CANTIK & SEGAR BEBAS ANEMIA DI KALA HAMIL BERSAMA SUSU SGM BUNDA GENERASI MAJU

Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju
Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju

PERDARAHAN ADALAH SALAH SATU AKIBAT ANEMIA PADA IBU HAMIL

“Mbak, mohon kerjasamanya sebentar lagi, ya?” ucap dokter obgyn itu.

.

Tak biasanya, kali ini setelah bayi perempuanku lahir dan diletakkan di dadaku untuk IMD (Inisiasi Menyusu Dini), dokter itu masih terlihat sibuk.

Aku nggak tahu apa yang terjadi, karena aku terlalu asyik dengan letupan bahagia yang baru saja kudapat. Bahagia yang ajaib, mampu menyembuhkan segala rasa mulas dan sakit di seluruh tubuhku yang bersumber dari satu titik di perutku. Kontraksi Rahim.

“Mbak, ini harus dijahit lagi di bagian mulut rahim. Agak butuh kerjasama yang lebih,” dokter itu menghampiri kepalaku lagi.

“Ada apa, Dok?” tanyaku mulai khawatir.

“Ada “sedikit” perdarahan yang terus mengalir, kemungkinan ada robekan di mulut rahim,” lanjutnya menjelaskan.

“Astaghfirullah, iya Dok, yang penting bisa segera diatasi, bismillah!” saya mendekap erat bayi merah yang telanjang dengan mulutnya terus mencari-cari puting di dadaku.

Kata dokter, kemungkinan mulut rahimnya merapuh dikarenakan pemberian obat pacu yang sudah berlangsung 24 jam dan hampir tidak memberikan perkembangan pembukaan.

Selama dokter obgyn yang masih cantik itu berjibaku dengan area bawah saya yang sesekali muncul sensasi “clekat-clekit” karena tusukan jarum, tak putus saya lantunkan doa dan harapan agar bisa disegerakan teratasi.

Allah mendengarkan doaku, bayi merah yang hangat itu berhasil mendapatkan puting pertamanya, pun beriringan dengan dokter melepas sarung tangan tindakan pertanda selesai urusannya menjahit robekan jalan lahirku.

Seketika ingatanku melayang pada memori 3.5 tahun yang lalu, saat dokter Edo menjelaskan bahwa salah satu akibat dari anemia pada ibu hamil adalah terjadinya perdarahan. Perdarahan pada ibu melahirkan sangat fatal akibatnya jika tidak segera teratasi dengan baik dan cepat. Selain perdarahan, dokter itu menjelaskan lagi bahwa anemia pada ibu hamil bisa mengakibatkan efek lain seperti keguguran, bayi lahir premature, gagal jantung pada anak, kematian bayi dalam kandungan, kelainan plasenta, juga menyebabkan berat badan bayi lahir rendah.

Penyerahan hadiah dari kuis Talkshow bersama dokter ahli kandungan Festival SGM Bunda Generasi Maju Jogja
Penyerahan hadiah dari kuis Talkshow bersama dokter ahli kandungan Festival SGM Bunda Generasi Maju Jogja

Talkshow bersama dokter ahli kandungan ini saya ikuti pada acara Festival Bunda Generasi Maju yang didakan oleh SGM Bunda. Talkshow yang diberikan oleh dokter obgyn tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi secara menyeluruh seputar kehamilan.

Menurut dokter Edo, untuk menghindari kemungkinan terjadinya anemia, ibu hamil wajib mengkonsumsi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh dirinya dan bayinya. Karena kebutuhan nutrisi makro dan mikro pada ibu hamil sangat meningkat, maka SGM Bunda hadir dengan misi menghadirkan produk bernutrisi untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan menyusui.

Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju
Salah satu slide materi edukasi Kehamilan di Festival SGM Bunda Generasai Maju

Dukungan dari SGM selain mengeluarkan produk bernutrisi adalah memberikan layanan edukasi tentang kehamilan yang bersifat offline di acara Festival Bunda Generasi Maju di 4 kota besar di Indonesia.

Jadwal Festival Bunda Generasi Maju:

Date City Venue
Minggu, 21 April 2019 Surabaya Lap. Parkir Grand City Mall Surabaya
Minggu, 28 April 2019 Yogyakarta Jogja Expo Center
Minggu, 21 Juli 2019 Jakarta Park & Ride Thamrin Lot Jakarta
Minggu, 28 Juli 2019 Bandung Taman GOR Saparua Bandung

Nutrisi lengkap sangat penting untuk menyokong kebutuhan nutrisi lengkap untuk proses tumbuh kembang juga pembentukan organ pada janin. Masa tumbuh kembang 1000 hari pertama kehidupannya dimulai dari kehamilan.

Ibu hamil harus terpenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Nutirisi penting itu Antara lain: Zat besi, asam folat, calsium juga vitamin D.

