Allah Hadir Di Seberapa Kuat Doa Ibu

Allah hadir di seberapa kuat doa ibu

Aku masih belum percaya jika melahirkan dengan dipacu akan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Menurutku kala itu, nyeri kontraksi ya memang seperti itu, sakitnya legit. Pun, karena ternyata sudah dua kali obat pacu lewat jalan lahir sudah berhasil kulewati dengan lancar. Nyerinya masih sama saja dengan melahirkan dua jagoanku tempo hari.

“Mbak, bukaan berapa?” tanyaku ke bidan yang baru saja memeriksa.

“Masih sama, Mbak,” jawabnya singkat.

“Sama berapa, Mbak?” kejarku lagi.

“Sama seperti tadi bu dokter yang meriksa jam enam,” jelasnya kemudian. Dia buru-buru pamitan.

Ok, aku menghela napas. Bukan apa-apa, rasa nyeri di perut bagian bawahku yang menjalar ke seluruh pinggang rasanya sudah puluhan kali lipat disbanding sebelumnya. Sekuat tenaga aku mencoba berbaik sangka, Allah Maha tahu yang terbaik. Setelah 24 jam melewati mules-mules tak jelas yang disebabkan oleh perangsang mules berupa obat pacu, tepat sejak jam 12.00 (yang itu artinya 6 jam yang lalu) bidan menyampaikan hasil konsulnya yang memberikanku dua pilihan, istirahat (tanpa pemberian obat pacu) atau segera memilih prosedur lain untuk melahirkan, yaitu operasi bedah sesar? Aku terpaku pada dua pilihan itu. Memang taka da satu pilihan mana yang lebih berat,dua-duanya begitu berat. Satu sisi aku maunya memang istirahat saja, artinya membiarkan dan mengharapkan semua proses terjadi secara alami dengan lancar. Tapi dilain sisi, aku lebih takut dengan risiko yang lebih buruk akan terjadi pada bayi perempuan di dalam rahimku.

Baik, beri kami waktu untuk berpikir, Mbak. Hanya itu yang kusampaikan kepada bidan jaga yang cantik itu. Waktu untuk berpikir, bukankah itu juga menghabiskan beberapa ribu detik terbuang tanpa action? Allah, semoga memang apa pun langkahku, itulah yang sudah Engkau pilihkan buat kebaikan kami, aku dan calon anakku.

Akhirnya kami memilih istirahat saja. sitirahat dari pemberian obat berupa tablet yang dibelah 4 yang dimasukkan ke dalam jalan lahir untuk merangsang munculnya kontraksi yang membaut perut terasa mulas. Kehamilan ini tak seperti dua kehamilan sebelumnya yang meski terlambat atpi masih bisa berjalan dengan lancar tanpa campur tangan obat pemacu kontraksi.

“Mbak, ini udah mau lahir,” ucap mama sambil mengusap peluh yang membasahi kening juga tengkukku. Meski sekuat tenaga aku menahan nyeri yang teramat sangat, mama tetap bisa mencuri tahu. Mama ku bukan “orang pintar”, apalagi dukun. Tapi pengalamannya melahirkan 6 orang anak dari rahimnya dengan cara normal cukup memintarkannya mengenali tanda-tanda melahirkan.

Mama baru saja masuk ke kamar tempatku berada. Di ruang lantai 3 sebuah rumah sakit di Jogja. Mama memang baru bisa datang setelah lebih dari 24 jam aku mulai kesakitan. Bukan karena apa-apa, kebetulan mama baru ke luar kota menjenguk bude.

Benar saja, tak selang sepuluh menit dari kedatangan mama, bidan-bidan cantik itu berlomba membawaku ke ruang persalinan. Aku panik. Rasanya perut ini sudah waktunya untuk mengeluarkan segala yang ada di dalamnya. Aku pengin sekalii mengejan! Tapi tak boleh!

“Nanti, tunggu dokternya datang, tahan, belum lengkap!” bidan itu tetap saja tak bisa menyembunyikan rasa paniknya.

“Aku mau ngejaaan!” teriakku saat kudengar suara dokter memasuki ruangan bersalin.

“Tunggu! Dokternya pakai sarung tangan dulu!” teriak bidan itu.

Dan aku pun tak mendengar lagi apa kata bidan itu.

“Oek… oek…!” bersamaan dengan tangan dokter yang sudah lengkap dengan handscoend, kepala bayi disusul badannya segera meluncur ke kedua telapak dokter cantik yang sedari kemarin siang sudah menunggu bayi itu.

Kesayangan mama

Entahlah, itu kenanganku bersama ibuku. Perempuan yang selalu menjemput kelahiran cucunya dengan kasih sayangnya, bahkan meski sudah berkali-kali obat pacu dimasukkan. Rupanya suara, kelembutan tangan mama tetap yang ditunggu. Allah ridlo pada keikhlasan mama. Keikhlasan untuk menyaksikan putri pertamanya melahirkan cucu-cucu imutnya.

Aku baru ingat, ternyata ketiga anakku memang semuanya mundur dari HPL, tapi satu yang menyamakan ketiganya, adalah kedatangan mama di sampingku yang seolah menjadi kekuatan tak terlihat dari Allah untuk melancarkan semuanya. Ridlo Allah ada di ridlo mama. Mama, begitu cintanya engkau terhadapku yang sering durhaka. Izinkan aku jadi anak shalehamu yang kelak doaku akan selalu engkau terima di sana.

Satu setengah tahun dari kejadian itu, engkau dipanggil Allah, tanpa sebab, tanpa sakit, tanpa tanda apapun sebelumnya. Bahkan kita menyisakan janji untuk melakukan senam bersama Ahad pagi di alun-alun. Janji yang pernah terucap namun tak pernah tertunaikan.

Kalau menurutmu kenangan itu hanya untuk dikenang, kamu salah. Kenangan itu menjadi sumber kekuatan. Kenangan itu menjadi sumber harapan, untuk kembali berkumpul bersamanya di surge. Kenangan indah ikatan ibu anak yang tak pernah lekang dimakan waktu bahkan kematian.

Kenangan itu menumbuhkan harapan-harapan baru untukku menjadi wanita shaleha yang membanggakanmu.

Kenanganku tak akan mungkin kutemukan lagi, kecuali hanya tempat-tempatnya saja. Dan, kenangan yang selalu menumbuhkan harapan baru akan selalu kuingat, terutama agar aku menjadi perempuan yang semakin shaleha, produktif dan mampu berkarya untuk kepentingan dunia dan akhirat.

TERBANGKAN MIMPI MENJADI TRAVEL BLOGGER KECE DENGAN LAPTOP IDAMAN

Oh my God! Rasanya pengin turun saja dari mobil, ajak anak-anak untuk berjalan kaki. Entah di depan atau di belakang mobil yang disetir sama suami, sendirian. Tapi, tidak mungkin, toh kalau misalnya pikiran buruk itu terjadi, kasihan suami sendirian mengalaminya. Na’udzubillah, jangan sampai! Allah lindungi kami!

Namun untuk berhenti dan berputar balik arah agar tidak melewati jalur itu? Itu sama halnya mengulang perjalanan yang entah berapa puluh jam yang lalu kita awali. Sebenarnya bukan karena dikejar waktu atau harus buru-buru, kita semua bisa enjoy sepanjang perjalanan karena seluruh anggota keluarga jelas sudah ikut menikmati serunya perjalanan itu. Jadi mau terlambat atau mau cepat, sudah tak ada lagi yang menjadi alasan untuk panik.

Ok, kita lanjut! Dan aku harus tetap bertahan di dalam mobil ini, di dalam entah hutan apa namanya, di pedalaman Purworejo yang baru sekali itu kami lewati. Napas rasanya tak mampu kuhela saat perlahan suami mulai mengarahkan kemudinya menyusuri setengah ruas jalan yang masih disisakan oleh longsor beberapa waktu sebelumnya. Apapun yang terjadi, bismillah. Dan tiba-tiba aku ingat tentang satu hal,

“Pedang yang sudah di arahkan ke lehermu pun tak bisa mematikanmu kalau Allah tidak meng”iya” kan.”

Itu artinya, ruas separuh jalan berbatu bekas longsor yang terlanjur kami pilih ini tidak akan menggelincirkan untuk mati konyol hanya karena menghindari jalur macet lebaran. Kulirik anak-anak yang tertidur pulas di belakang. Perlahan kuarahkan pandanganku ke arah suami yang sedari tadi menunggu anggukan kepalaku. Bismillah! jalan longsong dengan sebelah tebing dan sebelah lainnya jurang terjal! Aaaggrrhh!

Berhasilkah?

Alhamdulillah, jika tak berhasil, maka tulisan ini insyaallah tidak akan pernah ada. Allah masih melindungi kami semua, dan anak-anak tak satu pun yang terbangun untuk menyaksikan kengerian berpacu dengan adrenalin kami.

Travelling memang sudah menjadi hobi kami yang tak pernah menjemukan. Minimal setahun sekali kita semua pasti melakukan perjalanan jauh yang sering kita sebut dengan istilah travelling. Bagi yang sudah berkeluarga di mana mertua dan orang tua berjauhan tempat tinggal meski masih dalam satu pulau, membuat aktifitas rutin tahunan ini wajib banget untuk selalu dapat ditunaikan. Birrulwalidain-lah sebutannya. Berbakti kepada kedua orang tua. Seperti aku, ujung barat Jawa tengah menuju ujung timur Jawa Tengah. Setiap tahun minimal sekali melewati rute yang berbeda. Jadi meski tiap tahun tujuannya sama, namun kita selalu menemukan jalur baru yang selalu berbeda dari tahun ke tahun.

Hal unik yang ditemui sepanjang jalan selalu menarik untuk kubagi dengan semua orang. Hal unik yang membuat kita selalu semangat meniti hari bersama keluarga. Sayang sekali kan hobi ini jika dibiarkan terendap begitu saja di dalam memori kita? Makanya mulai beberapa bulan ini seiring dengan tumbuhnya minat untuk belajar menulis, aku ingin selalu membagi semua hal, terutama mengenai travelling, dan lebih keren sekarang dengan sebutan travel blogger. Minimal berbagi informasi yang bermanfaat terkait semua hal.

Produktif Menulis dengan ASUS
Gambar: Doc. Pribadi

Tuh kan, menulis adalah hal baru (lagi) yang membuatku terus semakin bersemangat. Bersemangat memasuki dunia baru yang menurutku makin berwarna di dalamnya. Ya, memang menulis termasuk salah satu terapi untuk membarukan semangat dalam jiwa.

Laptop ASUS
Gambar: Doc. Pribadi

Alhamdulillah berbekal laptop ASUS X541U aku mulai produktif menulis. Menulis apa saja yang ada di dalam kepalaku. Tak terasa semua hal bisa menjadi ide segar buatku, meski cara menuangkannya belum semulus yang dibayangkan. Menulis menjadi rutinitas baru yang begitu menyenangkan bagiku.

ASUS, merk laptop terkenal di Indonesia yang menurutku sudah paling canggih, rupanya selalu mengeluarkan seri baru untuk lebih memberi fasilitas unggul demi memfasilitai para pecandu menulis.

Sebut saja ASUS ZenBook 13 UX331UAL yang saat ini sudah masuk pasaran Indonesia.

Sepertinya itulah laptop impianku, laptop lembut, ringan namun powerfull. Kabarnya laptop ini sudah diuji kekuatannya oleh artis beken Raditya Dika.

Berikut sedikit spesifikasi ASUS ZenBook 13 UX331UAL :

ZenBook 13 UX331UAL memiliki ketebalan yang sama seperti saudaranya, ZenBook UX331UN yakni hanya 13,9 milimeter. Tetapi ia berhasil menembus angka di bawah 1 kilogram untuk bobot keseluruhan. Tepatnya, hanya 985 gram saja.

ASUS ZenBook 13 UX331UAL Yang Super Tipis dan Ringan
Gambar: Channel.asus.com
Gambar: Channel.asus.com

Masya Allah, ini si ringan banget! nggak bakal membuat punggung kita bungkuk seharian menggendong laptop ini mah! meski dibawa keliling Indonesia. Duh, makin mupeng kan jadinya?

Dibanding ZenBook 13 sebelumnya yang menggunakan aluminium chassis, konstruksi berbasis magnesium alloy pada ZenBook 13 UX331UAL membuatnya sangat tangguh.

Bahkan ia memenuhi standar military-grade MIL-STD 810G dan lolos uji daya tahan untuk memastikan kemampuannya beroperasi dalam berbagai kondisi.

Meskipun punya tampilan yang sangat lembut, ZenBook 13 UX331UAL telah lolos pengujian berat standar daya tahan military-grade MIL-STD 810G. serius ini? Hmm, pantesan di channel Raditya Dika, laptop ini mah masih bertengger meski dilindas oleh motor, amazing!

Trus, masih banyak lagi keunggulan ZenBokk 13 UX331UAL. Dibawah ini alasan kenapa laptop ini menjadi laptop impian sobat traveler:

Laptop tipis, ringan dan powerfull

Saat bepergian, pastinya kita menginginkan laptop yang paling tipis, paling ringan, dan paling ringkas. Inilah yang ditawarkan ZenBook UX331UAL dengan bobotnya yang hanya 985g (kurang dari berat rata-rata sepasang sepatu!) ketipisan 13.9mm, sehingga sangat nyaman saat bepergian. Desain bingkai NanoEdge juga sangat ringkas untuk laptop ukuran 13 inchi: ZenBook UX331UAL ini tentunya adalah teman perjalanan Anda yang setia, ke mana pun Anda pergi!

Wi-Fi Master

Dengan aplikasi ini, laptop mampu mendapat kecepatan transfer yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh dibanding laptop lain pada umumnya. Dari jarak 300 meter atau lebih masih bisa mengakses Wi-Fi yang meski mendapat interferensi dari perangkat USB 3.0. Jarak ini 65 meter lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya yang tidak memiliki Wi-Fi Master.

Kinerja Laptop Mumpuni

Meskipun desainnya yang ringkas dan ultraportabel, ZenBook UX331UAL ini tidak berkompromi dengan kinerjanya: Prosesor Intel® Core™ i5 Generasi ke-8 yang supercepat, RAM 8GB, dan SSD 256GB PCIe® memungkinkan kita untuk menyelesaikan seluruh tugas dengan mudah. Plus, system audio Harman Kardon-nya juga memberikan suara imersif yang kencang dan kuat. Keren kan!

Baterai Yang Super Awet

ZenBook UX331UAL ini memang dirancang untuk mereka yang memiliki gaya hidup non-stop, karena ZenBook ini menawarkan kebebasan pemakaian baterai sepanjang hari. Ohoho, laptop ini dilengkapi dengan baterai lithium-polymer 50Wh yang dirancang khusus untuk memberikan ZenBook UX331UAL daya tahan baterai hingga 15 jam.

Sensor Sidik Jari dengan Windows Hello

Mengakses ZenBook UX331UAL menjadi lebih aman lagi berkat sensor sidik jari yang ada di touchpad dan Windows Hello. Nggak perlu lagi mengetikkan kata sandi setiap kali masuk: Cukup satu sentuhan saja. Cepat dan praktis!

Kenyamanan Saat Mengetik

ZenBook UX331UAL ini dilengkapi dengan keyboard backlit ukuran penuh dengan desain yang kokoh, memberi pengguna pengalaman mengetik yang luar biasa dalam segala kondisi pencahayaan. Boleh dibilang ini adalah mahakarya ergonomi, dengan jarak penekanan tombol keyboard 1,4 mm yang dioptimalkan untuk kenyamanan saat mengetik. Laptop ini juga didukung dengan teknologi palm-rejection dan mendukung gerakan multi-jari dan tulisan tangan. Yes, kenyamanan mengetik mempertahankan kita dalam posisi yang sama dalam waktu lebih lama. Itu artinya apa? Artinya kita akan semakin produktif menulis kawan!

Kenyamanan Mengetik dengan ASUS ZenBook 13 UX331UAL
Gambar: Channel.asus.com

Duh, mimpi apa ya aku, kalau tahun ini mendapat laptop idaman se-keren ZenBook 13 UX331UAL? Allahuakbar, Shalawatin dulu! Allahummashalli’ala Muhammad! Bismillah!

NAIK BUS MEWAH INI, HANYA MEMBAYAR DENGAN 3 BUAH SAMPAH! AH, MASA?

Ada bus kota yang naiknya hanya dibayar dengan sampah? Ini gokil banget! Semoga bukan karena akunya saja yang kudet alias kurang update. Bus dengan fasilitas modern super lengkap, ramah anak, ramah bumil (Ibu hamil, red), ramah lansia(lanjut usia) juga ramah difabel ini sangat memanjakan fasilitasnya. Dan, biaya naiknya hanya dengan menukarkan sampah plastik berupa botol bekas saja! Percaya? Aku berkali-kali mengulang kalimat itu di sebuah media sosial Instagram resmi dari Dinas Perhubungan kota Surabaya. Serius bayarnya hanya pakai botol plastik bekas? Kalau bener, amazing pakai banget! Benar-benar langkah baru dalam upaya mencintai lingkungan. Langkah pionir yang berani mengambil keberanian yang luar biasa. Apakah di daerah lain sudah ada yang menggunakan metode pembayaran bus dengan menukarnya dengan sampah?

Gambar: Detik.com

Namanya Suroboyo Bus. Sesuai dengan namanya, tentu saja bus ini beroperasi di kota Surabaya. Yah, kota yang akhir-akhir ini sedang galak melakukan kegiatan dalam rangka mengelola lingkungan secara sehat dan bertanggungjawab. Asli, aku memang belum pernah sekali pun menginjakkan kaki ke daerah Surabaya. Tapi begitu ada informasi ini, jadi sangat antusias pengin mencoba ke sana juga.

Berkat Kerjasama Antar Dinas dan Tata Kota Surabaya

Dinas Perhubungan Kota Surabaya bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Tata Ruang Kota, bersama-sama mencetuskan untuk pertama kalinya di Indonesia dalam mengoptimalkan pemanfaatan dan pemilahan sampah pada sektor transportasi. Memberikan layanan publik sekaligus mengupayakan peningkatan kebersihan lingkungan dalam waktu yang bersamaan.

Suroboyo Bus yang menjadi ikon transportasi di kota Surabaya ini di launching pada hari Sabtu tanggal 07 April 2018 lalu. Bus bermesin matic ini semenjak awal beroperasi sangat dinantikan oleh para penumpangnya yang antusias. Sampai-sampai bus yang seharusnya menjadi alat transportasi publik ini beralih menjadi city tour bus. Beberapa penumpang sengaja mengajak anak-anaknya untuk berputar-putar keliling kota Surabaya dengan naik Suroboyo Bus.

Gambar: instagram Suroboyobus

Meskipun halte masih memanfaatkan yang lama karena masih membutuhkan waktu yang cukup untuk membangun halte baru, namun secara lengkap pengoperasian moda transportasi baru di kta Surabaya ini terbilang sempurna. Halte baru yang lebih bagus dan aman bagi penumpang, segera dibangunn. Halte yang melindungi penumpang dari kehujanan.

Fasilitas modern dan lengkap begitu memanjakan warga kota Surabaya atau warga daerah lain yang sedang berkunjung ke kota Surabaya. Design bus yang mewah, nyaman juga terdapatnya jendela kaca yang lebar sangat memberi kepuasan bagi penumpangnya untuk menikmati keindahan kota Surabaya. Duh, sudah mirip banget dengan bus-bus di luar negeri kan? Makin pengin ke sana, deh, jadinya.

Bus Nyaman dan Aman

Paling seru saat naik bus adalah rasa nyaman yang dijamin. Bukannya was-was seperti kita naik bus pada umumnya. Pencopet, pencuri, penjambret dan lainnya bisa bebas berkeliaran di dalamnya. Bahkan tak jarang, kondektur bus yang tahu kejadian itu pun tak bisa berkutik lantaran lebih takut sama tampang dan perilaku pencopet itu.

Lain halnya dengan bus modern satu ini. Bus bertingkat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan keunggulan sebagai berikut:

CCTV sebanyak 12 buah untuk menjamin keamanan

Delapan buah CCTV berada di dalam bus, dan 4 sisanya berada di luar bus. CCTV ini akan terpantau dari darat sehingga bila di dalam perjalan bus itu terdapat tindakan perampokan, penjambretan, atau pencurian, makan tindakan itu akan segera terlacak dan pelakunya akan tertangkap di halte berikutnya.

Low Deck

Pijakan tangga untuk masuk ke dalam bus yang pendek ini akan memudahkan penumpang untuk turun langsung di area pedestrian kota Surabaya. Konsep ini juga begitu memudahkan bagi penumpang perempuan yang hamil, membawa anak kecil, orang dengan disabilitas, lansia juga bagi mereka yang menggunakan kursi roda untuk masuk ke dalam bus.

Kursi warna-warni

Gambar: instagram Suroboyobus
Gambar: instagram Suroboyobus

Suroboyo Bus di-design dengan kursi single seat warna-warni yang ramah terhadap perempuan maupun kaum lansia juga disabilitas. Masing-masing kursi mempunyai warna sesuai dengan penempatan penumpang:

Kursi Pink: Khusus bagi perempuan

Kursi Merah: Untuk Ibu hamil dan Lansia

Kursi Oren: Untuk penumpang umum, laki-laki atau perempuan.

Selain kursi, bus ini juga memfasilitasi bagi penumpang yang sehat untuk berdiri selama perjalanan, dengan berpegangan pada pegangan yang tersedia bergelantung di atap bus.

Sedangkan ruang khusus untuk disabilitas dengan kursi roda ditempatkan di bagian tengah bus dengan fasilitas pengaman kursi roda secara khusus yang telah disiapkan.

Panic button

Bus dengan konsep modern ini juga dilengkapi dengan “Panic Button” atau tombol darurat. Tombol ini bisa dipencet saat terjadi kebakaran di dalam bus. Jika tombol ini dipencet, maka bus akan berhenti, mesin mati dan pintu segera membuka secara otomatis.

Jendela kaca yang lebar

Jendela ini memberi keleluasaan bagi penumpang untuk menikmati indahnya kota Surabaya.

Jalan bebas hambatan

Bus ini melaju bebas hambatan karena tidak pernah terkendala dengan lampu traffic light yang menyala merah.

Petugas Yang Super Ramah

Gambar: instagram Suroboyobus

Petugas Suroboyo bus selalu siap membantu penumpang dengan senang hati, demi terciptanya kenyamanan dalam perjalanan.

Oh iya, untuk cara penukaran sampah plastik botol air mineral bekas, begini mekanismenya:

Gambar: instagram Suroboyo bus
  1. Penumpang membawa sampah plastik yang sudah dibersihkan ke halte terdekat atau bank-bank sampah.
  2. Sampah plastik yang sudah dibersihkan diserahkan kepada petugas yang ada di halte.
  3. Petugas akan memberikan satu tiket naik untuk ditukarkan dengan 3 buah botol plastik besar atau 6 botol plastik kecil atau 10 gelas plastik.
  4. Satu tiket berlaku untuk satu kali perjalanan dengan penghitungan waktu maksimal 2 jam untuk setiap tiketnya. Batas waktu berlakunya tiket tertera pada tiket.
Kartu tukar sampah Suroboyo Bus
Gambar: instagram Suroboyobus

Meski, pembayaran dengan sampah sifatnya tidak permanen, namun langkah ini begitu menggembirakan warga. Langkah ini jelas akan memberi perubahan pada perilaku warga terhadap pengelolaan sampah plastik pada khususnya. Setelah nanti sistem lebih dimatangkan, maka akan berlaku tarif sama jauh dekat, yaitu sekitar Rp 6.000,- saja sekali jalan. Tentu saja itu masih saja terjangkau untuk semua fasilitas yang ditawarkan.

Bus Berteknologi Modern

Bus berukuran panjang 12 meter dan lebar 2.4 m ini ternyata harganya fantastis. Per unit bus seharga 2.4 M. Luar biasa! Bus ini memiliki koneksi langsung dengan Surabaya Intelijen Transportasi System (SiTS). Koneksi ini mampu mengatur traffic light yang ada di depannya. Dalam jarak beberapa meter, koneksi ini akan dengan otomatis mengatur traffic light akan menyala hijau sedangkan traffic light di seberangnya akan mernyala merah. Sehingga Suroboyo bus akan dapat terus melaju tanpa ada hambatan lampu merah. Sampainya bus dari satu halte berjarak sekitar 20 menit saja dengan sistem pengendali traffic light ini.

Duh, kebayang nggak sih, naik bus serasa naik kereta yang bebas hambatan? Seru banget nih!

Hanya saja jumlah unit yang disediakan masih terbatas, yaitu baru terdapat sekitar 8 unit bus saja, sehingga jadwal keberangkatan masih lumayan jarang. Dari awal launching, pemerintah kota Surabaya sudah bertekad bahwa ada atau tidak ada penumpang, Suroboyo Bus akan terus melaju sesuai dengan jadwal keberangkatan yang telah diatur. Pada kenyataannya bus ini semenjak awal peluncuran selalu dipenuhi penumpang, baik yang memang berkepentingan untuk bepergian atau hanya sekadar jalan-jalan saja.

Dari 8 unit yang sudah berjalan, masih terlalu kurang dibandingkan dengan jumlah penumpang yang ingin naik. Penumpang membludak dari prediksi. Banyak yang menyesalkan dengan jumlah unit yang terlalu sedikit. Dinas Perhubungan Kota Surabaya pun memberikan jawaban yang menggembirakan. Masih di tahun ini juga, rencananya jumlah armada Suroboyo Bus mau ditambah sekitar 10 unit lagi, memenuhi permintaan para penumpang yang sudah antusias berlangganan.

Hmm, benera ya, baru kali ini ada bus dengan fasilitas yang luar biasa. Setidaknya jika konsep ini bisa berlangsung sempurna, akan memberikan banyak manfaat besar bagi kota Surabaya pada khususnya, antara lain:

Suroboyo Bus dan Kemacetannya
Gambar: instagram Suroboyobus
  1. Mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas karena banyak penumpang yang lebih memilih naik bus dari pada mengendarai kendaraan pribadi.
  2. Menurunkan angka kemacetan lalu lintas. Bayangkan jika satu unit bus ini saja mampu membawa lebih dari 60 penumpang, hitung berapa penyusutan penggunaan motor maupun mobil pribadi dalam satu kali jalan? Sangat signifikan!
  3. Meningkatkan kebersihan lingkungan, terutama dari sampah plastik yang sekarang menjadi masalah tersendiri bagi lingkungan yang semakin rusak.
  4. Mengurangi angka polusi udara. Berkurangnya jumlah kendaraan bermotor karena banyaknya penumpang yang lebih memilih naik bus, akan memberi dampak positif terhadap jumlah asap kendaraan yang mengotori atmosfer kota Surabaya.
  5. Meningkatkan jumlah kunjungan wisata baik dari dalam negeri mau pun luar negeri. Kebersihan dan apiknya tata ruang kota Surabaya memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Mereka akan semakin betah dan semakin banyak merekomendasikan ke teman dan saudaranya karena kota Surabaya kini menjadi kota yang sangat bersih, aman dan nyaman.

Duh, harus segera bikin resolusi nih, minimal tahun depan harus bisa berkunjung dan merasakan serunya naik bus bergambar ikan Suro (Hiu) dan Boyo ini di kota Surabaya. Untuk pertama kalinya. InsyaAllah!

 

PAYUDARA KECIL? JANGAN BERKECIL HATI!

Payudara kecil bisa menghasilkan Air Susu Ibu yang melimpah ruah! kok bisa?

Hai ladies, ssst! Kamu boleh banget baca ini di dalam kamar sewaktu sendirian, ya! Jadi gini, semua perempuan pastinya mempunyai payudara yang membesar saat dia menginjak dewasa. Ini berhubungan dengan perannya kelak menjadi ibu yang harus menyusui bayinya. Namun, masing-masing individu tentu memiliki ukuran dada yang berbeda-beda. Ada yang memiliki dada besar, ada juga yang kecil. Bagi yang mempunyai dada besar terkadang merasa bahwa dirinya lebih normal dibanding dengan yang tidak. Sebaliknya, bagi yang memiliki payudara ukuran lebih kecil, selain merasa dirinya “berbeda” juga kerap dihantui rasa takut kalau-kalau kelak saat mempunyai bayi tidak bisa maksimal menyusui bayinya.

anatomi payudara

Payudara tersusun dari beberapa jaringan di dalamnya. Ada jaringan kulit yang membungkus payudara, jaringan lemak di bawah kulit, juga jaringan ikat, serta yang paling utama dari payudara adalah jaringan kelenjar air susu. Perbedaan ukuran antara payudara besar dan kecil terletak pada banyak tidaknya jaringan lemak yang mengisi antara kulit dan jaringan lain di sekitarnya. Semakin banyak lemaknya maka ukuran payudara akan semakin besar. Begitu pun hubungannya dengan berat badan, semakin berat seseorang maka payudara akan semakin besar.

Keberadaan lemak di payudara selain sebagai bantalan untuk melindungi dari benturan juga mengisi volume dan menyimpan energi dalam bentuk lemak. Ukuran besar memperindah bentuk dan ukuran payudara yang terkadang menjadi parameter kecantikan fisik. Namun, bagaimanakah fungsi asli payudara? Apakah kalau payudara besar dan indah juga pasti akan memberikan fungsi yang lebih bermanfaat dibanding dengan yang kecil?

bounding antara ibu dan bayi

Fungsi dari payudara yang paling utama adalah sebagai pabrik susu, memproduksi air susu ibu (ASI) yang sangat bermanfaat bagi bayi yang kelak dilahirkan. Banyaknya jumlah kelenjar susu sayangnya tidak berbanding lurus dengan ukuran payudara sendiri. Kelenjar susu antara payudara besar dan kecil sama jumlahnya. Terkadang justru payudara yang kecil lebih lancar aliran ASI-nya karena jaringan lemak yang sedikit tidak mengganggu kelancaran ASI.

Pada kenyataannya, payudara kecil pun, saat hamil bisa membesar, jaringan kelenjar susu akan terisi penuh. Tak jarang, perempuan dengan payudara kecil justru bisa memproduksi lebih banyak air susu ibu dibandingkan dengan payudara yang besar. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi jumlah produksi asi. Salah satunya adalah kemauan ibu yang kuat untuk memberikan ASI eksklusif yang maksimal ke anaknya. Semakin ibu semangat dan sering menyusui anaknya, maka produksi ASI akan menjadi semakin melimpah ruah.  itu artinya ikatan antara ibu dan bayi sudah terjalin kuat, saling membutuhkan. Dan produksi ASI yang banyak akan membuat ukuran payudara membesar dan terus membesar.

Sekali lagi, ukuran payudara tidak mempengaruhi banyak sedikitnya produksi ASI, tetapi dipengaruhi oleh banyaknya kelenjar susu yang produktif dan frekuensi pemberian susu kepada bayinya. Layaknya pabrik, kelenjar susu pun akan memproduksi ASI mengikuti permintaan dari bayi. Semakin bayi “rakus” dalam menyusu, dan semakin sering ibu menyusui, maka produksi ASI akan semakin banyak. Namun, tentu saja harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan minum yang banyak, ya!

menyusui bayi dengan cinta

 Jadi gimana? Sudah tak sedih lagi kan kalau payudaranya ternyata tak sebesar yang diimpikan? Masih bisa menyusui bayi dengan sempurna, kok! Dan jangan khawatir, suami lebih mengkhawatirkan saat bayinya tidak bisa menyusu ketimbang mempermasalahkan ukuran “pabrik” susunya. Coba hitung, berapa banyak ibu yang nggak mau menyusui dengan alasan takut payudara indahnya “rusak”? So, be calm with small breast, Kamu masih bisa menjadi ibu yang sempurna bagi anak-anak lucu kelak. Insya Allah!

CARI GAWAI DENGAN KAMERA TERCANGGIH? KAMU WAJIB BACA INI

Cari gawai dengan kamera tercanggih? Kamu wajib baca ini!

iPhone? Duh mimpi apa ya bakal bisa beli gawai keren beken kayak itu? Iya sih, pegang aja pernah, tapi kalau memiliki rasanya, entah tahun berapa bisa punya sendiri. Gawai nomor satu di dunia itu memang paling depan perihal kemajuan fitur dan teknologinya.

Sebut saja iPhone 8 Plus yang paling anyar keluar. Fiturnya sungguh membuat semua orang terkesima. Mulai dari kebutuhan utama ala penduduk Indonesia akan gawai yakni Selfie, fasilitas kameranya jangan ditanya, tak hanya menghasilkan gambar yang super bening tapi sarana untuk pengambilan gambarnya juga semakin mantab. Teknologi yang diaplikasikan sangat beragam dengan perancangan kamera mutakhir yang mampu merespon berbagai rangsang tak hanya sentuhan pada tombol kamera saja namun bisa melalui deteksi wajah maupun tubuh.

Berikut ini fitur lengkap dari kameran iPhone 8 yang kamu cari-cari:

Kamera

Kamera telefoto dan wide-angle 12 MP

  • Wide-angle:bukaanƒ/1.8
  • Telefoto: bukaan ƒ/2.8
  • Zoom optik;
  • zoom digital hingga 10x
  • Mode Potret
  • Pencahayaan Potret (beta)

Kamera semakin lengkap dengan adanya:

  • Penstabilan gambar optik
  • Lensa enam elemen
  • Flash True Tone Quad-LED dengan Slow Sync
  • Panorama (hingga 63 MP)
  • Penutup lensa kristal safir
  • Sensor penerangan sisi belakang
  • Filter IR hibrida
  • Fokus otomatis dengan Focus Pixels
  • Ketuk untuk fokus dengan Focus Pixels
  • Live Photo dengan penstabilan
  • Pengambilan foto dan Live Photo dengan rentang warna luas
  • Pemetaan warna lokal yang lebih baik
  • Deteksi tubuh dan wajah
  • Kontrol eksposur
  • Pengurangan noise
  • HDR otomatis untuk foto
  • Penstabilan gambar otomatis
  • Mode beruntun
  • Mode timer
  • Penanda lokasi foto
  • Format gambar yang diambil: HEIF dan JPEG

Lagi, bagi yang hobi nge-vlog, pasti pengin banget punya gawai yang juga sangat jago untuk perekaman video. Tanpa harus repot menggunakan stabilizer untuk menghasilkan video yang “anteng” tidak goyang. Selain kualitas videonya jadi super keren, kamu juga bakal dimudahkan dalam pengambilan video dengan menggunakan fitur dalam iPhone 8 Plus.

Perekaman Video

  • Mampu merekam video 4K pada kecepatan 24 fps, 30 fps, atau 60 fps
  • Mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps atau 60 fps
  • Mampu merekam video HD 720p pada kecepatan 30 fps
  • Penstabilan gambar optik untuk video
  • Zoom optik; zoom digital 6x (khusus iPhone 8 Plus)
  • Flash True Tone Quad LED
  • Dukungan video slo-mo untuk 1080p pada kecepatan 120 fps atau 240 fps
  • Video selang waktu dengan penstabilan
  • Penstabilan video sinematik (1080p dan 720p)
  • Video fokus otomatis kontinu
  • Deteksi tubuh dan wajah
  • Pengurangan noise
  • Mengambil foto 8 MP sambil merekam video 4K
  • Zoom pemutaran
  • Penanda lokasi video
  • Format video yang direkam: HEVC dan H.264

Duh, udah ngebayangi punya iPhone baru nih. Ah, biasanya sangat over protected terhadap gawai keren satu itu. Namun, sayang biasanya hanya bertahan beberapa hari saja protect-nya. Dijauhkan dari jangkauan anak karena takut layarnya tergores, takut kena minyak, takut salah dalam prosedur nge-charge yang bikin baterai gembung. Ih, itu biasa banget. Apalagi yang punya emak-emak ya? Pasti akan sangat dihindarkan dari jangkauan balita. Alih-alih, bukannya menjaga malah iPhone kesayangan kena lempar dan berujung retak, pecah dan bisa jadi mati total. Hi, serem kan?

iPhone LCD Pecah Gambar: sinyaliti.com

Giliran Lcd sudah retak, bingung deh mau servisinnya di mana yang bisa dipercaya dan tidak memainkan harga. Ternyata ada juga ya tempat Service LCD iPhone Pecah yang dapat dipercaya. Kita bisa sepenuhnya mempercayakan penggantian Lcd di sana. Tak hanya harganya yang murah, kualitas pelayanan dengan garansi seumur hidup. Keaslian spare part juga sangat dijamin. Mantab ya?

iPhone Mati Total
Gambar: Sinyaliti.com

Masalah lain yang sering terjadi pada gawai seorang emak adalah iPhone Mati Total. Ini cenderung muncul karena keteledoran atau terkena benturan, dan lain sebagainya. Trus, diapain ya enaknya? Yang pertama harus dilakukan adalah mencari tempat service iPhone Mati Total. Ada? Pasti ada. Tinggal hubungi saja nanti dari pihak sana akan datang ke tempat. Siap untuk menyelesaikan masalah di tempat dengan rentang waktu antara 30 – 45 menit. Namun jika kerusakannya lebih kompleks dan luas, iPhone harus dibawa ke tempat service. Ya iya kan? hanya bedanya, kamu bakal mendapat gantai gawai sementara iPhone mu dibenerin. Enaknya! Kita bisa tetap terhubung dengan semua orang yang membutuhkan kita saat iPhone rusak kita masuk bengkel. Namun, tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Kamera Belakang iPhone
Gambar: Sinyaliti.com

Hmm, beneran ya, namanya juga hasil teknologi, jadi selain punya keterbatasan juga pasti akan bersifat fana sempurnanya. Paling mati gaya kalau iPhone kita trouble pada kamera belakang. Duh, bagi pehobi fotografi ala tipis-tipis, kamera belakang begitu urgent keberadaannya. Kerusakan pada kamera belakang bisa jadi menjadi sumber galau selamanya. Terpaksa mau tidak mau agar bisa melanjutkan hobinya jeprat-jepret, segera Ganti Kamera Belakang iPhone dengan yang baru. Tentu saja harus di tempat yang terpercaya juga.

Hmm, gimana? Makin mupeng ya denger kesempurnaan yang nyaris dimiliki oleh iPhone ini? Yuk nabung mulai sekarang!

EGRANG, BUDAYA LOKAL INDONESIA, IKHLAS KAH JIKA KELAK DIAKUI OLEH NEGARA LAIN?

Egrang, Budaya Lokal Indonesia, Ikhlas Jika Kelak Diakui Oleh Negara Lain?

Kalau egrang, permainan sekaligus alat olahraga tradisional kita diakui oleh negara lain, kamu ikhlas nggak? Atau nggak peduli?

Jadi, ini sesuatu banget. Ada seorang bapak sudah berumur, rela menghabiskan waktunya selama 55 hari dengan naik egrang dari Jogja ke Jakarta. Beliau berhasil bertemu muka dan berfoto bersama Presiden kita Joko Widodo. Bayangkan, 55 hari hanya berjalan menyusuri pinggiran jalan raya, melawan panas terik dan juga dinginnya malam demi memperjuangkan agar egrang kembali tenar. Agar egrang kembali dicintai oleh masyarakat Indonesia. Bisa bayangkan lelahnya? Apa nggak lecet-lecet tuh kaki? Ya, bahkan hanya berjalan menggunakan sandal ter-empuk pun kalau untuk berjalan sejauh itu saya rasa pasti akan membuat lecet kaki dan pegal-pegal seluruh tubuh. Iya, kan? Apalagi menggunakan egrang? Tapi itulah upaya Pak Yudi si Raja egrang dari Jogja. Bapak berperwakan tinggi itu ingin kembali membuadayakan egrang sebagai salah satu kekayaan Indonesia.

Sejak aksinya mengenalkan egrang dengan cara unik itu, Pak Yudi makin dikenal dengan Raja Egrang-nya. Pak Yudi melanjutkan dengan membuka stand egrang di Alun-alun Selatan Jogja. Stand yang memberi fasilitas egrang mulai dari egrang bumbung (ruas bambu dengan tali), egrang kecil hingga egrang paling tinggi tersedia di sana. Pak Yudi tidaak mematok harga, hanya infak seikhlasnya untuk pemeliharaan egrang-egrangnya agar selalu diremajakan. Pak Yudi begitu mencintai anak-anak. Siapa pun yang mau belajar bermain egrang di sana dan berhasil meyakinkan bahwa dia mau belajar maksimal dengan membuktikannya bisa naik egrang, akan dapat sepasang egrang sesuai permintaannya, gratis.

Gambar: doc. pribadi

Siapa sangka, banyak sekali anak yang tertarik untuk ikut menaklukkan angkuhnya bambu setinggi 2 meter itu. Hingga sekarang setiap malam tempat itu pasti penuh dengan anak-anak yang bermain egrang. Semua anak kecil itu lihai, ada yang berlari, ada yang sambil duduk dan lainnya. Pak Yudi berhasil membuat anak-anak mencintai egrang sebagai budaya asli Indonesia.

Permainan ini, dulunya merupakan alas kaki yang dipakai oleh kerajaan untuk berjalan. Jadi hanya lingkungan kerajaan yang boleh menggunakan alat egrang ini. Alas kaki itu kini mengalami transformasi menjadi alat olah raga yang cukup digemari. Selain menyehatkan, egrang juga sangat membantu kita menghilangkan stress akibat beban kerja. Ditanggung, seluruh otot tubuhmu bakal gerak dan aktif sehingga bisa menyehatkan raga sekaligus menyehatkan hati. Mulai dari otot betis, otot lengan atas, otot perut, otot jari-jari kaki dan tangan dan juga otot punggung, semua bekerja sama saling bersinergi.

Seperti budaya lainnya, gamelan misalnya, yang sekarang mulai digandrungi oleh para turis mancanegara. Tarian tradisional juga tak ketinggalan, mulai banyak pendatang dari luar negeri yang ingin belajar memperdalam kebudayaan kita yang sering kita lihat sebelah mata. Egrang, juga mulai dilirik oleh para pendatang dari luar negeri. Banyak yang minta kerjasama agar dibuatkan egrang, bahkah mau beli beratus-ratus pasang egrang. Bolehkah? Nanti dulu!

Gambar: doc. pribadi

Pak Yudi sebagai kapten Raja Egrang, punya mimpi kelak egrang yang sedang kembali dibumikan lagi di Indonesia, bisa masuk ke dalam salah satu cabang olah raga yang diakui di Indonesia. Tekadnya mengenalkan egrang terutama pada anak-anak bertujuan agar anak-anak mencintai budaya lokal. Budaya permainan tradisional yang tak hanya mengandalkan keseimbangan namun juga koordinasi antar kerja otot dan otak menjadi titik berat berhasilnya seseorang mampu berjalan dengan egrang.

Tidak hanya itu, dengan egrang juga akan mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget, sehingga aktifitas ini bisa menurunkan angka kecanduan terhadap game, video yotutube dan sajian lainnya dari layar gawai yang kini mulai menjadi momok bagi para orangtua.

Gambar: Doc. Pribadi

Sebut saja Abiyyu, anak usia TK B ini dari awal mengenal egrang tak pernah putus asa belajar. Gawai yang hampir setiap saat digenggamnya semakin bisa dialihkan dengan aktifitas fisik itu. Jatuh bangun sama sekali tak menyurutkan semangatnya dalam menaklukkan batang bambu yang tingginya dua kali lipat dari tinggi badannya itu. Nyalinya berkembang seiring dengan beberapa lecet di jari kaki karena menjepit bambu warna-warni itu. Jera kah dia? Tidak!

Tak sampai seminggu, Abiyyu bisa menaklukkan, mulai dari nol hingga akhirnya mahir menjalankan egrang tanpa dibantu siapa pun juga. Kecuali saat naik egrang yang sangat tinggi, biasanya anak kecil itu akan minta digendong dulu untuk naik ke atas. Baru setelah berhasil nangkring di atas, dengan lihai dia melenggang mengelilingi alun-alun selatan Jogja.

