PEREMPUAN BAHAGIA MENCETAK INDONESIA SEHAT DENGAN MELAHIRKAN GENERASI BEBAS STUNTING

Istilah stunting menggambarkan kondisi status gizi kurang yang berlangsung lama di masa pertumbuhan anak, dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan. Artinya semenjak anak masih di dalam kandungan (sudah mulai hidup meski belum dilahirkan) sudah membutuhkan angka kecukupan gizi yang seimbang. Stunting merupakan satu bentuk kelainan atau ketidaksempurnaan pertumbuhan yang dialami oleh anak kurang gizi yang bertahan hingga dewasa jika tidak mendapat penatalaksanaan yang tepat di usia balita. Salah satu upaya menuju Indonesia Sehat adalah Pencegahan Stunting.

Gambaran Anak Stunting
Sumber: www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Sedangkan kita tahu bahwa permasalahan gizi di Indonesia merupakan kasus kronis yang bertahan sejak zaman sebelum merdeka hingga sekarang. Munculnya stunting pada anak yang dilahirkan tak hanya dialami zaman dulu saja. Gambaran anak stunting dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Jika kita menemukan anak dengan usia tertentu namun tinggi badannya jauh dari standar tinggi badan pada usianya, itulah stunting. Anak terlihat lebih pendek dari teman sebayanya. Sayangnya, kondisi stunting baru bisa dideteksi saat anak berusia dua tahun. Usia di mana proses tumbuh kembang yang membutuhkan bermacam nutrisi sudah sebagian terlewati. Perbaikan stunting masih dapat diupayakan dengan penatalaksanaan perbaikan gizi setelah dua tahun sampai lima tahun meskipun dengan hasil yang cukup rendah, hanya 15% mengalami keberhasilan.

Balita Sehat Bebas Stunting Impian Semua Orang Tua di Indonesia
sumber: doc pribadi

Anak-anak ceria, bersemangat, tertawa, cerdas serta memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur, merupakan impian dari seluruh orang tua yang tinggal di Indonesia bahkan para orang tua di seluruh dunia. Kecintaan penduduk terhadap Indonesia membuat mimpi seluruh negeri sama, yaitu terbentuknya Indonesia sehat. Kondisi kesehatan yang optimal akan mempengaruhi kualitas hidup dari seluruh elemen yang ada. Sehat menurut WHO adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan. Dalam arti lain, bahwa sehat juga menuntut perkembangan (kecerdasan) sebagai fungsi utama dari otak yang harus optimal dan tidak mengalami gangguan.

Stunting Berhubungan Erat dengan TInggi Badan dan Status Gizi
Sumber: www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Saat berat badan menggambarkan status gizi sekarang (dalam waktu dekat) maka tinggi badan berhubungan erat dengan status gizi dalam jangka waktu lama (tahunan) yang sudah terlewati. Eliminasi angka stunting di Indonesia menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat secara luas maupun bagi pemerintah Indonesia selaku penggerak perputaran pemerintahan. Pemerintah sebagai pemegang kebijakan juga lebih tertantang untuk menurunkan angka stunting demi mewujudkan Indonesia sehat.
Pentingnya keberadaan generasi yang sehat, tinggi dan cerdas di Indonesia membuatnya menjadi salah satu cara untuk menciptakan Indonesia Sehat dengan mencegah terjadinya stunting.

Apa itu stunting?

Definisi Stunting
Sumber: www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Stunting lebih dikenal dengan istilah kuntet, merupakan kondisi gagalnya pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Mengapa stunting harus dieliminasi? Karena stunting merupakan keadaan gagalnya pertumbuhan yang faktor penyebabnya dapat dicegah, bukan dikarenakan suatu variabel yang tidak dapat diperbaiki, seperti genetik. Adakah yang salah dengan stunting? Ya, stunting merupakan kegagalan, yang tentu saja akan berpengaruh terhadap masa depan anak yang mengalaminya. Bukan hanya masalah tinggi badan yang tidak sama dengan anak seusianya, namun pertumbuhan otak yang kurang optimal karena kondisi kekurangan gizi yang mempengaruhi perkembangan dan kecerdasannya di masa mendatang.

Di Indonesia angka prevalensi stunting masih relative tinggi. Dari data disebutkan bahwa prevalensi stunting pada tahun 2014 mencapai 32.9% dengan target tahun 2019 mencapai angka 28.0%, namun capaian di tahun 2016 sudah berhasil turun menjadi 26.1%.

Peran Ibu Hamil Dalam Pencegahan Stunting

Stunting pada dasarnya merupakan masalah kronis di Indonesia. Bagaimana cara Pencegahan Stunting? Sejak zaman dahulu kala hingga sekarang masih tetap bisa kita temui anak-anak dengan perawakan stunting atau lebih pendek dari anak seusianya. Mengapa peran seorang ibu menjadi sangat penting? Stunting merupakan kondisi yang disebabkan karena kurangnya kecukupan kebutuhan gizi yang berlangsung sejak anak masih berada dalam kandungan hingga usia dua tahun. Lebih tepatnya pada 1000 hari pertama kehidupan.

Nah, dari penyebab tersebut dapat dianalisa bagaimana caranya mencegah kejadian stunting yang masih cukup tinggi dialami oleh generasi di Indonesia. Benar saja, karena hampir seluruh waktu tersebut (1000 hari pertama kehidupan) peran seorang ibu masih sangat dominan. Bahkan, pencegahan dapat dilakukan semenjak perempuan (calon ibu) berusia remaja.

Sumber Makanan Bergizi dan Beraneka Ragam
Sumber: www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Sejak dalam kandungan status gizi ibu berpengaruh secara langsung terhadap status gizi bayi dalam rahimnya. Juga saat setelah lahir, pola asuh yang diberikan sangat mengandalkan peran ibu secara maksimal, mulai bayi dilahirkan hingga anak berusia baduta (bawah dua tahun). Faktor ibu beserta pola asuhnya yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktik pemberian makanan kepada anak juga akan besar kemungkinannya menyebabkan anak stunting.

Luar biasa seandainya cita-cita Indonesia sehat dapat diraih dengan mudah. Sayangnya pada praktiknya tidak semudah itu. Masalah tak hanya pada seberapa besar para ibu bersedia menyuapi anaknya yang masih balita. Namun lebih kompleks dari itu semua, kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak juga memerlukan jaminan ketersediaan bahan makanan di masing-masing rumah. Tentu menjadi PR (tugas) besar bukan hanya pada masing-masing orang tua. Lapangan kerja atau susahnya mencari nafkah untuk keluarga juga menjadi momok yang paling ditakuti bagi seluruh lapisan masyarakat di era sekarang ini. Bagaimana mau mencukupi kebutuhan gizi seluruh anggota keluarga, kalau mencari rejeki saja susah. Dari hal itulah mengapa angka stunting lebih sering muncul pada keluarga yang status ekonominya kurang beruntung.

Melihat definisi stunting, yang disebabkan gagalnya pertumbuhan karena kekurangan gizi terjadi pada 1000 hari pertama kehidupann, memberi celah kepada kita untuk mampu menganalisa bagaimana caranya memanipulasi keadaan agar anak-anak terhindar dari stunting.

Beberapa poin di bawah ini bisa diupayakan untuk mendapatkan kelahiran generasi bebas stunting, antara lain:
1. Remaja putri (calon ibu) dihindarkan dari kondisi anemia
2. Ibu hamil tidak kekurangan energi
3. Pemantauan tumbuh kembang bayi yang tepat dan akurat

Protein Hewani Untuk Mencegah Stunting
Sumber: www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Seorang ibu yang masa remajanya mengalami anemia dan kurang nutrisi bahkan hingga masa kehamilan dan laktasi akan sangat mempengaruhi pertumbuhan (tubuh dan otak) anak.

Selain faktor tersebut, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan bayi dan anak di Indonesia, adalah:
a. Infeksi pada ibu
b. Kehamilan pada remaja (menikah muda)
c. Gangguan mental pada ibu
d. Anak dengan jarak lahir yang pendek
e. Hipertensi pada ibu hamil
f. Dukungan akses terhadap pelayanan kesehatan, juga
g. Sanitasi dan ketersediaan air bersih.

Intinya, stunting mudah sekali disebabkan oleh rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani.

Peran Pemerintah Dalam Pencegahan Stunting

Peran pemerintah dalam upaya untuk menurunkan kejadian stunting di Indonesia, terbagi menjadi dua macam intervensi:

1. Intervensi Gizi Spesifik
Intervensi ini berupa kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan status gizi terutama pada ibu hamil, di antaranya adalah:
– pemberian Tablet Tambah Darah, Promosi serta Suplemen gizi makro dan mikro.
– Penatalaksanaan gizi kurang / buruk, pemberian obat cacing dan Zinc untuk manajemen diare.

2. Intervensi Gizi Sensitif
Intervensi ini dilakukan dengan pendekatan secara langsung untuk:
– Pemantauan tumbuh kembang
– Penyediaan air bersih
– Pendidikan gizi
– Imunisasi
– Pengendalian penyakit
– Penyediaan jaminan kesehatan
– Program Indonesia sehat dengan Puskesmas dan Rumah Sakit.

Sayur Beraneka Warna Membantu Mencegah Stunting
Sumber: www.sehatnegeriku.kemkes.go.id

Dari pemaparan panjang lebar mengenai stunting tersebut, setidaknya faktor gizi yang cukup mendominasi dari rangkaian permasalahan yang ada. Alangkah baiknya jika mulai dari sekarang pola hidup dan pola makan mulai digeser ke pentingnya keragaman sumber nutrisi, bukan hanya pada rasa yang lezat saja. Perhatian terhadap kebutuhan gizi yang seimbang dan beraneka ragam semakin ditingkatkan terutama bagi kelompok perempuan remaja dan ibu hamil. Ibu yang sehat mencetak generasi yang sehat, tinggi, cerdas, tangguh dan bisa diandalkan. Yuk, cegah stunting dengan memperbaiki pola makan dan memperbaiki keragaman jenis makanan sebagai sumber nutrisi makro dan mikro. Demi Indonesia sehat yang memiliki generasi kuat dan cerdas.

GENERASI ALFA PENGUASA MASA DEPAN YANG HARUS MELEK TEKNOLOGI SUPER CANGGIH

GENERASI ALFA PENGUASA MASA DEPAN YANG HARUS MELEK TEKNOLOGI SUPER CANGGIH

Adakah yang merasakan bahwa hari berjalan terlalu cepat? Baru kemarin hari Sabtu sekarang sudah Sabtu lagi. Manusia semakin sibuk dengan segala hal yang menyenangkan. Kemajuan teknologi semakin memanjakan. Tak bisa dipungkiri, kecepatan teknologi terus saja bergulir setiap saat tanpa peduli mampukah kita mengikutinya? Ataukah kita termasuk pengguna teknologi yang kalah cerdas dibanding dengan perangkat gawai kita?

Kelak, bisa saja kita telah tiada atau mungkin kita masih ada namun kemampuan kita sudah tak segesit seperti sekarang? Kemajuan teknologi yang belum mampu kita bayangkan sekarang apakah masih mungkin kita rasakan? Ibarat bola salju, teknologi juga akan terus saja bergulir sepanjang masa di mana pun tempat. Semakin bergulir, semakin besar dan semakin kuat teknologi itu.

Mau tidak mau, suka tidak suka kita akan terus saja masuk dan ikut bergulir di dalamnya. Nggak mungkin kan kita kembali ke masa lampau, sehebat apapun kita mencegah anak-anak untuk mengenal teknologi? Masihkah kita berpikiran bahwa teknologi merupakan perusak generasi?

Baik, kita akan sedikit membahas mengenai gimana caranya kita bersahabat teknologi. Apa manfaatnya saat kita ikut mengembangkan diri menjajari kecepatan perkembangan teknologi.

Jangan salah, dunia di masa mendatang adalah gambaran dunia yang semakin liar dalam hal perkembangan teknologi. Generasi Alfa menjadi penguasa kehidupan di masa yang belum bisa kita bayangkan mau seperti apa kelak. Siapa generasi Alfa? Generasi Alfa adalah generasi yang terlahir pada tahun 2010 dan setelahnya. Generasi ini dilahirkan dan mendapat pola asuh dari generasi milenial atau generasi Y (1961-1980) yang berkepribadian hangat, menyukai kritik dan terbuka untuk bermacam perubahan. Generasi Alfa, generasi yang mau tidak mau, suka tidak suka akan hidup di masa yang dikuasai oleh kemajuan teknologi yang tak hanya modern, tapi super modern.

Jika sekarang saja bisa beli makan dari rumah dengan mudah, bisa belajar jarak jauh dengan aplikasi media sosial, bisa pergi kemana pun juga dengan ojek online murah dan mudah didapat, juga tetek bengek lainnya yang ditawarkan oleh teknologi zaman now, bagaimana kehidupan sekitar 10 tahun mendatang? Tak bisa dibayangkan sejauh mana perkembangan teknologi kelak.

Masih beranggapan bahwa teknologi merusak generasi? Sebaliknya, generasi justru bagian dari teknologi. Generasi berupa manusia yang semakin cerdas yang akan menciptakan teknologi seiring majunya ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan yang dituntut untuk semakin mudah diraih.

Bijaknya, dengan alasan itulah kita juga mulai mengenalkan generasi Alfa -anak-anak kita yang kini berusia dini- kepada kemajuan teknologi yang akan mereka geluti di masa mendatang. Bukankah kita tidak mau kenangan nenek moyang kita dijajah oleh negara lain kembali menjangkit di generasi mendatang? Setidaknya secara harfiah penjajahan dalam arti yang sebenarnya memang tidak akan terjadi, namun bagaimana dengan penjajahan yang bersenjatakan teknologi? Bukankah itu lebih mengkhawatirkan? Jangan biarkan mereka lemah karena tidak mengikuti perkembangan teknologi. Selamatkan generasi kita, dengan mengenalkan teknologi sejak dini dengan cara yang benar, bijaksana dan bertanggungjawab. Kuatkan kecerdasan dengan tetap memegang teguh nilai-nilai luhur kemanusiaan, agar tercipta generasi tangguh, menjadi pemenang dalam menggerakkan perputaran dunia super modern kelak.

Oh iya, teknologi tak terbatas hanya pada gawai atau smartphone yang selama ini kita artikan. Bukankah perkembangan komputer juga bagian dari kemajuan teknologi? Mengenalkan komputer kepada anak-anak usia dini sangat bermanfaat. Tentu saja bukan hanya mengenai seberapa hebat mereka akan mengalahkan musuh dalam game peperangan. Saat mereka mengenal dasar-dasar teknologi komputer semenjak dini, maka kebutuhan kemampuan mereka selanjutnya akan semakin mudah diterapkan. Kemampuan yang tidak hanya menjadi pengguna atau konsumen teknologi, tetapi mereka sudah seharusnya mampu membuat aplikasi juga berbagai pemrograman komputer secara mendalam. Untuk memfasilitasi kebutuhan ini, DUMET School mengajak masyarakat untuk semakin cerdas menghadapi dunia beserta kemajuan teknologinya. Kursus Pemrograman Komputer andalannya akan membantu menciptakan generasi penerus yang tak hanya menjadi pengguna saja, namun melahirkan pemrogram-pemrogram komputer handal dari Indonesia untuk dunia.

HOMESTAY MEWAH HARGA MURAH PALING RECOMENDED DI JOGJA

HOMESTAY MEWAH HARGA MURAH PALING RECOMENDED DI JOGJA.

Cocok buat traveller sejati kayak kamu. hehe. Buat kamu yang suka travelling, nih. Pasti carinya tempat menginap yang bagus, nyaman, murah dan dekat dengan berbagai tempat destinasi wisata yang update. Kalau aku sih, pengennya cari di tempat yang cukup “kota” artinya selain kita bisa untuk berkunjung ke destinasi utama yang kebanyakan berada di luar kota, kita juga bisa donk menambah pengalaman dengan mengisi waktu senggangnya dengan jalan-jalan mengeksplor kota tujuan kita.

Terutama bagi yang lagi pengen berkunjung ke kota Jogja, kali ini aku mau coba ulas sekaligus merekomendasikan tempat menginap yang super nyaman namun harga sangat ramah di kantong. Mengingat beberapa kali ke luar kota aku mengalami kesulitan cari penginapan yang oke punya, maka kali ini aku coba sharing tempatku menginap beberapa hari terakhir ini biar kamu sedikit punya referensi. aku tahu kamu seneng bacanya ini, seperti aku juga bakal suka sekali kalau mau berangkat ke luar kota sudah mengantongi informasi penginapan yang rekomended.

Oke, kita mulai dari fasilitas homestay. Selain sebagai tempat bersih-bersih , homestay juga tempat untuk istirahat. Tentunya harus bisa memfasilitasi kita dengan senyaman mungkin. Nah, mengenai fasilitas penginapan yang mau aku share, yakin sekali kamu juga bakal tercengang sepertiku saat membandingkan antara harga dengan fasilitas yang ditawarkan.

Kamar Mandi

Kenapa fasilitas ini kuulas di nomor satu? Baik, jadi kualitas suatu hotel, homestay atau penginapan menurutku harus dilihat dari kamar mandinya dulu. Karena saat kamar mandi ok pasti yang lainnya juga ok. Secara, kamar mandi biasanya letaknya di paling belakang dari suatu ruangan kan? bisa jadi sebagian orang menganggap ini nggak penting, namun bagiku justru ini sangat penting. Saat kamar mandi yang ditawarkan bagus, maka otomatis yang lainnya juga pasti bagus. Bisa dibuktikan. Nah, di penginapan ini kamar mandinya sangat Ok! Air hangat, shower besar anti macet, dibatasi oleh dinding kaca yang semakin memperlihatkan betapa lux kamar mandi ini. Toilet duduk yang cakep dan bersih. Yah, ini hanya bisa dijelaskan dengan kenyataan di lapangan, setidaknya closet yang dipakai di penginapan ini bermerk, yang jika digunakan pasti sangat nyaman. Ukuran kamar mandi juga cukup besar, leluasa untuk menikmati mandi berlama-lama.

Kamar tidur utama

Nah, poin yang kedua yang musti dipertimbangkan setelah kamar mandi . Adalah bed/ tempat tidur utama. Penginapan ini jelas menggunakan bed bertingkat (dua bed yang disusun hingga ukuran tinggi yang nyaman untuk duduk maupun berbaring santai. Dilengkapi dengan sprei dan bed cover warna putih yang halus, lembut dan bersih ini jelas akan memanjakanmu berlama-lama di atasnya. Sangat nyaman!

doc. pribadi

Lobi / tempat santai

Ruangan untuk menerima tamu sekaligus untuk makan breakfast yang disiapkan setiap pagi dengan menu bervariasi. Ruangan santai ini begitu hommy, layak rumah sendiri yang di design begitu rupa  terlihat nyaman berlama di ruang umum ini. Halaman depan dan lorong samping menuju kamar-kamar juga begitu hidup dengan pepohonan kecil yang tertata apik mempercantik dan memberi suasana segar.

doc. pribadi

Breakfast

Meski tak selengkap menu di hotel berbintang, menu yang disediakan di penginapan ini begitu menggiurkan dan membuat sarapan kita sempurna. Tentu saja masih bervariasi juga, ada roti tawar lengkap dengan toping sesuai selera, ada nasi prasmanan dengan sayur, lauk juga sambal dan kerupuk yang akan memberimu rasa kenyang dan siap beraktifitas seharian, juga buah dan minuman kopi&teh yang bisa kamu seduh sendiri sepuasnya.

Fasilitas pendukung lain

Tak lengkap rasanya saat menginap tanpa fasilitas pendukung yang tenyata cukup crusial kedudukannya. Di antaranya adalah TV kabel, AC, meja rias dan juga lemari baju. Pokoknya disediakan lengkap. Kurang apa lagi untuk menuju kenyamanan yang sempurna?

doc. pribadi

Dekat sekali dengan fasilitas umum

Sebut saja alun-alun, baik selatan yang malamnya selalu bercahaya dan hingar-bingar atau alun-alun utara yang merupakan halaman utama kraton Yogyakarta. Alun-alun ini juga kerap dijadikan sebagai destinsai wisata, terutama buat pasangan yang sedang dimabuk cinta atau yang sudah mempunyai anak kecil. Di alun-alun bisa ikut wisata tradisional bermain egrang, atau mengayuh sepeda lampu yang tiap malam membuatnya menyala. Selain alun-alun, penginapan ini juga sangat dekat dengan wisata Taman Sari (Water Castle) hanya berjarak sekitar 300 m dari lokasi homestay. selain itu semua, di sekitar alun-alun selatan juga banyak sekali tersebar cafe-cafe modern yang sangat nyaman untuk bersantai.

Wifi gratis

Nah, fasilitas satu ini sekarang begitu pentingnya. Hampir semua urusan dapat diselelsaikan dengan cara online. Mencari makan misalnya, pesan ojek online atau mau buka-buka segala informasi melalui internet saat sedang santai di penginapan. Semua bisa dilakukan dengan mudah.

Nah, ulasan yang cukup lengkap ini semoga membantumu menemukan tempat penginapan yang sesuai harapanmu ya. Oiya, belum afdol jika belum dilengkapi informasi harga sewa kamar per malamnya. Karena dari awal saya sudah excited sekali untuk sharing informasi homestay mewah murah dan paling recomended, maka akan saya bocorkan harga sewa homestay ini.

kamu bisa menginap di sini hanya dengan membayar 200k hingga 275k saja per malam. Penghitungan check in check out sama dengan peraturan di mana saja. Sedikit beda saat ketemu dengan hari Raya Idul Fitri lebaran yang bisa naik dua kali lipat (Ssst! jangan keras-keras, tapi bisa jadi saat lebaran pun kamu bisa tetep dapetin harga normal loh, meski kemungkinannya sangat kecil hehe) secara saat lebaran sebagian besar harga pasti meroket, termasuk sewa penginapan maupun sewa kendaraan, ya kan?

