AMAZING, TERNYATA SETIAP WANITA DIBEKALI 400 CALON BAYI DI PERUTNYA

AMAZING, TERNYATA SETIAP WANITA DIBEKALI 400 CALON BAYI DI PERUTNYA

“Dokter, saya kok belum pernah haid juga ya sampai sekarang?” keluh seorang remaja perempuan pada seorang dokter.

“Belum pernah sekali pun?” Tanya dokter.

“Belum dok,”

“Usianya berapa, Dek?”

“Saya 15 tahun, Dok. Apa nggak apa-apa dok? Apakah saya bisa hamil besok?”

Banyak sekali pertanyaan serupa di alamatkan ke dokter, baik di klinik, acara penyuluhan atau acara sharing kesehatan lainnya. Ternyata tanpa kita ketahui, Allah sudah membekali setiap perempuan yang akan terlahir dengan 6-7 juta sel telur di dalam indung telurnya, saat calon bayi perempuan mulai terbentuk. Namun hanya bertahan sebanyak 1-2 juta sel telur saja saat bayi perempuan itu dilahirkan. Sisanya kemana? Sisanya akan rusak dan diserap oleh tubuh. Sel-sel telur itulah yang jika mengalami pembuahan akan menjadi calon bayi-bayi yang lucu.

Pada usia menjelang pubertas (remaja) sel telur sebanyak 1-2 juta tersebut akan banyak sekali yang mengalami rusak dan menyisakan 300-400 sel telur saja yang akan matang bergantian setiap bulan. Satu sel telur akan matang setiap bulannya dari indung telur kanan dan kiri secara bergantian. Apakah semuanya berhasil mengalami pembuahan sel telur? Belum tentu.

Sebanyak itukah sel telur seorang perempuan?

Gambar: newyearpick.com

Coba kita hitung perlahan, seorang perempuan mulai masuk ke masa remaja atau disebut masa pubertas ditandai saat menarche (haid pertama muncul). Kapan itu terjadi? Rata-rata muncul pada usia perempuan 10- 15 tahun. Hingga kapan? Haid akan terus berlangsung sampai akhirnya berhenti dan dikenal dengan istilah menopause pada usia sekitar 50 tahunan. Masing-masing perempuan punya jadwal menopause berbeda-beda. Jadi masa haid perempuan selama 35-40 tahun.

Jika setiap bulan satu kali haid indung telur akan melepaskan satu sel telur matang, maka berapa sel telur yang matang dan dilepas selama 35-40 tahun?Dari hitungan ini bisa terlihat:

35 – 40 * 12 = 420 – 480 bulan. Setiap bulan satu sel telur matang, maka 420-480 bulan akan mematangkan sejumlah sel telur yang sama dengan jumlah bulan tersebut. Berapa sel telur yang akan mengalami pembuahan? Sejumlah telur yang nantinya bertemu dengan partnernya yaitu sprema.

Jumlah sel telur matang tersebut terpotong saat perempuan tersebut hamil 9 bulan, karena selama hamil perempuan tidak akan haid. Saat tidak haid maka sel telur itu tidak akan pernah matang, dan akan rusak untuk kemudian diserap kembali oleh tubuh. Setelah melahirkan, seorang perempuan juga tidak akan langsung mengalami haid minimal 6 bulan saat ia menyusui bayinya dengan cara eksklusif.

Saat perempuan menyusui, ia tidak akan mendapat haid. Kondisi ini disebut dengan istilah amenorrhea laktasi, yaitu kondisi tidak datangnya haid saat sedang menyusui. Amenorrhea laktasi ini terjadi dikarenakan hormon prolaktin yang tinggi selama perempuan tersebut memberikan ASI nya secara eksklusif minimal 6 bulan. Kondisi ini membuat tubuh perempuan tidak subur organ reproduksinya, sehingga bisa digunakan untuk metode KB alami.

Tuh, kan? calon bayi yang Allah siapkan di perut kita lebih dari ratusan, tapi berapakah yang berhasil lahir dari rahim kita? Ternyata Allah begitu peduli dengan keberlangsungan manusia di muka bumi ini. Allahu akbar!

Written by

67   Posts

Eka Wahyuni Tinggal di Jogja, Bunda dari 3 bocah hebat shaleh dan shaleha ini mempunyai kepribadian hangat dan supel. Selain aktif di sebuah klinik di Jogja, juga aktif berkomunitas dengan sesama penulis dan Blogger di Jogja. Senang sekali berbagi, ilmu, pengalaman, motivasi juga hal-hal positif lainnya. Kontak dan kerjasama bisa dihubungi melalui: Email: ekabyan@gmail.com
View All Posts

One thought on “AMAZING, TERNYATA SETIAP WANITA DIBEKALI 400 CALON BAYI DI PERUTNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: