rindu kepada bunda dan juga rumah asli mereka? Itu lah kehidupan, meski pahit, terus dijalani dengan penuh senyum kebahagiaan.

Jangan kalah sama tukik! Semangat menjemput bahagia, meski banyak mara bahaya menghadang di depan sana!