Resep Tumis Bawang Merah Teri Medan Super Lezat yang Lagi Hits

Resep tumis bawang merah teri medan super lezat yang lagi hits, membuat jiwa penasaranku ingin mencobanya dengan beberapa versi. Kali ini mencoba kupadukan dengan lezatnya teri medan yang tak ada duanya.

Semua berawal saat belakangan ini, bermunculan status mengenai lezatnya menu baru super simpel bernama “Tumis Bawang Merah”.

Mencoba mengeksekusi resep ini dengan versi tumisku sendiri, rupanya memang membuat nasi sebakul habis hanya dengan sepiring kecil tumis fenomenal ini.

Beberapa improvisasi sengaja ditambahkan untuk lebih membuat rasa tumis ini semakin lezat tentu saja.

Awalnya, suami dan anak-anak hanya melirik sebelah mata melihat tampilan tumis tak biasa ini. Tapi, nyatanya bahkan keringat enak bercucuran dari dahi, kepala, pipi hingga kumis belum juga menghentikan perjuangan mereka menghabiskan suapan terakhir berupa irisan tipis bawang merah, cabe setan juga pete setengah matang yang beraroma teri lezat, beradu dengan secomot nasi putih kebul-kebul yang semakin bikin “kemrucuk” perut saat melihatnya. Tapi hati-hati ya, bagi yang punya sakit lambung, sepertinya pedesnya masakan ini kurang bersahabat dengan lambung, hehe

Tanpa ba bi bu, yuk langsung saja kita praktekkan resep simpel nan lezat ini.

Bahan:

Bawang merah 2ons, bawang putih 2siung, cabe rawit orange 1ons, tomat 1buah, pete 1 papan,  garam setengah sendok teh, gula pasir 1 sendok teh, kecap ikan, minyak goreng 2 sendok makan. Teri medan 1/2 ons, air matang 2 sendok makan.

Cara memasak:

Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabe rawit

Iris kasar tomat

Teri medan digoreng lebih dulu hingga setengah matang, sisihkan.

Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak panas, hingga layu dan setengah matang.

Masukkan irisan cabe, tomat, garam, dan percikkan kecap ikan sebanyak tiga kali ke wajan, aduk hingga layu dan harum.

Masukkan, gula pasir, teri medan dan pete. Berikan sedikit air matang, aduk lagi dan cicipi. Angkat tumisan jika sudah matang.

Sajikan panas-panas bersama nasi putih hangat dan kerupuk.

Percaya deh, meski biasanya dalam tumisan, bawang merah yang menyembul akan berusaha disingkirkan, namun khusus pada masakan ini justru bawang merah menjadi idolak. Lezatnya tak ada bandingnya. Gimana? Berani mencoba? Untuk lebih jelasnya, resep Tumis Bawang Merah Teri Medan yang lezat itu bisa di klik  di sini.

RESEP TUMIS PARE PEDAS LEZAT DAN TIDAK PAHIT

Kamu suka pare?? Ini dia tips masak pare agar tidak pahit, pedas, lezat dan bikin ketagihan. Pasti pengin tahu cara masak pare agar tidak pahit. Hmm, sepertinya penyuka pare cukup banyak juga. Sayur satu ini, meskipun rasanya pahit namun memiliki daya pikat melalui rasa yang tak biasa. Pahit cenderung dihindari oleh sebagian besar. Terutama adalah pahitnya hidup! Ahai…!

Pahit, sebenarnya rasa dominan yang dimiliki pare ini justru membantu menetralkan asam lambung, tahu kan artinya?? Asam lambung yang tinggi dapat membuat perut bagian ulu hati atau peurt bagian kiri atas sakit, perih, panas dan rasa tidak nyaman lainnya. Nah, pahitnya pare disini justru membantu menetralkannya, sehingga memberi kenyamanan tersendiri terhadap lambung kita. Percaya kan? Banyak orang justru mengambil sari pare (yang rasanya pasti super pahit) untuk mengobati problem sakit perut mereka.

Nah, ngomong-ngomong masalah pare, semua anakku pada doyan banget sama sayur ini, “tapi harus maskan bunda,” kata mereka, apa iya, pare bisa dimasak dengan minim rasa pahit? Yes, sangat bisa! Kuncinya hanya diperlakuan awal saat menyiapkan pare sebelum dimasak.

Pare harus diiris tipis, diuleni dengan garam(1sendok teh) hingga keluar banyak air+busa, lanjutkan hingga pare benar-benar lemas dan warna pare cenderung berubah jadi hijau transparan. Setelah itu, cuci beraih pare dengan air bersih, hingga rasa asin dari garam hilang. Peras hingga kering dan tiriskan. Trus, kita siapkan bumbunya dulu ya sekarang! Oiya, bumbu disini kubuat selengkap mungkin untuk mendapatkan rasa oseng oare yang maksimal enaknya, ya. Yuks, kita siapkan bumbunya!