Kreasi Susu SGM varian Cokelat_Cokelat Lapis Alpukat
Kreasi Susu SGM varian Cokelat_Cokelat Lapis Alpukat

Selain talkshow langsung bersama pakar ahli dokter kandungan di panggung, juga ada 4 Area Bunda yang  berisi kegiatan edukatif dan menyenangkan:

AREA BUNDA:

No Area Kegiatan
1. Bunda Sehat Konsultasi Kehamilan dan USG dengan tenaga kesehatan
2. Bunda Santai Relaksasi berupa totok wajah dan massage, didukung tenaga professional dari Mom & Jo
3. Bunda Cerdas Games edukatif berhadiah, Mitos vs Fakta seputar kehamilan
4. Bunda Jajan Jajanan lezat untuk ibu hamil
Massage totok wajah di Area Bunda Santai Festival SGM Bunda Generasi Maju
Massage totok wajah di Area Bunda Santai Festival SGM Bunda Generasi Maju

Rangkaian acara pada siang hari setelah puas berkonsultasi dan mendengarkan materi dari dokter kandungan, dilanjutkan dengan Yoga bersama suami dipandu oleh instruktur professional yoga kehamilan. Di acara ini ibu hamil dan pasangan diajak untuk melakukan gerakan-gerakan yoga yang melibatkan interaksi pasangan. Gerakan-gerakan ini dipilih untuk meningkatkan bounding antara ibu hamil dan pasangan sehingga diharapkan akan memberikan efek yang positif untuk meraih kebahgiaan dan optimis dalam menyambut kelahiran buah hati tanpa rata takut dan khawatir.

Area Bunda Sehat Pemeriksaan USG dan Konsultasi ibu hamil oleh tenaga kesehatan Festival SGM Bunda Generasi Maju
Area Bunda Sehat Pemeriksaan USG dan Konsultasi ibu hamil oleh tenaga kesehatan Festival SGM Bunda Generasi Maju

Selain yoga bersama pasangan, ibu hamil yang berkunjung di Festival SGM Bunda Generasi Maju juga diberrikan fasilitas untuk berkonsultasi bersama tenaga kesehatan seputar kehamilan, bahkan disediakan pemeriksaan USG gratis selama acara untuk memeriksa keadaan janin di dalam kandungan di Area Bunda Sehat.

Mengapa Harus SGM Bunda?

Setelah menguatkan bounding dengan pasangan melalui Yoga bersama suami, pengunjung festifal diajak untuk mengikuti cooking demo yang dipandu oleh Chef Anton Yanuwar bersama istri. Cooking demo kali ini mengkreasikan susu SGM Bunda dengan formula complinutri-nya untuk disulap menjadi hidangan-hidangan lezat dan segar.

Berikut ini adalah komposisi SGM dengan formula Complinutri:

Kandungan Manfaat
Tinggi Zat Besi Mendukung pencegahan anemia pada bunda
Tinggi Asam Folat Mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin
Tinggi Kalsium&Vitamin D Membantu pembentukan tulang janin
Minyak Ikan Mendukung perkembangan saraf dan otak janin

Menurut Chef, saat minum susu yang mainstream sudah membosankan, ibu hamil tetap dapat mengkonsumsinya dalam bentuk hidangan lain selain susu hangat. Dengan dikreasikan menjadi aneka minuman zaman now, diharapkan taka da lagi alasan untuk tidak meminumnya karena eneg dan lain-lain.

Kreasi susu SGM antara lain:

Cooking Demo Kreasi Susu SGM Bunda Generasi Maju Jogja
Cooking Demo Kreasi Susu SGM Bunda Generasi Maju Jogja
  1. Es Jeruk Pelangi

Menggunakan bahan dasar susu SGM Bunda rasa Jeruk yang diblender dicampur dengan aneka warna jeli atau agar-agar.

  1. Es Strawberry Sirsak

Berbahan dasar susu SGM varian Strawberry dipadu dengan jus sirsak.

  1. Es cokelat lapis alpukat

Berbahan dasar susu SGM varian cokelat yang diblender, kemudian disusun berlapis dengan jus alpukat yang kental tanpa gula dan diberi toping coco crunch.

Bunda-bunda yang hadir di acara itu juga diberikan tips-tips agar menyajikan susu SGM nya lebih kreatif lagi untuk menghindari rasa bosan dan eneg. Konsumsi susu SGM Bunda hanya membutuhkan satu gelas per hari.

Beauty class dari Wardah di Festival SGM Bunda Generasi Maju
Beauty class dari Wardah di Festival SGM Bunda Generasi Maju

Setelah merasakan segarnya minuman kreasi susu SGM Bunda, acara ditutup dengan Beauty Class dari Wardah. Selama hamil tentu saja seorang perempuan harus tetap terlihat cantik dan segar. Oleh karena itu, perempuan hamil juga tetap diperbolehkan perawatan kulit wajahnya. Namun, pada saat hamil, perempuan harus lebih berhati-hati memilih produk kecantikan yang tidak berbahaya bagi kesehatan janin. Formula kecantikan yang berbahaya adalah produk kecantikan yang mengandung mercuri.

Selain menjelaskan bahwa produk-produk kecantikan dari wardah aman dari zat-zat tersebut, juga diberikan beberapa tips perawatan wajah bagi ibu hamil agar kulitnya tetap kinclong dan glowing. Menurutnya, perempuan hamil masih diharuskan untuk membersihkan wajah setiap hari minimal 2 kali. Kemudian untuk kebutuhan eksfoliasi kulit mati, boleh dilakukan scrub wajah seminggu sekali dilanjtukan dengan pemakaian masker wajah yang aman. Perempuan hamil juga masih diperbolehkan menggunakan cream malam dan pagi selama produk yang digunakan terbebas dari kandungan zat yang berbahaya, tutup gadis cantik dari Wardah tersebut.

Keseruan acara Festival SGM Bunda Generasi Maju selengkapnya dapat ditonton di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *