Yang Harus Dilakukan Saat Anak Diare

Belum selesai dikeringkan bagian perut ke bawah, dia mulai menggeliat lagi. Perutnya bercerucuk, wajahnya pasi.Dia segera berlari ke belakang. Keringat dingin cukup mewakili rasa tak nyaman, lemas, sakit dan rasa lainnya. Sorot matanya meredup.Entah, sudah beberapa kali minum
obat yang biasanya cocok kali ini belum juga berhasil membuat diarenya berhenti.Justru disusul muntah yang tak terbendung berkali-kali. Makanan belum tercerna menyemprot tak hanya melalui mulut, tapi juga lewat hidung. Pedas, katanya.Ini sudah ke sekian kalinya. Mungkin lebih dari 10 kali sejak tengah malam tadi.”Kak, kalau diare dan muntah terus kayak gini, berbahaya, bisa kekurangan cairan, harus diinfus,” Aku mencoba memberinya pengantar perlahan.”Emang bisa kenapa, Bund?” tanyanya khawatir.”Ya bahaya, Kak!” ucapku kembali.”Ya bahayanya apa, Bund. Bilang, toh!” dia mendesak,”Bahayanya bisa kekurangan cairan, bisa lemes banget,”Bukan menakutinya, tapi kalau dia terusin menolak minum dan makan, rehidrasi akan sangat sulit dilakukan.”Cairan itu apa, Bund?” Kejarnya. Benar rupanya, usia 7tahun masih terbatas sekali kosakatanya. Ternyata seluas apapun wawasan anak, kerap beberapa kata masih sangat asing dan membingungkannya.”Cairan itu, air yang ada di dalam tubuh kita, yang jumlahnya harus cukup biar tubuh kita tetep sehat, kuat dan segar. Kalau cairan banyak yang keluar lewat diare dan muntah, artinya kita harus menggantinya dengan makan dan minum juga. Tapi kalau setiap makan dan minum selalu dimuntahkan, ya harus dimasukkan dengan cara lain, yaitu diinfus,””Abiyyu nggak mau diinfus, Bund!” tolaknya.”Enggak, Abiyyu kan mau minum, mau makan, mau minum obat biar nggak muntah, insyaAllah Allah cepet sembuhkan, Abiyyu,” kurangkul bahunya.Badannya lemes saat keluar dari kamar mandi.Alhamdulillah, dia sangat kooperatif setelahnya.Sesekali saat melilitnya datang, dia tarik napas panjang, beristighfar dan berdoa, “Ya Allah, sembuhkan aku, ya! Astaghfirullah!”

***

Kenali Diare

Ada mamak yang nggak pernah melihat feses anak saat BAB? Begitu fesesnya keluar langsung buru-buru di-flush biar enggak bau?Semoga setelah ini menganggap konsistensi feses anak jauh lebih penting dibanding apapun ya, karena data saat anak diare sangat penting bagi dokter untuk membantu menegakkan diagnosa dan menentukan terapinya.Sedih kan kalau melihat anak yang biasanya naik-naik pagar tiba-tiba anteng, diam karena nggak punya tenaga?Diare, artinya BAB lebih dari 4 kali dalam 24 jam, dengan konsistensi feses yang lebih lembek atau encer dari biasanya.Penyebab diare dilihat dari ciri-cirinya:

Diare karena virus

Biasanya feses cair, keluarnya menyemprot dan jika kebelet sulit untuk ditahan, baunya sedikit asam.

Diare karena bakteri

feses bisa cair atau lembek, sangat melilit di perut, kadang sulit dikeluarkan, bercampur lendir atau darah, baunya busuk dan atau amis.Jelas keduanya berbeda, terapinya juga berbeda.
Namun apapun penyebab diare, yang wajib kita lakukan untuk menolongnya dirumah adalah:

1. Upayakan rehidrasi

Saat anak masih bisa disuruh minum dan makan walau sedikit, insyaallah penggantian cairan yang hilang bersama diare dan muntah bisa segera diraih.Rehidrasi yang ideal menggunakan larutan oralit. Bisa dibeli di apotek atau dibuat sendiri di rumah menggunakan gula pasir dan garam dapur.Untuk satu gelas air minum (200cc) bisa ditambahkan 2 sdt gula pasir dan 1/5 sendok teh garam dapur.Berikan ke anak yang diare sedikit demi sedikit agar tidak mencetuskan muntah.Berikan makanan yang aman untuk pencernaannya lebih dahulu.Hindarkan makanan yang asam atau pedas juga terlalu berlemak atau berbau tajam.

2. Jangan memberinya obat diare sembarangan

Obat diare jenisnya bermacam-macam. Banyak yang bisa dibeli bebas di apotek tanpa resep dokter.
Namun saya sarankan, jangan sembarangan memberinya obat diare terutama bagi anak-anak dan balita.Kenapa?Karena ada beberapa jenis obat diare yang efek kerjanya dengan mengurangi gerakan usus agar tidak terlalu cepat sehingga diare bisa berkurang bahkan langsung berhenti.Bahayanya bagi anak, terkadang efek obat tersebut bisa menyebabkan berhentinya gerakan usus di satu bagian dan usus bagian lainnya tetap bergerak cepat.Akibatnya bisa menyebabkan usus yang diam justru akan masuk dan menyumbat ke usus yang bergerak.Saat ini terjadi, maka tak hanya diare yang membahayakannya, ususnya pun tak lagi bisa dilewati feses, bahkan udara. Perut anak kesakitan luar biasa, kentut tidak bisa.Solusi yang harus segera dilakukan adalah operasi untuk membebaskan sumbatan pada usus tersebut.
Dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan ileus.Maka sangat bijak saat kita berhati-hati untuk mengobati anak diare.

3. Putus rantai penularan

Caranya dengan menjaga kebersihan personal baik saat membersihkannya sewaktu BAB atau sewaktu akan memberinya makan dan minum.Selalu cuci tangan menggunakan sabun.

4. Jaga kebersihan lingkungan

Segera cuci dan bersihkan dengan sabun, pakaian atau alas yang terkena feses.

5. Periksa ke dokter terdekat

Jika diare berlanjut bahkan bertambah dengan muntah segera periksakan ke dokter terdekat.Memeriksakan anak sebelum mengalami dehidrasi akan lebih baik dan lebih cepat penanganannya di banding saat anak sudah lemas dan mengalami dehidrasi berat.

Apakah ke dokter pasti harus diinfus?

Tidak.
Saat proses rehidrasi masih bisa dilakukan per oral, maka dokter hanya akan mengobatinya dengan obat-obatan yang aman dan memberinya oralit untuk rehidrasi lewat oral (mulut)Dokter akan memutuskan bahwa anak harus diinfus saat anak sudah mengalami dehidrasi sedangkan semua jenis makanan, minuman dan obat tidak dapat masuk karena muntah yang parah.Semoga tulisan ini bermanfaat,Salam hangat,Ew

3 LANGKAH CARA MERAWAT LUKA KHITAN YANG TIDAK SAKIT

Belum ada lima menit kutinggalkan, kamarnya sudah kosong, ruang tamu nihil. Kemana dia?Kubenahi handuk warna merah yang tadi dipakainya alas duduk sewaktu kubersihkan luka yang melingkar di ujung alat kelaminnya.Jangan-jangan!?Segera kutinggalkan kamar yang kini sudah berubah menjadi kapal setengah pecah. Mainan bertebaran di mana-mana.Aku berlari ke depan, kubuka sedikit pintu menuju teras. Kuintip, tak sedikit pun terlihat batang hidungnya.Kututup kembali pintu itu seraya bergegas mengambil jilbab yang tersampir di sofa.”Dug… Dug… Thak..thak… !” Ritmis sebuah suara membentuk nada.Kubuka lagi pintu itu dengan lebih antusias dibanding sebelumnya.”Astaghfirullah, Kakaaaak!” Terperanjat kulihat Abiyyu, anak keduaku yang baru dikhitan 3 hari yang lalu.
Masih lengkap dengan sarung hijau dan kaos berwarna kuning bergambar bintang – bintang kecil. Tangannya bergerak senada dengan kakinya yang berada di atas egrang berwarna hijau.”Hehe, maaf, Bund! Abiyyu bosan, e! Abiyyu pengin olah raga. Nggak apa-apa kan, Bund?” Polos, sorot matanya seolah tak bersalah.Bukan tidak boleh, tapi lukanya itu loh, baru tiga hari, meskipun sudah mulai kering, takutnya kulit sekitar lukanya malah bengkak lagi.”Ya sudah, tapi pelan saja ya, dan belum boleh pakai egrang yang lebih tinggi!”

***

Jangan Takut Merawat Luka Sendiri

Beberapa hari yang lalu, saya sudah share tulisan tentang 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Luka Khitan cepat Kering. Satu di antaranya adalah bagaimana merawat luka yang baik dan berhasil mencegah terjadinya infeksi pasca khitan.Seperti halnya perawatan luka biasa, hanya kali ini lukanya terletak di alat kelamin yang lebih sensitif. Seolah memberi kesan bahwa luka itu lebih parah dari luka lecet biasa.

Tiga Langkah perawatan luka:

1. Asepsi

Merawat luka tujuannya adalah membuat luka dan daerah sekitarnya terbebas dari bakteri atau kuman apapun yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Cara asepsi artinya mengupayakan semua langkah perawatan luka terjamin dari kontaminasi kuman.

Beberapa langkah merawat luka:

a. Alat dan Bahan:

(Pict: docpri)- Gunting,- kassa steril,- cairan pembersih luka (cairan NaCl atau rivanol atau larutan antiseptik lain),
– perekat (plester bisa yang berwarna cokelat atau yang putih, saya menggunakan hypafik),

(Pict: docpri, salah satu contoh perekat)- Salep antibiotik (biasanya dibawakan dari Rumah Sakit)

b. Langkah merawat luka

Jika waktu terbatas dan bisa mempertahankan kebersihan daerah sekitar luka, maka perawatan bisa dilakukan 1-2 hari sekali.
Catatan, setiap luka basah oleh air (misalnya saat buang air besar atau buang air kecil) harus dilakukan perawatan luka kembali.Namun tentu saja akan lebih baik jika luka tersebut kita rawat sehari dua kali setelah mandi (3 hari pertama sebaiknya tidak mandi seluruh badan, untuk mencegah luka basah tersiram air)

Cara merawat luka:

– Bersihkan daerah sekitar luka menggunakan kassa di beri cairan NaCl atau antiseptik. Bersihkan mulai dari bagian luka (bisa dikompres dengan cara kassa steril dibasahi dengan NaCl atau rivanol, tempelkan pada luka yang melingkar kurang lebih 10menit).
Buat gerakan melingkar dari bagian luka ke bagian lebih luarnya dan tidak kembali ke daerah luka.
Jika masih kurang bersih, ulangi lagi dengan gerakan yang sama dari bagian luka ke arah luar.- Oleskan salep antibiotik tipis-tipis pada luka dan sekitar luka.- Boleh ditutup dengan kassa, boleh dibiarkan terbuka. (3 hari pertama disarankan melakukan perawatan luka terbuka agar kassa tidak lengket. Bisa jadi beberapa titik masih aktif mengeluarkan cairan albumin sehingga bila bercampur dengan salep dan kassa maka akan lengket)- Saat perawatan luka terbuka, upayakan anak agar banyak istirahat, tidak banyak beraktifitas dahulu.- Lanjutkan perawatan hingga seminggu pasca khitan dengan teknik yang sama sampai luka khitan benar-benar kering dan sembuh.

2. Isolasi

Isolasi dalam hal ini berarti menjauhkan luka dari berbagai macam sumber kontaminan. Bisa dengan membungkusnya dengan kassa steril kering setelah sebelumnya dilakukan perawatan luka atau dengan cara meminimalkan aktifitas agar terhindar dari kotoran maupun kontaminasi kuman.Gunakan pakaian yang longgar agar sekitar alat kelamin tidak lembab.Bersihkan badan dengan cara yang paling aman, bisa menggunakan tissue basah atau mandi dengan bantuan washlap dan sebaskom air.Selalu ganti pakaian baru setelah badan bersih dan luka sudah dibersihkan.

3. Fiksasi

Lebih 3 hari anak berdiam diri pasti akan membuatnya sangat boring. Meskipun segala macam permainan, game, buku dan hal menarik lainnya sudah disiapkan di dekatnya, tetap saja anak butuh dunia dan “udara segar” nya.Untuk membantu anak agar beraktifitas ringan dengan nyaman, maka kita perlu memfiksasi luka khitannya.Fiksasi artinya menjaga tetap pada tempatnya atau tidak bergerak. Tindakan ini membantu anak saat luka khitan sudah mulai sembuh, tidak lagi bengkak namun masih memerlukan perawatan luka dan anak harus melakukan suatu aktifitas ringan tanpa merasa sulit bergerak karena sakit.Fiksasi selain mengurangi gesekan luka dengan celana juga mencegah agar luka tidak sakit akibat aktifitas yang dilakukannya.Caranya adalah:Balut luka dengan kassa steril kering setelah luka dirawat dan diberi salep.Buka kassa steril hingga berbentuk segi empat.Lipat salah satu sudutnya ke arah sudut ang berlawanan.Lipat juga sudut lawannya ke arah sudut yang tadi sudah dilipat lebih dahulu.(Pict: dokpri, Contoh menggunakan kertas tissue agar mudah dimengerti)(Setelah kedua ujung kassa dilipat)(Lipat kassa di garis tengah hingga membuat kedua sisi simetris yang saling bertumpuk)Lipatan ini siap untuk digunakan untuk memfiksasi luka khitan.Bagian tengah letakkan di luka pada bagian bawah alat kelamin, lingkarkan ke atas hingga menutup seluruh bagian luka, pilin dua kali di atas alat kelamin dan satukan kedua ujung kassa sisanya.Tarik dan rekatkan kedua ujung kassa steril dengan bantuan plester atau hypafik ke kulit perut bagian bawah. (Contoh seperti gambar)(Pict: docpri, gambar saat luka sudah difiksasi dan siap menggunakan celana dalam seperti biasa)(Pict: docpri, fiksasi dilihat dari samping)Semoga tulisan ini bermanfaat, dan membantu para orang tua untuk menemukan referensi cara merawat luka pasca khitan.
Tulisan ini tidak mengandung unsur iklan sama sekali, hanya menggunakan beberapa bahan yang kebetulan tersedia dirumah.Beberapa gambar sengaja di-blur agar memenuhi kode etik kepenulisan.Salam hangat,Ew

NYERI HAID ATAU PRE MENSTRUAL SYNDROME? KENAPA BISA TERJADI?

Juli, tahun kedua SMA

Aku mulai panik. Bagaimana tidak? Jam sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB, dan aku masih juga sendirian. Ruang kelas yang baru kumasuki selama 2 hari ini sangat lengang. Tak ada lagi tas-tas di laci meja. Juga tak ada keriuhan, meja yang dipukul diiringi nyanyian sumbang anak-anak di saat jam kosong.

Hanya bangku-bangku kosong berjajar ditinggalkan pemiliknya menuju sisi kehidupan lain, menjadi anak-anak manis bagi orang tuanya di rumah.

Ah, kemana perginya perempuan yang sedari pagi satu meja denganku? Katanya mau ke kamar mandi barang sebentar?

Kembali kutinggalkan kursi yang kududuki.
Syuurrr! Hangat!
Kurasakan di bagian bawahku mengalir tak terbendung!

“Masih deras!” gumamku.

Noda merah segar memenuhi alas duduk terbuat dari kayu berwarna coklat yang baru saja kutinggalkan.
Takut, khawatir, malu dan segala macam perasaan tidak nyaman lainnya menyeruak bercampur menjadi satu.
Aku kalut!

Kulangkahkan kaki ke depan menuju papan tulis. Rasanya asyik sekali mengintip teman-teman yang sedang berceloteh riang di luar sana. Duduk bebas di rerumputan hijau depan sekolah, dengan semilir angin sore yang mengusir gerah.
Semua anak kelas 2 telah pulang. Kecuali anggota OSIS yang sedang mengospek adik kelas yang baru 2 hari ini memasuki bangku SMA.

Belum lagi aku sampai di pintu kelas yang tertutup rapat, aku dikagetkan dengan tapak sepatu yang juga berwarna merah, berbaris rapi mulai dari ujung belakang kelas hingga tepat di posisiku kini berdiri.

Allahu Akbar!
Baru kali ini aku mengalami datang bulan sebegitu banyak.

Tadinya aku malu tapi bangga. Rok tembus! Sebagaimana kebanggaan perempuan yang baru saja datang bulan di usianya yang masih remaja.
Sudah gede! Seolah itu yang akan mereka umumkan ke semua orang.

Tapi tidak, sekarang aku takut, tembusnya tak terkira. Kupikir hanya tembus biasa yang selesai jika baju atasan putihku dikeluarkan.
Namun ternyata salah. Belum satu menit baju putih itu langsung berwarna merah di bagian pantat. Darah segar seolah merembes merajalela.

Mataku mulai berkunang-kunang!
Kemana temanku yang tadi kuminta menungguiku? Apakah dia pulang?
Aku harus bagaimana?
Aku memutuskan untuk jongkok saja, tepat di belakang pintu ruang kelas yang kututup rapat.

Mungkin, bisa mengurangi bekas merah dari setiap jejak duduk ku.

“Mbak!” Pintu kelas diketuk perlahan dari luar. Pak guru nampak kikuk masuk dengan diikuti oleh, Bapaaak! Oh God! Kenapa harus bapak?

Hiks..! Kulirik jam kecil di pergelangan tanganku.
Benar saja, satu jam temanku yang satu itu meninggalkanku. Rupanya dia pulang dan berhasil memberi kabar ke keluargaku.
Tapi, kenapa bapak? Aku malu! Malu sekali!

“Bukannya kalau perempuan mau datang bulan selalu punya tanda, Mbak? Sakit perut atau pusing atau sakit pinggang?” ucap Bapak sambil memberi baju ganti yang telah disiapkan mama. Kata bapak, mama sibuk urus adikku yang paling kecil di rumah. Hanya menitipkan beberapa lembar baju ganti, satu pack pembalut berwarna pink, dan air putih.

“Iya, Pak” jawabku singkat. Pak guru yang tadi mengantarkan bapak segera berpamitan dan meninggalkan kami di kelas.

Sebenarnya masih bingung dengan maksud bapak, karena bagiku sama sekali tidak ada tanda atau keluhan apapun sejak pagi ini atau kemarin atau tiga hari yang lalu. Tak ada!

Biasanya juga tidak pernah begini. Makanya aku jarang persiapkan apapun termasuk menyediakan pembalut di tas. Lagi pula jadwal haidku juga belum rutin setiap bulan. Entahlah, menurut dokter sih tidak masalah karena masih termasuk awal siklus haid di usia produktif ku.

Sayangnya, ternyata tidak semua perempuan memiliki kebiasaan yang sama.
Satu perempuan kadang tidak mengalami tanda apapun menjelang haid, sakit perut atau tanda lainnya, seperti aku.
Namun perempuan lainnya justru banyak yang memiliki keluhan menjelang haid hingga mengganggu aktifitasnya.

Pre Menstrual Syndrome

Keluhan menjelang haid ini sering disebut dengan istilah Pre Menstrual Syndrome (PMS). Kebanyakan keluhan yang dirasakan adalah sakit perut (kram perut), sakit kepala, emosi yang berlebih, munculnya jerawat dan gejala lainnya.
Keluhan kram perut juga sangat bervariasi tingkat sakitnya. Ada yang sakit ringan dan masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Ada pula yang sakitnya berat hingga harus istirahat total.

Berkaitan dengan haid yang datangnya setiap bulan bagi perempuan, memiliki keluhan Pre menstrual syndrome tentu saja sangat mengganggu.

Sebenarnya, keluhan ini bersifat hormonal sehingga saat haid selesai setiap siklusnya, maka keluhan pre menstrual syndrome akan secara otomatis pula menghilang.

Kenapa keluhan itu bersifat hormonal, karena berhubungan dengan hormon kewanitaan (hormon estrogen dan progesteron) yang tiba-tiba turun drastis hingga menyebabkan haid datang.
Tentu saja keluhan tersebut tidak sama setiap datang bulan, terkadang memberat namun bisa juga menjadi lebih ringan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal-hal yang mempengaruhi munculnya keluhan tersebut bermacam-macam, di antaranya adalah:
– jenis makanan atau minuman terlalu tinggi gula, seperti minuman bersoda atau mengandung kafein
– tingkat stress yang tinggi menjelang siklus haid
– Merokok, dan lain-lain.

Meskipun belum ada penelitian yang khusus membahas ini, beberapa hal berikut dipercaya mampu untuk meminimalisir gejala, antara lain:
– Berolahraga
– Yoga
– Konsumsi makanan rendah gula
– Meminimalkan stress
– Mengkonsumsi makanan minuman tinggi kalsium
– Melakukan kegiatan yang membuat kita bahagia

Salah satu contoh kebiasaan turun temurun terkait dengan PMS, adalah meminum minuman yang sudah lama diklaim dapat membantu meringankan keluhan haid adalah minuman tradisional Kunyit asam.
Meminum jamu kunyit asam ini sudah dilakukan oleh perempuan-perempuan zaman dahulu. Mulai dari putri-putri kerajaan hingga bangsawan yang lebih dahulu peduli terhadap kesehatan kewanitaan.

Hingga akhirnya sampai ke zaman modern di mana kita hidup sekarang, masih juga melestarikan kebiasaan menjaga kesehatan kewanitaan. Melanjutkannya dengan memunculkan banyak produk berbahan alami yang diproses dengan cara modern namun tidak meninggalkan khasiat yang diturunkan oleh ilmu tradisional.

Herbadrink Kunyit Asam

Dulu, bila disuruh minum Kunyit Asam, aku pasti tidak mau. Membayangkan bau kunyitnya saja yang langu seolah membuat isi perut bergolak menolaknya. Sampai-sampai nasi kuning pun yang warnanya diambilkan dari kunyit aku enggak mau mencicipi.

Hari berganti bulan, bulan berganti tahun. Saat memasuki masa produktif remaja, aku mencoba mengenali rasanya.
Tidak disangka, rupanya setelah menjadi minuman jamu Kunyit Asam, aroma kunyit mentahnya sudah tak ada lagi, berganti dengan rasa segar asam manis yang menyegarkan badan.

Biasanya aku minum kunyit asam ini seminggu sekali, atau maksimal seminggu 3 kali menjelang datang bulan.
Meski dari awal tidak pernah sakit perut, namun ada manfaat lain yang bisa kurasakan. Badan menjadi lebih segar dan bau badan tidak menyengat.

Akhir-akhir ini sedang booming minuman rempah racikan sendiri. Rupanya kunyit ini menjadi salah satu sumber rempah dari golongan rimpang yang banyak manfaatnya.

Masyarakat mulai membiasakan minuman sehat berbahan alami untuk upaya preventif menjaga kesehatan tubuh.
Teknologi canggih pun tidak melewatkan upaya ini. Aneka minuman herbal modern diolah berdasarkan resep tradisional Indonesia menggunakan teknologi modern.

Herbadrink Kunyit Asam ini memiliki manfaat untuk membantu melancarkan haid, membantu meredakan nyeri haid serta membantu mengurangi bau badan.

Minuman ini hadir dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia pada umumnya. Mengurangi keluhan yang menyertai haid, sehingga perempuan Indonesia akan tetap aktif bekerja menjadi perempuan energik dan bermanfaat bagi sekitarnya meskipun sedang datang bulan.

Rasanya yang segar, tidak bau kunyit mentah dan rasa asam manisnya yang pas sangat menyegarkan badan. Bisa diminum kapan saja dan dibawa ke mana saja kita melakukan perjalanan.

Jangan lupa, saat kita menyeduh Herbadrink Kunyit Asam ini dengan air hangat atau dingin, buang sampah pada tempatnya, ya!

Produk ini dikeluarkan oleh PT. Konimex, Sukoharjo Jawa Tengah Indonesia dan telah memiliki izin edar serta lulus badan POM dengan nomor POM TR. 162297841.
Selain itu, Herbadrink juga telah lulus uji kehalalan di LP POM dan telah mengantongi sertifikat Halal dari MUI yang tertera di setiap kemasan.

Bagaimana Cara Membuat Minuman Herbadrink Kunyit Asam ini?

Caranya sangat mudah.
Cukup larutkan satu sachet Herbadrink Kunyit Asam ke dalam 150 ml air panas atau dingin. Maka minuman segar ini pun siap untuk dihidangkan. Baik dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin.

Komposisi/Compoaition:
Curcuma domestica Rhizoma ekstrak setara dengan 3gr rimpang kunyit, Tamarindi pulpa esktrak setara dengan 1.75 gr Asam Jawa, Gula, dan bahan lainnya hingga 25gr.

Cara Menyimpan:

Simpanlah pada suhu di bawah 30 °C.

Selain varian Kunyit Asam, Herbadrink juga tersedia dalam varian lain, yaitu: -Herbadrink Chrysanthemum,

-Herbadrink Sari Temulawak,

-Herbadrink Sari Jahe,

-Herbadrink Kopi Ginseng,

-Herbadrink Beras Kencur, dan

-Herbadrink Kunyit Asam Sirih Plus Madu.

Minuman ini lebih cenderung kepada upaya preventif menjaga kesehatan, sehingga saat keluhan masih terasa berat dan mengganggu aktifitas sehari-hari, meski sudah melakukan dan menghindari faktor pencetus di atas, saatnya konsultasi dengan dokter pribadi anda.

Siap menjadi perempuan sehat, aktif, percaya diri dan energik untuk menebarkan kebaikan di seluruh pelosok tanah air?
Semangat, jaga kesehatan tubuh kita ya, Mom!

Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Semoga bermanfaat,

Wassalam

Eka Wahyuni.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Pasca Khitan Agar Luka Cepat Sembuh

Usianya baru 7 tahun, tiba-tiba dia meminta sunat 3 hari yang lalu. Katanya biar bisa menjadi imam shalat. Beberapa kali selalu menggelar sajadah di depan saya setiap shalat. Karena memang dia masih kecil dan belum khitan maka saya tegur dan saya suruh jadi makmum saja di belakang. Rupanya itu yang membuat niat khitannya jadi menggebu.

Setidaknya meski bacaannya sudah mulai mendekati tartil, saat wudlunya belum sempurna akan membuat shalatnya tidak sah. Berbeda saat dia shalat sebagai pembelajaran. Ataupun saat dia belajar menjadi imam untuk adiknya.

Meskipun belum bernilai ibadah, insyaallah pengenalan ini akan memberikannya pelajaran yang benar tentang syarat menjadi imam harus khitan agar terhindar dari najis yang tersembunyi.

Saya pengin share pengalaman saya mengenai cara merawat luka pasca khitan agar lebih cepat sembuh.

Setelahnya pengin share juga tentang Agar Anak Tidak Takut Sunat, biar anak laki-laki berani sunat bahkan di usia yang dini.

Alhamdulillah, 3 hari ini luka khitannya sudah mulai kempes. Awalnya sesaat setelah khitan alat kelamin bagian luka mengalami pembengkakan ringan. Hal ini tentu saja wajar terjadi, karena memang jaringan kulit di ujung alat kelamin sengaja dibuat luka.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Luka Khitan Cepat Sembuh, antara lain:

1. Anak harus istirahat

Bagi anak laki-laki aktif, sungguh ini sangat menyiksanya. Yang terbiasa ke mana – mana bebas jadi harus berdiam diri di rumah meminimalkan gerakan. Bunda harus selalu siaga untuk mengingatkannya. Teman favorit biasanya gadget, TV, buku dan mainan lainnya. Tentu saja dia lebih suka teman yang bisa diajak ngomong dibandingkan itu semua. Jadi kita harus menemaninya sepanjang hari agar dia tidak bosan.

2. Rawat Luka Sehari 2 kali

Bagi sebagian orang, merawat luka khitan menjadi hal yang menyeramkan. Sebetulnya saat kita sedikit memberanikan diri, merawat luka khitan tidak berbeda jauh dengan merawat luka pada umumnya. Bentuk lukanya juga sama, namun pada khitan luka yang ditimbulkan berbentuk melingkar mengelilingi batang alat kelamin.

Rawatlah luka sehari 2x, pagi dan sore hari. Bagaimana cara merawat luka pasca khitan?

Bersihkan daerah sekitar luka dari bercak darah atau kotoran yang menempel dengan kain bersih yang dibasahi. Jangan disiram, namun cukup dipel saja.

Setelah sekitar luka dibersihkan, giliran bagian luka dibersihkan menggunakan kain kasa yang dibasahi dengan rivanol atau cairan pembersih luka lainnya.

Bersihkan luka pelan-pelan dari sisa darah. Tidak perlu dipaksa harus hilang semua, terutama darah yang keras tidak perlu dipaksa, agar tidak terjadi luka baru dan mencetuskan perdarahan baru merembes lagi. Setelah luka bersih, oleskan salep yang di bawakan oleh dokter untuk perawatan luka.

Oiya, untuk amannya anak tidak usah dimandikan dulu, cukup dipel saja agar luka khitan tidak terkena air. Baru setelah luka kering dan jahitan sudah menyatu, anak dimandikan dan berendam agar “upil” luka yang kering bisa lembek dan mudah dibersihkan. Biasanya sekitar seminggu dari khitan.

3. Makan Bergizi Tinggi Protein

Anak khitan nggak boleh makan amis2? Pernah dengar statement ini? Sebagian informasi yang keliru bahwa anak khitan tidak boleh makan protein hewani seperti ikan, ayam, daging, telur dll. Justru pada anak ini membutuhkan sumber protein yang tinggi.

Manfaatnya adalah untuk mengganti jaringan yang rusak karena luka khitan. Anak yang diberikan makanan protein tinggi akan lebih cepat sembuh lukanya. Untuk jenis makanan lain juga sama, intinya pola makan tidak ada pantangan yang harus dihindari, justru harus seimbang dengan protein yang lebih tinggi dibanding biasanya.

Jadi masih boleh makan nasi, lauk, sayuran, buah dan minum air putih yang banyak.

Sumber protein bisa dari diambil dari bahan makanan yang mudah ditemukan di sekitar kita, seperti: Daging ayam, telur, ikan gabus, ikan nila, daging sapi, tempe, tahu dll.

4. Gunakan sarung bukan celana panjang

Pasca khitan identik dengan sarung. Harus pakai sarung? Sebenarnya tidak juga. Hanya saja pemakaian sarung akan lebih memberikan keleluasaan agar anak bisa bergerak bebas tanpa khawatir luka khitan akan tergesek kain.

Udara yang bebas mengalir ke daerah sekita alat kelamin juga akan memberikan sirkulasi udara yang cukup sehingga luka khitan terbebas dari lembab dan keringat. Otomatis luka khitan akan lebih terjaga dalam keadaan kering.

5. Minum Obat Terjadwal

Sudah bisa dipastikan bahwa anak yang khitan pasti akan diberi obat. Minimal 2 macam obat, yaitu obat anti nyeri berupa Paracetamol dan antibiotik. Obat yang sering diresepkan pada kasus khitan anak cenderung yang aman buat anak, Paracetamol untuk antinyeri dan Amoxicillin untuk antibiotikya.

Obat tersebut harus diminum secara teratur agar anak tidak kesakitan dan luka terhindar dari infeksi.

Alhamdulillah, di hari ke dua pasca khitan, Abiyyu sudah sangat enjoy. Sejak khitan tidak merasa kesakitan atau panas pada lukanya. Dan sore ini (sore kedua pasca khitan) lukanya sudah langsing dan sudah bisa ikut shalat berjamaah di masjid.

Paling tidak sabar, bisa berdiam diri dulu, eh sejak hari pertama khitan sudah minta naik egrang! Ya Allah, Nak! Sabar, ya! 2 hari lagi boleh lari2, deh!

Semoga bermanfaat!

Eka Wahyuni.

KREASI INKLUSI MELAMBUNGKAN IMPIAN TANPA BATAS DI PAMERAN HARNAS 2019 DISKOPUKM DIY

Keterbatasan mereka, melangitkan impian dan semangat hingga ke Pencipta segala kemungkinan di dunia ini”

Keceriaan Anak Bersama Pak Waluyo Pengusaha Madu Inklusi
Keceriaan Anak Bersama Pak Waluyo Pengusaha Madu Inklusi

Siang ini kembali saya ajak dua anak manis yang memutuskan untuk memilih homeschooling. Yah, pameran #HariNasionalUMKM219 di Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta ini akan memperkaya pengetahuan mereka tentang segala hal di dalamnya. Bertransaksi, menghargai hasil karya, juga berkreasi yang akan memberi nilai lebih terhadap hal-hal kecil.

Sedianya, kita mengawali menyusuri setiap satnd pameran tersebut dari depan hingga belakang. Namun, satu insiden kecil terjadi, si Kakak kebelet pipis yang mengharuskan kita menuju ke bagian belakang terlebih dahulu mencari toilet.

Sembari menunggu kakak ke toilet, saya sempatkan untuk mampir ke stand yang ditunggu oleh Mbak berkerudung yang belakangan saya tahu namanya adalah Endang Sundayani. Tak ada yang aneh, kami ngobrol ngalor-ngidul mengenai apa saja yang berhubungan dengan produk aneka kerajinan berupa tas rajut, dompet, madu asli, aneka puzzle kayu yang berjajar rapi di meja yang memisahkan kami berdua.

Karena obrolan yang nyaman dan enak, jsutru saya pun jadi betah di sana.

“Belum lama, Mbak. Baru 2 tahun ini,” Jawab ibu dua anak itu menjawab pertanyaan saya tentang awal usahanya.

Produk tas yang lucu berwarna-warni berbahan dasar nilon yang dirajut cantik dengan aneka ukuran dan model memenuhi meja.  Kulirik ibu itu masih terus duduk sembari tangannya merapikan dagangan.

“Oh, lumayan lama juga, ya! Ibu dari mana belajarnya?”

“Saya belajar otodidak, Mbak! Waktu  itu diajak sama ibu-ibu di sebuah acara pelatihan rajut, terus kami belajar dan latihan sendiri. Dari yang pletat-pletot membuat dompet kecil sampai akhirnya bisa bikin tas sebanyak ini!”

“Serius?” hampir tak percaya. Dalam waktu dua tahun, yang itu sama dengan saya belajar rajut otodidak juga dari Youtube, namun hanya berhasil membuat baju kecil yang sekarang pun lupa gimana caranya. Sedangkan ibu yang juga berprofesi sebagai pembawa acara Kita Bisa di TVRI Jogja ini justru semakin berkibar rajutnya hingga akhirnya dibisniskan!

Ibu itu masih duduk di kursinya yang tadi, tanpa sedikit pun beranjak. Tiba-tiba ada sesuatu yang jatuh, “Dek, tolong ambilkan itu, ya!” Abiyyu, anak saya yang laki-laki segera berlari untuk mengambilkannya.

“Terima kasih. Maaf merepotkan, ya!” ujarnya.

“Jadi ini semua produknya dihasilkan oleh orang-orang berkebutuhan khusus yang tergabung dalam IKPIN (Ikatan Pengusaha Inklusi Jogja, Mbak!” lanjutnya.

“Masya Allah, Bu, semua ini dihasilkan oleh orang berkebutuhan khusus?” kuusap wajah yang tak basah ini. Hatiku terkesiap seketika. Orang-orang hebat itu tak pernah menganggap keterbatasannya sebagai kekurangan.

Perlahan kususuri satu persatu produk yang ada di meja itu sembari sesekali kutahan untuk tidak merinding membayangkan betapa hebat semangat mereka menaklukkan semua keterbatasan yang menurut mereka justru kelebihan.

SRED – TAS RAJUT

Berasal dari singkatan nama beliau Bu Endang Sundayani juga suami dan dua anaknya, Bu Sundayani menamakan produknya dengan sebutan SRED. Memiliki kepanjangan Sofie, Radit, Endang dan Didin sang suami. Bu Endang yang sering juga disapa dengan Bu Sund berkolaborasi dengan suami yang sudah lebih dahulu mendalami dunia jahit tas kulit. Pak Didin, yang juga memiliki keterbatan dua kakinya diamputasi karena kecelakaan, mengawali karirnya dengan cara otodidak seperti istrinya.

Selama dua tahun ini ada saja yang membeli tas hasil karyanya. Meski secara harga untuk kualitas sebagus itu memang tergolong cukup mahal, nyatanya memang tas jenis rajut ini sedang banyak digandrungi oleh kaum hawa di mana saja, khususnya yang tinggal atau singgah ke Jogja.

Mereka berharap agar senantiasa diberi kesehatan dan semangat tinggi untuk terus menikmati kehidupan yang sudah dijatahkan oleh Allah kepada keluarga kecilnya.

Bu endang dan suaminya dikaruniai dua orang anak, Sofie kelas 1 SD dan Radit kelas 5 SD yang semuanya selalu bersyukur memiliki kedua orangtua yang super hebat. Semoga terus menginpsirasi ya, Bu!

PUZZLE KAYU JOKO-RUSTI

Bisa ditebak, anak-anak langsung berlarian menuju meja yang berserak di atasnya puzzle kayu. Tak membutuhkan banyak waktu, si kecil Aishya langsung menetukan pilihannya ke puzzle rumah berbahan kayu dengan aneka bentuk bangunan yang berwarna-warni.

“Aku mau yang ini!” katanya tegas. Tak bisa diganti dengan yang lainnya. Meski dengan bujukan atau pilihan gambar kupu-kupu juga gajah berwarna-warni.

Keputusannya tegas. Saya mengizinkan dia untuk memilih itu agar mengajarinya memutuskan sesuatu dan bertanggungjawab setelahnya. Sebenarnya aneka puzzle lainnya juga cantik dan bermacam bentuk dan warna, tapi puzzle rumah itu yang keukeuh dipilihnya, mungkin karena ukurannya yang berbeda-beda, tak hanya berdimensi gambar saja namun membentuk sebuah bangunan, yang membutnya lebih tertarik.

“Ini, berapa, Bu?’

“Yang itu tujuh puluh lima ribu, Mbak. Punya teman saya yang belum bisa datang karena sedang menghadiri acara undangan dari Kemdikbud. Kebetulan orangnya sibuk banget. Sudah banyak sekolahan yang mengajak kerjasama untuk produk-produk mainan edukatif berbahan kayu itu.

“Waah!” kagum saya semakin bertambah pada orang-orang itu. Mereka kini tak lagi mengenal istilah minder apalagi berputus asa! Mereka kini kreatif berkarya. Selain itu, merka juga memiliki hubungan social yang tinggi, setiakawan dan kompak saling membantu satu sama lain.

MADU HUTAN RAYA

Tak mau kalah dengan adiknya yang sudah memilih produk untuk dibeli. Dengan mata bulatnya, Abiyyu segera memindai semua barang yang ada di meja sebelah kanan, tepat di depan ibu Endang.

“Abiyyu mau yang ini!” sama! Dia memilih produk yang tak bisa ditawar. Madu sarang lebah yang meleleh menggiurkan didalam box plastik.

Sengaja tak beranjak dari stand itu. Dari rasa kagum inilah rasanya saya mendapat banyak inspirasi.

Pak Waluyo, pemilik madu yang berada satu stand dengan teman-teman inklusinya baru saja datang mengendarai sepeda motor yang sudah diadaptasi sedemikian rupa menjadi ramah difabel. Gerobaknya penuh dengan botol madu juga madu sarang. Orangnya sangat bersemangat dan positif. Beberapa madu yang rapi terkemas siap untuk dikirimkan ke seluruh Indonesia berjajar manis di gerobak sebelah kiri.

Madu meiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Tak hera banyaks ekali orang yang mencarinya untuk konsumsi sehari-hari. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, stamina dan daya tahan tubuh. Baik dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Dibandingkan madu kemasan botol, memang Abiyyu memilih madu sarang yang masih lengkap dengan malam sarang lebah. Kemasan dan bentuknya yang unik membuatnya penasaran untuk mencicipinya.

Makan madu! Katanya. Biasanya kan madu itu diminum, ya? Kali ini dia pengin makan madu, lengkap dengan rumah lebahnya. Seperti apa ya rasanya?

Sesiangan berkeliling pameran membuat letihnya mulai terasa. Yang tadinya lari berkejaran mulai loyo dan minta pulang.

Senang sekali bisa mengunjungi pameran yang diadakan untuk memperingati Hari Nasional UMKM 2019 ini di halaman gedung Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta. Pameran yang sangat menginpirasi juga mendukung perkembangan UMKM Yogyakarta ini diikuti lebih dari 25 stand dari produk makanan / minuman / fashion dan craft. Semuanya produk lokal yang high quality! Entah, mungkin suatu saat saya tak hanya menjadi pengunjung di acara seperti ini. Bisa jadi kan event yang akan datang justru saya menjadi peserta pameran? Hmm produksi apa ya kira-kira?

Salam,

-EW-

Sumber Informasi: Wawancara langsung dengan peserta pameran

Web Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta

Kreasi Inklusi Melambungkan Impian Tanpa Batas Di Pameran Harnas 2019 DisKopUKM DI Yogyakarta

Aishya bersama Bu Endang Sundayani pengrajin tas rajut

SWIFT SERIES LAPTOP TIPIS TERINGAN DUNIA, TEMUKAN DI ACER DAY 2019

Swift Series Acer Laptop Tipis Teringan Dunia Acer day 2019

BELI SEKARANG ATAU MENYESAL? LAPTOP TIPIS DAN TERINGAN DUNIA HANYA DI ACER DAY 2019

Swift Series Laptop Tipis Teringan di Acer Day 2019
Swift Series Laptop Tipis Teringan di Acer Day 2019

“Beli sekarang atau menyesal!” kalimat pembuka dari tim ACER yang menghentak ini setidaknya menggugah semangat untuk terus mendengarkan paparan selanjutnya. Betapa tidak, zaman serba online seperti sekarang ini memang sangat bergantung pada yang namanya piranti laptop.

Buat kamu yang suka ngevlog atau ngeblog tentu sangat memerlukan perangkat ini. Jika dulu makin besar laptop akan semakin canggih dan mentereng, maka sekarang selain fasilitas program, spek serta performance sebuah laptop, design maupun ukuran laptop dituntut untuk lebih stylish dan simple untuk dibawa ke mana-mana. Laptop ringan dan tipis justru banyak diminati.

Bahkan semakin laptop mudah diangkat dengan hanya menggunakan jari-jari, hal itu akan semakin dicari. Simple namun kaya spek dan performa.

ACER DAY 2019 YOGYAKARTA

Acer, dalam rangka ulang tahunnya yang ke 20 di Indonesia menggelar Acer Day 2019 yang akan menggebrak Yogyakarta. Saatnya miliki Laptop Idaman dan dapatkan kesempatan memenangkan trip ke Korea serta 2220 hadiah sensasional lainnya.

Nino Wirawan Consumers Sales General Manager Acer Indonesia
Nino Wirawan Consumers Sales General Manager Acer Indonesia

Nino Wirawan selaku Consumers Sales General Manager Acer Indonesia, melalui campaign ini menegaskan bahwa komitmen Acer untuk memberi energi baru dengan menyediakan inovasi tanpa batas dengan teknologi tercanggih dan terdepan bagi professional pelajar dan gamers.

“Pada rangkaian Acer Day ini, kmai juga memperkenalkan COnceptD, lini terbaru yang dirancang untuk para creator. ConceptD menghadirkan kekuatan dan kinerja yang dibutuhkan kalangan kreatif, dan dilengkapi akuasi warna lebih tinggi dengan 100% Adobe® RGB color gamut dan dukungan Delta E <1.5.” paparnya.

ADA APA SAJA DI SANA?

Blogger Jogja di acara Launching Produk Baru Acer di Campaign Acer Day 2019
Blogger Jogja di acara Launching Produk Baru Acer di Campaign Acer Day 2019

Ulang tahun bukannya minta hadiah justru bagi-bagi hadiah, itulah Acer! Selain ribuan hadiah, dalam rangka anniversary ke 20 Acer memberikan apresiasi penuh kepada pelanggan setianya melalui berbagai penawaran spektakuler melalui campaign Acer Day yang #XtraFun dan #XtraCool.

Dengan Acer Point Reward untuk setiap pembelian laptop Acer, pelanggan mempunyai kesempatan memiliki laptop gaming idaman Predator Helios 300 dengan cashback hingga 2 juta rupiah. Juga, sekaligus berkesempatan memenangkan hadiah:

2 paket wisata ke Korea, 20 laptop tipis Swift 3 Acer Day Edition, 200 Predator headset, 2000 Nitro backpack.

Mencoba Produk Acer Baru Mulai dari Swift Series Hingga Laptop Gaming ConceptD Series
Mencoba Produk Acer Baru Mulai dari Swift Series Hingga Laptop Gaming ConceptD Series

Catat tanggalnya ya, promo Acer Day hanya berlangsung mulai tanggal 18 Juli hingga 30 September 2019. Jangan lupa setelah melakukan pembelian ditanggal itu lanjutkan dengan mendaftarkan pembelian produk Acer di Acerday 2019.

PENAWARAN ISTIMEWA DI ACER DAY

SWIFT 3

Saking Tipis dan Ringannya, Swift Series yang Dipegang Mbak Galuh Hanya Menggunakan dua jari saja
Saking Tipis dan Ringannya, Swift Series yang Dipegang Mbak Galuh Hanya Menggunakan dua jari saja

Laptop tipis dan ringan ini memiliki desain yang stylish, sangat cocok untuk pengguna yang menyukai hal-hal sederhana namun “berisi”. Swift 3 memiliki 3 varian Swift 3 Air, Swift 3 Infinity dan Swift 3 Acer Day Edition. Selama Acer Day, seluruh pembelian Acer Swift 3 akan mendapatkan penawaran cashback sebesar Rp 500.000,-

Khusus untuk pembelian Swift 3 SF314-41, selain cashback, pelanggan akan mendapatkan hadiah langsung berupa 1 unit printer Canon PIXMA. Setelah cashback, untuk varian laptop ini bisa didapatkan hanya dengan harga Rp 6.499.000,-

Laptop Gaming Nitro 5 AN515-52

Laptop Gaming Yang Didesain Khusus untuk Pasar Indonesia
Laptop Gaming Yang Didesain Khusus untuk Pasar Indonesia

Didesain khusus untuk gamers Indonesia, laptop ini memiliki spesifikasi yang mumpuni. Dilengkapi dengan berbagai prosesor dan kartu grafis, Nitro 5 merupakan The best in class secara performa dan harga. Ditawarkan dengan harga spesial mulai Rp 11 jutaan, ditambah cashback hingga Rp 1 juta dan free Nitro mouse.

 ConceptD Series

Laptop Gamaing Nitro 5 Acer AN515-52
Laptop Gamaing Nitro 5 Acer AN515-52

ConceptD merupakan lini terbaru yang dirancang untuk para creator. diharapkan dengan hadirkan lini ini para kreator di Indonesia akan lebih produktif dan menghasilkan ide-ide segarnya melalui eksplorasi di laptop ConceeptD series.

Sejumlah keunggulan ConceptD dibanding dengan kompetitor lain antara lain:

  • Desain tak lekang oleh waktu disesuaikan dengan kalangan kreatif, 
  • Pemrosesan tanpa suara setenang 40 dB
  • Tampilan sangat baik membuatnya menghadirkan pengalaman berbeda
  • Menampilkan akurasi warna yang lebih tinggi dengan 100% Adobe® RGB color gamut dan dukungan Delta E<1,5 yang menjamin output tampilan lebih memukau dengan akurasi warna dan ketajaman gambar yang sangat baik.

SWIFT 7

Dengan tebal kurang dari 1cm, yaitu 9.95 mm dan berat yang juga tidak sampai 1 kg, hanya 890 gram, laptop ini diklaim paling tipis dan paling ringan di dunia.

Selain itu screen-to-body ratio mencapai 92%, artinya pengguna mendapatkan keluasan layar 14″ dengan dimensi laptop setara dengan 12″. Meskipun tipis dan ringan, namun laptop ini begitu bertenaga, dilengkapi sejumlah fitur keren dan mengusung sistem Fanless sehingga lebih nyaman dipakai setiap waktu.   

NATUR HAIR MASK ALOE VERA SACHET KEMASAN PRAKTIS LEBIH BESAR UNTUK PERAWATAN MINGGUAN

Natur Hair Care

NATUR HAIR CARE PERAWATAN RAMBUT ALAMI LEBIH BAIK

Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract
Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract

Sebelum mengenal Natur Hair Care, lebih dari seratus helai rambut rontok setiap kali habis keramas. Rambutku begitu rapuh, kering dan sangat mudah kusut. Kebetulan jenis rambut yang kumiliki ikal dengan ukuran helai rambut sangat lembut dan tipis. Membuat kesan penampilan rambut lepek, kusam, mudah kusut dan tidak sehat.

Kapan ya memiliki rambut sehat, lembut, halus, lebat, hitam, panjang dan mudah diatur? Begitu terus pertanyaan yang selalu terdengar hanya sebagai gumaman yang cukup terdengar di telingaku sendiri. Astaughfirullah! Mudah sekali tergoda untuk kufur nikmat, ya?!

Hati-hati saat rasa iri muncul kepada teman-teman yang memiliki rambut hitam tebal berkilau dan tidak mudah kusut. Namanya takdir ternyata tidak bisa dijadikan alasan agar kita boleh iri hati. Sebenarnya tak melihat jenis rambut kita lurus atau ikal, yang penting nutrisi rambut terpenuhi dengan baik, maka rambut kita pun akan memiliki kualitas maksimal yang sama sehatnya.

KOK BISA SIH ADA RAMBUT YANG TEBAL DAN TIPIS? MANA YANG LEBIH BAIK?

Natur Hair & Beauty Dating Bersama dhitaerdittya.com dan hapsarititi.wordpress.com
Natur Hair & Beauty Dating Bersama dhitaerdittya.com dan hapsarititi.wordpress.com

Normalnya di setiap pori-pori kulit kepala tumbuh 3-4 helai rambut. Masing-masing helai rambut memiliki ketebalan yang berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya. Rambut tebal bisa jadi karena memiliki jumlah helai rambut yang optimal 3-4 helai dalam satu pori, juga setiap helai rambut memiliki ukuran diameter rambut yang cukup tebal. Ketebalan rambut ini tergantung dari genetik bawaan dari masing-masing individu. Sedangkan rambut tipis bisa jadi karena helai rambut memiliki diameter yang kecil atau setiap pori kulit kepala hanya ditumbuhi 1-2 helai rambut saja.

PERMASALAHAN RAMBUT

Permasalahan rambut secara umum terdiri dari kerontokan rambut, ketombe, rambut tipis, rambut kusam kering kasar dan bercabang serta rambut beruban.

Dari bermacam permasalahan tersebut disebabkan oleh dua factor:

  1. Faktor Eksternal: Pemakaian kosmetik rambut, perlakuandekoratif pada rambut, debu dan cuaca serta sinar UV matahari.
  2. Faktor Intrinsik: Usia, Genetik, Hormon, Pola makan, Pola hidup yang tidak sehat serta stress dan penyakit.

PENYEBAB KERONTOKAN RAMBUT

Kerontokan rambut hampir dialami oleh sebagian besar populasi manusia. Penyebab kerontokan rambut antara lain:

Faktor keturunan, stress, pemilihan produk perawatan rambut yang kurang tepat, perlakuan dekoratif rambut yang berlebihan (pengecatan rambut, pengeritingan, blow dry, salah cara menyisir rambut dan mengikat rambut terlalu kuat), kurang konsumsi gizi seimbang, keramas dengan air terlalu panas sehingga merusak lapisan rambut dan membuatnya rapuh)

MENGAPA HARUS NATUR?

Natur Perawatan Rambut Berbahan Alami
Natur Perawatan Rambut Berbahan Alami

Kita tahu bahwa di pasaran begitu banyak terdapat bermacam produk perawatan rambut. Mulai dari jenis shampoo hingga vitamin rambut yang tak terhitung lagi jumlahnya. Nah, tercetus karena adanya keprihatinan terhadap banyaknya produk perawatan rambut berbahan kimia inilah PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika mengeluarkan NATUR sebagai rangkaian produk perawatan rambut yang memadukan bahan alami dengan inovasi modern. Natur, bukan termasuk produk yang baru saja kukenal. Semenjak 20 tahun yang lalu saat saya masih duduk di bangku SMA saya telah mengenal Natur (hairtonic) sebagai produk perawatan rambut rontok yang terbukti manfaatnya.

Bedanya produk Natur dengan produk lainnya, adalah karena produk Natur:

  1. Memiliki sertifikasi Halal MUI
  2. Tidak mengandung alkohol sehingga tidak panas di kepala
  3. Mengandung extract bahan alami yang diekstraksi sendiri
  4. Rambut lebih lembut dan mudah diatur
  5. Tidak menggunakan pewarna buatan karena warna diperoleh dari extract yang terkandung pada produk Natur
  6. Menggunakan detergen minyak kelapa sawit sehingga lebih aman dibandingkan dengan shampoo chemical yang menggunakan detergen minyak bumi.
  7. Memiliki sensasi aroma wangi alami yang memberikan kesegaran pada rambut.
  8. Teruji klinis “rontok berkurang dalam 14 hari” untuk varian Ginseng.

HAIR BEAUTY DATING & SHARING SESSION WITH NATUR

Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)
Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)

Alhamdulillah beruntung sekali mendapat undangan acara keren dari Natur dan Blogger Jogja. Tepat di hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019 seolah diingatkan dengan produk perawatan rambut Natur yang sudah puluhan tahun yang lalu pernah saya buktikan sendiri khasiatnya. Seolah tak menyadari bahwa saya punya permasalahan rambut meski di setiap keramas selalu khawatir ketika rambut rontok semakin parah. Terkadang tercetus pikiran, “jangan-jangan nanti lama-lama rambutku botak? Ih, na’udzubilllahi mindzalik!”

Dari acara yang melibatkan lebih dari 40 blogger inilah solusi rambut seolah menjadi hadiah istimewa bagi saya pribadi. Acara diisi pemaparan materi dari Mbak Wina selaku Brand Activation PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika tentang latar belakang hingga apa saja kebaikan dan kelebihan produk Natur bagi rambut kita. Selain itu Natur juga membagikan free Goodiebag yang berisi bermacam produk perawatan rambut. Di antaranya adalah Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract, Natur Hairtonic Ginseng Extract dan Natur Hair Mask Hair Nutritive Treatment with Aloe Vera kemasan sachet jumbo (+50%).

AMANKAH UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI?

Di kesempatan sesi pertanyaan, saya sempat menanyakan hal ini kepada narasumber. Selain karena kebutuhan nutrisi saat hamil dan menyusui, ternyata factor hormone yang berubah saat itu juga sangat mempengaruhi terjadinya kerontokan rambut. Ada yang merasakan hal serupa saat hamil dan menyusui? Tiba-tiba rambut kita rontok takdapat dicegah. Nah, karena semua produk Natur dibuat menggunakan bahan alami yang dipadukan dengan inovasi modern, maka pemakaiannya pun aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Macam Produk natur:

Shampoo, hairmask, conditioner, vitamin, hairtonic, hair serum untuk merawat kekuatan rambut karena patah dan bercabang.

Dengan Varian meliputi:

  1. Ginseng extract berfungsi untuk merawat kekuatan akar rambut agar rambut tidak rontok,
  2. Aloe Vera Extract berfungsi untuk memberikan nutrisi ke rambut dan membantu menjaga kesuburan rambut sehingga rambut tampak sehat dan lebat,
  3. Tea Tree Oil berfungsi membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala sehingga kulit kepala tampak sehat dan bersih dari ketombe,
  4. Olive Oil&Vitamin E berfungsi menutrisi dan merawat kilau rambut agar tampak sehat dan cantik bercahaya, melindungi rambut dan cocok untuk rambut yang mengalami kerusakan akibat pewarnaan rambut. Vitamin E menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur.
  5. Moringa Oleifera & Sweet Almond Oil, melindungi rambut kusam akibat paparan sinar matahari, merawat dan menutrisi setiap helai rambut.

NATUR HAIR MASK

Hair nutritive treatment with aloe vera extract

Kemasan ekstra +50%

(15ml + 7.5 ml)

Mengandung Aloe Vera Extract yang membantu menutrisi helai rambut untuk menjaga kesuburan rambut, sehingga rambut tampak lebat, halus, lembut, lembab serta mudah diatur.

Komposisi:

Water, Cetearyl Alcohol, Lauryl Glucoside, Behentrimonium Chloride, Cyclopentasiloxane, Aloe barbadensis extract, Olive (Olea europaea) Oil, Fragrance, Cetrimonium Chloride, Lanolin, Dimethicanol, Propylene Glycol, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Glyceryl Stearate, Panthenol, Lysine HCl, Glutamic Acid, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Cycloterasiloxane, Ceteareth-20, Ceteareth-12, Cetyl Palmitate, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Cara Pakai:

Setelah keramas, usapkan Natur Hair Mask hingga merata pada helaian rambut. Pijat batang rambut mulai dari pangkal hingga ujungnya. Diamkan selama 1-2 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan satu kali dalam seminggu atau sesuai dengan kebutuhan rambut anda.

PENGALAMAN PERTAMA MENGGUNAKAN PRODUK NATUR:

Kali ini ceritaku tentang produk Natur yang kupakai berupa Natur Hair Mask with Aloe Vera, Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract dan Natur Hair Tonic Ginseng.

Natur Shampoo Ginseng Extract
Natur Shampoo Ginseng Extract

Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)
Natur Ginseng Series (Shampoo & Hairtonic)

Kebetulan produk Natur yang kudapat baru berhasil kucoba pagi hari berikutnya. Menurut Mbak Wina, Brand Activation PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika dari Natur, kini produk Natur sudah wangi, tak lagi berbau jamu seperti natur zaman SMA ku dulu. Serius? Dan, benar juga begitu kubasahi rambut dan ku tuang Natur Shampoo Ginseng ke telapak tangan langsung tercium wanginya menyeruak dari larutan homogen berwarna cokelat bening itu.

Perlahan kuaplikasikan ke rambut, formulanya sangat lembut dan membersihkan maksimal meskipun tidak sampai berbusa-busa banyak seperti shampoo lain. Kamu tahu, shampoo yang bagus justru yang tidak menghasilkan busa terlalu banyak. Cees! Rasanya segar sekali saat seluruh permukaan kulit kepala dan helaian rambut terlapisi busa shampoo. Sengaja memang aku menggunakan air dingin untuk keramas, karena ternyata air yang paling cocok untuk kita gunakan bershampoo adalah air dingin. Kenapa? Karena kalau kita menggunakan air panas justru akan merusak struktur rambut.

Setelah shampoo dibilas bersih kemudian Natur hair mask Aloe Vera ku usapkan ke seluruh batang helaian rambut. Di pijat mulai dari pangkal batang rambut hingga ke ujung rambut. Nah, karena hair mask mengandung banyak nutrisi yang akan menguatkan batang rambut dan membuatnya menjadi sehat lembut dan kuat, setelah dipijat merata pada seluruh helai rambut hair mask dibiarkan selama 1-2 menit dan ditutup dengan handuk hangat agar seluruh nutrisinya bisa diserap maksimal oleh rambut. Karena keterbatasan waktu kebetulan kemarin saya hanya dibiarkan terbuka saja tanpa handuk hangat. Baru setelah itu rambut dibilas lagi hingga bersih dan dikeringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk bukan digosok.

Saat rambut mulai setengah kering, sambil bersantai di kamar atau ruang keluarga atau ruang manapun favorit kita, kita teruskan perawatan rambut yang terakhir dengan Natur hair tonic Ginseng. Oh iya, ingat tidak? Dulu Natur hair tonic kemasannya botol pipih dengan lubang di mulut botol plastik. Cara mengeluarkan hair tonic itu pun dengan menuangkannya langsung ke kulit kepala, kan? Terkadang membuat cairan tonik yang juga berwarna cokelat bening meleber ke mana-mana.

Kemasan Natur hairtonic sekarang berupa botol bulat tinggi berbahan plastik juga yang tidak mudah pecah dengan aplikasi ujungnya berupa sprayer. Kemasan ini sangat memudahkan kita untuk menggunakannya sendiri. Kita sibak sedikit-sedikit rambut kita dan kita semprotkan hairtonic langsung pada kulit kepala secara merata. Setelah itu baru kita pijat-pijat lembut sambil nonton TV atau sambil ngobrol ringan bersama suami atau anak-anak.

Saat pemakaian pertama aku kira belum begitu nyata perubahan pada rambutku selain rambut menjadi tampak lebih segar, wangi, bersih dan dipegang lebih terasa nyaman karena rambut lebih awet bersihnya. Orang Jawa bilang, “Rambutnya mrisih”. Ternyata aku kaget ketika menyisir rambut lebih terasa mudah terurai dan kerontokan rambut hanya beberapa gelintir saja. Seriuuus? Biasanya bergumpal-gumpal rambut rontok, loh! Ah, mungkin ini karena faktor hairmask- nya yang melapisi helaian rambut sehingga rambut lebih licin, tidak kusut dan mudah diatur. Masa sih baru sekali pakai langung segitu heboh perubahannya?

Semakin penasaran, dua hari berikutnya aku keramas lagi. Karena aturan pakai hairmask hanya seminggu sekali atau sesuai kebutuhan rambut, maka keramas kedua kalinya tanpa menggunakan hairmask aloe vera. Setelah shampoo dibilas bersih dan dikeringkan, dalam keadaan rambut setengah kering kembali kuaplikasikan hairtonic ginseng yang aturan pakainya bisa lebih sering yakni setiap habis menggunakan Natur Shampoo yang idealnya dua hari sekali.

Ajaib! Meskipun kali ini hairmask tidak saya masukkan ke dalam rangkaian perawatan rambut, rambut rontok yang berjatuhan saat saya menyisir rambut justru kian berkurang. Jika kubandingkan dengan sebelum menggunakan produk Natur, bisa jadi kali ini kerontokan rambut hanya bersisa 20 % saja dibandingkan dengan kerontokan rambut sebelumnya. Dari ratusan helai rambut yang rontok sebelum menggunakan produk Natur kini tinggal hitungan tak sampai 30 helai rambut.

Busa Shampoo Natur Ginseng Tidak Terlalu Banyak Karena Menggunakan Detergen dari Minyak Kelapa Sawit
Busa Shampoo Natur Ginseng Tidak Terlalu Banyak Karena Menggunakan Detergen dari Minyak Kelapa Sawit

Puas rasanya dengan produk Natur! Hingga akhirnya di hari ke-6 atau keramas ketiga aku pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk kembali melanjutkan perawatan lengkap Natur, Shampoo, Hair Mask Aloe Vera lagi (kebetulan karena kemasannya isi lebih banyak, sachet jumbo ekstra tambahan volume 50%) jadi bisa digunakan dua kali. Tuntas membuktikan khasiat produk Natur dalam seminggu. Harapannya dalam sekali rangkaian perawatan rambut menggunakan Natur kali ini akan mmengatasi kerontokan sekaligus membuat rambut semakin subur dan lebat.

Serius, dulu pun pernah membuktikan manfaat Natur hairtonic ini, hanya malas karena baunya seperti jamu itulah tidak pernah kepikiran untuk menggunakannya lagi. Alhamdulillah gegara diundang di event ini aku jadi tahu banget bahwa kualitas Natur semakin bagus ditambah lagi dengan aromanya yang kini disesuaikan dengan keinginan pengguna produk Natur, adalah wangi alami! Hanya dengan pemakaian produk Natur dalam seminggu rambut berubah drastis, semakin kokoh, lembut dan mudah di atur.

Hayo, kamu yang masih punya problem rambut rontok, tipis, kering, rapuh dan tidak sehat, sudah mencoba produk Natur belum? Selain di toko dan swalayan terdekat, kamu juga bisa mendapatkan Natur Hair Care series di shopee, loh!

Coba deh rangkaian produk Natur series! Ginseng series (Shampoo, hairmask dan haritonic) untuk mengatasi rambut rontok. Baru setelah kerontokan rambut teratasi dan kekuatan akar rambut bagus, dilanjutkan dengan perawatan rambut menggunakan Natur Aloe Vera series untuk menyuburkan dan menumbuhkan rambut sehat, kuat, berkilau, lembut, lembab dan mudah diatur.

Informasi menarik lebih lengkap lainnya mengenai perawatan rambut sehat juga untuk mendapatkan berbagai tips perawatan rambut dari Natur kamu bisa banget follow Instagram Natur di @backtonatur dan juga like FB Fanpage back to natur.

Siap miliki rambut sehat, lebat, kokoh dan tidak rontok? Pilih yang alami dari Natur Hair Care. Rangkaian perawatan rambut agar rambut tumbuh lebat!

– ew –

INOVASI TIADA HENTI MENGENAL KOPI DURIAN INSTANT DI GREBEG LEBARAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA

kopi durian wedang redjo-min (1)

kopi durian wedang redjo-min (1)
kopi durian wedang redjo – doc pri

Kopi Durian Instan, Inovasi Pangan Oleh-Oleh Khas Jogja

“Pak, Pak, sebentar! Wong Kopi Robusta itu apa saya juga belum paham, apalagi kopi Arabica! Bedanya apa sih, Pak?” Sejenak diskusi kami pun terjeda.

“Hehehe… “ Semua yang terlibat diskusi di sore menjelang berbuka puasa itu terkekeh mendengar pertanyaan remehku. Spontan, wajah pun saya pasang selugu mungkin karena memang belum tahu apa bedanya kedua jenis kopi yang sedang seru diperbincangkan itu.

Sebenarnya, agar diskusi tidak mengalami gagal paham, maka saya harus interupsi.

“Hmmm, apa ya bedanya? Jadi kopi Robusta itu adalah kopi yang lebih banyak digunakan oleh masyarakat secara umum. Apa ya bedanya?” laki-laki murah senyum itu justru kebingungan sendiri saat menjelaskannya ke kami.

“Oke, gini saja Pak, lebih pahit mana antara Robusta dan Arabica?” tanyaku lagi dengan maksud agar lebih memudahkannya untuk menjawab.

“Bukan masalah pahitnya, Mbak! Jadi kopi Robusta itu, ya hanya bisa dijawab dengan dirasakan langsung hehe. Tetapi kebanyakan orang pasti mengatakan bahwa kopi Arabica lebih enak” jawabnya panjang meski masih menyisakan pertanyaan yang makin beranak pinak. “Sedangkan pahitnya kopi itu dipengaruhi oleh besarnya granul kopi yang ditumbuk, semakin halus garnulnya maka rasa kopi akan semakin pahit,” lanjutnya semakin panjang.

“Baik, Pak. Dari pada makin susah menjelaskannya, saya ambil satu saja, deh, Kopi Durian instannya!” pinta saya ke laki-laki yang sering disapa Pak Dwi.

“Baik, Mbak!” Bapak yang mengaku tinggal di Pakualaman itu menyerahkan satu kemasan berwarna cokelat muda bertuliskan Kopi Durian Instan dengan merk Wedang Redjo.

“Kemasannya bagus banget e, Pak! Kok bisa kepikiran mengemasnya seperti ini?” saya menimang bungkusan apik itu.

“Iya, Mbak. Alhamdulillah saya dan teman-teman UKM beberapa kali ikut pelatihan tentang packaging, jadi tahu bagaimana cara mengemas produk agar menumbuhkan kesan dan pesan ‘Cinta pada pandangan pertama’ kepada calon pembeli.” Ujarnya.

“Oh, ya? Ada ya pelatihan semacam itu? Pasti mahal bayarnya ya, Pak?” Tanya saya antusias.

“Gratis, Mbak! Jadi hampir setiap bulan PLUT-KUMKM DI Yogyakarta mengadakan bermacam pelatihan untuk membantu kami meningkatkan kualitas produk yang kami rintis,” terangnya.

“Serius?” saya masih tak percaya dengan apa yang saya dengar barusan.

“Betul, Mbak! Mulai dari pelatihan packaging, pelatihan marketing online / offline, pelatihan membuat iklan dan lain-lain. Pokoknya lengkap, Mbak!” lanjutnya semakin antusias.

“Masya Allah, beruntung banget ya, Pak? Ternyata UMKM di Jogja mendapat dukungan luar biasa untuk mengembangkan bisnis lokalnya. Semoga produk lokal masyarakat kita bisa go international ya, Pak!”

Kentara sekali Pak Dwi begitu bersemangat menjelaskan semuanya. Kami para pengunjung pameran Grebeg Lebaran di Alun-alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta dibuat kagum oleh bapak berbaju merah di depan kami. Bagaimana tidak? Selain menjelaskan bagaimana kisahnya memulai bisnis, beliau juga menjelaskan formula minuman instan yang berbahan baku lokal namun berkelas internasional, sangat beda dari biasanya.

Rupanya dari situlah kreatifnya muncul. Ada semangat di setiap tuturnya. Seolah tak ada kata habis untuk sebuah inovasi. Saat semua orang meniru apa saja yang bisa diproduksi oleh banyak orang, di situlah otak kreatif dibutuhkan. Bagaimana mengkreasikan bahan-bahan baku yang biasa menjadi sediaan makanan atau minuman yang luar biasa dan mampu untuk dipasarkan ke seluruh dunia tanpa khawatir kerusakan barang atau produk dagangan mengalami pembusukan.

Dwi Sudiantono owner kopi durian-min
Dwi Sudiantono owner kopi durian-doc.pri

Namanya Pak Dwi Sudiantono, beliau adalah formulator minuman instan Kopi Durian bermerk Wedang Redjo.  Tak hanya Kopi Durian, Pak Dwi juga memperoduksi produk minuman hasil inovasi lainnya seperti, Kopi Rempah dan Bir Plethok. Semua formula kopi menggunakan Kopi Robusta dari Lampung.

Menurut beliau, kopi Robusta akan berbeda cita rasanya jika kopi itu ditanam di tempat yang berbeda. Rupanya kualitas tanah dan unsur mineral yang terkandung di dalamnya sangat berperan dalam menentukan kualitas rasa kopi Robusta. Kopi Robusta yang ditanam di Lampung akan berbeda cita rasa dengan kopi Robusta yang ditanam di Jawa.  Begitu seterusnya.

sirup dan kopi durian instan-min
sirup dan kopi durian instan-doc.pri

Menurut bapak yang sangat supel itu, untuk memperoleh formula yang pas di masing-masing produk, beliau harus melewati percobaan yang tak sedikit. Dan menurut beliau, Kopi Robusta Lampung lah yang menghasilkan citarasa paling klop dan enak di lidah.

Untuk Kopi Durian, formulanya terdiri dari daging durian matang segar, bubuk kopi Robusta Lampung dan Gula pasir berkualitas bagus kemudian direbus dengan air hingga larutan berubah menjadi butiran-butiran kristal kering yang lebih awet penyimpanannya.

Durian khusus diambil dari durian Medan berkualitas bagus. Dari setiap kilogram durian akan menghasilkan 10 kg Kristal Kopi durian instan siap kemas. Dimana setiap kemasan berisi 100 gram kopi durian instan.

Jika setiap kemasan harganya Rp 15.000,- berapakah total pendapatan Bapak Dwi untuk setiap kilogram durian? Rp 1.500.000,- bukan? Lalu, jika setiap hari berproduksi minimal 1 kg durian? Maka sebulan akan mendapatkan hasil (bruto) Rp 45.000.000,- Luar biasa! Hayoo, yang mupeng segera wawancara langsung sama beliau di Grebeg lebaran Alun-alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 24 s/d 25 Mei 2019 pukul 10.00 – 17.00 WIB.

bir plethok syrup
Sirup Bir Plethok – doc. pri

Pak Dwi memulai bisnis kopi durian sejak tahun 2017. Selain di pameran-pameran Pak Dwi juga memasarkan produknya melalui toko-toko modern yang ada di Jogja seperti Ramai Mal dan lain-lain. Ke depan, saat bandara internasional ‘New Yogyakarta International Airport (NYIA)’ beroperasi, Pak Dwi mewacanakan untuk membuka counter penjualannya di salah satu stand di sana. Berharap, semoga minuman instan hasil inovasinya akan terus berkembang dan menguasai pasar dunia melaluinya.

Bagaimana nih, kaum muda? Jangan sampai ketinggalan kreatif dengan para pebisnis senior yuk! Belajar, niat dan mulai bisnis!

Bagi kebanyakan orang, terutama mahasiswa yang berasal dari Indonesia bagian barat, minum kopi hitam dicampur dengan daging durian yang matang memang sudah familiar. Namun tidak bagi kami yang tinggal di pulau Jawa. Yah, kini bahkan inovasi minuman itu mulai tumbuh di sini Yogyakarta.

Dari citarasanya, antara segarnya kopi yang cenderung membuat semangat berpadu dengan wangi dan legitnya durian sangat nge-blend dilidah. Ada gelora yang bercampur dengan gurih legit di empuknya daging durian. Dan ini, lagi-lagi juga hanya bisa dijelaskan dengan mencicipinya langsung hehe.

Sempol Cinta

Sempol Cinta Bu Susi-min
Sempol Cinta Bu Susi-doc.pri

Agak jauh dari stand Kopi Durian, ada stand unik yang tak kalah seru. Kalau kopi durian berada di bagian minuman, maka Sempol Cinta ini berada di deretan belakang bersebelahan dengan stand makanan lainnya.

Dari namanya sudah terlihat centil ya? Sempol Cinta. Menurut Bu Susi, owner sekaligus formulator sempol ayam istimewa yang bisa tahan 2 minggu di dalam freezer ini, dinamakan Sempol Cinta karena memang semua orang butuh cinta. Harapannya, orang-orang akan cinta dan ketagihan dengan gurihnya Sempol Cinta karyanya.

Bu Susi memulai usaha sempolnya sejak 3 tahun yang lalu. Bertahan hingga sekarang karena permintaan pelanggan semakin bertambah. Awalnya memang agak sabar dan membutuhkan ketelatenan saat membangun pasar. Namun hingga sekarang, setiap hari semakin bertambah permintaan. Sejak awal dirintis hingga sekarang, setiap hari Bu Susi mampu membuat dan memasarkan sempol dari 3-6 kilogram daging dada ayam segar.

Untuk setiap 6 kg daging dada ayam, ibu berjilbab yang lebih terkenal dengan panggilan Bu Susi Sempol itu mampu menghasilkan 450 tusuk sempol. Satu paket sempol dibanderol Rp 10.000,- di mana berisi 10 tusuk sempol frozen siap goreng. Atau dengan harga yang sama juga untuk 8 tusuk sempol yang siap santap.

Jika harga daging ayam per kilogram Rp 30.000,- maka modal yang dibutuhkan setiap hari sebesar RP 180.000, – untuk mendapatkan hasil Rp 450.000,- . Angka yang cukup fantastis untuk sekadar sebuah bisnis sempol ayam bernama Sempol Cinta itu.

Bu Susi menjamin bahwa sempol buatannya istimewa, lezat, bergizi dan menyehatkan. Menurutnya, tujuan membuat sempol untuk konsumsi anak-anaknya juga, maka semua bahan dipilih yang berkualitas baik dan sehat. Sedikit memberi bocoran, Bu Susi membuat sempolnya menggunakan campuran daging dada ayam berkualitas, sedikit aci (tepung kanji), rempah untuk memperkaya cita rasa dan juga telur ayam. Formula yang sarat gizi bukan?

Chicken Drum Stick

chicken drumstick
chicken drumstick-doc.pri

Hanya bersebelahan meja dengan sempol cinta. Chicken drumstick frozen begitu menggoda. Tampilannya yang bulat segar berbalut tepung panir berwarna orange sangat mengundang kami (saya dan anak laki-laki saya yang sangat hobi makan chicken drumstick) untuk menghampirinya.

Sebetulnya tak hanya Chicken drumstick saja di meja itu. Ada juga Chicken nugget, keripik kentang, bebek frozen dan banyak lagi makanan lainnya. Tetapi namanya anak-anak, tak lagi mampu melihat apapun makanan lainnya. Matanya dan juga nafsu keinginannya akan makanan kesukaan membuat perutnya berteriak-teriak minta diisi karena seharian berpuasa. Jadilah Chicken Drumstick itu langsung dimintanya di bawa pulang untuk berbuka puasa.

Menurut keterangan ibu cantik berbalut jilbab pink itu, hampir semua ibu-ibu (di belakang meja) yang berjumlah sekitar 6 orang ikut dalam komunitas UKM di lingkungannya. Mengusung produk yang berbeda-beda namun memiliki semangat kerjasama untuk memasarkannya dalam satu meja di acara Grebeg Lebaran Alun-alun Semandanan Pakualaman Yogyakarta.

Tentu saja, namanya juga grebeg lebaran, selain bazar produk makanan dan minuman juga ada bazar produk fashion dan craft yang berkualitas tinggi ikut meramaikan acara yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta melalui PLUT_KUMKM DI Yogyakarta itu.

Pelatihan Dan Pendampingan Bisnis Apa Saja yang Diadakan oleh PLUT?

Bagi sebagian besar kalangan pelaku UKM di Yogyakarta, PLUT-KUMKM DI Yogyakarta tak asing lagi kedudukannya. Bahkan pendampingannya dan berbagai bentuk supportnya untuk perkembangan bisnis yang baru dirintis pun sangat intens. Para konsultan Plut di masing-masing bidangnya secara periodik siap membagikan ilmu bisnisnya untuk memajukan dunia bisnis lokal khususnya di Yogyakarta.

Beberapa pelatihan bisnis yang baru-baru ini dilangsungkan oleh Dinas Koperasi dan UKM DI Yogyakarta melalui Plut antara lain:

  1. Pelatihan Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik untuk UMKM “Buatlah Ia Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama” 

    tips membuat kemasan produk yang menarik bagi umkm
    tips membuat kemasan produk yang menarik bagi umkm
  2. Pelatihan Strategi Jitu Optimalisasi Digital Marketing “Keniscayaan, Menguasai atau Mati”

    strategi jitu optimalisasi digital marketing
    strategi jitu optimalisasi digital marketing
  3. Pelatihan 3 Langkah Mudah Optimasi Google Bisnisku “Adakah produk yang Anda jual di halaman Google saat kita mencarinya lewat Google?” 

    tiga langkah mudah optimasi google bisnisku
    Tiga langkah mudah optimasi google bisnisku – doc. pri
  4. Talkshow Cara Melesatkan Omset 100 Kali Lipat Dalam Waktu Singkat”Cegah bisnis anda hilang ditelan waktu” 

    Cara melesatkan omset 100 kali lipat dalam waktu singkat
    Cara melesatkan omset 100 kali lipat dalam waktu singkat – doc. pri
  5. Pelatihan Strategi Efektif Membangun Brand Produk 

PLUT-KUMKM DI Yogyakarta adalah rumah dan pendamping bersama yang memiliki motto “Melayani Mendampingi Memberi Solusi” bagi para pelaku UMKM di Yogyakarta. Sudah banyak sekali pelaku UKM yang tergabung menjadi anggota komunitas besar Plut Jogja. Dengan agenda rutinnya mengadakan pelatihan bisnis maupun memberikan pendampingan dan mentoring bisnis, PLUT secara cuma-cuma memberikan dukungannya kepada para pelaku UKM yang dinaunginya. Salah satu bentuk supportnya yang lain kepada UMKM dalam memasarkan produknya adalah dengan diadakannya pameran rutin seperti acara GREBEG LEBARAN Alun-alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta pada tanggal 24-25 Mei 2019 pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Jadi masih takut dan ragu untuk memulai bisnis hari ini? Coba kunjungi Grebeg Lebaran, temukan bermacam inspirasi bisnismu di sana. Bangunlah komunitas, dan segera daftarkan bisnismu bersama PLUT-KUMKM DI Yoggyakarta yang beralamatkan di Jalan HOS Cokroaminoto 162 Yogyakarta Telp (0274) 552149. Secara online bisa dihubungi melalui media sosial Instagram @plutjogja .

Tak ada sesuatu yang besar dapat tumbuh tanpa melalui sebutir benih yang disemaikan dengan cinta dan niat yang kuat, begitu pun dengan bisnis.

Lihat keseruan Grebeg Lebaran Alun-alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta di:

Salam,

-Eka Wahyuni-

*Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog GREBEG LEBARAN Alun-alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta yang diadakan oleh PLUT-KUMKM DI Yogyakarta*

Sumber tulisan:

  • Wawancara langsung dengan pelaku UKM
  • Web PLUT-KUMKM DI Yogyakarta
  • Media Sosial Instagram: @plutjogja

NIKMATI KOPI PAPANDAYAN DAN PHOTOGRAPHY HANYA DI GUDANG KOPI

Kopi Papandayan

Orang pinter masak belum tentu sukses di usaha kuliner. Sebaliknya orang yang nggak bisa masak justru sukses di usaha kuliner. Sepakat ya?

Jadi begini, tidak jarang kita makan di tempat umum, bisa warung, resto, café dan lainnya. Kelihatannya tempat makannya sangat ramai, asyik, tapi begitu kita mencicipi makanannya ternyata sangat biasa, atau malah cenderung tidak enak. Sering, kan? trus kepikiran donk seandainya kita yang buka warung itu pasti akan lebih ramai, karena masakan kita lebih enak! Yakin? Itu sih sepertinya hanya ‘wang sinawang’ saja, iya kan? Ternyata sukses bisnis kuliner tak hanya mengandalkan resep unggulan yang kita kuasai, namun da banyak faktor yang berperan di belakangnya.

Mas Hariyanto Owner Gudang Kopi
Mas Hariyanto Owner Gudang Kopi

Salah satu contohnya adalah Café Gudang Kopi. Menurut  Harianto, owner Gudang Digital dan juga Gudang Kopi Café, kunci utama menjalankan bisnis ialah pertemanan, jejaring, networking. Kita tidak bisa begitu saja membuka bisnis kuliner hanya karena kita jago masak. Tentu saja kita harus menguasai skill manajemen perusahaan dan juga melebarkan jangkauan networking dengan berbagai kalangan.

Seperti halnya merintis sebuah usaha, Gudang Digital yang awalnya dirintis sejak tahun 2007 juga mengalami pasang surut. Toko alat-alat perlengkapan digital yang beralamatkan di Jalan Gejayan No. 08 Demangan Yogyakarta awalnya menamakan usahanya dengan Gudang Studio (2010). Mengaku bukan orang asli Jogja, pun tidak berkuliah atau sekolah di Jogja, Harianto merasa tidak berkembangnya usaha tersebut sangat dipengaruhi oleh eksistensi pertemanan di sekitarnya. Pada saat dirinya mulai membangun relasi dan pertemanan, Gudang digital tumbuh semakin berkibar.

Tak hanya bisnis digital, melihat pangsa pasar yang semakin ramai, membuat pemiliknya berpikir keras. Daripada para pelanggannya yang sering datang ke toko mencari tempat kongkow lain, kenapa tidak dibuka saja café di lantai atas ruko tersebut?

Suasana Cafe Gudang Kopi
Suasana Cafe Gudang Kopi

Rupanya dari analisa yang sederhana itulah kemudian muncul Gudang Kopi yang menyediakan aneka minuman kopi. Beda dengan tempat lain, Gudang Kopi mengambil kopinya dari Jakarta, Malang atau kota lain. Bahkan terakhir dari Singapura dan Hongkong.

Sore itu adalah kali keduaku bertandang ke Café yang selain menyediakan minuman aneka blend kopi juga menyediakan makanan untuk sarapan juga makan siang hingga dinner. Berbeda dengan café lainnya yang hanya menyediakan aneka minuman berbahan dasar kopi dan snack, Gudang Kopi menyediakan aneka menu-menu berat. Menu itu bisa mengenyangkan perut para pelanggan yang sudah kadung jatuh cinta dengan nuansa café.

Dari belasan menu makanan, aku berhasil mencicipi dua jenis makanan besar dan satu jenis jajan (snack) dan juga kopi andalan dari Gudang Kopi. Menu-menu itu (yang sudah berhasil aku pesan) antara lain:

  1. Nasi Cumi Hitam

Dasarnya aku sukanya kalau cumi ya harus dimasak putih bersih. Namun di Gudang Kopi ada menu unik satu ini. Kenapa hitam? Karena tinta cumi memang sengaja tidak dibuang. Ada kelompok suka makan cumi masak hitam, dan suka makan cumi masak putih. Hehe kamu gabung yang mana?

Rasanya khas ada pulen-pulennya, meski rasanya daging cuminya tetap sama, kalau masaknya pas bisa lembut dan enak, seperti menu Cumi Hitam di Gudang Kopi ini. Nah, kan nggak perlu repot harus ke daerah pantai hanya sekadar untuk menikmati Nasi Cumi Hitam.

  1. Bakmi Goreng Gudang Kopi

Nah, ini lucu. Bukannya aku fanatik sama Bakmi goreng Jogja. Meski di acara buka bersama teman-teman bloger Jogja bersama Gudang Kopi sore itu menyuguhkan aneka makanan modern, apalah daya ketika si gadis imut Aishya justru milihnya Bakmi goring. Heheh… Asihya yang sedari sore sudah mulai manyun karena lapar langsung memilih menu favoritnya itu. Makanan kekinian juga melengkapi menu yang ditawarkan oleh Café Gudang Kopi, seperti Omurice (Nasi putih berbalut telur dadar yang dikombinasi dengan Chicken Katsu), juga Nasi IKan Dori Dabu-Dabu yang aslinya pengin banget cobain karena sambal Dabu-Dabunya yang segar, juga ada puluhan macam lagi jenis makanan yang pas di lidah kita.

  1. Red Velvet

Untuk snack satu ini, aku kasih dua jempol deh. Rasanya yang lezat, lembut, gurih manis dan creamy di mulut, membuatku tak henti untuk mencoleknya. Pssttt! Yang ini juga Aishya yang request, loh! Harganya wajar meskipun di café. Per slicenya dibanderol 25 ribu saja. Alhamdulillah! Tapi maaf, Red Velvet yang lezatos belum sempat difoto sudah ludes duluan, sama Aishya dan emaknya. Aslik lupa! Maaf ya!

  1. Es Kopi Papandayan Istimewa

Es Kopi Arjuna, Papandayan dan Es Foto Kopi
Es Kopi Arjuna, Papandayan dan Es Foto Kopi

Jangan kaget kalau nanti ada yang kebetulan dapatnya Es Kopi Papandayan, ya! Karena rasa jadi lebih mirip dengan es cendol!

Benar saja, begitu saya cicipi Es Kopi berwarna crem itu, aroma cendolnya dapat banget. Rupanya memang Es Kopi tersbut dikombinasi dengan sirup Coco pandan yang membuat sendiri, bukan beli jadi.

Selain Es Kopi Papandayan, Café Gudang Kopi juga memiliki dua jenis Es Kopi andalan lainnya, ialah Es Kopi Arjuna dan Es Foto Kopi. Hayoo! Penasaran sama rasa ketiga kopi itu kan? Ayo, ngaku!

  1. Es Teh

Enggak di café, warung, resto, atau lesehan, kenikmatan es teh memang tak ada duanya. Dan, lagi-lagi ini juga request Aishya yang tiba-tiba jadi doyan makan dan minum itu. Judulnya pokoknya ngajakin Aishya Buka Bersama dengan teman-temannya Bunda, sambil kita mencari ilmu tentang Foods Influencer langsung dari Mas Andre C selaku Foods Enthusiast di Acara Ngabuburit produktif bersama Kemunitas Bloger Jogja bersama Gudang Kopi. Gudang Kopi because Your PhotoCopy begins here!

Hmm, daripada cuma ngebayangin, mendingan tonton keseruan ngabuburit dan bukber kita dengan aneka menu istimewa dari Gudang Kopi di sini, ya!

KAMERA FUJI XT-100 KAMERA PERTAMA YANG BUATKU JATUH CINTA PADA FOTOGRAFI

Praktek jepret dengan Kamera Fuji XT 100

“Foto burung mah nggak harus di Kotagede. Bagus tapi nggak memperlihatkan tema. Kalau temanya explore Kotagede ya harus memperlihatkan Kotagede itu apa. Banyak bangunan tua, ada gang-gang sempit, abdi dalem dan lain-lain,” paparnya saat menilai hasil foto yang dilombakan antar sesama peserta Arisan Ilmu, 21 April 2019.

Hiks, memang sadis komentarnya, tapi justru dari itulah aku tahu bahwa kemampuanku menganalisa tema kurang tajam. Hal itu membuatku semakin hati-hati dalam mengartikan sebuah tema fotografi.  Sepanjang aku bawa kamera, yang ada di pikiranku adalah gimana caranya memfoto objek bergerak tapi tetep terlihat fokus dan lingkungan di sekitar terlihat blur. Artinya kita bisa mengikuti gerakan objek tersebut dan berhasil menangkap bayangannya dalam waktu seper berapa puluh detik.

Contoh kasusnya adalah saat kita bisa memfoto air terjun di mana air yang sedang jatuh berhasil kita “freez” di tengah perjalanan. Susah banget kan?

Nah, ceritanya beberapa hari yang lalu (pekan dink) saya bersama teman-teman mengikuti acara Arisan Ilmu dengan materi seputar Fotografi yang diisi oleh Gudang Digital. Kemudian hunting foto menggunakan kamera Fuji XT 100.

Kamera Fuji XT 100 tampak depan
Kamera Fuji XT 100 tampak depan

Pagi hingga siang itu penuh dengan sharing materi seputar kamera. Materi diberikan secara lengkap dan runtut oleh Mas Andri tim dari Gudang Digital. Materi yang dibagikan adalah seputar Fotography.

Sebelum kita turun untuk “Nyetrit” bareng di seputaran Kotagede, tentu kami dibekali banyak banget teori tentang fotografi, terutama bagaimana cara menangkap objek yang sangat mainstream dan bakal banyak  dijepret oleh banyak orang yang suka dengan fotografi.

Praktek memotret bersama Fuji XT 100
Praktek memotret bersama Fuji XT 100

Jadi, selain teknik yang harus dikuasai berikut dengan rumus-rumus angka yang wajib diketahui, juga diberikan tips keahlian mengambil angle untuk foto tempat-tempat atau objek yang bakal dikunjungi banyak orang.

Arisan Ilmu ini diadakan oleh KEB (Komunitas Emak Blogger) Jogja. Kebetulan adalah kopdar KEB ke-3 yang kuikuti selama gabung dengan komunitas tersebut.

Sharing Ilmu Fotografi di Arisan Ilmu bersama KEB dan Gudang Digital Menggunakan Kamera Fujifilm XT 100
Sharing Ilmu Fotografi di Arisan Ilmu bersama KEB dan Gudang Digital Menggunakan Kamera Fujifilm XT 100

Jujur, pertama kali memegang kamera beneran baru kali pertamaku. Apalagi tekniknya yang rumit buatku. Mengaktifkan tombol power saja aku nggak bisa, apalagi cara memotret hingga menyimpan atau memindah foto dari kamera ke HP? Gaptek euy! Tapi Alhamdulillah tim Fuji yang meminjamkan kamera keren itu sangat sabar membimbing kami untuk mengetahui lebih dalam tentang kamera kekinian tersebut.

Praktek jepret dengan Kamera Fuji XT 100
Praktek jepret dengan Kamera Fuji XT 100

Pssttt! Diam-diam aku pengin memilikinya! Semoga segera bisa menabung untuk membeli kamera yang harganya jelas beberapa kali lipat dari harga Hp yang sekarang kumiliki.

Oiya, mengenai teknik-teknik mengambil gambar dengan kamera Fuji XT 100 itu kita bahas satu-persatu ya, untuk lebih praktisnya saya ambil teori dasar yang setidaknya harus kita pahami sebelum kita mengoperasikan sebuah kamera:

  1. ANATOMI KAMERA DLSR

Kamera Fuji XT 100 tampak Belakang
Kamera Fuji XT 100 tampak Belakang

  • Dari bagian depan anatomi kamera meliputi: Power switch, mode dial, flash, flash button, lens focus mode switch, lens, card slot, shutter button dan main control dial
  • Sedangkan dari tampak belakang kamera anatominya meliputi: Viewfinder adjustment knob, exposure compensation, AE lock, AF point selection, drive mode, picture style, white balance, metering mode, playback, erase dan autofocus mode.
  1. CREATIVE MODE (MODE DIAL)
  • Mode dial adalah sebuah fitur yang digunakan untuk membantu melakukan setting pada saat melakukan pemotretan. Mode dial pada umumnya terbagi menjadi tiga, yaitu:
  1. Mode Auto

Mode auto dibagi menjadi beberapa mode lain guna menyesuaikan objek yang dipotret.

  • Untuk lebih jelasnya bisa kita pelajari table berikut:
MODE Keterangan
Auto Mode full auto di mana fotografer menyerahkan seluruh kendali pada kamera
PORTRAIT Mode yang disesuaikan untuk memotret wajah. Aperture akan membesar untuk memperoleh kedalaman gambar yang dangkal
LANDSCAPE Mode yang disesuaikan untuk memotret pemandangan. Aperture akan mengecil untuk memperoleh kedalaman gambar dan lebih banyak detail.

2. Semi Auto

Mode ini melibatkan user untuk memilih dan mengatur salah satu elemen dari eksposure. Bisa memilih aperture atau shutter speed, sedang yang lainnya diatur oleh kamera.

3. Manual

Mode manual ini melibatkan user untuk mengatur semua elemen yang menentukan eksposure, baik aperture, shutter speed maupun ISO.

Color Variation by Anodized Coating
Color Variation by Anodized Coating

EXPOSURE

Exposure adalah seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan untuk masuk  ke dalam sensor. Setidaknya ada tiga elemen yang disebut dengan Exposure Triangle, yaitu: Aperture, ISO dan Shutterspeed. Merubah salah satu elemen akan berpengaruh pada exposure.

APERTURE

  • Diindikasikan dengan f/stops: (f/2, f/2.8, f/4.0, f/5.6, f/8, f/11, f/16, f/22, f/32)
  • Semakin besar angkanya maka semakin kecil bukaan diafragmanya dan semakin sedikit cahaya yang masuk.
  • ISO
  • ISO adalah pengaturan kepekaan sensor terhadap cahaya.
  • Diindikasikan dengan angka 100, 200, 400, 800 dan seterusnya. Sebaiknya gunakan angka yang rendah ketika membutuhkana gambar yang tajam dan memperoleh pencahayaan yang cukup. Angka yang besar dibutuhkan atau digunakan ketika cahaya terbatas (tidak menginginkan pencahayaan tambahan (artificial light), dapat mengakibatkan gambar menjadi grainy (noise).

SHUTTER SPEED

Shutter speed adalah lama waktu shutter membuka dimana akan menentukan seberapa cahaya yang masuk dalam proses perekaman gambar.

  • Diukur dengan satuan second: Super fast 1/4000 seconds sampai 1/30 seconds.
  • Semakin lambat kecepatannya semakin banyak cahaya akan terekspos. Semakin cepat maka makin sedikit cahaya yang akan terekspos.
  • 2, 1, ½, 1/8, 1/15, 1/30 membutuhkan stabilizer. Sedangkan untuk mendapatkan efek pembekuan gerakan membutuhkan shutter speed mulai 1/125, 1/250, 1/500 hingga 1/1000 yang menyebabkan lebh sedikit cahaya yang terekspos.

APERTURE

Aperture (diafragma) adalah salah satu factor yang mempengaruhi kedalaman gambar (Depth Of Filed). DOF (Depth Of field) adalah area di depan dan atau di belakang objek yang terfokus.

EXPOSURE MODE A

Aperture

S

Shutter Speed

ISO

Sensitivity

Automatic

Camera secara otomatis mengatur aperture daan shutter speed untuk mendapatkan eksposure

CAMERA CAMERA USER
Aperture Priority Mode

User memilih aperture yang diinginkan, sedangkan shutter speed ditentukan oleh kamera

USER CAMERA USER
Shutter Priority Mode

User memilih shutter speed, sedangkan aperture secara otomatis ditentukan oleh kamera

CAMERA USER USER
Manual Mode

User bebas memilih aperture, shutter speed dan ISO sesuai yang diinginkan

USER USER USER
Program Auto Mode

User dapat memilih kombinasi aperture dan shutterspeed secara bersamaan untuk memperoleh eksposur

USER USER USER

 

PENGALAMANKU MENGGUNAKAN KAMERA FUJI XT 10

Awalnya bingung menerima instruksi dari tim Fuji untuk men-setting kamera sebelum kita gunakan untuk mengabadikan semua moment di acara Nyetrit bareng bersama KEB, Gudang Digital menggunakan kamera Fuji XT 10.

Praktek memotret Nyetrit Bareng Explore Kotagede
Praktek memotret Nyetrit Bareng Explore Kotagede

Agar memudahkan kami dalam mengoperasikan kamera tersebut maka setting kamera dibuat semi auto dengan pengaturan Shutter speed pada angka 1/125. Tujuan disetting di angka tersebut adalah agar kita juga bisa mengambil gambar dengan objek yang bergerak tanpa hasil yang blur.

Di balik pohon di sebuah sudut Kotagede
Di balik pohon di sebuah sudut Kotagede

Setelah di lapangan kita tinggal atur lensa saja untuk memfokuskan objek yang akan kita bidik. Hasilnya lumayan. Meski secara fotografi foto-foto yang berhsil kuambil amsih sangat jauh dari kesan sempurna setidaknya memakai kamera Fuji XT 10 sudah memecah rekorku selama ini yang belum pernah menggunakan kamera jenis apapun sebelumnya. Tapi aku sempat merasa keren dan suka menggunakan kamera Fuji XT 100. Mungkin setelah ini, rekomendasi buat diri sendiri saat akan membeli kamera adalah kamera Fuji, entah yang seri apa dan berapa. Atau mungkin kamera mirrorless dari Fuji? Doain, ya!