Bumbu:

Bawang merah 4siung, iris tipis

Bawang putih 1siung, iris tipis

Cabe rawit 10buah, iris serong(bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera pedasmu ya)

Tomat mateng ukuran sedang 1 buah

Pete 1papan, iris serong

Rese/udang kering yang lembut 1sendok teh

Kecap ikan merah 3tetes/percik,(optional, tapi kalau ada lebih diutamakan, karena bikin osengmu tambah uenak!)

Pare 2buah ( yang sudah diiris tipis dan diuleni)

Garam, 1 sendok teh(jika kurang asin bisa ditambah dikit2)

Vetsin 1/4 sendok teh

Gula merah/gula pasir 2 sendok makan (jika dicicipi masih pahit bisa ditambah gula lagi)

Kecap manis secukupnya, sesuai selera) kalau aku sekedar memerahkan sedikit tampilan pare agar tidak pucat dan akan terlihat menggiurkan untuk dimakan.

Minyak goreng 1/2ons untuk menumis (perlu minyak agak banyak,tapi jangan terlalu banyak) usahakan matangnya pare karena dimasak oseng, dan agar tidak gosong karena dalam memasak pare ini dihindari adanya penambahan air saat memasak, agar tidak pahit).

Cara memasak:

Tumis bawang merah+bawang outih hingga harum dan sedikit kekuningan

Masukkan bumbu lainnya, terakhir perciki dengan minyak ikan, cukup 3percik/tetes dan arahkan hanya pada wajan saja, tidak perlu pada bumbu agar tidak menambah asin.

Setelah bumbu layu dan wangi, masukkan pare, aduk-aduk, jika gula merah, gula dibarengkan dengan bumbu di awal, jika gula pasir maka masukkan gula pasirnya saat pare sudah dimasukkan, agar gula tidak gosong. Aduk hingga setengah mateng, beri kecap manis secukupnya agar pare tidak pucat. Cicipi, peroleh rasa yang pas sesuai seleramu. Jika hampir mateng dan pare terasa kering banget hingga hampir gosong, bisa ditambahkan air sedikit saja, hanya agar tidak gosong, bukan untuk mematangkan pare.

Oseng pare yang sudah matang, bisa langsung disajikan dalam keadaan hangat.

Nah, resep itu yang selama ini kupakai, hingga anak-anakku akhirnya pun ikutan  jadi penggemar pare, mulai yang balita hingga remaja. Kalau suami? Jangan tanya, bisa ngabisin sepiring oseng pare, bahkan tanpa nasi pun! Hehe sadis kan?!

Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat, oiya, di channel Youtube juga sudah saya share ya, untuk yang penasaran seperti ala penampakan kecap ikan merah, bisa langsung cuss ke sana! Oke! video resepnya di sini.

RESEP KEPITING GORENG BUMBU BAWANG GURIH NIKMAT

Assalamu’alaikum …

Lama banget nggak bikin kepiting goreng nih. Sampai lupa, entah kapan tepatnya, terakhir makan kepiting goreng bikinan sendiri. 

Sebenarnya, yang jago goreng kepiting suami, entah diapain, padahal bumbu sama dan cara nggorengnya juga sama. Beda tangan, beda hasil, kepiting goreng bikinan suami bisa guriiihhh, berasa banget kepitingnya. 

Ini yang aku share resep andalan suami. Kebetulan tadi siang eksekusi 2kg kepiting. Hmmm, baunya sedap?! Kepiting banget deh! 

O, iya rekomendasi kalau cari kepiting,pilihlah kepiting Kalimantan atau kepiting Papua sekalian, dijamin dagingnya padat dan manis kalau di goreng. 

Resep ini untuk per Kg kepiting ya:

Bahan: Kepiting Kalimantan/Kepiting Papua 1kg

Bumbu:

Bawang putih 4siung

Garam 2sendok makan

Air 2liter (bumbu di haluskan, dan masukkan ke dalam air ini, untuk merendam kepiting) 

Cara memasak:

– Kepiting dibersihkan, bagi kepiting menjadi 2bagian kanan kiri (belah pada bagaian perut, usahakan cangkang /punggung kepiting tetap utuh, sehingga pada saat penyajian bisa seolah2 kepitingnya tidak dibelah. 

– Setelah kepiting diberaihkan, cuci dengan air hingga bersih

– Panaskan air dalam panci, setelah mendidih, celupkan kepiting ke dalam air mendidih selama kurang lebih 15detik, agar daging kepiting saat digoreng tidak lengket di cangkang

– Setelah kepiting dicelupkan, dan warna sudah sedikit orange, segera angkat kepiting dan masukkan ke dalam air bumbu, selama 10-15 menit. 

– Goreng kepiting hingga matang, jangan terlalu matang karena daging kepiting akan alot. 

– Tiriskan dalam wadah, dan kepiting goreng siap disajikan dalam keadaan hangat, bersama sambal atau saus. 

Semoga bermanfaat, setidaknya bisa hemat sekian puluh ribu rupiah, kalau kita bisa memasaknya sendiri. Kepiting goreng ini juga bisa disajikan dengan kuah asam manis atau blackpepper sesuai selera Anda. 

Salam

-ew-170118