Yang Harus Dilakukan Saat Anak Diare

Belum selesai dikeringkan bagian perut ke bawah, dia mulai menggeliat lagi. Perutnya bercerucuk, wajahnya pasi.Dia segera berlari ke belakang. Keringat dingin cukup mewakili rasa tak nyaman, lemas, sakit dan rasa lainnya. Sorot matanya meredup.Entah, sudah beberapa kali minum
obat yang biasanya cocok kali ini belum juga berhasil membuat diarenya berhenti.Justru disusul muntah yang tak terbendung berkali-kali. Makanan belum tercerna menyemprot tak hanya melalui mulut, tapi juga lewat hidung. Pedas, katanya.Ini sudah ke sekian kalinya. Mungkin lebih dari 10 kali sejak tengah malam tadi.”Kak, kalau diare dan muntah terus kayak gini, berbahaya, bisa kekurangan cairan, harus diinfus,” Aku mencoba memberinya pengantar perlahan.”Emang bisa kenapa, Bund?” tanyanya khawatir.”Ya bahaya, Kak!” ucapku kembali.”Ya bahayanya apa, Bund. Bilang, toh!” dia mendesak,”Bahayanya bisa kekurangan cairan, bisa lemes banget,”Bukan menakutinya, tapi kalau dia terusin menolak minum dan makan, rehidrasi akan sangat sulit dilakukan.”Cairan itu apa, Bund?” Kejarnya. Benar rupanya, usia 7tahun masih terbatas sekali kosakatanya. Ternyata seluas apapun wawasan anak, kerap beberapa kata masih sangat asing dan membingungkannya.”Cairan itu, air yang ada di dalam tubuh kita, yang jumlahnya harus cukup biar tubuh kita tetep sehat, kuat dan segar. Kalau cairan banyak yang keluar lewat diare dan muntah, artinya kita harus menggantinya dengan makan dan minum juga. Tapi kalau setiap makan dan minum selalu dimuntahkan, ya harus dimasukkan dengan cara lain, yaitu diinfus,””Abiyyu nggak mau diinfus, Bund!” tolaknya.”Enggak, Abiyyu kan mau minum, mau makan, mau minum obat biar nggak muntah, insyaAllah Allah cepet sembuhkan, Abiyyu,” kurangkul bahunya.Badannya lemes saat keluar dari kamar mandi.Alhamdulillah, dia sangat kooperatif setelahnya.Sesekali saat melilitnya datang, dia tarik napas panjang, beristighfar dan berdoa, “Ya Allah, sembuhkan aku, ya! Astaghfirullah!”

***

Kenali Diare

Ada mamak yang nggak pernah melihat feses anak saat BAB? Begitu fesesnya keluar langsung buru-buru di-flush biar enggak bau?Semoga setelah ini menganggap konsistensi feses anak jauh lebih penting dibanding apapun ya, karena data saat anak diare sangat penting bagi dokter untuk membantu menegakkan diagnosa dan menentukan terapinya.Sedih kan kalau melihat anak yang biasanya naik-naik pagar tiba-tiba anteng, diam karena nggak punya tenaga?Diare, artinya BAB lebih dari 4 kali dalam 24 jam, dengan konsistensi feses yang lebih lembek atau encer dari biasanya.Penyebab diare dilihat dari ciri-cirinya:

Diare karena virus

Biasanya feses cair, keluarnya menyemprot dan jika kebelet sulit untuk ditahan, baunya sedikit asam.

Diare karena bakteri

feses bisa cair atau lembek, sangat melilit di perut, kadang sulit dikeluarkan, bercampur lendir atau darah, baunya busuk dan atau amis.Jelas keduanya berbeda, terapinya juga berbeda.
Namun apapun penyebab diare, yang wajib kita lakukan untuk menolongnya dirumah adalah:

1. Upayakan rehidrasi

Saat anak masih bisa disuruh minum dan makan walau sedikit, insyaallah penggantian cairan yang hilang bersama diare dan muntah bisa segera diraih.Rehidrasi yang ideal menggunakan larutan oralit. Bisa dibeli di apotek atau dibuat sendiri di rumah menggunakan gula pasir dan garam dapur.Untuk satu gelas air minum (200cc) bisa ditambahkan 2 sdt gula pasir dan 1/5 sendok teh garam dapur.Berikan ke anak yang diare sedikit demi sedikit agar tidak mencetuskan muntah.Berikan makanan yang aman untuk pencernaannya lebih dahulu.Hindarkan makanan yang asam atau pedas juga terlalu berlemak atau berbau tajam.

2. Jangan memberinya obat diare sembarangan

Obat diare jenisnya bermacam-macam. Banyak yang bisa dibeli bebas di apotek tanpa resep dokter.
Namun saya sarankan, jangan sembarangan memberinya obat diare terutama bagi anak-anak dan balita.Kenapa?Karena ada beberapa jenis obat diare yang efek kerjanya dengan mengurangi gerakan usus agar tidak terlalu cepat sehingga diare bisa berkurang bahkan langsung berhenti.Bahayanya bagi anak, terkadang efek obat tersebut bisa menyebabkan berhentinya gerakan usus di satu bagian dan usus bagian lainnya tetap bergerak cepat.Akibatnya bisa menyebabkan usus yang diam justru akan masuk dan menyumbat ke usus yang bergerak.Saat ini terjadi, maka tak hanya diare yang membahayakannya, ususnya pun tak lagi bisa dilewati feses, bahkan udara. Perut anak kesakitan luar biasa, kentut tidak bisa.Solusi yang harus segera dilakukan adalah operasi untuk membebaskan sumbatan pada usus tersebut.
Dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan ileus.Maka sangat bijak saat kita berhati-hati untuk mengobati anak diare.

3. Putus rantai penularan

Caranya dengan menjaga kebersihan personal baik saat membersihkannya sewaktu BAB atau sewaktu akan memberinya makan dan minum.Selalu cuci tangan menggunakan sabun.

4. Jaga kebersihan lingkungan

Segera cuci dan bersihkan dengan sabun, pakaian atau alas yang terkena feses.

5. Periksa ke dokter terdekat

Jika diare berlanjut bahkan bertambah dengan muntah segera periksakan ke dokter terdekat.Memeriksakan anak sebelum mengalami dehidrasi akan lebih baik dan lebih cepat penanganannya di banding saat anak sudah lemas dan mengalami dehidrasi berat.

Apakah ke dokter pasti harus diinfus?

Tidak.
Saat proses rehidrasi masih bisa dilakukan per oral, maka dokter hanya akan mengobatinya dengan obat-obatan yang aman dan memberinya oralit untuk rehidrasi lewat oral (mulut)Dokter akan memutuskan bahwa anak harus diinfus saat anak sudah mengalami dehidrasi sedangkan semua jenis makanan, minuman dan obat tidak dapat masuk karena muntah yang parah.Semoga tulisan ini bermanfaat,Salam hangat,Ew

3 LANGKAH CARA MERAWAT LUKA KHITAN YANG TIDAK SAKIT

Belum ada lima menit kutinggalkan, kamarnya sudah kosong, ruang tamu nihil. Kemana dia?Kubenahi handuk warna merah yang tadi dipakainya alas duduk sewaktu kubersihkan luka yang melingkar di ujung alat kelaminnya.Jangan-jangan!?Segera kutinggalkan kamar yang kini sudah berubah menjadi kapal setengah pecah. Mainan bertebaran di mana-mana.Aku berlari ke depan, kubuka sedikit pintu menuju teras. Kuintip, tak sedikit pun terlihat batang hidungnya.Kututup kembali pintu itu seraya bergegas mengambil jilbab yang tersampir di sofa.”Dug… Dug… Thak..thak… !” Ritmis sebuah suara membentuk nada.Kubuka lagi pintu itu dengan lebih antusias dibanding sebelumnya.”Astaghfirullah, Kakaaaak!” Terperanjat kulihat Abiyyu, anak keduaku yang baru dikhitan 3 hari yang lalu.
Masih lengkap dengan sarung hijau dan kaos berwarna kuning bergambar bintang – bintang kecil. Tangannya bergerak senada dengan kakinya yang berada di atas egrang berwarna hijau.”Hehe, maaf, Bund! Abiyyu bosan, e! Abiyyu pengin olah raga. Nggak apa-apa kan, Bund?” Polos, sorot matanya seolah tak bersalah.Bukan tidak boleh, tapi lukanya itu loh, baru tiga hari, meskipun sudah mulai kering, takutnya kulit sekitar lukanya malah bengkak lagi.”Ya sudah, tapi pelan saja ya, dan belum boleh pakai egrang yang lebih tinggi!”

***

Jangan Takut Merawat Luka Sendiri

Beberapa hari yang lalu, saya sudah share tulisan tentang 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Luka Khitan cepat Kering. Satu di antaranya adalah bagaimana merawat luka yang baik dan berhasil mencegah terjadinya infeksi pasca khitan.Seperti halnya perawatan luka biasa, hanya kali ini lukanya terletak di alat kelamin yang lebih sensitif. Seolah memberi kesan bahwa luka itu lebih parah dari luka lecet biasa.

Tiga Langkah perawatan luka:

1. Asepsi

Merawat luka tujuannya adalah membuat luka dan daerah sekitarnya terbebas dari bakteri atau kuman apapun yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Cara asepsi artinya mengupayakan semua langkah perawatan luka terjamin dari kontaminasi kuman.

Beberapa langkah merawat luka:

a. Alat dan Bahan:

(Pict: docpri)- Gunting,- kassa steril,- cairan pembersih luka (cairan NaCl atau rivanol atau larutan antiseptik lain),
– perekat (plester bisa yang berwarna cokelat atau yang putih, saya menggunakan hypafik),

(Pict: docpri, salah satu contoh perekat)- Salep antibiotik (biasanya dibawakan dari Rumah Sakit)

b. Langkah merawat luka

Jika waktu terbatas dan bisa mempertahankan kebersihan daerah sekitar luka, maka perawatan bisa dilakukan 1-2 hari sekali.
Catatan, setiap luka basah oleh air (misalnya saat buang air besar atau buang air kecil) harus dilakukan perawatan luka kembali.Namun tentu saja akan lebih baik jika luka tersebut kita rawat sehari dua kali setelah mandi (3 hari pertama sebaiknya tidak mandi seluruh badan, untuk mencegah luka basah tersiram air)

Cara merawat luka:

– Bersihkan daerah sekitar luka menggunakan kassa di beri cairan NaCl atau antiseptik. Bersihkan mulai dari bagian luka (bisa dikompres dengan cara kassa steril dibasahi dengan NaCl atau rivanol, tempelkan pada luka yang melingkar kurang lebih 10menit).
Buat gerakan melingkar dari bagian luka ke bagian lebih luarnya dan tidak kembali ke daerah luka.
Jika masih kurang bersih, ulangi lagi dengan gerakan yang sama dari bagian luka ke arah luar.- Oleskan salep antibiotik tipis-tipis pada luka dan sekitar luka.- Boleh ditutup dengan kassa, boleh dibiarkan terbuka. (3 hari pertama disarankan melakukan perawatan luka terbuka agar kassa tidak lengket. Bisa jadi beberapa titik masih aktif mengeluarkan cairan albumin sehingga bila bercampur dengan salep dan kassa maka akan lengket)- Saat perawatan luka terbuka, upayakan anak agar banyak istirahat, tidak banyak beraktifitas dahulu.- Lanjutkan perawatan hingga seminggu pasca khitan dengan teknik yang sama sampai luka khitan benar-benar kering dan sembuh.

2. Isolasi

Isolasi dalam hal ini berarti menjauhkan luka dari berbagai macam sumber kontaminan. Bisa dengan membungkusnya dengan kassa steril kering setelah sebelumnya dilakukan perawatan luka atau dengan cara meminimalkan aktifitas agar terhindar dari kotoran maupun kontaminasi kuman.Gunakan pakaian yang longgar agar sekitar alat kelamin tidak lembab.Bersihkan badan dengan cara yang paling aman, bisa menggunakan tissue basah atau mandi dengan bantuan washlap dan sebaskom air.Selalu ganti pakaian baru setelah badan bersih dan luka sudah dibersihkan.

3. Fiksasi

Lebih 3 hari anak berdiam diri pasti akan membuatnya sangat boring. Meskipun segala macam permainan, game, buku dan hal menarik lainnya sudah disiapkan di dekatnya, tetap saja anak butuh dunia dan “udara segar” nya.Untuk membantu anak agar beraktifitas ringan dengan nyaman, maka kita perlu memfiksasi luka khitannya.Fiksasi artinya menjaga tetap pada tempatnya atau tidak bergerak. Tindakan ini membantu anak saat luka khitan sudah mulai sembuh, tidak lagi bengkak namun masih memerlukan perawatan luka dan anak harus melakukan suatu aktifitas ringan tanpa merasa sulit bergerak karena sakit.Fiksasi selain mengurangi gesekan luka dengan celana juga mencegah agar luka tidak sakit akibat aktifitas yang dilakukannya.Caranya adalah:Balut luka dengan kassa steril kering setelah luka dirawat dan diberi salep.Buka kassa steril hingga berbentuk segi empat.Lipat salah satu sudutnya ke arah sudut ang berlawanan.Lipat juga sudut lawannya ke arah sudut yang tadi sudah dilipat lebih dahulu.(Pict: dokpri, Contoh menggunakan kertas tissue agar mudah dimengerti)(Setelah kedua ujung kassa dilipat)(Lipat kassa di garis tengah hingga membuat kedua sisi simetris yang saling bertumpuk)Lipatan ini siap untuk digunakan untuk memfiksasi luka khitan.Bagian tengah letakkan di luka pada bagian bawah alat kelamin, lingkarkan ke atas hingga menutup seluruh bagian luka, pilin dua kali di atas alat kelamin dan satukan kedua ujung kassa sisanya.Tarik dan rekatkan kedua ujung kassa steril dengan bantuan plester atau hypafik ke kulit perut bagian bawah. (Contoh seperti gambar)(Pict: docpri, gambar saat luka sudah difiksasi dan siap menggunakan celana dalam seperti biasa)(Pict: docpri, fiksasi dilihat dari samping)Semoga tulisan ini bermanfaat, dan membantu para orang tua untuk menemukan referensi cara merawat luka pasca khitan.
Tulisan ini tidak mengandung unsur iklan sama sekali, hanya menggunakan beberapa bahan yang kebetulan tersedia dirumah.Beberapa gambar sengaja di-blur agar memenuhi kode etik kepenulisan.Salam hangat,Ew

NYERI HAID ATAU PRE MENSTRUAL SYNDROME? KENAPA BISA TERJADI?

Juli, tahun kedua SMA

Aku mulai panik. Bagaimana tidak? Jam sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB, dan aku masih juga sendirian. Ruang kelas yang baru kumasuki selama 2 hari ini sangat lengang. Tak ada lagi tas-tas di laci meja. Juga tak ada keriuhan, meja yang dipukul diiringi nyanyian sumbang anak-anak di saat jam kosong.

Hanya bangku-bangku kosong berjajar ditinggalkan pemiliknya menuju sisi kehidupan lain, menjadi anak-anak manis bagi orang tuanya di rumah.

Ah, kemana perginya perempuan yang sedari pagi satu meja denganku? Katanya mau ke kamar mandi barang sebentar?

Kembali kutinggalkan kursi yang kududuki.
Syuurrr! Hangat!
Kurasakan di bagian bawahku mengalir tak terbendung!

“Masih deras!” gumamku.

Noda merah segar memenuhi alas duduk terbuat dari kayu berwarna coklat yang baru saja kutinggalkan.
Takut, khawatir, malu dan segala macam perasaan tidak nyaman lainnya menyeruak bercampur menjadi satu.
Aku kalut!

Kulangkahkan kaki ke depan menuju papan tulis. Rasanya asyik sekali mengintip teman-teman yang sedang berceloteh riang di luar sana. Duduk bebas di rerumputan hijau depan sekolah, dengan semilir angin sore yang mengusir gerah.
Semua anak kelas 2 telah pulang. Kecuali anggota OSIS yang sedang mengospek adik kelas yang baru 2 hari ini memasuki bangku SMA.

Belum lagi aku sampai di pintu kelas yang tertutup rapat, aku dikagetkan dengan tapak sepatu yang juga berwarna merah, berbaris rapi mulai dari ujung belakang kelas hingga tepat di posisiku kini berdiri.

Allahu Akbar!
Baru kali ini aku mengalami datang bulan sebegitu banyak.

Tadinya aku malu tapi bangga. Rok tembus! Sebagaimana kebanggaan perempuan yang baru saja datang bulan di usianya yang masih remaja.
Sudah gede! Seolah itu yang akan mereka umumkan ke semua orang.

Tapi tidak, sekarang aku takut, tembusnya tak terkira. Kupikir hanya tembus biasa yang selesai jika baju atasan putihku dikeluarkan.
Namun ternyata salah. Belum satu menit baju putih itu langsung berwarna merah di bagian pantat. Darah segar seolah merembes merajalela.

Mataku mulai berkunang-kunang!
Kemana temanku yang tadi kuminta menungguiku? Apakah dia pulang?
Aku harus bagaimana?
Aku memutuskan untuk jongkok saja, tepat di belakang pintu ruang kelas yang kututup rapat.

Mungkin, bisa mengurangi bekas merah dari setiap jejak duduk ku.

“Mbak!” Pintu kelas diketuk perlahan dari luar. Pak guru nampak kikuk masuk dengan diikuti oleh, Bapaaak! Oh God! Kenapa harus bapak?

Hiks..! Kulirik jam kecil di pergelangan tanganku.
Benar saja, satu jam temanku yang satu itu meninggalkanku. Rupanya dia pulang dan berhasil memberi kabar ke keluargaku.
Tapi, kenapa bapak? Aku malu! Malu sekali!

“Bukannya kalau perempuan mau datang bulan selalu punya tanda, Mbak? Sakit perut atau pusing atau sakit pinggang?” ucap Bapak sambil memberi baju ganti yang telah disiapkan mama. Kata bapak, mama sibuk urus adikku yang paling kecil di rumah. Hanya menitipkan beberapa lembar baju ganti, satu pack pembalut berwarna pink, dan air putih.

“Iya, Pak” jawabku singkat. Pak guru yang tadi mengantarkan bapak segera berpamitan dan meninggalkan kami di kelas.

Sebenarnya masih bingung dengan maksud bapak, karena bagiku sama sekali tidak ada tanda atau keluhan apapun sejak pagi ini atau kemarin atau tiga hari yang lalu. Tak ada!

Biasanya juga tidak pernah begini. Makanya aku jarang persiapkan apapun termasuk menyediakan pembalut di tas. Lagi pula jadwal haidku juga belum rutin setiap bulan. Entahlah, menurut dokter sih tidak masalah karena masih termasuk awal siklus haid di usia produktif ku.

Sayangnya, ternyata tidak semua perempuan memiliki kebiasaan yang sama.
Satu perempuan kadang tidak mengalami tanda apapun menjelang haid, sakit perut atau tanda lainnya, seperti aku.
Namun perempuan lainnya justru banyak yang memiliki keluhan menjelang haid hingga mengganggu aktifitasnya.

Pre Menstrual Syndrome

Keluhan menjelang haid ini sering disebut dengan istilah Pre Menstrual Syndrome (PMS). Kebanyakan keluhan yang dirasakan adalah sakit perut (kram perut), sakit kepala, emosi yang berlebih, munculnya jerawat dan gejala lainnya.
Keluhan kram perut juga sangat bervariasi tingkat sakitnya. Ada yang sakit ringan dan masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Ada pula yang sakitnya berat hingga harus istirahat total.

Berkaitan dengan haid yang datangnya setiap bulan bagi perempuan, memiliki keluhan Pre menstrual syndrome tentu saja sangat mengganggu.

Sebenarnya, keluhan ini bersifat hormonal sehingga saat haid selesai setiap siklusnya, maka keluhan pre menstrual syndrome akan secara otomatis pula menghilang.

Kenapa keluhan itu bersifat hormonal, karena berhubungan dengan hormon kewanitaan (hormon estrogen dan progesteron) yang tiba-tiba turun drastis hingga menyebabkan haid datang.
Tentu saja keluhan tersebut tidak sama setiap datang bulan, terkadang memberat namun bisa juga menjadi lebih ringan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal-hal yang mempengaruhi munculnya keluhan tersebut bermacam-macam, di antaranya adalah:
– jenis makanan atau minuman terlalu tinggi gula, seperti minuman bersoda atau mengandung kafein
– tingkat stress yang tinggi menjelang siklus haid
– Merokok, dan lain-lain.

Meskipun belum ada penelitian yang khusus membahas ini, beberapa hal berikut dipercaya mampu untuk meminimalisir gejala, antara lain:
– Berolahraga
– Yoga
– Konsumsi makanan rendah gula
– Meminimalkan stress
– Mengkonsumsi makanan minuman tinggi kalsium
– Melakukan kegiatan yang membuat kita bahagia

Salah satu contoh kebiasaan turun temurun terkait dengan PMS, adalah meminum minuman yang sudah lama diklaim dapat membantu meringankan keluhan haid adalah minuman tradisional Kunyit asam.
Meminum jamu kunyit asam ini sudah dilakukan oleh perempuan-perempuan zaman dahulu. Mulai dari putri-putri kerajaan hingga bangsawan yang lebih dahulu peduli terhadap kesehatan kewanitaan.

Hingga akhirnya sampai ke zaman modern di mana kita hidup sekarang, masih juga melestarikan kebiasaan menjaga kesehatan kewanitaan. Melanjutkannya dengan memunculkan banyak produk berbahan alami yang diproses dengan cara modern namun tidak meninggalkan khasiat yang diturunkan oleh ilmu tradisional.

Herbadrink Kunyit Asam

Dulu, bila disuruh minum Kunyit Asam, aku pasti tidak mau. Membayangkan bau kunyitnya saja yang langu seolah membuat isi perut bergolak menolaknya. Sampai-sampai nasi kuning pun yang warnanya diambilkan dari kunyit aku enggak mau mencicipi.

Hari berganti bulan, bulan berganti tahun. Saat memasuki masa produktif remaja, aku mencoba mengenali rasanya.
Tidak disangka, rupanya setelah menjadi minuman jamu Kunyit Asam, aroma kunyit mentahnya sudah tak ada lagi, berganti dengan rasa segar asam manis yang menyegarkan badan.

Biasanya aku minum kunyit asam ini seminggu sekali, atau maksimal seminggu 3 kali menjelang datang bulan.
Meski dari awal tidak pernah sakit perut, namun ada manfaat lain yang bisa kurasakan. Badan menjadi lebih segar dan bau badan tidak menyengat.

Akhir-akhir ini sedang booming minuman rempah racikan sendiri. Rupanya kunyit ini menjadi salah satu sumber rempah dari golongan rimpang yang banyak manfaatnya.

Masyarakat mulai membiasakan minuman sehat berbahan alami untuk upaya preventif menjaga kesehatan tubuh.
Teknologi canggih pun tidak melewatkan upaya ini. Aneka minuman herbal modern diolah berdasarkan resep tradisional Indonesia menggunakan teknologi modern.

Herbadrink Kunyit Asam ini memiliki manfaat untuk membantu melancarkan haid, membantu meredakan nyeri haid serta membantu mengurangi bau badan.

Minuman ini hadir dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia pada umumnya. Mengurangi keluhan yang menyertai haid, sehingga perempuan Indonesia akan tetap aktif bekerja menjadi perempuan energik dan bermanfaat bagi sekitarnya meskipun sedang datang bulan.

Rasanya yang segar, tidak bau kunyit mentah dan rasa asam manisnya yang pas sangat menyegarkan badan. Bisa diminum kapan saja dan dibawa ke mana saja kita melakukan perjalanan.

Jangan lupa, saat kita menyeduh Herbadrink Kunyit Asam ini dengan air hangat atau dingin, buang sampah pada tempatnya, ya!

Produk ini dikeluarkan oleh PT. Konimex, Sukoharjo Jawa Tengah Indonesia dan telah memiliki izin edar serta lulus badan POM dengan nomor POM TR. 162297841.
Selain itu, Herbadrink juga telah lulus uji kehalalan di LP POM dan telah mengantongi sertifikat Halal dari MUI yang tertera di setiap kemasan.

Bagaimana Cara Membuat Minuman Herbadrink Kunyit Asam ini?

Caranya sangat mudah.
Cukup larutkan satu sachet Herbadrink Kunyit Asam ke dalam 150 ml air panas atau dingin. Maka minuman segar ini pun siap untuk dihidangkan. Baik dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin.

Komposisi/Compoaition:
Curcuma domestica Rhizoma ekstrak setara dengan 3gr rimpang kunyit, Tamarindi pulpa esktrak setara dengan 1.75 gr Asam Jawa, Gula, dan bahan lainnya hingga 25gr.

Cara Menyimpan:

Simpanlah pada suhu di bawah 30 °C.

Selain varian Kunyit Asam, Herbadrink juga tersedia dalam varian lain, yaitu: -Herbadrink Chrysanthemum,

-Herbadrink Sari Temulawak,

-Herbadrink Sari Jahe,

-Herbadrink Kopi Ginseng,

-Herbadrink Beras Kencur, dan

-Herbadrink Kunyit Asam Sirih Plus Madu.

Minuman ini lebih cenderung kepada upaya preventif menjaga kesehatan, sehingga saat keluhan masih terasa berat dan mengganggu aktifitas sehari-hari, meski sudah melakukan dan menghindari faktor pencetus di atas, saatnya konsultasi dengan dokter pribadi anda.

Siap menjadi perempuan sehat, aktif, percaya diri dan energik untuk menebarkan kebaikan di seluruh pelosok tanah air?
Semangat, jaga kesehatan tubuh kita ya, Mom!

Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Semoga bermanfaat,

Wassalam

Eka Wahyuni.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Pasca Khitan Agar Luka Cepat Sembuh

Usianya baru 7 tahun, tiba-tiba dia meminta sunat 3 hari yang lalu. Katanya biar bisa menjadi imam shalat. Beberapa kali selalu menggelar sajadah di depan saya setiap shalat. Karena memang dia masih kecil dan belum khitan maka saya tegur dan saya suruh jadi makmum saja di belakang. Rupanya itu yang membuat niat khitannya jadi menggebu.

Setidaknya meski bacaannya sudah mulai mendekati tartil, saat wudlunya belum sempurna akan membuat shalatnya tidak sah. Berbeda saat dia shalat sebagai pembelajaran. Ataupun saat dia belajar menjadi imam untuk adiknya.

Meskipun belum bernilai ibadah, insyaallah pengenalan ini akan memberikannya pelajaran yang benar tentang syarat menjadi imam harus khitan agar terhindar dari najis yang tersembunyi.

Saya pengin share pengalaman saya mengenai cara merawat luka pasca khitan agar lebih cepat sembuh.

Setelahnya pengin share juga tentang Agar Anak Tidak Takut Sunat, biar anak laki-laki berani sunat bahkan di usia yang dini.

Alhamdulillah, 3 hari ini luka khitannya sudah mulai kempes. Awalnya sesaat setelah khitan alat kelamin bagian luka mengalami pembengkakan ringan. Hal ini tentu saja wajar terjadi, karena memang jaringan kulit di ujung alat kelamin sengaja dibuat luka.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Luka Khitan Cepat Sembuh, antara lain:

1. Anak harus istirahat

Bagi anak laki-laki aktif, sungguh ini sangat menyiksanya. Yang terbiasa ke mana – mana bebas jadi harus berdiam diri di rumah meminimalkan gerakan. Bunda harus selalu siaga untuk mengingatkannya. Teman favorit biasanya gadget, TV, buku dan mainan lainnya. Tentu saja dia lebih suka teman yang bisa diajak ngomong dibandingkan itu semua. Jadi kita harus menemaninya sepanjang hari agar dia tidak bosan.

2. Rawat Luka Sehari 2 kali

Bagi sebagian orang, merawat luka khitan menjadi hal yang menyeramkan. Sebetulnya saat kita sedikit memberanikan diri, merawat luka khitan tidak berbeda jauh dengan merawat luka pada umumnya. Bentuk lukanya juga sama, namun pada khitan luka yang ditimbulkan berbentuk melingkar mengelilingi batang alat kelamin.

Rawatlah luka sehari 2x, pagi dan sore hari. Bagaimana cara merawat luka pasca khitan?

Bersihkan daerah sekitar luka dari bercak darah atau kotoran yang menempel dengan kain bersih yang dibasahi. Jangan disiram, namun cukup dipel saja.

Setelah sekitar luka dibersihkan, giliran bagian luka dibersihkan menggunakan kain kasa yang dibasahi dengan rivanol atau cairan pembersih luka lainnya.

Bersihkan luka pelan-pelan dari sisa darah. Tidak perlu dipaksa harus hilang semua, terutama darah yang keras tidak perlu dipaksa, agar tidak terjadi luka baru dan mencetuskan perdarahan baru merembes lagi. Setelah luka bersih, oleskan salep yang di bawakan oleh dokter untuk perawatan luka.

Oiya, untuk amannya anak tidak usah dimandikan dulu, cukup dipel saja agar luka khitan tidak terkena air. Baru setelah luka kering dan jahitan sudah menyatu, anak dimandikan dan berendam agar “upil” luka yang kering bisa lembek dan mudah dibersihkan. Biasanya sekitar seminggu dari khitan.

3. Makan Bergizi Tinggi Protein

Anak khitan nggak boleh makan amis2? Pernah dengar statement ini? Sebagian informasi yang keliru bahwa anak khitan tidak boleh makan protein hewani seperti ikan, ayam, daging, telur dll. Justru pada anak ini membutuhkan sumber protein yang tinggi.

Manfaatnya adalah untuk mengganti jaringan yang rusak karena luka khitan. Anak yang diberikan makanan protein tinggi akan lebih cepat sembuh lukanya. Untuk jenis makanan lain juga sama, intinya pola makan tidak ada pantangan yang harus dihindari, justru harus seimbang dengan protein yang lebih tinggi dibanding biasanya.

Jadi masih boleh makan nasi, lauk, sayuran, buah dan minum air putih yang banyak.

Sumber protein bisa dari diambil dari bahan makanan yang mudah ditemukan di sekitar kita, seperti: Daging ayam, telur, ikan gabus, ikan nila, daging sapi, tempe, tahu dll.

4. Gunakan sarung bukan celana panjang

Pasca khitan identik dengan sarung. Harus pakai sarung? Sebenarnya tidak juga. Hanya saja pemakaian sarung akan lebih memberikan keleluasaan agar anak bisa bergerak bebas tanpa khawatir luka khitan akan tergesek kain.

Udara yang bebas mengalir ke daerah sekita alat kelamin juga akan memberikan sirkulasi udara yang cukup sehingga luka khitan terbebas dari lembab dan keringat. Otomatis luka khitan akan lebih terjaga dalam keadaan kering.

5. Minum Obat Terjadwal

Sudah bisa dipastikan bahwa anak yang khitan pasti akan diberi obat. Minimal 2 macam obat, yaitu obat anti nyeri berupa Paracetamol dan antibiotik. Obat yang sering diresepkan pada kasus khitan anak cenderung yang aman buat anak, Paracetamol untuk antinyeri dan Amoxicillin untuk antibiotikya.

Obat tersebut harus diminum secara teratur agar anak tidak kesakitan dan luka terhindar dari infeksi.

Alhamdulillah, di hari ke dua pasca khitan, Abiyyu sudah sangat enjoy. Sejak khitan tidak merasa kesakitan atau panas pada lukanya. Dan sore ini (sore kedua pasca khitan) lukanya sudah langsing dan sudah bisa ikut shalat berjamaah di masjid.

Paling tidak sabar, bisa berdiam diri dulu, eh sejak hari pertama khitan sudah minta naik egrang! Ya Allah, Nak! Sabar, ya! 2 hari lagi boleh lari2, deh!

Semoga bermanfaat!

Eka Wahyuni.

NATUR HAIR MASK ALOE VERA SACHET KEMASAN PRAKTIS LEBIH BESAR UNTUK PERAWATAN MINGGUAN

Natur Hair Care

NATUR HAIR CARE PERAWATAN RAMBUT ALAMI LEBIH BAIK

Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract
Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract

Sebelum mengenal Natur Hair Care, lebih dari seratus helai rambut rontok setiap kali habis keramas. Rambutku begitu rapuh, kering dan sangat mudah kusut. Kebetulan jenis rambut yang kumiliki ikal dengan ukuran helai rambut sangat lembut dan tipis. Membuat kesan penampilan rambut lepek, kusam, mudah kusut dan tidak sehat.

Kapan ya memiliki rambut sehat, lembut, halus, lebat, hitam, panjang dan mudah diatur? Begitu terus pertanyaan yang selalu terdengar hanya sebagai gumaman yang cukup terdengar di telingaku sendiri. Astaughfirullah! Mudah sekali tergoda untuk kufur nikmat, ya?!

Hati-hati saat rasa iri muncul kepada teman-teman yang memiliki rambut hitam tebal berkilau dan tidak mudah kusut. Namanya takdir ternyata tidak bisa dijadikan alasan agar kita boleh iri hati. Sebenarnya tak melihat jenis rambut kita lurus atau ikal, yang penting nutrisi rambut terpenuhi dengan baik, maka rambut kita pun akan memiliki kualitas maksimal yang sama sehatnya.

KOK BISA SIH ADA RAMBUT YANG TEBAL DAN TIPIS? MANA YANG LEBIH BAIK?

Natur Hair & Beauty Dating Bersama dhitaerdittya.com dan hapsarititi.wordpress.com
Natur Hair & Beauty Dating Bersama dhitaerdittya.com dan hapsarititi.wordpress.com

Normalnya di setiap pori-pori kulit kepala tumbuh 3-4 helai rambut. Masing-masing helai rambut memiliki ketebalan yang berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya. Rambut tebal bisa jadi karena memiliki jumlah helai rambut yang optimal 3-4 helai dalam satu pori, juga setiap helai rambut memiliki ukuran diameter rambut yang cukup tebal. Ketebalan rambut ini tergantung dari genetik bawaan dari masing-masing individu. Sedangkan rambut tipis bisa jadi karena helai rambut memiliki diameter yang kecil atau setiap pori kulit kepala hanya ditumbuhi 1-2 helai rambut saja.

PERMASALAHAN RAMBUT

Permasalahan rambut secara umum terdiri dari kerontokan rambut, ketombe, rambut tipis, rambut kusam kering kasar dan bercabang serta rambut beruban.

Dari bermacam permasalahan tersebut disebabkan oleh dua factor:

  1. Faktor Eksternal: Pemakaian kosmetik rambut, perlakuandekoratif pada rambut, debu dan cuaca serta sinar UV matahari.
  2. Faktor Intrinsik: Usia, Genetik, Hormon, Pola makan, Pola hidup yang tidak sehat serta stress dan penyakit.

PENYEBAB KERONTOKAN RAMBUT

Kerontokan rambut hampir dialami oleh sebagian besar populasi manusia. Penyebab kerontokan rambut antara lain:

Faktor keturunan, stress, pemilihan produk perawatan rambut yang kurang tepat, perlakuan dekoratif rambut yang berlebihan (pengecatan rambut, pengeritingan, blow dry, salah cara menyisir rambut dan mengikat rambut terlalu kuat), kurang konsumsi gizi seimbang, keramas dengan air terlalu panas sehingga merusak lapisan rambut dan membuatnya rapuh)

MENGAPA HARUS NATUR?

Natur Perawatan Rambut Berbahan Alami
Natur Perawatan Rambut Berbahan Alami

Kita tahu bahwa di pasaran begitu banyak terdapat bermacam produk perawatan rambut. Mulai dari jenis shampoo hingga vitamin rambut yang tak terhitung lagi jumlahnya. Nah, tercetus karena adanya keprihatinan terhadap banyaknya produk perawatan rambut berbahan kimia inilah PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika mengeluarkan NATUR sebagai rangkaian produk perawatan rambut yang memadukan bahan alami dengan inovasi modern. Natur, bukan termasuk produk yang baru saja kukenal. Semenjak 20 tahun yang lalu saat saya masih duduk di bangku SMA saya telah mengenal Natur (hairtonic) sebagai produk perawatan rambut rontok yang terbukti manfaatnya.

Bedanya produk Natur dengan produk lainnya, adalah karena produk Natur:

  1. Memiliki sertifikasi Halal MUI
  2. Tidak mengandung alkohol sehingga tidak panas di kepala
  3. Mengandung extract bahan alami yang diekstraksi sendiri
  4. Rambut lebih lembut dan mudah diatur
  5. Tidak menggunakan pewarna buatan karena warna diperoleh dari extract yang terkandung pada produk Natur
  6. Menggunakan detergen minyak kelapa sawit sehingga lebih aman dibandingkan dengan shampoo chemical yang menggunakan detergen minyak bumi.
  7. Memiliki sensasi aroma wangi alami yang memberikan kesegaran pada rambut.
  8. Teruji klinis “rontok berkurang dalam 14 hari” untuk varian Ginseng.

HAIR BEAUTY DATING & SHARING SESSION WITH NATUR

Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)
Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)

Alhamdulillah beruntung sekali mendapat undangan acara keren dari Natur dan Blogger Jogja. Tepat di hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019 seolah diingatkan dengan produk perawatan rambut Natur yang sudah puluhan tahun yang lalu pernah saya buktikan sendiri khasiatnya. Seolah tak menyadari bahwa saya punya permasalahan rambut meski di setiap keramas selalu khawatir ketika rambut rontok semakin parah. Terkadang tercetus pikiran, “jangan-jangan nanti lama-lama rambutku botak? Ih, na’udzubilllahi mindzalik!”

Dari acara yang melibatkan lebih dari 40 blogger inilah solusi rambut seolah menjadi hadiah istimewa bagi saya pribadi. Acara diisi pemaparan materi dari Mbak Wina selaku Brand Activation PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika tentang latar belakang hingga apa saja kebaikan dan kelebihan produk Natur bagi rambut kita. Selain itu Natur juga membagikan free Goodiebag yang berisi bermacam produk perawatan rambut. Di antaranya adalah Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract, Natur Hairtonic Ginseng Extract dan Natur Hair Mask Hair Nutritive Treatment with Aloe Vera kemasan sachet jumbo (+50%).

AMANKAH UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI?

Di kesempatan sesi pertanyaan, saya sempat menanyakan hal ini kepada narasumber. Selain karena kebutuhan nutrisi saat hamil dan menyusui, ternyata factor hormone yang berubah saat itu juga sangat mempengaruhi terjadinya kerontokan rambut. Ada yang merasakan hal serupa saat hamil dan menyusui? Tiba-tiba rambut kita rontok takdapat dicegah. Nah, karena semua produk Natur dibuat menggunakan bahan alami yang dipadukan dengan inovasi modern, maka pemakaiannya pun aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Macam Produk natur:

Shampoo, hairmask, conditioner, vitamin, hairtonic, hair serum untuk merawat kekuatan rambut karena patah dan bercabang.

Dengan Varian meliputi:

  1. Ginseng extract berfungsi untuk merawat kekuatan akar rambut agar rambut tidak rontok,
  2. Aloe Vera Extract berfungsi untuk memberikan nutrisi ke rambut dan membantu menjaga kesuburan rambut sehingga rambut tampak sehat dan lebat,
  3. Tea Tree Oil berfungsi membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala sehingga kulit kepala tampak sehat dan bersih dari ketombe,
  4. Olive Oil&Vitamin E berfungsi menutrisi dan merawat kilau rambut agar tampak sehat dan cantik bercahaya, melindungi rambut dan cocok untuk rambut yang mengalami kerusakan akibat pewarnaan rambut. Vitamin E menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur.
  5. Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil, melindungi rambut kusam akibat paparan sinar matahari, merawat dan menutrisi setiap helai rambut.

NATUR HAIR MASK

Hair nutritive treatment with aloe vera extract

Kemasan ekstra +50%

(15ml + 7.5 ml)

Mengandung Aloe Vera Extract yang membantu menutrisi helai rambut untuk menjaga kesuburan rambut, sehingga rambut tampak lebat, halus, lembut, lembab serta mudah diatur.

Komposisi:

Water, Cetearyl Alcohol, Lauryl Glucoside, Behentrimonium Chloride, Cyclopentasiloxane, Aloe barbadensis extract, Olive (Olea europaea) Oil, Fragrance, Cetrimonium Chloride, Lanolin, Dimethicanol, Propylene Glycol, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Glyceryl Stearate, Panthenol, Lysine HCl, Glutamic Acid, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Cycloterasiloxane, Ceteareth-20, Ceteareth-12, Cetyl Palmitate, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Cara Pakai:

Setelah keramas, usapkan Natur Hair Mask hingga merata pada helaian rambut. Pijat batang rambut mulai dari pangkal hingga ujungnya. Diamkan selama 1-2 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan satu kali dalam seminggu atau sesuai dengan kebutuhan rambut anda.

PENGALAMAN PERTAMA MENGGUNAKAN PRODUK NATUR:

Kali ini ceritaku tentang produk Natur yang kupakai berupa Natur Hair Mask with Aloe Vera, Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract dan Natur Hair Tonic Ginseng.

Natur Shampoo Ginseng Extract
Natur Shampoo Ginseng Extract
Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)
Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)

Kebetulan produk Natur yang kudapat baru berhasil kucoba pagi hari berikutnya. Menurut Mbak Wina, Brand Activation PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika dari Natur, kini produk Natur sudah wangi, tak lagi berbau jamu seperti natur zaman SMA ku dulu. Serius? Dan, benar juga begitu kubasahi rambut dan ku tuang Natur Shampoo Ginseng ke telapak tangan langsung tercium wanginya menyeruak dari larutan homogen berwarna cokelat bening itu.

Perlahan kuaplikasikan ke rambut, formulanya sangat lembut dan membersihkan maksimal meskipun tidak sampai berbusa-busa banyak seperti shampoo lain. Kamu tahu, shampoo yang bagus justru yang tidak menghasilkan busa terlalu banyak. Cees! Rasanya segar sekali saat seluruh permukaan kulit kepala dan helaian rambut terlapisi busa shampoo. Sengaja memang aku menggunakan air dingin untuk keramas, karena ternyata air yang paling cocok untuk kita gunakan bershampoo adalah air dingin. Kenapa? Karena kalau kita menggunakan air panas justru akan merusak struktur rambut.

Setelah shampoo dibilas bersih kemudian Natur hair mask Aloe Vera ku usapkan ke seluruh batang helaian rambut. Di pijat mulai dari pangkal batang rambut hingga ke ujung rambut. Nah, karena hair mask mengandung banyak nutrisi yang akan menguatkan batang rambut dan membuatnya menjadi sehat lembut dan kuat, setelah dipijat merata pada seluruh helai rambut hair mask dibiarkan selama 1-2 menit dan ditutup dengan handuk hangat agar seluruh nutrisinya bisa diserap maksimal oleh rambut. Karena keterbatasan waktu kebetulan kemarin saya hanya dibiarkan terbuka saja tanpa handuk hangat. Baru setelah itu rambut dibilas lagi hingga bersih dan dikeringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk bukan digosok.

Saat rambut mulai setengah kering, sambil bersantai di kamar atau ruang keluarga atau ruang manapun favorit kita, kita teruskan perawatan rambut yang terakhir dengan Natur hair tonic Ginseng. Oh iya, ingat tidak? Dulu Natur hair tonic kemasannya botol pipih dengan lubang di mulut botol plastik. Cara mengeluarkan hair tonic itu pun dengan menuangkannya langsung ke kulit kepala, kan? Terkadang membuat cairan tonik yang juga berwarna cokelat bening meleber ke mana-mana.

Kemasan Natur hairtonic sekarang berupa botol bulat tinggi berbahan plastik juga yang tidak mudah pecah dengan aplikasi ujungnya berupa sprayer. Kemasan ini sangat memudahkan kita untuk menggunakannya sendiri. Kita sibak sedikit-sedikit rambut kita dan kita semprotkan hairtonic langsung pada kulit kepala secara merata. Setelah itu baru kita pijat-pijat lembut sambil nonton TV atau sambil ngobrol ringan bersama suami atau anak-anak.

Saat pemakaian pertama aku kira belum begitu nyata perubahan pada rambutku selain rambut menjadi tampak lebih segar, wangi, bersih dan dipegang lebih terasa nyaman karena rambut lebih awet bersihnya. Orang Jawa bilang, “Rambutnya mrisih”. Ternyata aku kaget ketika menyisir rambut lebih terasa mudah terurai dan kerontokan rambut hanya beberapa gelintir saja. Seriuuus? Biasanya bergumpal-gumpal rambut rontok, loh! Ah, mungkin ini karena faktor hairmask- nya yang melapisi helaian rambut sehingga rambut lebih licin, tidak kusut dan mudah diatur. Masa sih baru sekali pakai langung segitu heboh perubahannya?

Semakin penasaran, dua hari berikutnya aku keramas lagi. Karena aturan pakai hairmask hanya seminggu sekali atau sesuai kebutuhan rambut, maka keramas kedua kalinya tanpa menggunakan hairmask aloe vera. Setelah shampoo dibilas bersih dan dikeringkan, dalam keadaan rambut setengah kering kembali kuaplikasikan hairtonic ginseng yang aturan pakainya bisa lebih sering yakni setiap habis menggunakan Natur Shampoo yang idealnya dua hari sekali.

Ajaib! Meskipun kali ini hairmask tidak saya masukkan ke dalam rangkaian perawatan rambut, rambut rontok yang berjatuhan saat saya menyisir rambut justru kian berkurang. Jika kubandingkan dengan sebelum menggunakan produk Natur, bisa jadi kali ini kerontokan rambut hanya bersisa 20 % saja dibandingkan dengan kerontokan rambut sebelumnya. Dari ratusan helai rambut yang rontok sebelum menggunakan produk Natur kini tinggal hitungan tak sampai 30 helai rambut.

Busa Shampoo Natur Ginseng Tidak Terlalu Banyak Karena Menggunakan Detergen dari Minyak Kelapa Sawit
Busa Shampoo Natur Ginseng Tidak Terlalu Banyak Karena Menggunakan Detergen dari Minyak Kelapa Sawit

Puas rasanya dengan produk Natur! Hingga akhirnya di hari ke-6 atau keramas ketiga aku pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk kembali melanjutkan perawatan lengkap Natur, Shampoo, Hair Mask Aloe Vera lagi (kebetulan karena kemasannya isi lebih banyak, sachet jumbo ekstra tambahan volume 50%) jadi bisa digunakan dua kali. Tuntas membuktikan khasiat produk Natur dalam seminggu. Harapannya dalam sekali rangkaian perawatan rambut menggunakan Natur kali ini akan mmengatasi kerontokan sekaligus membuat rambut semakin subur dan lebat.

Serius, dulu pun pernah membuktikan manfaat Natur hairtonic ini, hanya malas karena baunya seperti jamu itulah tidak pernah kepikiran untuk menggunakannya lagi. Alhamdulillah gegara diundang di event ini aku jadi tahu banget bahwa kualitas Natur semakin bagus ditambah lagi dengan aromanya yang kini disesuaikan dengan keinginan pengguna produk Natur, adalah wangi alami! Hanya dengan pemakaian produk Natur dalam seminggu rambut berubah drastis, semakin kokoh, lembut dan mudah di atur.

Hayo, kamu yang masih punya problem rambut rontok, tipis, kering, rapuh dan tidak sehat, sudah mencoba produk Natur belum? Selain di toko dan swalayan terdekat, kamu juga bisa mendapatkan Natur Hair Care series di shopee, loh!

Coba deh rangkaian produk Natur series! Ginseng series (Shampoo, hairmask dan haritonic) untuk mengatasi rambut rontok. Baru setelah kerontokan rambut teratasi dan kekuatan akar rambut bagus, dilanjutkan dengan perawatan rambut menggunakan Natur Aloe Vera series untuk menyuburkan dan menumbuhkan rambut sehat, kuat, berkilau, lembut, lembab dan mudah diatur.

Informasi menarik lebih lengkap lainnya mengenai perawatan rambut sehat juga untuk mendapatkan berbagai tips perawatan rambut dari Natur kamu bisa banget follow Instagram Natur di @backtonatur dan juga like FB Fanpage back to natur.

Siap miliki rambut sehat, lebat, kokoh dan tidak rontok? Pilih yang alami dari Natur Hair Care. Rangkaian perawatan rambut agar rambut tumbuh lebat!

– ew –

Inspirasi Bisnis Dari Telur Gulung Di Gelar Produk UKM Kampus 4 UAD Yogyakarta

Inspirasi Bisnis Dari Sekotak Telur Gulung Di Gelar Produk UKM

Mas Yusuf Penjual Telur Gulung di Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Mas Yusuf Penjual Telur Gulung di Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

“Sehari bisa habis berapa kilo telur,Mas?” tanyaku pada laki-laki yang akrab dipanggil Mas Yusuf ini.

“Ya, enggak pasti, Mbak. Rata-rata ya 4 kilo, lah!” jawabnya sambil tersipu.

Sik-sik, bentar, Mas! 4 kilo itu berarti sekitar 60-65 butir telur sehari?” mataku hampir melotot, kagum dan tak mengira bisa segitu banyaknya.

“Iya, sekitar segitu, Mbak!” tuturnya sambil memberikan seulas senyum.

“Masnya kok bisa tahu ada pameran ini?” tanyaku lagi.

“Iya, Mbak, kebetulan saya ikut komunitas bisnis Yogyakarta, jadi pas ada informasi ini saya langsung tahu. Saya juga sudah sering mengikuti pameran semacam ini,” jawabnya yakin.

“Cara daftarnya gimana sih Mas?”

“Kita langsung mendaftar di PLUT-KUMKM DI Yogyakarta Mbak, sekitar sebulan sebelum acara berlangsung,” paparnya.

“Oh, berarti informasinya update terus ya, Mas?”

“Betul, Mbak. Banyak sekali kegiatannya, Alhamdulillah jadi banyak saudara dan bisnis juga semakin lancar.” Dia memungkasi obrolan kami.

Tangannya masih saja sibuk memutar-mutar lidi panjang menggulung adonan telur yang sedang mengapung di permukaan minyak panas di wajan.

Aku menyerahkan satu paket telur gulung yang terbungkus mika ke Aishya. Dia balitaku yang kuajak berkeliling di “Gelar Produk UKM Makanan, Minuman, Craft dan Fashion Istimewa” pada hari Selasa, 30 April 2019 sekira pukul 14.00 WIB di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Ringroad Selatan Yogyakarta. Jajanan yang paling disukainya itu langsung dilahapnya, tanpa saos maupun kecap. Dia lebih suka yang original.

Mas Yusuf termasuk generasi muda pandai membaca situasi dan peluang. Dia sudah melakoni bisnis yang sering digolongkan sepele ini sejak 4 tahun yang lalu. Iya tak pernah malu menjalaninya. Menurutnya, generasi muda yang masih mengutamakan malu untuk melakukan bisnis kecil semacam ini akan ketinggal jauh dengan para pemuda yang lebih cerdas mengambil kesempatan seperti ini.

Selain di pameran-pameran, pemuda yang baru menikah 3 bulan ini mengaku setiap hari berjualan di sekolah-sekolah SD, sedangkan hari Minggu di mana sekolah-sekolah libur, ia akan bergeser mencari tempat yang juga ramai dikunjungi oleh banyak orang. Dia memilih berjualan di lokasi depan JEC (Jogja Expo Center) setiap hari Minggu.

Memang, bisnis ini terlihat sepele namun ternyata sangat digemari oleh masyarakat terutama anak-anak hingga mahasiswa. Dengan harga cukup 5 ribu saja kita sudah bisa mendapatkan sepaket telur gulung berbungkus mika yang berisi 4 pcs telur gulung.

“O, iya Mas, Tanya lagi ya, untuk setiap butirnya bisa disulap menjadi berapa tusuk telur gulung?” pertanyaan saya menyelidik.

“Biasanya untuk 1 butir telur bisa jadi 4 tusuk telur gulung, satu porsi Mbak!” jawabnya menjelaskan.

Hmm, jadi kalau sehari saja mampu menghabiskan 4 kg telur alias 60-65 butir telur, maka pendapatan kotornya bisa mencapai 300.000 hingga 325.000 rupiah. Tuh kan! kalau dilihat dari tusukan telur gulungnya memang kecil tapi begitu menghitung akumulasi pendapatan sehari bisa mencapai 300ribu, ada yang masih berpikir bahwa bisnis ini sepele?

Bisa dimudahkan lagi simulasi penghitungannya. Karena biasanya pendapatan atau income dihitungnyanya per bulan, maka jika sehari 300ribu – 325ribu, untuk sebulan bisa 9 juta – 9.75 juta, loh! Masih menganggapnya remeh?

Pisang Tuman Rasanya Bikin Tuman

Pisang Tuman Selingkuh Aneka Rasa
Pisang Tuman (Sayang, Selingkuh, Baper, Hoax) Aneka Rasa

Selain telur gulung ada banyak sekali pelaku UKM lainnya. Tepat di sebelah kanan telur gulung terdapat stand Pisang Tuman. Tuman diambil dari Bahasa Jawa yang artinya ketagihan. Dari lirikan pertama pandanganku langsung tertuju pada nama masing-masing menu pisang nugget itu. Ada pisang Tuman Sayang, Pisang Tuman Baper, Pisang Tuman Selingkuh, dan Juga Pisang Tuman Hoax.

Pisang Tuman
Pisang Tuman

Menurut Tia, pelaku usaha pisang nugget ini yang sudah menjalani bisnisnya sejak 5 baulan yang lalu, memilih nama-nama tersebut agar mendapat perhatian khusus bagi para calon pelanggannya. Iya sih, sama-sama pisang nugget, rasanya juga sama dengan aneka toping mulai dari cokelat, greentea, oreo, chocochips dan lain-lain, tapi dengan nama yang unik terkadang bisa membuat orang jatuh hati dan lebih memilihnya hanya karena sedang baper, atau sayang atau selingkuh? Jadi, silakan memilih sesuai dengan suasa hati yang kamu rasakan ya! Ada-ada saja ya kreasi anak zaman now!

Di depannya stand telur gulung ada sate cumi yang lagi ngehits. Sate ini dibakar langsung saat kita memesannya. Pembakarannya pun unik, menggunakan api bawah (kompor) dan api atas yang langsung dipantik dari tabung gas kecil. Unik sekali cara masaknya. Makanan ini mungkin ada sekitar 3 atau 4 yang stand dengan menu serupa.

Cao Kelor Pegagan

Mencicipi Cao Kelor Pegagan Bu Fat Yogyakarta
Mencicipi Cao Kelor Pegagan Bu Fat Yogyakarta

Beberapa langkah dari stand Sate Cumi ada produk minuman yang juga cukup unik dan tradisional. Cao kelor Pegagan. Namanya Mbak Shita, penjual minuman sehat ini mengaku sudah sekitar 2 tahunan menjalani bisnis itu. Bisnis yang dijalankan melalui kolaborasi dengan Bu Fat sebagai formulator ini melayani pesanan-pesanan dari ibu-ibu arisan. Juga rutin memasarkannya lewat WA maupun media sosial seperti Instagram.

Cao Daun Kelor dan Daun Pegagan
Cao Daun Kelor dan Daun Pegagan

Selain rasanya yang segar, minuman ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantara manfaat daun kelor antara lain,  memiliki kandungan 7 kali vitamin C pada jeruk, 4 kali kandungan calcium pada susu, 4 kali kandungan vitamin A pada wortel, 2 kali kandungan protein dalam susu, serta 3 kali kandungan potasium dalam pisang.

Sedangkan manfaat daun pegagan antara lain: meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, mempercepat penyembuhan luka, anti thrombosis, antiseptik dan juga melancarkan peredaran darah.

Ternyata jika kita telusuri lebih dalam, banyak sekali tumbuhan yang bisa kita manfaatkan sebagai bahan makanan atau minuman yang di dalamnya banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Es Jeruk Baby Segar Alami

Jeruk Baby Kaya Serat Anti Sembelit dan Meningkatkan Daya Tahan tubuh
Jeruk Baby Kaya Serat Anti Sembelit dan Meningkatkan Daya Tahan tubuh

Tak jauh dari es Cao Kelor Pegagan, tampak stand minuman lain yang tak kalah segarnya. Es Jeruk Baby Orange Segar Alami. Dari tumpukan butiran jeruk baby terbelah yang segar bisa dibayangkan betapa segar perasan jeruk itu dipadu dengan es batu. Meski cuaca mendung, rupanya es tetap menjadi pilihan untuk menghalau rasa haus yang diakibatkan oleh gerahnya cuaca.

Es Jeruk Baby Orange Segar Alami
Es Jeruk Baby Orange Segar Alami

Pak Indra namanya, mengaku lebih memilih menu minuman ini untuk dijual karena cara menyajikannya simpel dan banyak dicari pembeli. Minuman 100% air jeruk ini sehat karena tidak ditambahkan gula sedikitpun. Bapak ini mengaku sudah mengikuti kegiatan pameran semacam ini sejak 5 tahun yang lalu. Bahkan tak hanya dalam kota Jogja saja, beberapa kali mengikuti pameran serupa di Purwokerto, Wonosobo, Salatiga dan Kebumen.

Tentang jeruk baby ini sebenarnya memang tak asing lagi. Selain rasanya yang segar, manfaatnya untuk kesehatan juga sudah lama saya buktikan. Kandungan vitamin C-nya memang tinggi. Jadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kerap kali saya perlukan saat anggota keluarga sedang menderita flu atau batuk. Abiyyu, anak kedua saya, setiap muncul gejala awal flu langsung saya boom dengan perasan jeruk baby minimal sehari 2 kali. Alhamdulillah gejala flu tak jadi memberat dan seringnya malah langsung hilang dan tidak jadi jatuh sakit.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh jeruk baby ini juga banyak mengandung serat yang dibutuhkan untuk melancarkan BAB. Terkait pengalaman ini saya pun telah membuktikannya semenjak Aishya, anak bungsu saya berusia 8 bulan. Semenjak konsumsi makanan pendamping ASI pola defekasi Aishya menjadi keras dan sulit keluar. Saat itu saya disarankan oleh ahli gizi untuk memberikan jeruk baby itu sehari 2 kali. Alhamdulillah semenjak itu BAB-nya lancar dan hingga kini masih dipertahankan untuk mengkonsumsi perasan air jeruk baby ini sehari 2 kali.

Ada banyak lagi makanan dan minuman lain di bazzar produk itu. Mides Pundong, sosis bakar, takoyaki, nasi kuning dan aneka jajan lain yang bergizi dengan harga yang terjangkau.

Selain produk makanan dan minuman, bazzar ini juga menyajikan stand craft dan fashion lokal dari Yogayakarta. Diantara produk craft itu ada batik, tas, juga aneka pernak-pernik hiasan maupun souvenir produk lokal Yogyakarta.

Tentang UMKM dan PLUT-KUMKM Selaku Rumah Bersama dan Pendamping Bersama

Ramainya pengunjung Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Ramainya pengunjung Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

Sebagai masyarakat, setiap hari pasti kita berinteraksi dengan pelaku bisnis UMKM, baik untuk membeli produknya atau hanya sekadar melihat sibuknya transaksi mereka di setiap ruas jalan. Dari pengamatan saya, di era modern seperti sekarang ini dunia UMKM memang mulai menggeliat. Dari yang awalnya remeh menjadi sangat bergengsi. Zaman sekarang mahasiswa lebih banyak yang sudah aktif dalam menjalani bisnis. Setidaknya setelah lulus nanti tinggal melanjutkan bisnisnya dengan lebih bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk semakin menumbuhkembangkan bisnisnya yang sudah dirintis sejak awal.

Interaksi antusias antara peserta dengan pengunjung pameran gelar produk UKM makanan minuman craft dan fashion istimewa yogyakarta
Interaksi antusias antara peserta dengan pengunjung pameran gelar produk UKM makanan minuman craft dan fashion istimewa yogyakarta

Kemajuan UMKM terutama di Yogyakarta tentu saja tak jauh dari peran serta pemerintah yang aktif mendukung kegiatan UMKM di seluruh pelosok Yogyakarta. Para pelaku UMKM didampingi langsung oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta melalui PLUT-KUMKM DI Yogyakarta. Salah satu bentuk support juga dukungan dari PLUT Jogja kepada UMKM adalah kegiatan Gelar Produk UKM di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan ini yang berlangsung 2 hari mulai tanggal 30 April hingga 1 Mei 2019 pukul 09.00 s/d 16.oo WIB. Jadi masih ada waktu hingga nanti sore. Yuk, ramaikan acaranya. Selain menemukan inspirasi bisnis, kita juga mengajari anak untuk langsung belajar bertransaksi jual beli di sana.

Belajar bertransaksi di Bazzar Makanan Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Belajar bertransaksi di Bazzar Makanan Gelar Produk Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

Sejalan dengan motto “Melayani Mendampingi Memberi Solusi” PLUT-KUMKM DI Yogyakarta memberikan layanan kepada pelaku bisnis di Yogyakarta secara gratis. Diantara layanan tersebut adalah:

  1. Konsultasi Bisnis KUMKM
  2. Pendampingan / Mentoring BIsnis
  3. Fasilitas Akses Pembiayaan
  4. Pemasaran dan Promosi
  5. Pelatihan Bisnis
  6. Networking
  7. Layanan Pustaka Entrepreuner

PLUT-KUMKM DI Yogyakarta sebagai Rumah Bersama dan Pendamping UMKM siap wujudkan UMKM naik kelas. Dengan pendampingan, support serta berbagai pelatihan bisnis mulai dari pemasaran, pengembangan desain, juga packaging bagi para pelaku UMKM, saya yakin hal ini akan semakin menjamin dan memperkuat perekonomian Indonesia ke depan.

Kamu punya bisnis apa? Segera daftarkan ke PLUT-KUMKM DI Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan HOS Cokroaminoto 162 Yogyakarta Telp (0274)552149. Mari maju bersama, semaikan bisnis kita mulai dari kecil hingga nanti bisa menjadi bisnis raksasa  untuk anak cucu kita.

Berkeliling di Bazar Gelar Produk Pelaku Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta
Berkeliling di Bazar Gelar Produk Pelaku Makanan Minuman Craft dan Fashion Istimewa Yogyakarta

Salam,

-Eka Wahyuni-

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba blog Gelar Produk UKM Pelaku Makanan, Minuman, Craft dan Fashion Istimewa yang diadakan oleh PLUT-KUMKM DI Yogyakarta*

Sumber tulisan:

  • Wawancara langsung dengan pelaku usaha
  • Web PLUT-KUMKM DI Yogyakarta

Jogja Medical Center, Zglow Clinic Kekinian Yang Super Nyaman

Baru 3 hari pemakaian, kulit serasa langsung disulap menjadi lembut, kenyal, putih, tipis dan sangaat nempel jika dipakein bedak. Cream pagi dan malam yang direkomendasikan oleh teman seangkatan ternyata sangat ajaib. Kulit wajahku yang tebal dan kasar (tapi nggak kayak kulit badak,  loh!) tetiba jadi mulus kayak kulitnya artis-artis itu (kalau ini agak lebay, dikiit tapi! hehe).

Percaya diri meningkat donk!

Tapi tunggu, selang beberapa bulan pemakaian tentu saja ketemu dengan yang namanya “habis”. Dan karena harganya yang cukup fantastis waktu itu, akhirnya aku pun harus menghentikan beberapa hari sambil menunggu terkumpul lagi sisa uang jajan yang dikirim ortu.

Namun apa yang terjadi? Belum juga 3 hari aku berhenti memakai cream ajaib itu, wajahku langsung mendadak kusam. Tak hanya itu, yang awalnya meski terhitung berkulit tebal namun sama sekali jarang ditumbuhi jerawat jadi muncul banyak jerawat batu. Apakah ini yang dinamakan dengan kecanduan cream kecantikan?

Sebentar, istilah kecanduan itu sebenarnya mempunyai arti untuk mendapat efek yang sama memerlukan dosis yang lebih besar, begitu seterusnya. Jadi apa donk kalau bukan kecanduan cream wajah?

FYI, cream kecantikan kulit yang kupakai waktu itu adalah cream yang dijual bebas di toko kencatikan. Tanpa ada resep dokter apalagi jaminan keamanan komposisi obat. Alhandulillah yah, pernah ngerasain punya kulit wajah mulus glowing dan kekinian. setelah itu kapok, nggak beli lagi!

Usut-punya usut, saat ada kesempatan kulit wajah saya dicek secara computer di dokter kecantikan, rupanya banyak sekali terdapat bintik-bintik hitam yang tertinggal di seluruh permukaan wajahku. Langsung saja ditebak oleh dokter yang merawat bahwa aku pernah menggunakan cream kecantikan yang mengandung bahan mercury. What! Rasanya syok banget waktu itu, ya gimana lagi, waktu itu kami masih sama-sama mahasiswa yang baru membangun jati diri dan ingin diakui oleh sekitar. Tanpa pikir panjang apalagi memikirkan efek samping dari pemakaian cream yang dulu kami pikir tak ada bahayanya.

Salahnya, aku hanya mengejar efek instan yang dijanjikan dan sudah dibuktikan oleh sebagian besar teman-temanku saat itu.

Berbeda dengan sekarang, setelah segala informasi dan banyaknya klinik kecantikan yang dibuka, membuatku semakin selektif memilih produk kecantikan apa yang bisa kupakai dengan aman.

Menurutku, salah satu alasan jaminan keamanan atas sebuah produk kecantikan adalah adanya seorang dokter yang berpengalaman dan ahli dibidang kulit dan kecantikan yang bertanggungjawab di belakangnya.

Seperti Zglow clinic yang baru-baru ini melaunching cabang terbarunya yang berlokasi di Yogyakarta. Klinik besutan PT. Batin Medika Indonesia ini bekerja sama dengan Budi Mulia Foundation membuka klinik barunya di Jalan Gondangraya Condong Catur Depok Sleman. Zglow membranding cabang terbarunya dengan nama Jogja Medical center (JMC).

Berbeda dengan cabang sebelumnya, Zglow clinic kini mengusung konsep Family Clinic yang didalamnya memberikan pelayanan tak hanya di bidang kecantikan saja, namun untuk kesehatan ibu dan anak juga menjadi layanan unggulan di klinik yang super cantik dan nyaman ini.

Tentang Zglow Clinic

Zglow clinic dengan foundernya Putri Zulya dan Co Founder dr. Milka Anisya yang juga sebagai dokter kecantikan di klinik tersebut memiliki 4 layanan unggulan:

  • Klinik tumbuh kembang anak
  • Klinik kecantikan
  • Poliklinik gigi
  • Poliklinik umum

Masuk ke ruangan utama lobi kita langsung dihadapkan dengan meja resepsionis dengan mbak-mbak customer service-nya yang cantik dan ramah. Di sebelah kiri terdapat sofa dengan berbagai ornamen bunga-bunga hidup yang cantik dan juga lighting yang bikin mata teduh. Mungkin saja beberapa saat hanyut dalam suasana nyaman dan wangi akan melupakan kita bahwa kita sedang berada di sebuah klinik.

“Ah, suasana yang nyaman banget buat orang yang datang mau terapi,” batinku.

Jauh dari kesan klinik yang jorok atau bau obat, yang mungkin baru masuk ke lobinya saja sudah membuat kepala langsung pening dan pengin segera keluar, urung berobat.

Dari pijakan awal saja klinik ini sudah memanjakan klien yang hendak berobat di sana.

“Bersih, rapi, cantik, wangi, adem dan pelayannya yang ramah sudah cukup membuat betah. Apalagi ditambah sofa yang empuk dengan bentuknya yang unik. Kalau kata anak zaman sekarang mah, klinik ini instagramable banget, deh! hehe.”

Nah lo, sepertinya pasien yang mau berobat ke sana baru masuk saja sudah sembuh, ya? Saking dibuat nyaman dan betah. ditambah lagi dokter, perawat dan semua pegawainya ramah dan cekatan, paket lengkap!

Oiya, meski ukurannya tergolong kecil, namun penataan ruangnya benar-benar membuat takjub pengunjung yang hendak berobat atau perawatan kulit. Gimana nggak nyaman, suasana dibuat se-hommy mungkin. Coba diingat, adakah sebuah klinik yang lampunya menggunakan lampu gantung hias yang khas ruang tamu istimewa? Jarang banget kan? nah, di sini ada.