Serius? Untuk semua fasilitas di atas hanya dibandrol 200k hingga 275k? Yes! Bener pakai banget. Selain fasilitas fisik yang mengagumkan, fasilitas lainnya juga cukup memuaskan, adalah keramahan petugasnya. Mereka sangat ramah juga cekatan. Pokoknya over all, semuanya luar biasa, pastinya kamu bakal pulang dengan hati berbunga-bunga, karena bisa menghemat sekian rupiah dari perjalanan yang mungkin awalnya diperkirakan akan habis banyak.

Gimana? kurang apalagi coba? Seru kan? oiya, nama penginapannya itu PURI LANGENARJAN. Beralamat di Jalan Langenarjan Lor no 11A. Siap beraksi? Semoga liburanmu mendatang semakin membuatmu semangat dan merefresh segala kegalauan ya! Selamat jalan-jalan, kawan!

TIPS BORONG BELANJA DI SHOPFEST, DAPATKAN CASHBACK GEDE HANYA DI SHOPBACK

shopfest

Tips borong belanja di ShopFest, dapatkan cashback gede hanya di ShopBack. Belanja popok buat anak, beli lipstik buat mempercantik diri untuk siapa lagi kalau bukan untuk suami. Beli shampo, sabun, baju, laptop, Hp atau bahkan beli motor semua bisa di sini! Di mana? di ShopBack. Stop ngatain emak-emak suka boros ngabisin uang buat belanja. Pernah kan baca postingan yang cukup viral, uang 50.000 dikasih ke laki-laki cuma bisa dapetin sebungkus rokok. Tapi kalau selembar uang berwarna biru itu dikasihkan ke istri (baca: perempuan) bakal bisa dapetin beras, minyak, telur juga beberapa macam sayuran. Bisa buat makan sekeluarga.

See? ini memang kenyataan. Seorang perempuan memang sudah difitrahkan untuk pintar berhemat, juga multitasking. Dalam hal ini, tentu saja multitasking itu adalah berarti belanja sambil berhemat. Kok bisa? Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang perempuan yang memang hobi belanja, juga lebih suka “ngekepi” uang. Oleh karenanya perempuan menjadi dituntut untuk cerdas dalam berbelanja. Belanja murah mendapat cashback misalnya. Selain uang yang kita keluarkan sedikit tapi mendapatkan barang yang kita butuhkan, tak menutup kemungkinan kita akan mendapat cashback yang secara tidak langsung mengembalikan pengeluaran kita sebelumnya. Enak banget ya? Yes, enak pakai banget!

Mamah muda yang hobi belanja mana nih? Ngomong-ngomong belanja-belanji, nggak nyadar ya bentar lagi udah akhir tahun aja. Tahu nggak, entah yang kudet sayanya atau perkembangan teknologi yang terlalu sadis meninggalkan mamah muda yang lelet adaptasi mengikuti berbagai informasi yang berseliweran di gawai ini. Kalau belanja online sih uda lama kenal, hanya saja untuk belanja online yang menghasilkan cashback, baru tahu. Eh bentar belanja tapi dapat cashback? Beneran? Ya, baru kali ini mendengarnya. Ternyata belanja online di ShopBack Indonesia bisa mendapatkan cashback tunai yang bisa diuangkan ke rekening kita. Enggak peduli kalau program ini ternyata sudah ada sejak lama, yang lebih penting adalah informasi ini beredar menjelang acara besar Promo ShopFest di akhir tahun. Jadi, sama sekali nggak terlambat! Ya, kan?

Bentar, ada ShopFest ada juga ShopBack, apaan sih itu? Hmm, baiklah, meski baru tahu semoga informasi ini banyak membantu bagi teman-teman yang kebetulan mau belanja barang yang dibutuhkan menjelang akhir tahun ini. Ingat, belanja hanya untuk barang yang dibutuhkan saja ya, karena kalau tidak dibatasi bakal kalap sekalapnya, apa saja bakal dibeli saking banyaknya tawaran yang begitu menggiurkan.

Yang pertama ShopFest, merupakan event pesta belanja akhir tahun terbesar yang sangat dinantikan, tak hanya di Indonesia, tapi juga beberapa negara tetangga juga merayakan event besar ini. Hehe… sepertinya saya aja yang ketinggalan informasi seperti ini. Karena program promo seperti ini ternyata sudah ada sejak tahun 2012 yang lalu. Nah, tahun ini adalah yang ke 6 pesta belanja akhir tahun ShopFest.

Wajar saja kesempatan ini pasti dinantikan oleh banyak sekali pelanggannya. Ah, baru ingat. Hampir setahun lalu, ada teman yang mborongin beberapa belanjaan, waktu itu saya kenalnya hanya istilah Harbolnas-nya saja. Saking kalapnya, teman saya belanja banyak sekali, mulai dari madu berikut sarangnya, hingga spons filter mesin motor Tiger. Hmm, okey, tahun lalu boleh ketinggalan, tahun ini semoga bisa ikut merasakan belanja murah hanya di ShopBack. Terutama di hari Belanja Online Nasional, atau disingkat dengan Harbolnas. Kapan? Harbolnas jatuh pada hari Rabu, tanggal 12 Desember 2018. Catat ya! Jangan sampai lupa.

Yang kedua adalah ShopBack, merupakan aplikasi belanja online yang bisa kita gunakan dengan mudah. Di aplikasi ini selain banyak dibocorkan kode promo (kode voucher) dari berbagai gerai e-commerce dan restoran, juga ada fasilitas cashback yang beneran bakal ditransfer ke rekening bank kita loh. Kok bisa kita mendapat cashback? Cashback yang diberikan merupakan reward dari ratusan gerai mitra ShopBack karena telah direferensikan untuk berbelanja di portal mereka.

Bagaimana cara kerja ShopBack?

Jika kamu belum pernah punya akun di ShopBack, segera daftar akun ShopBack

daftar akun shopback

Setelah kamu berhasil daftar, kamu tinggal login, kemudian browse barang yang kamu cari di ratusan gerai pilihanmu, klik beli untuk barang yang berhasil kamu cari.

 

Dapatkan cashback di akun ShopBack kamu dalam waktu 72 jam.

Tarik cashback ke akun Bank untuk mendapatkan uang tunai.

So simple! Memang nggak salah ya, yang namanya kemajuan teknologi, kalau sedikit saja kita mau belajar, bakal sangat memudahkan kita. Terutama untuk kebutuhan belanja barang yang kita butuhkan namun waktu kita tak banyak sekadar untuk mencarinya dari toko ke toko. Ya iya lah, sekarang zamannya belanja lebih hemat waktu, tenaga juga biaya. Yang hobi belanja barang mewah harga murah, angkat tangan! Sudah daftar ShopBack?

HAIDH: KENAPA TIDAK BOLEH BERHUBUNGAN INTIM

HAIDH: KENAPA TIDAK BOLEH BERHUBUNGAN INTIM

Definisi haidh ada dua macam.

Haidh menurut Bahasa mempunyai arti mengalir.  Sedangkan menurut istilah, haidh adalah mengalirnya darah wanita pada waktu tertentu yang berasal dari dalam rahimnya, yeng merupakan luruhnya penebalan dinding rahim bagian dalam (endometrium) dikarenakan tidak adanya nidasi atau penanaman hasil pembuahan antara sperma dengan sel telur.

Haidh terjadi saat seorang perempuan mengalami baligh. Atau bisa dikatakan bahwa haidh merupakan awal bagi seorang perempuan bisa dikatakan baligh/dewasa.

Haidh merupakan kodrat alami seorang wanita yang langsung datang dari Allah melalui bermacam proses hormone yang berperan. Seorang perempuan tidak perlu dikucilkan, namun justru harus disayangi saat mereka sedang haidh. Lagi, seorang perempuan yang sedang haidh mengalami perubahan hormonal yang membuatnya cenderung labil, mudah emosi dan lebih banyak mencari perhatian. Oleh karena itu, dalam Islam diatur bahwa saat seorang perempuan sedang haidh harus banyak disayang.

Hal yang mutlak tidak boleh dilakukan saat seorang perempuan sedang haidh adalah berhubungan suami istri. Selain berpengaruh terhadap munculnya suatu penyakit, berhubungan suami istri saat istri sedang haid juga diharamkan.

Apa yang dapat terjadi saat seorang perempuan sedang haidh dan dipaksa tetap berhubungan badan?

Secara anatomi, saat terjadi haidh, terjadi peluruhan lapisan endometrium yang secara langsung juga terjadi rusaknya pembuluh darah (terbukanya pembuluh darah yang rusak) di jaringan tersebut. Pembuluh darah yang terbuka inilah yang membuat perempuan rentan mengalami gangguan kesehatan. Gesekan serta gerakan memompa saat berlangsungnya hubungan seksual disinyalir dapat menimbulkan terjadinya emboli udara yang masuk melalui pembuluh darah yang terbuka.

Emboli ini dapat mengalir mengikuti aliran darah yang akan berakhir sebagai sumbatan terhadap aliran darah yang mendarahi jantung melalui pembuluh darah jantung. Sumbatan tersebut bisa menyebabkan serangan jantung mendadak yang berujung kematian.

Pernah kah mendengar berita kematian seseorang saat sedang melakukan hubungan badan? Atau death on making love? Wallahua’lam bishawab.

Meski jarang terjadi, namun ancaman penyakit lain juga banyak mengintai pada orang-orang yang menghalalkan berhubungan badan dikala haidh. Sebut saja AIDs / HIV, cancer leher rahim, infeksi panggul dan masih banyak penyakit lainnya.

Lamanya haidh?

Membicarakan mengenai lamanya haidh, satu individu dengan individu lainnya belum tentu sama. Terkait berbagai hal yang mempengaruhinya. Antara lain adalah hormonal, keturunan, juga status gizi serta kondisi fisik organ reproduksi seseorang.

Secara umum lamanya haidh akan bervariasi antara 1x 24 jam hingga 15×24 jam.

Lantas bagaimana jika haidh melebihi 15 hari? Terkait dengan peraturan ibadah dalam Islam yang kerap berhubungan dengan masa haidh, ulama sebagian berpendapat bahwa haidh dengan durasi lebih dari 15 hari dimasukkan dalam kategori darah sitihadhah atau darah penyakit.

Pun, dari segi medis, haid yang terlalu lama biasanya mencerminkan adanya sesuatu “yang salah” di dalam sana. Oleh karena itu, ada baiknya juga bila seorang perempuan mengalami haidh lebih dari 15 hari untuk segera memeriksakan organ reproduksinya ke dokter kandungan. Untuk apa? Untuk memastikan bahwa di dalam rahim sana atau di dalam indung telur tidak ada penyakit tertentu seperti kista maupun myoma uteri.

Meskipun begitu, lagi-lagi, durasinya haidh disesuaikan dengan kebiasaan lamanya haidh masing-masing individu.

Ciri-ciri darah haid?

Gimana caranya membedakan antara darah haidh dengan darah biasa?

Beberapa ciri darah haidh berikut ini dapat sedikit membantumu:

  1. Darah haidh berwarna merah kehitaman, dan lebih kental disbanding dengan darah biasa
  2. Darah haidh berbau tidak sedap.
  3. Darah haidh susah mengeringnya

Bagaimana perlakuan Islam terhadap perempuan yang sedang haidh?

Lakukanlah semua (yang kalian inginkan) kecuali jima’ (HR. Muslim: 302)

Bahkan para ulama bersepakat akan haramnya jima’ bagi perempuan yang sedang haidh.

Kapan datang dan perginya darah haidh?

Datang haidh: Mengalirnya darah yang merah kehitaman, pekat dan tidak sedap pada waktu-waktu yang memungkinkan untuk perempuan haidh.

Berhenti haidh ditandai dengan:

  1. Jufuf (Kering): seorang perempuan haidh meletakkan tisu di kemaluan, jika tisu itu keluar dalam keadaan kering maka berarti telah suci.
  2. Al Qoshotul Baidho’: yaitu cairan putih yang keluar dari Rahim perempuan ketika telah selesai masa haidh, jika seseorang telah mendapati keberadaan cairan putih ini maka ia telah suci.

Baca juga tentang Khitan putri

KHITAN PUTRI, APANYA YANG DIPOTONG?

KHITAN PUTRI, APANYA YANG DIPOTONG? Khitan pada perempuan dilakukan dengan memotong pada bagian atas alat kelamin. Merupakan satu hal yang masih jarang terdengar di tengah masyarakat kita. Benarkah khitan perempuan juga diatur dalam agama Islam?

Sebelumnya kita akan melihat  sebuah hadist mengenai khitan:

“Fitrah ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, menggunting kuku dan menggunting kumis.” (HR. Al-Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 257)

Dalam Islam, khitan bagi laki-laki hukumnya wajib. Sedangkan hukum khitan bagi perempuan sunah. Lantas, sunah disini dalam arti disarankan dilakukan karena di dalamnya terkandung banyak sekali manfaatnya.

Khitan pada perempuan memiliki manfaat Antara lain:

  • Untuk memuliakan seorang perempuan
  • Untuk menyalurkan hasratnya/nafsu kebutuhan biologisnya
  • Secara syari: mengikuti tuntunan Rasulullah Saw.
  • Secara medis:
  1. Menghilangkan hasrat nafsu yang sangat kuat sehingga disibukkan dengan hal tersebut secara berlebihan
  2. Mencegah bau yang tidak enak akibat penumpukan cairan di bawah mulut kemaluan
  3. Mengurangi resiko infeksi saluran kemih
  4. Mengurangi resiko infeksi saluran kandungan.

Apa yang hendak dipotong dari khitan perempuan?

Ada beberapa hal dalam hal ini terkait pemotongan bagian khitan putri, Antara lain:

  • Khitan putri dilakukan dengan memotong sedikit saja kulit lembut di atas clitoris, alat kelamin perempuan yang mirip dengan jengger ayam, terletak pada bagian paling atas dari organ kelamin perempuan.
  • Tidak boleh berlebihan dalam memotong, cukup sedikit saja.
  • Tidak boleh memotong clitorisnya.

Sesungguhnya khitan putri itu akan mencerahkan wajah dan lebih menguntungkan suami. Hal ini sesuai dengan hadits:

“ Apabila engkau mengkhitan, potonglah sedikit saja dan jangan engkau habiskan. Hal itu lebih mencerahkan wajah dan lebih menguntungkan suami.” (HR. Ath-Thabrani, disahihkan oleh Imam Al-Albani dalam silsilah Ahadits Ash-Shahihah no.722)

Memang, sebagian daerah di Indonesia masih kerap menjalankan hal ini. Di antaranya adalah Gorontalo, Bangka Belitung, Banten, Kalimantan Selatan, Riau, Papua barat, DIY, Bali, Papua, NTT. Selain alsan budaya yang sudah turun temurun, khitan putri juga merupakan sunah Rasul yang keberadaannya diakui oleh para ulama (shahih)

Setelah mengetahui manfaat serta tata cara mengkhitan, apakah kamu sekarang sudah yakin mau khitan? Duh, rasanya memang sedikit ngilu membayangkan ya?

Semangat menjalankan sunah rasul!

 

Daun Puteri Malu Mampu Melindungi Diri Dengan Menguncupkan Daunnya

Sudah pernah dengar kan ada tanaman yang namanya Puteri Malu? Daun yang tiba-tiba menguncup saat di sentuh ini begitu terkenal di kalangan anak sekolah, terutama SD dan TK. Bagi yang duduk di sekolah dasar pasti pernah mendengar nama tanaman ini. Nah, ingat kan? itu loh tanaman yang bisa melindungi dirinya dari serangan dengan cara menguncupkan daunnya. Dia pura-pura mati untuk mengelabui lawannya.

Daun Puteri Malu (Dokumentasi Pribadi)

Saat daun tersebut disentuh, secara otomatis akan menguncup dan menundukkan tangkai daunnya. Persis seperti daun yang layu.

Bunga dari Puteri Malu berwarna pink-ungu entuknya bulat terdiri dari serabut-serabut lembut. Buah atau biji dari Daun Puteri Malu mirip dengan pete dalam ukuran yang sangat kecil. Biasa untuk pete-petean oleh anak-anak yang sedang bermain pasar-pasaran.

Buah / biji daun puteri malu (Dokumentasi Pribadi)

Tanaman ini mudah sekali ditemukan di daerah pedesaan yang masih banyak terdapat kebun maupun semak-semak. Di kota kita akan sedikit kesulitan mendapatkannya.

Untuk memudahkan mencari, berikut ini ada video seperti apa sih bentuk dan rupa Daun Puteri Malu itu? Klik di sini untuk melihat bentuk dan gerak daun Puteri Malu saat disentuh.

Di Jogja masih dapat dengan mudah ditemukan. Terutama di daerah yang masih banyak terdapat sawah dan kebun seperti di Bantul, Sleman, Kulonprogo maupun Gunung kidul. Di kota sendiri masih bisa kita temukan tanaman unik satu ini. Di tengah kota misalnya, kita masih bisa menemukannya di tepian alun-alun kidul seperti pada gambar. Selamat berburu daun Puteri Malu buat teman-teman yang masih bingung. Anak sekarang di usia TK pun sudah mengenal tanaman satu ini. Beda sekali dengan generasi emaknya di zaman lampau ya? rata-rata baru mengenal tanaman satu ini di kelas, ya kalau enggak kelas tiga ya kelas empat SD kira-kira.

Membangun Keluarga Kuat untuk Negara Hebat

Beberapa hari ini sangat ramai adanya postingan di media sosial tentang, ” Istrimu bukan Babumu” yang menggambarkan peran suami yang tidak mau mengerti kerepotan istri dan cenderung mengabaikan perasaan istri dengan membentak-bentaknya di tempat umum. Atau sebaliknya, seorang suami yang “terpaksa” melakukan seluruh tugas rumah tangga sedangkan istrinya enak-enakan bermain gadget di sofa sambil ketawa-ketiwi. Semua dilakukan suami karena saking cintanya ia kepada istri. Atau kebetulan memang istri yang lebih banyak berperan sebagai pencari nafkah dengan bermacam alasan yang hanya mereka yang tahu.

Dari kedua ilutrasi di atas, apakah ada yang salah? Atau semua tergantung konteksnya? Lagi, jika semua itu dijalankan dengan keikhlasan dan cinta kasih seharusnya tidak ada masalah. Kasus pertama misalnya, saat di luar sang suami terkesan kasar dan acuh tak acuh, namun di dalam rumah siapa tahu? justru sang istri diperlakukan bak ratu. Bisa jadi. Tak ada yang tahu kan? Jika semuanya dilihat dari satu sisi saja, sepertinya memang tidak adil.

Keluarga, merupakan satuan terkecil dari suatu masyarakat di suatu negara. Semakin kuat sebuah keluarga maka semakin kuat pula suatu negara. Pemegang kunci utama terbentuknya kebahagiaan keluarga terletak pada seberapa besar cinta kasih dan pemaafan atas beribu kesalahan yang pasti membanjiri dalam setiap detik oleh setiap anggota keluarga. Semakin bahagia sebuah keluarga maka akan terbentuk ketahanan yang kuat pula. Otomatis ketahanan keluarga kuat juga akan memperkuat sebuah negara.

Suami menyayangi dan mencintai istri dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab. Begitu pun sebaliknya, seorang istri dengan sadar dan ikhlas sanggup menghormati kedudukan suami sebagai kepala keluarga dan bersedia taat serta patuh terhadap suami. Mudah memaafkan seandainya suami melakukan kekhilafan terhadap perannya. Kunci dari kehangatan keluarga sebenarnya terdapat pada perlekatan dan saling pengertian satu sama lain antara suami dan istri.

Semua tahu bahwa seorang istri wajib taat kepada suami, selama suami masih berjalan di jalan yang benar. Seorang perempuan memilih laki-laki yang kemudian ia iyakan lamarannya, tentu melewati berbagai jalan seleksi yang begitu rumit.

Iya. Bahkan, rumitnya tak membuat muda-mudi mengubur mimpinya untuk membangun sebuah keluarga yang manis, indah dan nyaman. Dalam istilah agama Islam dikenal sebagai Sakinah-Mawaddah-Warahmah. Diawali dengan indahnya pertemuan yang hanya menampakkan pesona memikat, hingga dilanjutkan pada proses perkenalan satu sama lain dan akhirnya memutuskan untuk berkomitmen. Mengikat rasa dalam satu ikatan batin dan disahkan dalam peraturan yang berlaku dalam wilayah tersebut. Ikatan sakral yang disaksikan oleh seluruh penduduk langit, bahkan setan menangis setiap mendengar ijab yang diikrarkan oleh mempelai pria terhadap pasangannya.

Negara begitu menyadari bahwa kekuatannya tergantung pada keadaan masing-masing keluarga di dalamnya. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) sebagai badan yang memiliki tugas mengatur segala hal tentang keluarga, memiliki harapan terwujudnya keluarga yang kuat demi terbentuknya negara yang kuat. Bahkan sebuah keluarga menurut BKKBN sendiri memiliki 8 fungsi, yaitu:

  1. Fungsi Agama, Keluarga adalah tempat anak belajar mengenai ilmu agama dan norma-norma di dalamnya.

Keluarga sangat berperan dalam pendidikan agama terhadap masing-masing anggota keluarganya. Mengenalkan nilai-nilai agama sedini mungkin kepada anak-anak sebagai generasi penerus akan menguatkan pondasi perkembangan karakter anak. Semakin kuat karakter anak, maka akan semakin terbentuk pribadi yang santun dan bertanggung jawab sesuai dengan ajaran norma yang berlaku dalam negara tersebut.

2.Fungsi Cinta dan Kasih Sayang, Cinta dan kasih sayang keluarga adalah pilar utama pembentuk kepribadian seseorang.

Kelekatan anak dengan orang tua, juga antara suami dan istri akan sangat dipengaruhi oleh atmosfer kasih sayang yang diciptakan dalam suasana keluarga setiap saat. Kepribadian anak akan semakin kuat jika kebutuhan kasih sayangnya tercukupi dari kedua orangtua maupun saudara-saudaranya. Kasih sayang melahirkan kenyamanan. Kenyamanan akan membuat anak-anak tumbuh dan berkembang secara optimal.

3.Fungsi Perlindungan, Perkembangan anak memerlukan rasa aman, kasih sayang, simpati dari orang lain. Keluarga tempat mengadu, mengakui kesalahan-kesalahan serta tempat berlindung.

Setiap anak akan belajar perannya menjadi orang dewasa dimulai dari lingkungan keluarga. Kebebasan mengungkapkan sesuatu akan menyebabkan mereka cenderung mudah berterus terang dalam setiap hal. Termasuk saat mempunyai masalah maupun mempunyai keinginan tertentu. Rasa aman, kasih sayang yang didapat akan membuat kepercayaan diri mereka tumbuh kuat. Inilah pondasi yang bagus untuk perkembangan mereka selanjutnya menjadi orang dewasa yang mandiri dan bertanggungjawab.

4. Fungsi Reproduksi, Keluarga merupakan sarana melangsungkan kehidupan dengan mempunyai keturunan.

Salah satu fungsi keluarga adalah meneruskan keturunan yang sah dan dilindungi oleh Undang-Undang. Pembatasan ini agar menjaga kejelasan nasab anak sebagai generasi penerus kelak. Keluarga yang hebat akan melahirkan anak-anak yang hebat.

5. Fungsi Sosial Budaya, Dalam tumbuh kembang anak, keluarga berperan mengajarkan anak bersosialisasi dengan baik dan mewariskan nilai budaya, dengan memberi pemahaman akan pengetahuan dan nilai-nilainya.

Dengan cara mengikutsertakan anak dalam kegiatan sekolah yang berkaitan dengan pelestarian kebudayaan, akan mengajarkan anak pentingnya menghormati dan melestarikan kebudayaan yang sudah lama dianut oleh suatu daerah. Meski hanya melalui pakaian adat, hal tersebut cukup memberi pelajaran kepada anak, untuk saling menghormati adat masing-masing daerah yang berbeda corak dan warna.

6. Fungsi Lingkungan, Semua bentuk dan tingkah laku yang dilakukan seorang anggota keluarga awal mulanya dilakukan dalam keluarga. Anak atau anggota keluarga adalah cerminan bagaimana ia bisa menerapkan kesesuaiannya terhadap lingkungan.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Istilah yang menggambarkan bahwa tingkah seorang anak tidak akan jauh berbeda dari kedua orangtuanya, karena mutlak pendidikan karakter terbentuk sejak anak bahkan masih di dalam kandungan. Seberapa kuat interaksi orangtuanya mengajarkan sesuatu akan sangat besar pengaruhnya dalam pembentukan pribadi anak. Orang tua yang hangat cenderung akan melahirkan anak-anak yang hangat pula.

7. Fungsi Ekonomi, Keluarga sebaiknya memenuhi kebutuhan finansial setiap anggota keluarganya baik untuk sandang, pangan dan papan.

Di sini lah peran keluarga. Tanpa diminta harus mampu bertanggungjawab terhadap kebutuhan sandang, pangan dan papan bahkan rekreasi bagi anggota keluarganya. Meski pada zaman dahulu tidak semodern sekarang, namun sudah sejak zaman dahulu dimengerti oleh masyarakat bahwa jika siap menikah artinya harus siap dengan segala konsekuensi nafkah yang wajib dipenuhi oleh suami sebagai kepala keluarga. Meskipun pada kenyataannya, tidak serta merta hanya suami yang mencari nafkah, terkadang dengan kesepakatan bersama, seorang istri juga kerap ikut bahu-membahu membantu suaminya mencari tambahan penghasilan guna untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang sudah mereka bentuk dengan niat yang baik.

8. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, Keluarga berperan penting terhadap upaya terbentuknya kepribadian yang baik dari waktu ke waktu, sebelum terjun dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya.

Anak sejak dini sudah mulai mempelajari apa sebenarnya tugas mereka kelak. Terbukti dengan berbagai macam mainan yang disiapkan untuk mereka. Ular tangga yang mengajarkan kesabaran menunggu giliran bermain, masak-masakan, pasar-pasaran, bengkel-bengkelan, polisi-polisian. Artinya sejak dini mereka sudah dikenalkan dengan berbagai miniatur peran manusia dewasa. Selain itu, peran anak juga sedini mungkin perlu dilatih untuk bersosialisasi dengan usia sebayanya, dilatih berani mengungkapkan, berani memimpin dan berani berkomunikasi mengutarakan sesuatu. Meminta maaf jika salah, mengucapkan terima kasih jika mendapat bantuan dan lain-lain. Pembentukan karakter yang kuat dimulai dari pendidikan keluarga sebagai madrasah terdekat sejak anak-anak bahkan masih di dalam kandungan. Jadi, betapa pentingnya pembangunan keluarga kuat untuk menciptakan negara yang hebat.

Enam Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Marhaban Yaa Ramadhan!

Selamat berpuasa buat semua umat muslim yang menjalankannya. Bismillah, dalam hitungan empat hari ke depan Insyaallah kita semua akan memasuki bulan yang dinanti-nanti seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan Mubarak. Di bulan itu tentu saja berlipat pahala dan berlipat kebaikan atas semua hal baik yang kita lakukan. Membahas mengenai puasa Ramadhan, tak jarang banyak orang yang was-was dan khawatir akan kesehatannya menghadapai puasa setiap hari selama sebulan penuh. Nah, ijinkan saya berbagi Tips kesehatan untuk menghadapai indahnya bulan Ramadhan yang semoga kita lewati dengan lancar dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Berikut ini tips tetap bugar meski puasa sebluan penuh ya Sist,

  1. Niat ikhlas berpuasa

Kita tahu kan, berpuasa di bulan Ramadhan salah satu rukunnya adalah niat. Kita harus mengambil niat untuk berpuasa saat malam sebelum hari berpuasa. Dengan niat yang tulus ikhlas akan membentuk alam bawah sadar yang siap untuk menghadapai apapun hal-hal yang terjadi terkait jalannya puasa esoknya. Bangun untuk makan sahur, akan lebih mudah jika kita berniat sebelumnya. Juga rasa lapar yang wajar mendera akan lebih mudah diajak kompromi disbanding saat kita tidak berpuasa. Semua sudah di setting secara otomatis oleh tekad kuat kita untuk menjalankan kewajiban kita sebagai manusia, menunaikan puasa Ramadhan. Gimana? Jangan sepelein niat ya? Karena organ-organ tubuh juga akan disiapkan sedemikian rupa, setelah dipimpin oleh niat yang tulus tersetus dari alam sadar kita.

  1. Perbanyak Minum air putih

Minum air putih, meskipun dalam keadaan puasa harus tetap memenuhi jumlah minimal kebutuhan tubuh kita terhadap air, yaitu minimal 8 gelas sehari. Kapan saja saat yang tepat kita harus minum saat siangnya berpuasa?

Yah, minum air putih tidak harus menunggu kita merasa haus, kalau ini yang kita jadikan patokan, otomatis kita hanya akan minum saat siang hari, padahal siang hari kita sedang dalam keadaan berpuasa. Ya, kan? Nah, saat yang tepat untuk kita minum air putih adalah – 1 gelas saat berbuka puasa

  • 1 gelas menjelang makan saat berbuka puasa
  • 1 gelas setelah makan saat berbuka puasa
  • 1 gelas menjelang tarawih
  • 1 gelas setelah tarawih,
  • 1 gelas menjelang tidur
  • 1 gelas sebelum makan sahur, dan
  • 1 gelas setelah makan sahur.

Dengan terpenuhinya kebutuhan air putih oleh tubuh, tubuh akan dengan mudah mempertahankan turgor sel-sel tubuh kita agar tetap dalam keadaan segar. Sebagai patokan kecukupan air putih dapat dilihat dari warna air kencing kita. Jika semakin kuning artinya kita kurang minum air putih. Sebaliknya, semakin jernih / bening air kencing kita maka kebutuhan air putih untuk tubuh sudah tercukupi. Cukup minum air putih juga akan menjaga kesehatan ginjal kita loh, kencing lancar, potensi infeksi saluran kencing jadi semakin kecil.

  1. Makan dengan porsi yang cukup, menu yang seimbang dan sesuai jadwal

Ada kalanya, saat berbuka puasa kita tidak bisa mengatur jadwal makan kita, pun mengatur menu makan kita. Lebih sering kita makan dengan menu yang asal dan jadwal yang “semau gue”. Begitu terdengar adzan Magrib, maka semua makanan dan minuman yang tersedia di meja akan dengan kilat kita sambar begitu saja. iya, nggak?

Sebaiknya, woles aja guys, yang paling penting kita membatalkan puasa dulu. Dengan segelas air putih akan menghapus dahaga. Juga beberapa buah kurma bagus untuk segera mengembalikan energy yang sejak siang begitu minim. Kemudian tunaikan salat magrib dulu, baru setelahnya kita mulai makan besar untuk berbuka puasa. Selain tidak tergesa-gesa, makan dalam keadaan santai juga tidak akan mengundang “nafsu rakus” karena semua sudah terlewati dengan segelas ari putih dan beberapa butir kurma.

Makan dengan menu yang seimbang dan porsi yang wajar akan memberi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Menu yang seimbang dengan porsi yang wajar itu seperti apa? Dalam satu piring terdapat ¼ bagian untuk nasi, ¼ bagian untuk lauk, dan ½ bagian untuk sayur dan buah. Waktu makan yang terjadwal juga akan membantu kerja lambung mengenali jadwalnya sendiri. Hal ini berpengaruh dalam produksi asam lambung sebagai salah satu faktor yang membantu mencerna makanan. Asam lambung menjadi stabil dan kemungkinan terjadi sakit magh menjadi kecil. Pernah mendengar, bahwa dengan berpuasa justru akan menyehatkan orang dengan sakit magh?

  1. Perbanyak asupan buah dan sayur

Sayur dan buah, kenpa harus diperbanyak? Tentu saja karena kandungan serat dan vitaminnya yang juga penting untuk tubuh. Serat membantu tubuh untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan buang air besar. Sedangkan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur akan banyak berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Juga kandungan airnya yang banyak akan memberikan kesegaran bagi tubuh.

  1. Hindari makanan yang terlalu pedas dan atau berlemak

Ini penting. Saat berpuasa, usahakan makan makanan yang aman untuk lambung. Makanan yang terlalu pedas dan berlemak akan lebih mudah membuat lambung memproduksi lebih banyak asam lambung yang akan menyebabkan lebih mudah terjadinya gangguan pada lambung. Kandungan lemak juga akan menyebabkan rasa eneg berkepanjangan yang akan membuat rasa tidak nyaman seharian saat berpuasa.

  1. Hindari minuman bersoda atau terlalu banyak gula

Minuman bersoda dan banyak mengandung gula sebaiknya dibatasi. Hal ini karena kecenderungan zat gula bersifat menarik air sehingga cadangan air di dalam tubuh akan banyak terserap oleh zat gula. Tubuh pun akan lebih mudah merasa haus karena mengalami dehidrasi.

Gimana? Siap menghadapi puasa dengan bugar??

-ew-

Resep Tumis Bawang Merah Teri Medan Super Lezat yang Lagi Hits

Resep tumis bawang merah teri medan super lezat yang lagi hits, membuat jiwa penasaranku ingin mencobanya dengan beberapa versi. Kali ini mencoba kupadukan dengan lezatnya teri medan yang tak ada duanya.

Semua berawal saat belakangan ini, bermunculan status mengenai lezatnya menu baru super simpel bernama “Tumis Bawang Merah”.

Mencoba mengeksekusi resep ini dengan versi tumisku sendiri, rupanya memang membuat nasi sebakul habis hanya dengan sepiring kecil tumis fenomenal ini.

Beberapa improvisasi sengaja ditambahkan untuk lebih membuat rasa tumis ini semakin lezat tentu saja.

Awalnya, suami dan anak-anak hanya melirik sebelah mata melihat tampilan tumis tak biasa ini. Tapi, nyatanya bahkan keringat enak bercucuran dari dahi, kepala, pipi hingga kumis belum juga menghentikan perjuangan mereka menghabiskan suapan terakhir berupa irisan tipis bawang merah, cabe setan juga pete setengah matang yang beraroma teri lezat, beradu dengan secomot nasi putih kebul-kebul yang semakin bikin “kemrucuk” perut saat melihatnya. Tapi hati-hati ya, bagi yang punya sakit lambung, sepertinya pedesnya masakan ini kurang bersahabat dengan lambung, hehe

Tanpa ba bi bu, yuk langsung saja kita praktekkan resep simpel nan lezat ini.

Bahan:

Bawang merah 2ons, bawang putih 2siung, cabe rawit orange 1ons, tomat 1buah, pete 1 papan,  garam setengah sendok teh, gula pasir 1 sendok teh, kecap ikan, minyak goreng 2 sendok makan. Teri medan 1/2 ons, air matang 2 sendok makan.

Cara memasak:

Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabe rawit

Iris kasar tomat

Teri medan digoreng lebih dulu hingga setengah matang, sisihkan.

Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak panas, hingga layu dan setengah matang.

Masukkan irisan cabe, tomat, garam, dan percikkan kecap ikan sebanyak tiga kali ke wajan, aduk hingga layu dan harum.

Masukkan, gula pasir, teri medan dan pete. Berikan sedikit air matang, aduk lagi dan cicipi. Angkat tumisan jika sudah matang.

Sajikan panas-panas bersama nasi putih hangat dan kerupuk.

Percaya deh, meski biasanya dalam tumisan, bawang merah yang menyembul akan berusaha disingkirkan, namun khusus pada masakan ini justru bawang merah menjadi idolak. Lezatnya tak ada bandingnya. Gimana? Berani mencoba? Untuk lebih jelasnya, resep Tumis Bawang Merah Teri Medan yang lezat itu bisa di klik  di sini.