Anggur Laut, Bagaimana cara mengolah?

Urap Anggur Laut Kelapa Bakar

Gigitan pertama rasanya aneh, renyah, isinya sedikit berlendir, agak asin tapi lembut. Yes, namanya Latoh kalau orang Pantura menyebutnya. Namun buah laut ini lebih terkenal lagi dengan nama Anggur laut. Seumur-umur baru kali ini tahu dan merasakan makanan yang menurutku unik ini.

Bermacam cara mengkonsumsinya, namun aku cenderung lebih suka dibuat urap pedas dengan kelapa yang dibakar lebih dahulu. Tak masalah hanya membakarnya di atas kompor gas. Nyatanya kelapa bakar yang kemudian diparut itu tetap beraroma sedap harum.

Buat yang belum pernah melihat penampakan anggur laut ini apalagi memakannya, ini adalah gambar penampakan buah yang berasa agak asin itu.

Doc. Pri Anggur laut

Dari mana dapatnya? Kan di Jogja hampir sulit sekali mendapatkan buah ini? Alhamdulillah beberapa hari yang lalu ada teman ngaji yang tiba-tiba nawari buah berwarna hijau segar ini. Namanya Mbak Indah, asli Jepara yang tinggal di Jogja. Makasih, Mbak Ind 😘😘😘

Kebetulan adiknya yang tinggal di Jepara mau berkunjung dan mau membawakan oleh-oleh anggur laut itu. Ya langsung kuiyain aja lah, hehehe. Semenjak pertama kali makan di rumah mertua yang entah kapan itu, baru kali ini ada lagi.

Ya, anggur laut tergantung musim, tidak setiap saat ada. Saat musim, di daerah Pantura sana harganya bisa di bawah 10ribu, tapi sampai kota lain ya pasti di atas 25ribu, lah. Repot kali menjaganya agar tetap fresh dan layak dikonsumsi. Serepot jagain hatimu, eh hatiku dink!

Selain jarang ada kalau nggak musim, buah ini juga sangat rapuh, tidak boleh kena panas langsung, tidak boleh terlalu sering kena tangan, tidak boleh dicuci kecuali pas mau dikonsumsi. Oiya, tidak boleh disimpan di kulkas juga, loh!Kenapa? Karena buliran anggur akan segera pecah dan basi. Gagal deh makan endul anggur laut bersama sambal kelapa!

Doc.pri: Kelapa bakar

Kebayang gimana cara membawanya dari Jepara ke Jogja? Entahlah, mungkin menggunakan stereoform untuk mempertahankan suhu dan kesegaran buliran buah anggur laut itu.

Oke deh, kebanyakan prolog ya? Berikut ini resep yang mau aku bagi:

Doc.pri: Urap Anggur Laut Kelapa Bakar

Urap Anggur Laut Kelapa Bakar

500 g anggur laut, bersihkan, cuci segera dengan air matang

½ butir kelapa, dibakar di atas kompor, parut,

Bumbu:

5-10 buah cabe rawit merah, 1 siung bawang putih, 1 cm kencur, ½ sdt terasi udang bakar, ¾ sdt gula merah, ⅓ sdt garam, ¼ sdt MSG (optional)

Uleg semua bumbu, campurkan dengan kelapa bakar yang telah diparut, aduk rata, koreksi rasa,

Tambahkan ke atas anggur laut yang telah dipetik per tangkai dan sudah dibersihkan, hidangkan dengan nasi putih hangat!

Selamat mencoba! Asli enduuullll banget rasanya! Segar, renyah, asin, manis, pedas beradu jadi satu!!

Di tempatmu banyak anggur laut? Harganya berapa per kilo kalau sedang musim?

Share di kolom komentar, ya!

Terima kasih sudah berkunjung!

Written by

78   Posts

Eka Wahyuni Tinggal di Jogja, Bunda dari 3 bocah hebat shaleh dan shaleha ini mempunyai kepribadian hangat dan supel. Selain aktif di sebuah klinik di Jogja, juga aktif berkomunitas dengan sesama penulis dan Blogger di Jogja. Senang sekali berbagi, ilmu, pengalaman, motivasi juga hal-hal positif lainnya. Kontak dan kerjasama bisa dihubungi melalui: Email: ekabyan@gmail.com
View All Posts

14 thoughts on “Anggur Laut, Bagaimana cara mengolah?

  1. Pingback: mega888
  2. Вас лишили водительского удостоверения ?
    Не знаете как быть и чем кормить
    семью? Есть решение, купить водительское
    удостоверение при лишении можно оформить в
    компании on-prava, предлагаются различные варианты
    решения данного вопроса, на любой вкус.

    Обращайтесь в он-права и решите вопрос
    лишения водительского удостоверения.

    http://www.musichunt.pro/blogs/view.htm?id=61454
    Comment-218531 (Gladis) http://www.tonydada.com/confessions/comment-page-3298/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: