Blog Walking Asik? Group apakah itu?

Ada Berapa puluh Group WA di Hp mu? Atau mungkin malah ratusan? Yes! Hampir bisa dipastikan setiap kita pasti memiliki lebih dari 10 group whatsapp. Sok sibuk ya?
Sebenernya bukan sok sibuk si, sejak awal ada WhatsApp semua euforia global karena bisa terhubung dengan siapa saja.
Terutama kawan-kawan lama yang no kontaknya masih kita simpan. Tak lagi butuh biaya banyak untuk sekadar tanya kabar melalui SMS, karena lewat Wa cukup dengan kuota internet saja sudah bisa chat ribuan secara gratis kita layangkan ke siapa saja.

Group Paling Aktif!
Tak bisa dipungkiri, dari sekian puluh group WA mulai dari group alumni temen TK hingga alumni kuliah. Tambah lagi group arisan wali murid anak TK, group wali murid alni SD anak yang kini sudah SMA, group pengajian, group arisan, group jualan, group youtuber, group blogger, group haha hihi dan masih banyak lagi embel-embel nama yang dijadikan latar belakang komunitas media itu.

Apakah semua aktif?
Sebenarnya tidak semua group wa aktif. Hanya pas awal saja mereka antusias selanjutnya lebih ke arah saling diam, enggan menyapa duluan karena obrolan sudah basi, namun untuk meninggalkan group juga tidak mungkin. Terjebak jadinya!

Kecuali group WA satu ini, aktifnya memgalahkan diskusi panel di mana pun.
Nggak pagi, siang, sore tak kecuali tengah malam masih juga ada yang saling sahut menyahut.

Memang, secara peraturan group satu ini tak seperti group resmi lain yang mensyaratkan
banyak hal. Tidak ada jam istirahat khusus, tidak ada jam khusus silent. Atau jam-jam lain. Mau posting jualan ya boleh, mau buka biro jodoh boleh, mau transaksi minjam duit juga boleh kalau ada yang mau minjemin.

Peraturannya cuma 1 yang penting mau share apapun permisi dulu sama admin. Oiya, sebenernya group ini awalnya hanya memfasilitasi diskusi, obrolan dan saling dukung blog, namun siapa sangka justru diskusi perihal lain malah lebih dominan?

Kadang membuli jomblo yang belum nikah, kadang menjodoh-jodohkannya, konsultasi masak, konsultasi popok bayi, sekolah anak, prosedur KB, promil dan lainnya.

Oiya agenda utama dan rutin si sebenarnya drop link kita agar bisa dikunjungi dan saling memberi komentar di artikel blog yang kita sodorkan. Sepekan bisa 3 kali listing. Sayangnya, bagi yang jarang upload artikel baru seperti saya jadi jarang nimbrung ikut meramaikan.

Belum lagi kalau nggak pede sama tulisan yang kita upload, malu rasanya mengundang mereka untuk berkunjung dan membaca. Apalagi kalau isinya asal nulis, meskipun sebenarnya nggak bakal dibully mengenai konten jelek atau bagus.

Alasan harus terus bertahan?
Asli, sayang banget sama group ini. Dari awal dibuat kita sudah kompak. Selain mang ilmu per-blog-an memang banyak dishare di sini, teman-teman sering banget “pamer’in kemenangan mereka dari beraneka macam lomba blog. Bikin iri kan jadinya! Iri dalam artian positif loh! Bikin pengin kayak mereka, semangat belajar nulis, semangat mengikuti lomba meski nggak menang, hingga akhirnya jadi berlangganan menang di setiap lomba.

Gimana mau ninggalin mereka yang selain jago nulis, jago bikin info grafis, jago mencairkan suasana group, jago menyemangati, jago mensupport siapa saja, juga baik banget bagi ilmu ngeblog. Nggak rela rasanya membiarkan diri dikick kejam jika tak ikuti rule yang berlaku. Sebenernya sadar juga si, kalau group itu memang harusnya buat blogger-blogger yang semangat nulis juga berbagi ilmu. Karena selain kita yang sudah masuk ke dalam group, di luar sana masih banyak sekali blogger keren yang pengin ikutan gabung di group paling produktif itu.

Trus aku tanya dong sama diri sendiri, kamu ngapain di sana kalau kamu malas-malasan nulis? Hiks, yakin aku sering di-bully diriku sendiri jadinya. Biarlah aku menutupi rasa Maluku ini dengan sesekali mengikuti listing blogwalking, dengan artikel yang mungkin sangat receh yang entah berapa bulan sekali aku jejalkan di rumah healthymomy itu.

Aku masih ingin terus gabung, please jangan kick aku admin Blog Walking Asik!!! Meski sekarang masih jarang upload, aku juga masih sayang sama kalian, juga sama blog aku sendiri yang nggak bisa protes jarang disentuh. Ibarat rumah kontrakan, aku cuma rutin bayar setiap tahun, tapi jarang tidur di dalamnya, meski sekadar bersih-bersih di ruang tamunya. Tidak mengapa, kelak aku akan bersihkan satu persatu sawang, sarang laba-laba yang mungkin mulai menutupi ruang tamunya.

Buat Mbak Rini, thanks banyak sudah membuat group ini dan mau jadi ketuanya. Semoga limpahan keberkahan menggantikan waktumu untuk mengurus group cabe rawit ini. Kecil tapi pedas rasanya. Mbak Hani yang jadi admin tanpa dibayar, makasih Mbak, banyak banget bantu melancarkan setiap tetek bengek kebutuhan group, termasuk mengeluarkan cemeti untuk mengingatkan kami untuk terus bergerak, berkarya dan menulis untuk massa. Untuk semua adminnya yang cowok juga semua teman-teman di sana juga terima kasih, banyak sekali ilmu positif yang berserak di sana, tak tanggung-tanggung apapun konsultasinya di sana selalu ada yang sigap dan tanpa pamrih menolong lebih dari yang diinginkan. Semuanya orang baik di group ini. Semoga langgeng dan mberi manfaat yang banyak bagi kita semua, Aamiin Yaa rabbal’alamin.

Oiya, semoga imbas dari kebakaran gedung data yang meng-kolaps-kan website kita semua, segera ada perbaikan dan blog kita bisa kita akses lagi tanpa hambatan dan semua data aman.

Tulisan ini saya ikutkan dalam agenda challenge menulis dari Blog Walking Asik sebagai syarat agar layak dipertahankan di dalam group.