Turis domestik, turis mancanegara semua bisa ikut bermain di sana bersama teman-teman kecil dari Raja Egrang. Meski terhalang bahasa, nyatanya anak-anak kecil dari negara berbeda itu kerap bisa akur dan dekat.

Egrang, permainan tradisional yang sangat pantas untuk kembali kita tenarkan. Tak lagi hanya menjadi permainan kalangan Raja, namun alat sederhana itu kini bisa di akses oleh semua kalangan masyarakat.

 “Maaf, egrang ini tidak dijual, saya hanya akan membuatkan bagi sekolah-sekolah, atau wilayah lain selama masih berada di Indonesia. Dan saya bertekad belum akan membuatkan warga negara lain dulu sebelum permintaan kebutuhan egrang dalam negeri terpenuhi,” jawaban yang selalu Pak Yudi berikan pada pengunjung mancanegara yang minta dibuatkan egrang.

Tuh, kan? Egrang saja mulai dilirik, ikhlas kalau nanti egrang menjadi tenar di luar sana? Yuk peduli dengan semua budaya kita! Kuatkan budaya ini di tangan kita sendiri, agar dunia tahu bahwa egrang milik kita. Bagi siapa saja penduduk Indonesia, sangat terbuka untuk belajar gratis membuat egrang yang kuat, agar egrang membumi di negeri kita Indonesia tercinta. Siap tenarkan egrang? Harus siap!

Gambar: Mixagrip

Seru ya? Sehat dan berbudaya bersama egrang. Ngomong-ngomong sehat, terkadang entah beragam alasan membuat status kesehatan kita terganggu. Sebagai contoh penyakit sepele yang sering tidak kita anggap namun sangat mengganggu aktifitas adalah penyakit flu. Penyakit ini begitu mudah menyerang siapa saja. Penyakit yang cara penularannya sangat mudah ini susah dihindari saat stamina dan kekebalan tubuh kita sedang drop. Nah kondisi seperti itu sangat pas kalau kita punya persediaan obat yang aman, contohnya adalah MIXAGRIP. Kandungan obat ini meliputi beberapa obat yang diindikasikan untuk meringankan gejala flu. Komposisi di dalamnya juga tersusun atas obat yang cenderung aman. Obat ini bisa dibeli bebas di apotek tanpa resep. Namun, tetap harus mengindahkan hal-hal yang disarankan di dalamnya. Pastikan bahwa kamu tidak mempunyai riwayat alergi terhadap obat apapun sebelum meminumnya. Juga minum obat hanya seperlunya saja saat dibutuhkan. Dan jika setelah 3 hari keluhan tetap ada, segera konsultasi dengan dokter terdekat. Salam

AMAZING, TERNYATA SETIAP WANITA DIBEKALI 400 CALON BAYI DI PERUTNYA

AMAZING, TERNYATA SETIAP WANITA DIBEKALI 400 CALON BAYI DI PERUTNYA

“Dokter, saya kok belum pernah haid juga ya sampai sekarang?” keluh seorang remaja perempuan pada seorang dokter.

“Belum pernah sekali pun?” Tanya dokter.

“Belum dok,”

“Usianya berapa, Dek?”

“Saya 15 tahun, Dok. Apa nggak apa-apa dok? Apakah saya bisa hamil besok?”

Banyak sekali pertanyaan serupa di alamatkan ke dokter, baik di klinik, acara penyuluhan atau acara sharing kesehatan lainnya. Ternyata tanpa kita ketahui, Allah sudah membekali setiap perempuan yang akan terlahir dengan 6-7 juta sel telur di dalam indung telurnya, saat calon bayi perempuan mulai terbentuk. Namun hanya bertahan sebanyak 1-2 juta sel telur saja saat bayi perempuan itu dilahirkan. Sisanya kemana? Sisanya akan rusak dan diserap oleh tubuh. Sel-sel telur itulah yang jika mengalami pembuahan akan menjadi calon bayi-bayi yang lucu.

Pada usia menjelang pubertas (remaja) sel telur sebanyak 1-2 juta tersebut akan banyak sekali yang mengalami rusak dan menyisakan 300-400 sel telur saja yang akan matang bergantian setiap bulan. Satu sel telur akan matang setiap bulannya dari indung telur kanan dan kiri secara bergantian. Apakah semuanya berhasil mengalami pembuahan sel telur? Belum tentu.

Sebanyak itukah sel telur seorang perempuan?

Gambar: newyearpick.com

Coba kita hitung perlahan, seorang perempuan mulai masuk ke masa remaja atau disebut masa pubertas ditandai saat menarche (haid pertama muncul). Kapan itu terjadi? Rata-rata muncul pada usia perempuan 10- 15 tahun. Hingga kapan? Haid akan terus berlangsung sampai akhirnya berhenti dan dikenal dengan istilah menopause pada usia sekitar 50 tahunan. Masing-masing perempuan punya jadwal menopause berbeda-beda. Jadi masa haid perempuan selama 35-40 tahun.

Jika setiap bulan satu kali haid indung telur akan melepaskan satu sel telur matang, maka berapa sel telur yang matang dan dilepas selama 35-40 tahun?Dari hitungan ini bisa terlihat:

35 – 40 * 12 = 420 – 480 bulan. Setiap bulan satu sel telur matang, maka 420-480 bulan akan mematangkan sejumlah sel telur yang sama dengan jumlah bulan tersebut. Berapa sel telur yang akan mengalami pembuahan? Sejumlah telur yang nantinya bertemu dengan partnernya yaitu sprema.

Jumlah sel telur matang tersebut terpotong saat perempuan tersebut hamil 9 bulan, karena selama hamil perempuan tidak akan haid. Saat tidak haid maka sel telur itu tidak akan pernah matang, dan akan rusak untuk kemudian diserap kembali oleh tubuh. Setelah melahirkan, seorang perempuan juga tidak akan langsung mengalami haid minimal 6 bulan saat ia menyusui bayinya dengan cara eksklusif.

Saat perempuan menyusui, ia tidak akan mendapat haid. Kondisi ini disebut dengan istilah amenorrhea laktasi, yaitu kondisi tidak datangnya haid saat sedang menyusui. Amenorrhea laktasi ini terjadi dikarenakan hormon prolaktin yang tinggi selama perempuan tersebut memberikan ASI nya secara eksklusif minimal 6 bulan. Kondisi ini membuat tubuh perempuan tidak subur organ reproduksinya, sehingga bisa digunakan untuk metode KB alami.

Tuh, kan? calon bayi yang Allah siapkan di perut kita lebih dari ratusan, tapi berapakah yang berhasil lahir dari rahim kita? Ternyata Allah begitu peduli dengan keberlangsungan manusia di muka bumi ini. Allahu akbar!

PORTOFOLIO EKA WAHYUNI, BLOGGER DOKTER UMUM YANG JUGA MENULIS BUKU

PORTOFOLIO

Nama Blog      : www.healthymomy.com

Nama                 : Eka Wahyuni

Twitter             : @ekabyan

Instagram        : @eka_deejah

Facebook         : Eka Wahyuni

Youtube          : Eka Wahyuni

WhatsApp       : 087838976079

Blog Healthymomy adalah sebuah blog keluarga bertema: lifestyle, travelling, kesehatan, parenting dan kuliner. Selain menulis di blog, Eka Wahyuni yang juga seorang dokter umum juga menulis buku di sela-sela tugasnya mengisi beberapa klinik di Yogyakarta. Beberapa buku antologi dari hasil menang lomba seleksi menulis antologi sudah diterbitkan, di antaranya adalah:

BUKU ANTOLOGI

  1. Hidup Tenang Tanpa Riba | 2018 | Diva Press
  2. Hapus Sedihmu Nikmati Hidupmu | 2018 | Noktah
  3. Ya Allah, Izinkan Kami Punya Momongan | 2018 | Noktah
  4. Kumpulan Cerpen “Cinta Tak Biasa” Sedang proses terbit.

APRESIASI BLOG

Juara 30 Pengirim Artikel Pertama dari ShopBack “Belanja Akhir Tahun dengan ShopFest”

ARTIKEL DARING

http://www.temupenulis.org/cernak-piala-yang-retak/

http://www.temupenulis.org/pohon-tomat-ghani/

http://www.temupenulis.org/cewek-hobi-main-gitar-siapa-takut/

http://www.temupenulis.org/lima-kunci-sukses-ayah-dalam-membentuk-anak-cerdas/

http://www.temupenulis.org/ciri-dan-tips-merawat-kuku-kaki-yang-terinfeksi-jamur/

http://www.temupenulis.org/bye-bye-minder/

http://www.temupenulis.org/seandainya-waktu-ada-25-jam-sehari-masih-belum-cukupkah/

https://trenlis.co/inilah-9-penyebab-bau-mulut-yang-tidak-kamu-sadari-begini-cara-mengatasinya/

https://trenlis.co/kenapa-jerawat-tidak-boleh-dipencet-bagaimana-cara-mengatasinya/

Penginapan, Tempat Wisata dan Produk yang sudah direview oleh Eka Wahyuni:

Homestay Puri Langenarjan

https://www.healthymomy.com/homestay-mewah-harga-murah-paling-recomended-di-jogja/

ASUS X555

https://www.healthymomy.com/tiga-hal-ini-bikin-aku-jatuh-cinta-pada-asus-x555/

Pantai Goa Cemara Yogyakarta

https://www.healthymomy.com/liburan-unikku-tukik-yang-minta-merdeka/

Selain mulai intens menulis di blog, Eka Wahyuni juga sedang merampungkan beberapa buku solo dan duet bersama penulis lain. Eka Wahyuni merupakan ibu dari tiga orang anak hebat, berkepribadian supel dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, juga selalu terbuka dengan pemikiran-pemikiran yang mengajak untuk maju dan selalu produktif serta kreatif. Komunitas yang diikuti semakin memberi peluang kepada Eka Wahyuni untuk terus berkiprah dalam meningkatkan kebermanfaatannya terhadap orang lain dan juga dunia.

Kepribadian yang hangat memudahkan Eka Wahyuni untuk bergaul dengan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Beberapa komunitas yang aktif diikuti oleh Eka Wahyuni di antaranya adalah: Komunitas Temu Penulis Yogyakarta, Komunitas Bacaan Kita, Komunitas Emak Pintar Yogyakarta, Komunitas Ikatan Dokter Indonesia Cabang Bantul, Komunitas Jualan Buku Online, Komunitas Mengaji dan masih banyak komunitas positif lainnya. Menyukai persahabatan dan senang berbagi ilmu dan pengalaman apa saja yang bermanfaat untuk orang lain.

Untuk kepentingan kontak dan kerjasama, Eka Wahyuni bisa dihubungi melalui: ekabyan@gmail.com dan HP/WA: 087838976079

 

TIGA HAL INI BIKIN AKU JATUH CINTA PADA ASUS X555

Tiga hal ini bikin aku jatuh cinta pada ASUS X555. Seperti apa ASUS X555, cekidot!

“Ahahaha… ahahaha…” mereka terpingkal-pingkal baca tulisan laporanku.

Apanya yang salah? Aku hanya menuangkan segala deskripsi yang paling mendekati gambaran objek pemeriksaan bagianku. Aku menggambarkan sedemikian rupa sehingga orang yang membacanya akan dengan mudah mengartikan kondisinya. Aku tak bisa senyum atau ikutan tertawa. Otot mulut ini rasanya kaku. Kupaksa tersenyum pun pasti hasilnya akan sangat masam. Ya, aku hanya bisa diam dan ya, pasrah. Tapi dalam hati, sungguh aku merasa disepelekan dengan gaya tertawanya itu. Tiba-tiba udara dalam kotak ruangan tak begitu luas pun terasa sangat panas, hingga keringat jagung pun bercucuran di tengah suhu AC angka 21. Adrenalin itu telah mengambil alih semuanya.

Entah, pengalaman tak terlupakan itu sudah berapa tahun lamanya. Hingga kini, menulis tiba-tiba menjadi pekerjaan yang begitu menyenangkan bagiku. Berawal dari kesalahan membuat laporan yang berujung ditertawakan banyak orang sepertinya membuatku balas dendam. Dendam untuk terus semakin belajar bagaimana caranya menulis yang benar dan menarik. Cara menulis yang sesuai dengan kebutuhan. Membedakan gaya penulisan yang satu dengan yang lainnya.

Ya, keinginan itu bukan tanpa sebab, meski jika saja kuingat-ingat rasanya sudah lupa, sejak kapan aku suka menulis? Aku hanya ingat, sekarang sudah terbit 4 buku antologiku bersama teman-teman penulis hebat. Setidaknya dari setahun ini mulai intens menulis, hasilnya tak bisa menghianati usahaku.

Dengan ASUS menjadi Penulis Produktif
Sumber: doc. Pribadi

Menulis semakin bersemangat saat suami tiba-tiba menghadiahiku sebuah laptop sederhana. Bukan hanya karena laptopnya saja yang membuatku bahagia, pun karena sinyal izin yang diberikan kepadaku untuk menulis di tengah-tengah tugasku menjadi penjaga dan pendidik utama anak-anak. Bukankah yang paling utama bagi seorang perempuan menikah adalah ridlo suami? Aktifitas sekecil apapun jika atas keridloan suami, insyaallah akan lancar dan hasilnya berkah. Ridlo suami adalah ridlo Allah.

Bahagia menulis with ASUS
Sumber: doc. pribadi

Berbekal laptop yang dibelikan suami ini, aku jadi semakin gila menulis. Bukan hanya main-main, meski hanya berawal mengikuti berbagai lomba menulis antologi true story, buktinya terbitnya beberapa buku antologi membuatku tercengang sendiri. Serius ya sekarang aku bisa nulis?

Aku hampir menyepelekan diriku sendiri dengan pemikiran bahwa, “Ah, paling karena jurinya yang kasihan sama aku, salah menilai, kenapa tulisanku bisa lolos?”

Eits! Sebentar! Itu bukan menyepelekan diriku sendiri ternyata, itu menyepelekan sang juri yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan berpuluh tahun dan berhasil menerbitkan buku puluhan judul. Maafkan daku wahai juri, tidak, sangat tidak bermaksud seperti itu. Hanya memang diri ini harus terus berlatih untuk menghargaiku sendiri. Bahwa memang aku mampu. Biarlah orang menertawakan laporanku yang menurut mereka lebay, atau terlalu fiktif bahasanya, atau entahlah alasan yang sebenarnya apa aku pun tak ingin tahu lagi.

Sabar, memang kebiasaan dari dulu susah sekali menghargai diri sendiri. Selalu berpikiran negative terhadap diri sendiri, selalu menganggap diri sepele dan berbagai sikap negative lainnya. Aku baru sadar, setelah beberapa prestasi menulis berhasil mendongkrak tembok ketidak-PD-anku. ASUS-ku sangat berjasa.

Produktif Bersama ASUS X555
Sumber: doc. pribadi

Sudah bukan zamannya emak gaptek lagi. Meski tetap saja kemampuan dalam berteknologi tidak bisa melebihi laki-laki, setidaknya jika setiap hari kita terus berupaya menambah wawasan akan lebih merubah kita menjadi emak melek teknologi.

Nah, ngomong-ngomong tentang teknologi nih, ternyata ASUS sebagai merk laptop paling terkenal di Indonesia mempunyai jenis yang beragam. Salah satunya adalah ASUS X555 yang mempunyai fitur lengkap membuat kita semakin produktif, terutama bagi penulis buku yang juga mulai ingin merambah ke dunia blog atau web seperti aku. Oiya, jangan sampai kamu bingung carinya di mana, ASUS X555 juga dijual di Tokopedia loh! Pengin tahu seperti apa keunggulan ASUS X555 ini?

Berikut adalah fitur – fitur kekinian yang dapat ditemui pada ASUS X555 :

Daya tahan baterai seharian

ASUS X555 ini memiliki baterai dengan jenis Li-Polimer yang memiliki ketahanan baterai sampai dengan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion silinder. Bahkan setelah diisi ulang hingga ratusan kali, baterai ini tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya.

Teknologi IceCool

Notebook ASUS memiliki design internal yang unik yang dirancang untuk mengatasi masalah terkait panas yang terjadi pada bagian bawah notebook pada umumnya. Teknologi ASUS IceCool menjaga temperatur notebook diantara 28 derajat sampai 35 derajat, hal ini menunjukkan bahwa panas yang dihasilkan lebih rendah dari temperatur yang dihasilkan oleh tubuh manusia, hal ini membuat Anda dapat mengetik lebih nyaman walaupun dalam waktu yang lama.

Home entertainment pribadi ASUS X Series didukung oleh Prosesor 

Notebook ASUS X555 didukung oleh Prosesor AMD®Quadcore A10 untuk performa yang halus dan responsif. Performa serta didukung dengan grafis yang bagus dan memory controller di bagian dalam yang canggih, membuat X555 ini ideal digunakan untuk kebutuhan komputerisasi Anda sehari-hari atau menonton film dan video. X555 memudahkan Anda dalam menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, memberikan Anda performa multifungsi yang Anda butuhkan untuk bekerja atau bermain dengan satu perangkat.

Informasi lebih lanjut terkait ASUS X555 dapat diilihat melalui link terlampir :
https://www.asus.com/id/Laptops/X555QG/
https://www.asus.com/id/Laptops/X555QA/

Jangan baper lagi ya kalau masih ada orang yang menertawakanmu, bisa jadi itu adalah modal awalmu untuk sukses. Biarkan orang lain tertawakan kita, yang penting kita tetap menjaga hati mereka tetap bisa bernapas hehe. Alihkan dendam di hatimu menjadi energi positif untuk semakin produktif dan semakin bermanfaat untuk orang lain. Semangat bangun dari mimpi, jemput kenyatan, sepahit apapun, itu lebih nyata bagimu!

LIBURAN UNIKKU: TUKIK YANG MINTA MERDEKA

LIBURAN UNIKKU: TUKIK YANG MINTA MERDEKA

Liburan selalu identik dengan perjalanan jauh yang menyenangkan. Bertamasya ke suatu lokasi wisata bersama keluarga. Pun demikian dengan liburan tanggal 17 Agustus 2018, liburan kali ini sangat berbeda. Bersahabat dalam hitungan menit bersama tukik lucu nan menggemaskan.

Tak tahu kah mereka? Sayangnya, gigi-gigi tajam menyeringai, menunggunya berenang tanpa pendamping.

“Pelepasan Tukik? Wow, seruuu! Mau… mauu… mauuu!!” Anak laki-laki itu berjingkrak-jingkrak. Senyum merekah lebar, matanya membulat antusias.

“Eh, bentar, emang udah tahu tukik itu apa?” tanyaku.

“Hahahah… beluum!” Jawabnya polos sambil tangannya menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal. “Emangnya, tukik itu apa, Bund?” tambahnya.

“Kamu tahu penyu? Tukik itu bayi penyu,” kataku.

“Penyu?” dahinya berkerut.

“Iya, penyu, semacam kura-kura…” kulihat wajahnya seperti mengingat-ingat sesuatu.

“Ah, aku tahu! Aku mau… aku mauuu… ayok kita ikut melepas tukik Bund!” aku tersenyum.

***

Liburan 17 Agustus 2018 lalu kami isi dengan mengikuti acara Pelepasan Tukik di Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta. Sesuai dengan perayaan hari kemerdekaan, acara pun diisi dengan memerdekakan tukik, si bayi penyu yang imut.

Belum memiliki kendaraan pribadi bukan menjadi penghalang kami untuk berbahagia. Ya, memang kami belum mampu untuk membeli mobil dengan cara cash. Namun, hal itu tak menyurutkan niat kami untuk membahagiakan anak-anak. Bukan kah di zaman sekarang banyak sekali perusahaan rental kendaraan yang terjangkau. Salah satunya adalah www.automo.com perusahaan rental ini menawarkan berbagai macam kendaraan yang bisa disewa sepuasnya untuk berwisata atau keperluan lain. Tak hanya mobil, mulai dari sepeda motor, truk bahkan hingga pesawat dan kapal pun bisa dicarter. Sistem sewa dihitung per hari atau per malam. Sangat membantu keluarga bahagia seperti kita untuk tetap memberi kebahagiaan sederhana bagi anak-anak. Perusahaan tersebut mempunyai beberapa cabang di Jakarta, Bali dan Yogyakarta.

Kenapa harus sewa mobil atau kendaraan lain? Tentu saja dengan menyewa mobil kita terhindar dari biaya perawatan, juga terhindar dari biaya setoran (kredit), tapi kadang tak bisa terhindar dari kemacetan haha, ya kan semua orang butuh piknik! Nggak punya mobil pun masih bisa jalan-jalan, bisa ganti-ganti mobil semau kita. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan budget, iya kan? Seru mana coba?

Kenapa sih semua anak-anak suka piknik? Perjalanan jauh? Anak-anak terlihat antusias setiap kali melakukan perjalanan jauh? Bahkan baru disampaikan niat piknik saja sudah membuat mereka tak bisa tidur saking senangnya. Seolah waktu yang panjang dan medan yang berganti-ganti menjadikan hiburan tersendiri di antara rutinitas harian yang membosankan. Sekolah.

Siang itu berpacu dengan matahari yang berada tepat di atas kepala. Dari kota menuju bagian selatan Jogja. Ke arah pantai. Pantai Goa Cemara. Pantai ini berlokasi di sebelah barat pantai Samas, Bantul. Melewati sawah-sawah dan pedesaan membuat anak-anak melihat banyak hal. Kambing yang sedang digembala, tanaman padi yang mulai menguning, jagung yang sudah siap panen. Banyak sekali pemandangan alam yang tidak dapat dijumpai di kota. Pemandangan yang menyegarkan memori anak. Kebahagiaan pun mulai merangkak menguasai anak-anak. Bernyanyi dan terkadang ngemil makanan mengisi perjalanan yang tak pernah membosankan.

Karena terhadang beberapa kali oleh pawai karnaval kemerdekaan, kemacetan pun tak dapat dielakkan. Kami baru tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 wib. Persis saat jadwal acara pelepasan tukik dimulai. Panitia segera membuka acara meski pengunjung masih belum penuh. Pengunjung hanya dibatasi sebanyak 300 anak (yang semuanya jelas didampingi oleh orangtua mereka).

Acara di awali dengan penjelasan seekor penyu yang ditemukan bertelur di tepi pantai. Hingga akhirnya menetas dan dalam usia beberapa puluh hari siap untuk dilepas, dikembalikan ke habitat aslinya, yaitu laut. Tragisnya, dari 300 ekor tukik, kelak 20 tahun lagi hanya 6 ekor saja yang bertahan hidup. Sisanya? Mati dimakan ikan besar atau mati karena makan sampah plastik yang dikira ubur-ubur oleh tukik. Ya, tukik dan penyu makannya ubur-ubur. Tahu kan ubur-ubur? Bentuknya yang bulat berwarna putih transparan, mengapung, sangat mirip dengan plastik. Tak heran jika banyak tukik yang salah menerka.

Plastik itu kenapa sampai di lautan? Itu lah akibat kesombongan kita. Kesombongan tak mau membuang sampah di tempatnya. Perilaku membuang sampah sembarangan oleh manusia terhadap sampah terutama plastic sangat merugikan regenerasi penyu. Bayangkan, kita menyumbang berapa puluh persen sendiri terhadap kontribusi membunuh penyu dan bayi-bayinya dengan plastic yang kita buang sembarangan? Duh, jangan diulangi lagi ya!

Setengah jam pelajaran tukik dijelaskan panjang lebar. Apakah anak-anak mendengarkan? Ya, setidaknya 10 menit pertama mereka anteng, mendengarkan kisah tukik yang belum pernah mereka lihat. Selebihnya?? Mereka bubar sendiri-sendiri. Ada yang bermain pasir, ada yang kejar-kejaran. Ada yang naik-naik pohon cemara. Namanya anak-anak, saat mereka dilepas ditempat luas rasanya sungguh riang tak ada tandingannya. Mungkin terbebas dari “penjara” peraturan membuat mereka melakukan apapun sesuka mereka.

Setelah hari menjelang sore dan sejarah tukik selesai, semua anak diajak ke tempat penangkaran penyu, tempat ratusan tukik imut dipelihara sementara. Anak-anak berebut mengambil batok kelapa untuk membawa tukik ke pantai. Mereka berjeritan begitu menerima tukiknya masing-masing. Tukik itu terus saja berusaha mendaki tepian batok, tak sabar ingin berlari menuju pantai yang dirindukannya selama ini.

Pantai itu sangat bersih, debur ombaknya besar namun begitu menyentuh kaki berubah menjadi riak kecil yang hangat di telapak. Pelataran pantai yang begitu luas membuat anak-anak bebas berlarian, berkejaran, juga bergulingan. Berebut tempat terbaik untuk melepas tukik. Matahari mendampingi keharuan di sore yang memesona. Ya, matahari seolah memberitahu bahwa di jauh sana, banyak sekali bahaya. Hati-hati anak-anak!

Dengan hitungan 1,2 ,3, semua tukik dilepas bersamaan di tepi pantai. Tukik saling berebut menuju debur ombak yang menjadi genderang semangat di depan mereka. Angin sore pantai menambah birunya perasaan anak-anak melepas sahabat barunya.

“Tukiknya kasihan ya, Kak?” tangis Aishya si gadis kecil hampir pecah, matanya berkaca-kaca. Tukik yang baru merayap di tangannya kini harus terseok-seok berlari menuju tepi pantai yang dingin. Tukik yang terus saja berlomba menuju belaian bundanya yang sekarang entah di mana.

“Tukik nggak takut ya, Bund?”

“Enggak sayang, tukik bahagia, tukik mau ketemu bundanya, kan?”

Gadis kecil itu tersenyum, memeluk bunda yang juga ikut terpana melihat semangat tukik menuju laut lepas. Mereka tak tahu, di sana banyak pemangsa yang sigap menunggu mereka berenang-renang, menari menyambut kematian mereka sendiri. Ah, teganya para predator itu, tak tahu apa kalau mereka begitu rindu kepada bunda dan juga rumah asli mereka? Itu lah kehidupan, meski pahit, terus dijalani dengan penuh senyum kebahagiaan.

Jangan kalah sama tukik! Semangat menjemput bahagia, meski banyak mara bahaya menghadang di depan sana!