NURUL HAYAT, JASA AQIQAH KELUARGA INDONESIA YANG AMANAH BERSERTIFIKASI HALAL MUI

Setiap anak tergadai (bergantung pada sesuatu) dengan aqiqahnya, maka disembelihkan kambing untuknya pada hari ke tujuh kelahirannya, kemudian dicukur, dan dinamai.” Hadits dari Samurah bin Jundub yang diriwayatkan oleh Al Imam At tirmidzi.


Dua ekor kambing berwarna putih itu pasrah saat dinaikkan ke atas mobil pick up berwarna abu-abu. Mungkin dia bergembira karena pagi itu batal disembelih. Ataukah malah sedih karena tugas mulianya menjadi hewan aqiqah dibatalkan? Entahlah!

Tepat 40 hari usia Abyan. Iya, kami baru mau meng-aqiahi-nya di usia tersebut. Si anak laki-laki yang pertama Allah turunkan ke bumi melalui rahimku. Kambing itu adalah hadiah kakek-neneknya, Mama dan Bapakku. Perlengkapan dan bahan untuk memasak kambing pun sudah siap. Namun ternyata Allah berkata lain.

Pagi itu, Jogja tiba-tiba diguncang gempa yang sangat dahsyat. Teriakan tsunami di mana-mana. Orang lari tunggang langgang. Ada yang hanya berbalut handuk dan rambut penuh dengan shampoo. Nenek-nenek yang pelipisnya berdarah diajak lari sama cucunya. Ah, kendaraan beradu klakson tumpah ruah di perempatan jalan. Paginya Jogja tiba-tiba riuh.

Dua domba pun saling tabrak, panik namun tak bisa lari. Lehernya masih terikat kuat di pohon rambutan sisi kanan halaman rumah Mama. Baru kali itu kami berunding kilat sembari bergegas mempersiapkan segalanya. Kambing akhirnya kami angkut. Ya, kami memutuskan untuk mengungsi sementara ke luar kota. Ke rumah simbah dan bude satu-satunya saudara perempuan mama yang tinggal di Cilacap.

Di tengah perjalanan, terpaksa kambing dijual dengan harga sangat murah. Kami sedang sangat butuh uang dan pembeli tidak sedang butuh kambing. Tentu saja untuk mencukupi bermacam kebutuhan selama mengungsi. Rumah yang sedianya untuk memasak aqiqah, roboh rata dengan tanah oleh gempa berkekuatan 5.9 SR pagi itu di 27 Mei 2006. Aqiqah pun batal hingga waktu yang belum bisa ditentukan!

AQIQAH ITU APA SIH?

Hakikat aqiqah adalah menyembelih kambing sebagai ungkapan rasa syukur dan cinta kita kepada Allah, diniatkan berkurban untuk Allah Subhanahu Wata’ala yang telah menganugerahkan anak kepada kita.

Aqiqah tidak harus dimasak, boleh dibagikan dalam bentuk mentah ataupun matang.
Aqiqah juga tidak harus dengan acara. Namun jika menghendaki maka diperbolehkan.

Hanya saja Islam tidak memberatkan, jika mampunya hanya menyembelih kambing saja, maka itulah yang paling utama. Sudah sah aqiqahnya meski hanya menyembelih kambing seperti qurban dan dibagikan dalam keadaan mentah.

SYARAT KAMBING YANG BAIK UNTUK AQIQAH

Apakah ada yang sama, dari dulu pemahamannya yang boleh disembelih untuk aqiqah hanyalah kambing jantan? Kambing betina pun ternyata bisa loh disembelih untuk aqiqah.

Syarat kambing / domba bisa digunakan untuk aqiqah serta kapan waktu terbaik aqiqah dilaksanakan (infografis by: healthymomy.com)

Jadi syarat kambing yang bisa disembelih untuk aqiqah sebenarnya adalah:
• Kambing dengan usia minimal 1 tahun, atau jika domba maka usia minimal 6 bulan
• Tidak cacat atau sakit
• Bisa kambing jantan atau pun betina

KAPAN AQIQAH DILAKSANAKAN?

Aqiqah dilaksanakan setelah kelahiran anak, disunahkan pada hari ke7 jika mampu. Jika belum mampu maka bisa dilaksanakan di hari ke 14 kelahiran. Belum mampu juga? Masih bisa di hari ke-21 kelahirannya. Atau kapanpun juga saat dimampukan untuk melaksanakan aqiqah.

Aqiqah masih bisa ditunaikan saat kita sudah dewasa. Dan yang meng-aqiqahi juga tidak harus orantua. Bisa paman, keponakan atau anggota keluarga lain.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau di-aqiqahi oleh Hasan dan Husein. Karena sebelumnya Ali menantu beliau, juga dalam keadaan tidak mampu. (Sumber: Kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah tentang Aqiqah di Youtube).

Nah, jarang dipikirkan bahwa aqiqah juga termasuk kebutuhan bayi beberapa hari setelah kelahirannya, bukan? Jadi sekarang selain menabung untuk biaya kontrol kesehatan selama kehamilan, persiapan persalinan, membeli peralatan bayi dan ibu menyusui, juga sangat penting untuk mepersiapkan biaya pembelian kambing untuk aqiqah di hari ke-7 ya, Bund!

Tentu saja, selain persiapan dana penting juga persiapan informasi harga kambing, mau dimasaak sendiri atau diserahkan ke jasa aqiqah dan terima jadi. Kita bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jasa penyelenggara aqiqah. Dari segi harga, kesesuaian proses dengan syariat hingga ke selera rasa dan menu yang ditawarkan di masing-masing.

Aqiqah Bayi perempuan dengan 1 ekor kambing / domba

Pastikan menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL) semua informasi sudah matang dan dana yang diagendakan untuk aqiqah juga sebaiknya sudah ditabung.

KENAPA NURUL HAYAT MENJADI PILIHAN TERBAIK AQIQAH KELUARGA INDONESIA?

Kehadiran anak adalah berita gembira bagi setiap keluarga. Meski lahirnya diiringi dengan tangisan, namun seluruh keluarga yang menyaksikan pertama kali pasti akan berbunga-bunga. Bahkan, seorang preman sekali pun pasti akan menetes air mata saat mendengar tangis pertama buah hatinya terlahir ke dunia.

Alasan kenapa harus memilih Aqiqah Nurul Hayat (Infografis by: healthymomy.com)

Tak berlebihan rasanya jika kita mengungkapkannya dengan bermacam rasa. Termasuk di antaranya adalah menyembelih kambing untuk aqiqah dirinya di usia ke-7, 14 atau ke-21.

Bermacam persiapan akan dilakukan jauh hari sebelum kelahirannya.
Setiap anak terlahir dalam keadaan tergadai dengan aqiqah. Maka menjadi orang tua yang amanah sebaiknya menunaikannya segera sesuai dengan syariat disunahkannya ibadah tersebut.

Di Indonesia, budaya aqiqah dilaksanakan dengan serangkaian acara. Namun pada inti yang paling utama aqiqah adalah:
Disembelihkan kambing, 2 ekor bagi bayi laki-laki, atau 1 ekor kambing bagi bayi perempuan di hari ke-7 kelahirannya
Dicukur rambutnya (bisa sebagian, bisa juga seluruhnya/gundul) lalu ditimbang rambut tersebut dengan timbangan emas atau perak, kemudian dikeluarkan sedekah kepada fakir miskin seharga emas/perak dengan berat yang sama dengan berat rambut bayi,
Diberi nama yang baik.

SIAPA SAJA YANG SEBAIKNYA DIBERI AQIQAH?

Daging aqiqah seperti halnya qurban, maka bisa dibagikan ke fakir miskin sekitar tempat tinggal, rekan kerja, sahabat atau orang yang diundanglainnya, tetangga dan pastinya keluarga.

Bagi yang memiliki kemampuan untuk membuat acara aqiqah dengan mengundang teman atau keluarga dibolehkan. Namun bagi yang tidak mampu cukup dibelikan kambing saja lalu disembelih dan dibagikan dalam keadaan mentah pun bisa. Pahalanya sama, inti aqiqahnya sama, sahnya juga sama.

Mayoritas penduduk muslim di Indonesia, acara aqiqah kerap dijadikan sebagai acara untuk berbagi bahagia. Mereka tak segan untuk mengeluarkan budget yang lebih untuk mensukseskan acara tersebut. Bagi yang memiliki relasi banyak tentu saja harus menyiapkan juga porsi lebih banyak. Tak jarang budget seringkali membengkak dari perkiraan sebelumnya. Selain itu kerepotan saat memasak juga sering membuat lelah keluarga.

Munculnya jasa aqiqah siap saji yang dipelopori oleh Aqiqah Nurul Hayat sangat membantu bagi keluarga yang menginginkan kepraktisan.

Sebagai unit usaha yang bergerak di bidang jasa makanan, Aqiqah Nurul Hayat sudah memiliki sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Beberapa menu masakan kambing yang disediakan oleh Aqiqah Nurul Hayat Antara lain:
1. Sate
2. Kreng Daging
3. Gule Jeroan Tulang

Menu tersebut bisa dibuat paket pancian untuk acara prasmanan, atau dipaketkan dengan nasi box menjadi paket kotakan yang biasa dibagi-bagikan dalam bentuk lunch box dengan pelengkap buah, sambal goreng kentang ati dan lain-lain.

Paket gule panci untuk kebutuhan layanan prasmanan acara aqiqah (pict: instagram aqiqah nurul hayat)
Sate, gule jeroan tulang dan daging (pict. Instagram aqiqah nurul hayat,)

Nah, bagi yang menghendaki untuk membeli kambingnya saja bisa banget dilayani dengan baik. Disembelih sendiri maupun disembelihkan, dibersihkan dan dipotong-potong oleh pihak Nurul Hayat, bebas, tinggal sesuaikan dengan budget.

Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi Aqiqah Nurul Hayat cabang terdekat.

Berdiri sejak tahun 2003, Aqiqah Nurul Hayat merupakan unit usaha dari Pondok Pesantren Nurul Hayat yang berkantor pusat di Surabaya. Mencapai puluhan ribu layanan setiap tahunnya. Dan hingga kini memiliki lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia.

Di mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Tangerang, Kalimantan TImur, Kalimantan Selatan, Palembang, Medan hingga Makassar.

PAKET AQIQAH SIAP SAJI? PASTI MAHAL, YA?

Sebentar, di Aqiqah Nurul Hayat, kita bisa memilih harga mulai dari yang paling terjangkau hingga yang paling Platinum. Tinggal pilih harga yang paling cocok sesuaikan dengan kantong.

Contoh pilihan menu dan list harga Aqiqah Nurul Hayat Cabang Jogja (pict. Screenshoot web Aqiqah Nurul Hayat)

Mengenai rasa? Bagi jasa aqiqah yang sudah berusia hampir 20 tahun tentu sudah banyak sekali mengalami perbaikan. Melewati begitu banyak asam garam, juga kritikan maupun protes yang semakin membangun dan memperbaiki kualitas pelayanan dari klien.

Baik mengenai rasa, maupun kualitas dan kesehatan hewan yang digunakan.
Bisa ditonton banyak testimoni dari pelanggan, termasuk artis juga sudah banyak yang menggunakan jasa aqiqah Nurul Hayat.

Harga oke, rasa oke, terus sekarang tata cara penyembelihan maupun proses masaknya, apakah sesuai syariat?

Yes, Aqiqah Nurul Hayat, mulai dari pemilihan hewan, proses penyembelihan semuanya sesuai syariat dan telah tersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Oiya, memilih aqiqah di Aqiqah Nurul Hayat juga bernilai sedekah, loh! Jadi, semua keuntungan yang didapatkan dari penjualan digunakan untuk mendukung program dakwah dan social Nurul Hayat. Masya Allah, Keren ya! Barakallah Aqiqah Nurul Hayat!

Aqiqah Nurul Hayat Pelopor Aqiqah Siap Saji

Written by

81   Posts

Eka Wahyuni Tinggal di Jogja, Bunda dari 3 bocah hebat shaleh dan shaleha ini mempunyai kepribadian hangat dan supel. Selain aktif di sebuah klinik di Jogja, juga aktif berkomunitas dengan sesama penulis dan Blogger di Jogja. Senang sekali berbagi, ilmu, pengalaman, motivasi juga hal-hal positif lainnya. Kontak dan kerjasama bisa dihubungi melalui: Email: ekabyan@gmail.com
View All Posts