Selama periode pembukaan ini, ditawarkan berbagai macam promo layanan selama bualn April 2019. Hayooo, ada yang lagi cari diskonan buat perawatan wajah? bisa banget tuh manfaatin kesempatan promo yang ada!

Ayo Minum Air, Danone AQUA luncurkan ‘Zona Kebaikan Air’ di Taman Pintar Yogyakarta

Aku mau air… aku sehat … Aku mau air … aku sehat …

Aku mau air … aku sehat … Aku mau air… aku sehat…

Satu, dua, tiga, empat, lima, enam gelas! Aaaku sehat! Aaaku kuat!l

Lagu yang simple dan gerakan senam yang ceria. Senam AMIR (Ayo Minum Air) menjadi ikon peresmian “Zona Kebaikan Air” yang diluncurkan oleh Danone Aqua bekerjasama dengan Taman Pintar Yogyakarta pada hari Senin, 8 April 2019. Zona ini merupakan pembaruan dari Zona Air sebelumnya yang sudah dibuat pada tahun 2013 lalu. Peresmian Zona Kebaikan Air oleh Haryadi Suyuti Walikota Yogyakarta berlokasi di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar, Yogyakarta.

Kenapa Harus Air Putih?

Acara Peresmian Zona Kebaikan Air Taman Pintar Yogyakarta – doc. pri

“Aku nggak suka air putih, pahit!” begitu kebanyakan jawaban anak saat disuruh minum air putih.

Alhamdulillah, mengajak Aishya di acara ini bersama puluhan teman-teman blogger juga media, secara otomatis mengedukasinya untuk membiasakan minum air putih sejak dini. Gerakan senam dan lagunya sangat dia suka. Juga saat berkeliling di Zona Kebaikan Air, matanya selalu berbinar antusias melihat semua gambar dan video yang menjelaskan tentang semua kebaikan air. Semenjak itu, dia selalu termotivasi untuk minum air putih agar tubuhnya sehat, katanya.

Ternyata anak mau berlaku apa saja sesuai dengan mindset yang dibentuk di otak mereka. Saat informasi yang masuk diberikan melalui cara yang mereka suka, maka secara otomatis akan merubah kebiasaan mereka dari yang pola hidup tidak sehat menjadi pola hidup sehat. AMIR, gerakan Ayo Minum Air ini sangat pas untuk merubah mindset anak tentang pentingnya minum air putih. Mereka tidak suka disuruh, tapi mereka akan lebih tertarik untuk ikut mencobanya saat mereka diajak bukan disuruh.

Kebiasaan minum air putih, salah satu kebiasaan yang harus kita terapkan pada mereka untuk membentuk generasi yang lebih sehat yang memiliki fungsi kognitif, fungsi memori dan ketahanan fisik yang mendukung performa mereka di sekolah.

Menurut dr. Tria Rosemiarti, selaku Hydration Director PT. Tirta Investama (Danone-Aqua), kebutuhan air putih pada anak sebanyak 6 gelas setiap harinya untuk menjaga hidrasi tubuh agar memenuhi kebutuhan hidrasi yang sehat guna membantu meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia. Kapan saja waktu yang tepat untuk minum air? Adalah saat bangun tidur pagi hari, saat makan, saat bermain dan saat belajar. Jangan menunggu haus untuk minum air putih.

Kenapa harus air putih? Karena air putih merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Fungsi normal tubuh akan berjalan jika 60% komposisi tubuh yang terdiri dari air tetap terjaga.

Fungsi kognitif anak yang paginya minum cukup air putih sebelum berangkat sekolah akan lebih optimal dibandingkan dengan anak yang tidak minum air putih di pagi hari. Karena komposisi tubuh kita 60% terdiri dari air, menuntut kebutuhan hidrasi sehat dengan minum air putih untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik.

Zona Kebaikan Air

Sesuai dengan visi Danone, “One Planet One Health” di mana dipercaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat. Perusahaan ini selalu berusaha memberikan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam.

Memilih Taman Pintar sebagai wahana sarana edukasi merupakan tindakan yang tepat karena selain sebagai tempat bermain, Taman Pintar juga sangat strategis untuk memberikan edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat, juga pemenuhan hidrasi sehat serta tidak lupa akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini, ungkap Jeffri Ricardo, selaku Marketing PT. Tirta Investama (Danone-Aqua).

Selain pengetahuan mengenai bagaimana cara pemilahan air, merawat air, di zona kebaikan air ini juga dijelaskan bagaimana cara pengambilan air yang sehat untuk pemenuhan hidrasi sehat untuk tubuh. Juga pengetahuan cara perawatan kualitas air tanah agar tetap terjaga dari kontaminasi sampah yang akan menurunkan kualitas air tanah yang kita konsumsi. Danone-Aqua semenjak tahun 1993 mempromosikan inisiatif daur ulang  pertama melalui program AQUA Peduli.

“Sekarang kami dapat mengumpulkan 12.000 ton plastic setiap tahunnya melalui 6 Recycling Business Unit di berbagai lokasi di Indonesia sambil menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang.” Papar satu-satunya lelaki yang ikut duduk di sofa panggung bersama dengan tiga narasumber lainnya di acara Peresmian Zona Kebaikan Air ini.

Pada tahun 2018, Danone-Aqua telah menginisiasi gerakan #BijakBerplastik yang memperkuat komitmen Danone-Aqua untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih, dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah di lautan melaui tiga aspek inti, yaitu: pendidikan, inovasi produk dan pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah. Memilih Taman Pintar sebagai tempat edukasi ini bertujuan untuk memperkuat focus Danone-Aqua dalam pendidikan seputar pengelolaan sampah plastic secara bijak sejak usia dini.

Bedanya Dengan Zona Kebaikan Air Sebelumnya?

Zona Kebaikan Air yang baru saja diperbarui memiliki beragam wahana yang semakin interaktif dilengkapi dengan bermacam area edukasi seperti:

Area Edukasi PIJAR (Pilih, Jaga, Rawat yang memebrikan pengetahuan bagaimana cara menjaga kualitas dan kuantitas air. Dijelaskan dengan berbagai alat peraga juga audio visual berupa video yang lebih membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan mengasyikan.

Area berikutnya adalah Area Gerakan AMIR (Ayo Minum Air) & Edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi meniral dalam tubuh. Video senam Ayo Minum Air yang sangat mudah dan sederhana membuat anak-anak lebih mudah menghafal dan mengikuti gerakannya sekaligus. Gerakan ini secara otomatis akan memberikan semangat baru bagi anak agar membiasakan minum air putih 6 gelas setp hari. Juga dilengkapi dengan gambar besar yang menjelaskan bahwa kebutuhan setiap anggota keluarga memiliki jumlah kebutuhan air putih masing-masing. Ayah membutuhkan 10 gelas air putih setiap hari, wanita dewasa 8 gelas sehari, ibu hamil 10 gelas setiap hari, dan kakek nenek serta anak-anak membutuhkan hanya 6 gelas setiap hari. Kebutuhan itu harus dipenuhi agar tubuh kita tetap bekerja secara optimal dengan menjaga hidrasi tubuh tetap sehat.

Jadi, mau belajar tentang seluk beluk air sehat bersama anak? Siapa sih nggak pengin anak-anak kita mempunyai kebiasaan minum air putih sejak dini? Yuk, ah ajak anak-anak untuk bermain dan belajar tentang kebaikan air di Zona Kebaikan Air Taman Pintar Yogyakarta! Jangan ketinggalan, ya! Karena pada Desember tahun 2018 lalu, kunjungan wisatawan ke Taman Pintar telah menembus angka satu juta pengunjung.

Menurut Haryadi Suyuti selaku Walikota Yogyakarta, dengan adanya pembaruan zona-zona seperti Zona Kebaikan Air ini, ke depannya angka kunjungan ke Taman Pintar akan terus meningkat dan menjadi salah satu destinasi wisata anak dan keluarga sekaligus wisata edukasi popular di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Nah, ada yang mau ketinggalan? Pasti enggak, kan!

Bebelac Gold 3 Sahabat Perut Si Kecil

Masalah Pencernaan Si Kecil

Mukanya merah padam. Matanya berkaca-kaca. Refleks mengejan kuat untuk mengeluarkan gumpalan feses yang sudah mengganjal di anusnya. Siapa yang tega melihat bayi itu meregang napas persis seperti seorang perempuan hendak melahirkan?

Ya, kala itu, usianya masih 8 bulan. Baru dua bulan dia mencicipi makanan pendamping ASI. Anusnya meregang merah saat feses padat dan keras berukuran besar membulat di rongga anus. Karena terlalu besar ukurannya membuat anus semakin teregang. Kasihan! Bunda mana yang tidak resah saat si kecil yang mulai mengenal makanan pendamping ASI mengalami gangguan pencernaan?

Aku ingat sekali waktu itu makanan pendampingnya masih dibuat encer sekali. Juga aneka buah sudah kutambahkan untuk memenuhi kebutuhan seratnya. Namun pencernaan Aishya masih terlalu sensitive. Hingga akhirnya saran dari seorang ahli gizi untuk memberi si kecil air perasan jeruk baby setiap hari membuat BAB-nya lancar dan tidak keras.

Si kecil tidak khawatir lagi saat sensasi mau BAB kembali menghampiri. Dari sinilah aku menyadari seberapa penting kandungan serat dalam nutrisi si kecil mampu memberi pengaruh terhadap kelancaran pencernaannya. Yang itu artinya kenyamanan perut akan ia peroleh serta membentuk mood-nya selalu baik.

Apa Hubungannya Masalah Pencernaan dengan Susu Bebelac Gold 3?

Aishya siap-siap minum segelas Bebelac Gold3
Sumber: Doc. pribadi

Beberapa hari ini sedang memperhatikan anak-anak yang antusias membuat kumis putih saat minum susu Bebelac Gold. Aktifitas minum susu Bebelac Gold menjadi ajang rebutan. Ya, disengaja memang, memuji setiap kali si kecil berhasil minum segelas susu rasa madu itu. Susu yang memiliki manfaat tujuh kehebatan perut ini memiliki kandungan serat yang tinggi, yang berperan salah satunya untuk melancarkan buang air besar, seperti masalah yang sudah sering dihadapi Aishya putriku.

Ternyata serat begitu pentingnya untuk kesehatan si kecil, sebanding dengan pentingnya nutrisi lain yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang di usianya yang sedang pesat mengalami pertumbuhan.

Bebelac Gold 3, susu formula tinggi serat (Advancefibre) ini kandungan nutrisinya super lengkap! Antara lain:

  • Fish oil, dengan minyak ikan 0.32% Asam ꭤ-linoleat (Omega 3) 114 mg/saji dan asam linoleat (Omega 6) 1273 mg / saji.
  • Advancefibre, tinggi serat pangan. Dibuat dengan FOS:GOS 1:9 dan pati jagung (corn starch) 1.07%. dengan minum 3 kali sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian.
  • 13 Vitamin & 7 Mineral, dengan kandungan zat besi, Zinc, Iodium, Vitamin A dan Kalsium.

Nutricia Research

Sebagai pelopor nutrisi awal kehidupan sejak tahun 1896. Nutricia memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun.

Nutricia memiliki pusat penelitian khusus di Belanda dan Singapura, dengan para ahli di bidang Nutrisi Pertumbuhan & Perkembangan Anak serta Kesehatan Pencernaan yang bekerja sama dengan berbagai universitas dan lembaga penelitian di seluruh dunia.

Tujuh Kehebatan Perut Dari Bebelac Gold 3

Aishya memiliki masalah dengan perut semenjak pertama kali mengenal makanan pendamping ASI. Bahkan sebelum usianya pun mencapai satu tahun. Semenjak itu pula saya jadi lebih mengenali pola pencernaannya yang wajib banyak mengandung serat. Karena sistem pencernaannya tergolong cukup sensitive, maka jika sedikit saja asupannya kurang mengandung serat, permasalahan buang air besar pun akan muncul lagi. Hingga sekarang.

Kenapa ya AIshya suka Bebelac Gold?
Sumber: Doc. Pribadi

Bedanya, sekarang Aishya sudah lebih bervariasi dalam memilih makanan. Susu formula yang dulu kurang berminat, sekarang sudah mau minum, apalagi susu formula rasa madu dari Bebelac Gold ini, rasa madunya sangat disukainya. Susu dengan tinggi serat (Advancefibre) dalam kandungan susu ini sangat membantunya dalam mengatasi permasalahan perut yang sudah begitu familiar.

7 Kehebatan Perut Bebelac Gold 3
Sumber: Doc. Pribadi

Nah, ternyata selain mengatasi permasalah perut seperti yang dirasakan Aishya, Bebelac Gold ini memiliki 7 kehebatan perut lainnya, di antaranya adalah:

  • Pencernaan Nyaman

Perut sehat berfungsi dengan baik sehingga tidak mengganggu

  • Penyerapan Makanan / Nutrisi

Perut sehat dapat membantu penyerapan nutrisi ke seluruh tubuh sebagai sumber energi dan pembentuk sel.

  • Pencernaan Lancar

Perut sehat membuat saluran cerna berfungsi dengan baik sehingga pola BAB si kecil jadi lebih baik.

  • Perlindungan Alami

70% sel perlindungan tubuh alami hidup di perut sehat.

  • Tumbuh Kembang Optimal

Nutrisi untuk tumbuh kembang optimal didapatkan dari perut yang sehat.

  • Cepat tanggap

100 juta sel saraf terdapat dalam perut sehat membawa informasi ke otak.

  • Mengatur Suasana Hati

90% hormone serotonin yang mengatur suasana hati diproduksi dalam perut sehat.

Tuh, lengkap banget manfaatnya ya untuk si kecil? Rasa susu yang lezat juga jadi favorit anak-anak.

Dari tujuh kehebatan perut itu, ada satu yang paling menarik buatku. Sepertinya sekilas tidak berhubungan namun ternyata begitulah adanya. Hubungannya justru begitu erat.

                       Apa itu?

Ialah Bebelac Gold Tinggi Serat (Advancefibre) sebagai susu formula yang mampu mengatur suasana hati.

Kok, bisa? Jadi ternyata, saluran cerna mempunyai pengaruh besar terhadap fungsi otak. Usus dan otak selalu berkomunikasi melalui sistem saraf, sistem hormon dan kekebalan tubuh.

Badriul Hegar, dalam bukunya tentang keunikan Saluran Cerna Anak yang diterbitkan oleh Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia menjelaskan bahwa, Serotonin yang merupakan hormone utama yang dihasilkan oleh saluran cerna untuk selanjutnya dikirim ke otak, sekitar 95% dari total jumlahnya di dalam tubuh ditemukan di dalam saluran cerna.

Saat serotonin dilepaskan oleh saluran cerna, otak akan mendapat sinyal yang mengatur suasana hati “mood”, selera makan, tidur dan ingatan. Kekurangan serotonin dapat menyebabkan depresi, kecemasan, kualitas tidur yang buruk, daya ingat berkurang, dan kesulitan belajar.

Pada gangguan saluran cerna, misalnya peradangan akibat infeksi atau makanan yang tidak dapat ditoleransi oleh tubuh, dapat mengganggu sel penyimpanan dan produksi serotonin di dalam saluran cerna. Keadaan ini dapat menyebabkan tidak terkirimnya aliran sinyal dari saluran cerna ke otak.

Alhamdulillah, semakin bervariasinya makanan dengan kandungan nutrisinya yang seimbang membuat saluran cerna Aishya kini berangsur normal dan penernaan semakin lancar. Semakin jarangnya mengalami konstipasi juga membuat anusnya aman dan tidak berlanjut menjadi haemorhoid sejak dini. Kenyamanan pencernaan dan pola buang air besar yang teratur membuatnya semakin aktif, percaya diri dan tidak pernah murung lagi. Aishya kini lebih aktif dan percaya diri menjalani hari-hari.

Aishya kini lebih aktif dan percaya diri
Sumber: Doc. Pribadi

Oiya, jangan lupa juga mengenalkan anak-anak terhadap berbagai varian sayur dan buah alami agar kelak terbiasa makan dengan pola makan sehat dan teratur.

Tips Menjaga Kualitas Susu Agar Tetap Bagus

Segelas susu Bebelac Gold 3 dengan 7 kehebatan perut
Sumber: Doc. Pribadi

Dan, tak kalah penting dari itu semua adalah menjaga kualitas susu setelah kemasan dibuka.

Bagaimana caranya?

Susu hendaknya tetap dalam kemasan aslinya, di dalam kantong alumunium foil berwarna silver, tertutup rapat dan disimpan di tempat sejuk dan kering.

Sebaiknya susu segera dihabiskan dalam waktu dua pekan sejak kemasan susu dibuka. Jangan konsumsi susu jika serbuk susu di dalamnya sudah mengalami perubahan bau, rasa maupun warna.

Itu cerita Aishya tentang pencernaannya juga tentang kebutuhan serat dan Bebelac Gold. Ayo, Bunda! Ikut cobain Bebelac Gold dan share ke aku ya manfaat yang si kecil dapatkan!

SUPER-LIZER HILANGKAN NYERI TANPA OBAT DAN SUNTIK

Dari judulnya kayak udah nggak asing ya? Sering baca iklan seperti itu kan? Tapi kali ini beda. Ada ilmu dan tata cara formalnya yang bergaransi dari tenaga kesehatan. Dan alat ini juga termasuk alat kesehatan yang berbasis teknologi modern.

Siang itu, kebetulan ada undangan seminar demo alat ini di sebuah rumah sakit di Yogyakarta. Alhamdulillah akhirnya bisa juga mengikutinya meski telat beberapa menit. Agak susah mencuri-curi waktu karena anak-anak tidak ada yang nungguin sedangkan suami masih di Palu. Beruntung banget bisa mendapat update ilmu baru tentang penatalaksanaan nyeri tanpa obat atau pun injeksi. Acara yang dilaksanakan di Rumah Sakit Ludira Husada ini berhasil kuikuti dengan sempurna. Insyaallah semua karena ridla Allah, aamiin!

Nyeri boyok, nyeri lutut? Duh, nggak kebayang rasanya seperti apa? Itu dulu, sebelum usia mencapai kepala tiga, ya kan? Saat kepala tiga di depan mata ternyata memang penyakit itu mulai mengetuk. Pinggang lebih mudah capek dan pegal, juga sendi lutut mulai membuktikan teori yang selama ini hanya sebatas tulisan.

Ada Yang Takut Minum Obat?

Paksaan minum obat saat kecil kerap dibawa hingga dewasa. Anti minum obat bahkan saat badan benar-benar sakit pun masih berpikir ulang, mau minum obat atau tidak? Karena mind set yang sudah terlanjur terbentuk bahwa minum obat itu merupakan ancaman yang sangat mengganggu. Entah terkait dengan ketakutan berbagai efek samping yang timbul atau memang tidak suka dengan rasa obat yang, hemm memang rasanya pahit kan?

Ada loh yang bahkan hingga dewasa mengalami fobia terhadap obat. Boro-boro bisa minumnya dengan seteguk air putih, sudah berusaha pakai pisang ambon sebiji eh sebatang pun tetap saja gagal (pisangnya aja yang ketelan J )

Lantas, benarkah cara kita, saat sakit yang kita rasakan awalnya kita abaikan saja karena nanti pasti sembuh dengan sendirinya?

Hayo, Kamu Termasuk yang Mana?

Ternyata, yang namanya sakit akut itu harus segera diobati loh, sebelum akhirnya nyeri itu meningkat levelnya menjadi Cascade nyeri, atau nyeri kronis yang pengobatannya justru lebih susah. Nyeri akut yang muncul harus segera di blok alur nyerinya dengan obat anti nyeri dosis tinggi. Nyeri akut yang perlu diobati meliputi nyeri pinggang yang bisa dikarenakan masalah otot, tulang atau sendi juga masalah dari saraf.

Mengapa harus antinyeri dosis tinggi? Karena agar tujuan pengeblokan sensasi nyeri berhasil dan nyeri tidak menjalar ke level berikutnya. Obat antinyeri dosis tinggi?

Hampir semua obat rasanya  pahit, ya kan? Ya memang. Kalau manis namanya gula. Sepahit apapun obat, saat kita butuhkan maka kita akan harus legowo untuk meminumnya dengan suka rela. Ada yang hingga dewasa masih saja fobia dengan minum obat apalagi suntikan?

Nah, ini berita gembira buatmu! Teknologi ternyata tak hanya membahas naik ojek jadi bisa super murah dan super mudah. Atau pesan makanan hanya dengan menggerakkan jari jemari saja melalui aplikasi online.

Super-Lizer, Mesin Gelombang Sinar Pereda Nyeri Non Obat
Sumber: doc. pribadi

Teknologi kali ini yang sangat membantu di bidang kesehatan adalah, ditemukannya alat yang menghasilkan gelombang sinar. Namanya Super-Lizer, sebuah alat yang menghasilkan gelombang sinar yang jika dilihat dari panjang gelombangnya lebih mirip dengan sinar infra merah, namun daya penetrasi atau daya tembusnya lebih dalam hingga mencapai 5 cm dari permukaan kulit.

Sinar super-lizer ini bekerja mem-block pernjalaran nyeri yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Pemakaiannya akan langsung diawasi oleh tenaga kesehatan yang berpengalaman dan dengan durasi yang telah ditentukan dalam standar layanan prosedur.

Beberapa keunggulan dari alat super-lizer si pereda nyeri bukan obat bukan injeksi ini Antara lain:

  1. Mampu merelaksasi otot yang kencang
  2. Melancarkan peredaran darah melalui mekanisme vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah
  3. Penetrasi ke jaringan memiliki focus yang bagus dan kedalaman radiasi hingga 5 cm
  4. Mampu meredakan bermacam nyeri kecuali nyeri karena cancer / keganasan
  5. Mampu menyembuhkan luka diabetikum / luka karena sakit kencing manis dengan lebih cepat
  6. Hampir tidak memiliki efek samping dalam pemakaian di bawah pengawasan tenaga kesehatan.

Berapa durasi yang dibutuhkan untuk terapi?

Terapi menggunakan alat ini membutuhkan waktu sekitar 7 – 10 menit per titik terapi. Untuk satu lokasi nyeri, missal sendi lutut biasanya diperlukan beberapa titik penyinaran hingga total durasi terapi keseluruhan untuk satu sendi mencapai 20 – 30 menit.

System terapi dengan cara rutin per paket. Satu paket terapi biasanya sebanyak 6 kali terapi dengan selang waktu yang akan disesuaikan pada masing-masing kasus nyeri.

Dari percobaan alat yang dilakukan pada pasien nyeri lutut dengan level nyeri 8, setelah mendapat terapi sinar ini selama 10 menit, level nyeri berkurang menjadi 4.

Gimana, di Rumah Sakit sekitarmu sudah ada alat ini? coba cari informasinya, siapa tahu suatu saat membutuhkannya untukmu atau keluargamu atau teman-temanmu?